comscore

Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming

Cahyandaru Kuncorojati - 28 Juni 2022 08:42 WIB
Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming
Asus ROG Flow Z13
Tahun ini, Asus terlihat cukup terdepan dengan segudang inovatif pada produk laptopnya. Selain punya sejumlah terobosan untuk kalangan profesional dan umum, mereka juga unjuk gigi di jajaran laptop gaming. Dalam hal ini Asus ROG hadir dengan berbagai desain revolusioner, salah satunya adalah Asus ROG Flow Z13. 

Sejak awal ia ingin memberikan impresi menarik, karena bentuknya yang tidak terlihat seperti laptop, melainkan tablet berkemampuan layaknya PC. Namun, kesan gaming tetap melekat. Kami pun berkesempatan menjajalnya secara mendalam. Berikut review dari redaksi teknologi Medcom.id.
 

Desain

Bentuk bodi Asus ROG Flow Z13 memang tidak biasa. Mengusung jargon “The Most Powerful Tablet Gaming Laptop”, ia punya ukuran layar layaknya laptop kecil, tetapi terpaut tipis dengan tablet. Layar berukuran 13,4 inci memang masih lebih besar jika diadu dengan tablet besutan produsen smartphone saat ini. 
Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming

Namun, ia punya kemampuan mobilitas yang sama, berkat desain persis seperti tablet. Komponen keyboard memanfaatkan magnet untuk penghubung sehingga mudah dilepas atau dipasang. Keyboard memang tidak menyimpan komponen utama, sehingga otomatis semua bobot perangkat ini pindah ke layar. 

Sebagai laptop yang punya fungsi sebagai tablet, Asus ROG Flow Z13 menyediakan penyangga pada bodi belakang, dengan desain gaming khas ROG. Pada bagian penyangga ini Anda bisa melihat bagian transparan berbalut kaca yang menampilkan komponen dalamnya. Pada bagian ini juga terdapat RGB, yang ternyata berfungsi sebagai indikator saat menyala atau mengisi baterai. 

Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming

Model tablet juga membuatnya menyematkan semua antarmuka fisik di layar. Asus ROG Flow Z13 menyediakan port yang cukup banyak. Dimulai dari jack audio 3,5mm, masing-masing satu port USB-C dan USB-A, Thunderbolt 4, dan pembaca kartu MicroSD.

Tersedia juga port ROG XG Mobile untuk menghubungkannya dengan kartu grafis terpisah. Jika Anda belum mengetahuinya, ROG XG Mobile adalah perangkat tempat memasang VGA komputer yang kemudian bisa terhubung dengan laptop atau perangkat lain yang mendukung. 

Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming

Fungsinya adalah menghadirkan performa lebih tinggi ketika sebuah laptop tak memiliki kartu grafis yang dinilai mumpuni oleh penggunanya. Soal sirkulasi udara, ia telah menyediakan rongga udara yang cukup banyak pada bagian belakangnya. Lubang udara ini berdekatan dengan kipas pendingin, sehingga bunyinya akan cukup terdengar saat beroperasi penuh.
 

Fitur 

Selain dukungan ROG XG Mobile, Asus membenamkan sejumlah fitur lain, seperti pemindai sidik jari pada tombol power dan chip pelindung keamanan TPM, dan Microsoft Office. Bodinya juga menggunakan lapisan khusus yang tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Desain penyangga tablet dibuat bisa menopang layar tablet hingga 170 derajat. Ini membuat Asus ROG Flow Z13 menyediakan pilihan sudut pandang yang sangat luas. 

Review Asus ROG Flow Z13, Desain Sempurna Tablet Gaming

Sistem pendingin atau cooling merupakan satu fitur utama yang harus ada pada laptop gaming. Meskipun tipis, Asus ROG Flow Z13 tetap menyediakan sistem pendingin khas laptop gaming, mulai dari penggunaan vapor chamber hingga kipas dengan desain spesial yang Asus beri nama Arc Flow Fans.

Kipas ini diklaim punya sirip tipis, dan punya tingkat kebisingan rendah kurang dari 35db saat beroperasi penuh. Komponen prosesor juga sudah dilengkapi dengan Liquid Metal, yang mampu menghantarkan panas lebih cepat dari pasta pendingin biasa. 
 

Performa

Asus ROG Flow Z13 hadir dalam beberapa varian spesifikasi, pertama prosesornya tersedia pilihan Intel Core 12th Gen Core i5, Core i7, dan Core i9. Di kartu grafis ada Intel Iris Xe sebagai iGPU dan Nvidia GeForce RTX 3050 serta RTX 3050 Ti untuk discrete GPU.

Di bagian layar juga tersedia pillihan resolusi FHD 120Hz maupun 4K 60Hz. Kapasitas storage ada pilihan 512GB dan 1TB SSD sementara kapasitas RAM semuanya adalah 16GB (2x8GB).

Medcom.id menjajal varian dengan harga paling terjangkau yaitu Asus ROG Flow Z13 dengan Core i5-12500H serta kartu grafis Intel Iris Xe tanpa dukungan ROG XG Mobile. Harganya dibanderol pada Rp23,9 juta.

Berdasarkan pengalaman penggunaan tim Medcom.id, Asus ROG Flow Z13 memberikan kesan yang memuaskan untuk kebutuhan komputasi termasuk kreasi konten ringan tanpa dukungan GPU eksternal dari ROG XG Mobile. Skor untuk benchmark dengan sejumlah software juga tergolong mumpuni.
 
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Night Raid Cinebench R23 (multi/single)
SKOR: 5875 16116 10346/1723

Namun hal tersebut berbeda cerita saat Asus ROG Flow Z13 dengan spesifikasi yang kami gunakan dipakai bermain game kategori AAA tanpa ROG XG Mobile.

Pengujian in-game bechmark di resolusi native (1920x1200) untuk Far Cry 6 dan Cyberpunk 2077 pada settings grafis Low tidak memuaskan. Meskipun di ROG Armoury Crate performanya sudah diatur pada mode Performance.

Di game Far Cry 6 diperoleh average (rata-rata) frame rate di 22fps sementara di Cyberpunk 2077 pada indikator yang sama hanya diperoleh 13fps. Anda bisa menebak berapa frame rate tertinggi dan terendah yang dihasilkan dengan nilai rata-rata tersebut.

Bukan salah sepenuhnya dari Asus ROG Flow Z13 namun karena iGPU yang tersedia hanya Intel Iris Xe di versi yang kamu uji maka sudah bisa ditebak performa gaming di sini akan tidak memuaskan untuk game AAA. Namun bagi game ringan populer laptop ini masih bisa diajak bermain.

Di sisi daya tahan baterai, Asus ROG Flow Z13 mampu bertahan selama tujuh jam. Durasi tersebut tergolong memuaskan untuk sebuah laptop dengan model layar sentuh

Kesimpulan
Asus ROG Flow Z13 menawarkan pilihan untuk mereka yang mencari laptop dengan performa gaming tapi desain paling ringkas sekelas tablet.

Sayangnya, untuk varian spesifikasi yang kami jajal tampaknya memang lebih cocok untuk mobilitas, terkecuali Anda juga memiliki dana untuk melengkapinya dengan ROG XG Mobile maka kehebatan sebenarnya produk ini baru bisa terlihat.
 
SPESIFIKASI ASUS ROG Flow Z13 (Core i5)
Prosesor Intel Core i5-12500H
RAM 16GB (2x8GB)LPDDR5
Memori Internal 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar 13,4 inci WUXGA (1920x1200) FHD sRGB 100% 120Hz
GPU Intel Iris Xe
Bobot 1,18 kg
Dimensi 30,2 x 20,4 x 1,20cm
Harga Rp23,9 juta
 
 
8
Asus ROG Flow Z13 (Intel Core i5)
Plus
  • Desain inovatif dan sempurna
  • Tampilan lebih menarik dari ROG Flow X13
  • Paket penjualan dilengkapi stylus
  • Harga paling terjangkau dari varian lain
Minus
  • Kualitas material kulit bagian luar keyboard kurang mewah
  • Varian GPU Intel Iris Xe belum mumpuni untuk game AAA


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id