Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 Juni 2019 21:24 WIB
    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah
    Redmi 7.
    Jakarta: Redmi 7 hadir setelah Redmi Note 7. Sesuai dengan strategi perusahaan Xiaomi, di seri ini juga mulai melepaskan embel nama Xiaomi. Saat peluncuran Redmi 7 dibuat cukup memukau, spesifikasi menengah yang ditawarkan dibanderol harga murah.

    Medcom.id beberapa waktu lalu berkesempatan untuk mencicipi Redmi 7. Kami mendapatkan varian RAM 3GB memori internal 32GB Harganya Rp1.899.000. Berbeda dari varian RAM 2GB dan memori internal 16GB yang dibanderol Rp1.599.000.

    Saat Redmi melepaskan nama Xiaomi maka brand tersebut diposisikan di entry level. Apakah Redmi 7 juga pantas disebut sebagai smartphone entry level di tahun ini?
     

    Desain

    Redmi 7 ikut mengadopsi wajah dari smartphone saat ini yaitu menghadirkan noth atau poni dengan model waterdrop. Layarnya menggunakan panel IPS mengusung ukuran 6,26 inci dan aspek rasio 19:9 berlapis Corning Glass 5, Redmi 7 memiliki resolusi HD+ (720 x 1520p).

    Tidak ada yang spesial dari bagian wajahnya. Sisa ruang di bezel bagian bawah dipilih untuk dikosongkan dengan memindahkan fungsi tombol navigasi ke atas layar. Namun, ukuran layarnya memang tergolong sangat lega.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Beralih ke bagian belakangnya, terdapat kamera ganda dengan posisi vertikal dan area pemindai sidik jari. Kebetulan Medcom.id menjajal Redmi 7 varian Comet Blue. Warna ini mengusung desain gradasi warna antara biru gelap dengan biru biasa.

    Sayangnya desain gradasi warna ini tidak cukup menarik. Penggunaan material polikarbonat rasanya membuat gradasi warna ini kurang memikat seperti Huawei Nova 3i yang termasuk smartphone kelas menengah.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Meskipun begitu, tampilan gradasi warna Redmi 7 berhasil menolong smartphone ini tidak terlihat murah atau sangat entry level. Berbeda sekali kesan yang didapatkan dibandingkan smartphone Xiaomi yang dahulu hanya hadir dengan warna silver atau abu-abu polos.

    Sisi baiknya, penggunaan material tersebut membuat Redmi 7 terasa ringan digenggaman. Tepian bodinya yang membulat cukup nyaman digenggam dan tidak licin. Berbeda dengan smartphone berlapis material kaca dipunggungnya sehingga menjadi mudah tergelincir dari genggaman.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Di sisi kanan terssedia tombol Power dan Volume, sisi kiri ada slot SIM card. Sisi bagian atas masih setia disediakan sensor infrared dan bagian bahwa terdapat port microUSD yang berada di antara grill speaker.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Redmi 7 masih tetap menggunakan MIUI sebagai antarmuka, kali MIUI versi 10 yang modifikasi dari Android Pie. Bentuk ikon dan tampilan antarmuka MIUI kali ini harus diakui lebih segar dibandingkan MIUI versi sebelumnya atau tahun lalu.

    Antarmukanya juga tergolong ringan dari pengalaman penggunaan Medcom.id. Harus diakui bahwa antarmuka ini sangat memberikan pengalaman baru menggunakan smartphone buatan Xiaomi.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Di dalamnya masih tersedia juga aplikasi bawan Xiaomi, seperti Mi Drop untuk berbagi file dan Mi Forum. Ada juga fitur Second Space dan Dual App untuk memiliki dua home screen menyerupai dua smartphone dan dua aplikasi dengan dua akun berbeda.

    Fitur Game Booster juga tersedia di Redmi 7 yang menyediakan opsi tambahan yaitu memberikan prioritas bandwidth koneksi internet untuk kebutuhan game. Kemudian memberingan ruang konsumsi memori RAM untuk aplikasi atau game yang diinginkan.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Untuk fitur keamanan perangkat, Redmi 7 memiliki pemindai sidik jari dan AI Face Unlock di kamera depan. Pemindaik sidik jarinya berfungsi sangat baik, proses buka kunci tergolong cepat. Demikian juga dengan AI Face Unlock namun akan sedikit lambat dalam kondisi minim cahaya.

     

    Kamera

    Redmi 7 memiliki kamera belakang ganda dengan perpaduan resolusi 12MP dan 2MP dengan dukungan fitur AI. Sementara kamera depannya beresolusi 8MP. Melihat spesifikasi kameranya memang wajar apabila Redmi 7 disebut entry level.

    Kemampuan kamera belakang dan depannya cukup memuaskan dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Tingkat ketajamannya masih bagus. Beralih ke pengambilan foto dengan kondisi pencahayaan indoor kualitasnya masih cukup tajam tapi di area yang gelap muncul titik noise.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Digunakan untuk mengambil foto di malam hari kondisi outdoor, kamera belakang Redmi 7 masih cukup tajam. Sayangnya kualitas warnanya tidak akan cukup tajam apalagi menghasilkan efek foto malam dengan kesan artistik seperti nightshot yang populer saat ini.

    Mengingat posisi Redmi 7 yang menyasar pasar entry level tampaknya memang tidak banyak yang bisa diharapkan untuk kemampuan kameranya. Setidaknya kamera yang disediakan sudah mampu mengabadikan foto yang jelas dan tajam untuk dibagikan di media sosial.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Kualitas kamera depannya harus diakui tidak buruk meskipun hanya memiliki kemampuan resolusi 8MP. Dalam kondisi pencahayaan yang cukup kualitas fotonya cukup memuaskan. Beralih ke kemampuan merekam video, Redmi 7 mendukung resolusi 1080p di 60fps.

    Kualitas video kurang bisa diandalkan dalam kondisi malam dan minim pencahayaan. Tersedia beberapa fitur mulai dari Short Video seperti Instagram Stories, Time-Lapse, dan Slow-Mo.
     

    Performa dan Baterai

    Redmi 7 memiliki spesifikasi yang tidak bisa dibilang entry level, mungkin lebih tepatnya adalah middle-low. Smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 dengan GPU Adreno 506. Kapasitas RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa ditambah MicroSD hingga 512GB.

    Melihat chipset yang berada di kelas menengah sebetulnya menjadi daya tarik. Harganya yang murah dipasangkan chipset bukan kelas entry level. Bahkan kapasitas baterai yang ditanamkan sebesar 4.000 mAh.

    Redmi 7 kami uji menggunakan aplikasi benchmark untuk Android dari 3DMark dan PCMark. Hasilnya tidak buruk untuk sebuah smartphone di harga Rp2 juta. Harus diakui bahwa sulit untuk menemukan pesaing Redmi 7 dengan harga yang mirip.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Pada pengujian untuk bermain game seperti PUBG Mobile akan ada suhu panas yang muncul saat pengguna memainkannya hingga mendekati durasi satu jam. Sejak awal login di PUBG Mobile Redmi 7 langsung dibaca lebih optimal menjalakan game di kualitas Low.

    Di bagin konfigurasi game PUBG Mobile frame rate maksimal yang bisa dipilih adalah Medium sementara kualitas grafisnya di Balanced. Beralih ke bagian baterai, dalam pengujian menggunakan PCMark Android Battery ternayata Redmi 7 mampu bertahan dalam penggunaan biasa selama 13 jam.

    Redmi 7, Spesifikasi Menengah, Harga Murah

    Melihat hal tersebut mungkin Redmi 7 memang lebih optimal untuk kebutuhan fungsional dan lain-lain. Untuk kebutuhan bermain game, perangkat ini tidak terlalu mampu untuk dipacu semaksimal mungkin.

    Kesimpulan
    Redmi 7 tampak cukup menjanjikan, pertama dari sisi harganya. Saat ini tidak banyak smartphone yang menawarkan harga di bawah Rp2 juta. Ditambah alasan kedua adalah Redmi 7 membawa spesifikasi yang juga tergolong sudah di kelas menengah.

    Misalnya, fitur pemindai sidik jari, AI Face Unlock, mode AI di kameranya, dan baterai kapasitas besar 4.000 mAh. Meskipun begitu masih ada beberapa kekurangan, kualitas kameranya memang belum serupa smartphone kelas menengah.

    Performanya untuk kebutuhan biasa seperti browsing dan memutar konten multimedia terbilang baik. Daya tahan baterainya juga sangat memuaskan namun Redmi 7 belum mumpuni untuk diajak bermain game di grafis tinggi.

     
      Redmi 7
    Prosesor  Qualcomm Snapdragon 632
    GPU Adreno 506
    OS Android 9 Pie + MIUI 10
    RAM 3GB
    Memori Internal   32GB
    Kamera Belakang 12MP+2MP, Depan 8MP 
    Baterai 4.000 mAh
    Layar 6,2 inci IPS LCD Full HD+
    Harga Rp1.899.000
     
    8.3
    Redmi 7
    Plus
    • Ukuran 6 inci nyaman digenggam
    • Desain bodi belakang memberikan kesan baru
    • Antarmuka baru lebih segar
    • Pemindai sidik jari dan AI Face Unlock
    • Kapasitas baterai besar
    Minus
    • Desain gradasi warna kurang memikat
    • Dapur pacunya kurang bisa diajak bermain game 
    • MIUI berisi iklan




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id