Review Smartphone

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Lufthi Anggraeni - 17 Februari 2021 14:52 WIB
    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga
    Samsung Galaxy A02s.



    Jakarta: Tidak hanya smartphone kelas high-end, smartphone kelas entry-level juga tidak luput dari perhatian konsumen, terutama di masa pandemi. Sebab kehadiran smartphone kelas entry-level membantu dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh bagi siswa.

    Karenanya, berbagai produsen menghadirkan smartphone baru dengan penawaran harga terjangkau namun dengan spesifikasi cukup mumpuni untuk menemani proses belajar online anak-anak.






    Samsung juga menghadirkan Galaxy A02s yang diklaimnya sesuai untuk aktivitas ini, serta sejumlah aktivitas lain termasuk aktivitas hiburan game. Lantas apa lagi kesenangan yang ditawarkan ponsel cerdas ini? Berikut ulasan kami.
     

    Desain

    Sebagai perangkat di kelas entry-level, Samsung tidak main-main dengan desain yang diusung ponsel ini. Berbeda dari perangkat entry-level generasi lama yang terkesan murahan, kesan tersebut tidak kami temukan pada Samsung Galaxy A02s ini.

    Bodi belakang ponsel cerdas ini berbalut bahan plastik polycarbonate namun dihiasi dengan tekstur garis dalam beberapa posisi sehingga menampilkan bentuk serupa prisma, serta dengan warna menarik, salah satunya warna hitam yang elegan.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Tekstur ini juga menimbulkan kesan kasar pada bodi bagian belakang ponsel, membantu mengurangi kesan licin saat menggenggam dengan kondisi tangan berkeringat, serta membantu mengurangi peluang bodi kotor akibat noda sidik jari yang menempel.

    Di bagian belakang ponsel, Anda juga dapat menemukan tiga kamera yang tersusun secara vertikal dan tersemat di sudut kiri atas. Lokasi penyematan lampu flash LED di sebelah lensa pertama sekilas menimbulkan kesan bahwa ponsel ini hadir dengan empat kamera tersusun seperti huruf L terbalik.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Bodi Samsung Galaxy A02s ini juga tergolong tipis sehingga tangan tidak cepat lelah meski menggenggam ponsel dalam jangka waktu lama. Sedangkan di bagian depan, Samsung Galaxy A02s hadir dengan bekal layar berukuran 6,5 inci.

    Sementara itu merupakan perangkat kelas entry-level, Samsung masih membekali Galaxy A02s dengan jack audio 3,5mm yang tersemat di sisi bawah ponsel, berdampingan dengan port USB-C dan lubang speaker.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Selain itu pada bodi ponsel ini, Anda juga akan menemukan tombol daya dan volume yang tersemat berdampingan di sisi kanan bodi ponsel, berlawanan dengan slot microSD dan dua kartu SIM di sisi kiri. Sayangnya, Samsung tidak membekali Galaxy A02s dengan dukungan sensor pemindai sidik jari.
     

    Antarmuka dan Software

    Serupa ponsel terbaru Samsung lain, Galaxy A02s juga didukung oleh antarmuka pengguna buatan Samsung versi terbaru, yaitu One UI Core 2.5. Antarmuka pengguna ini mendampingi sistem operasi buatan Google, yaitu Android 10.

    Dengan demikian, pada dasarnya tampilan antarmuka dan bekal fitur pada Galaxy A02s ini tidak jauh berbeda dari perangkat Samsung lainnya dengan dukungan versi antarmuka pengguna yang sama.

    Antarmuka pengguna pada Samsung Galaxy A02s ini mampu menyuguhkan pengalaman menavigasikan perangkat secara lebih mudah. Hal ini berkat dukungan ikon aplikasi dan menu berukuran lebih besar.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Fitur yang juga tersedia pada Galaxy A02s termasuk Dark Mode, Focus Mode dan Digital Wellbeing. Samsung juga membekali smartphone ini dengan fitur menarik bertajuk Smart-pop view, memungkinkan Anda mengklik ikon notifikasi yang muncul untuk menampilkannya dalam jendela berukuran lebih besar.

    Selain itu, meski merupakan smartphone kelas entry-level, Samsung juga tidak lupa untuk membekali Galaxy A02s dengan fitur Samsung Pay, yang mempermudah pengguna melakukan transaksi tanpa uang tunai via dompet digital yang telah menjadi mitra, serta aplikasi khas Samsung, termasuk Samsung Members, Samsung Gift, dan Appstation.

    Sementara itu, meski tidak berbekal dukungan fitur keamanan berupa sensor pemindai sidik jari, Samsung Galaxy A02s hadir dengan fitur pemindai wajah atau Face Recognition yang memanfaatkan kamera depan sebagai fitur keamanan pada perangkat ini.
     

    Kamera

    Seperti yang telah kami sebutkan di bagian desain, Samsung Galaxy A02s berbekal tiga kamera belakang. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan sensor depth 2MP.

    Sedangkan untuk kamera depan, ponsel ini berbekal kamera 5MP, yang juga didukung sejumlah fitur termasuk Live AR Sticker dan Stamp. Menyoal performa kamera, Samsung cukup mampu menghadirkan hasil foto yang baik selama dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Pada hasil foto di kondisi pencahayaan cukup, Samsung Galaxy A02s mampu menghadirkan foto tergolong terang, meski warna kerap tidak akurat. Sementara itu, respon shutter ponsel ini tidak secepat smartphone kelas menengah.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Dan Anda perlu menjaga stabilitas ponsel saat memotret, sebab guncangan kecil memungkinkan hasil foto tidak fokus. Sedangkan pada kondisi pencahayaan redup, hasil foto kamera belakang cukup terang meski lagi-lagi Anda harus menjaga stabilitas ponsel demi mendapatkan gambar dengan fokus yang baik.

    Sedangkan hasil foto kamera depan dalam kondisi pencahayaan redup sedikit mengecewakan, sebab gambar cenderung gelap dengan noise cukup kentara, dan terkadang tampil buram. Meskipun demikian, kamera depan ini cukup baik untuk digunakan untuk melakukan panggilan video via layanan konferensi video.
     

    Performa

    Soal dapur pacu, Samsung Galaxy A02s hadir dengan dukungan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 450, didampingi RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB. Dengan dukungan komponen tersebut, ponsel cerdas cukup mampu menyuguhkan pengalaman tanpa kehadiran lag mengganggu.

    Tidak hanya nyaman saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari termasuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, perangkat ini juga cukup mampu menyuguhkan pengalaman gaming menyenangkan, meski game yang kami maksud bukanlah game berat.

    Saat kami coba untuk memainkan game Asphalt 8, Samsung Galaxy A02s masih mampu menyuguhkan pengalaman bermain yang menyenangkan tanpa gangguan lag. Demikian pula saat kami memainkan game PUBG di perangkat ini.

    Perangkat ini juga mampu menyuguhkan pengalaman gaming menyenangkan dengan pengaturan grafis default Balanced dan Medium atau lebih rendah. Mengubah pengaturan ke level lebih tinggi akan menyuguhkan game dengan sedikit gangguan lag.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Sementara itu, performa cukup baik juga didukung oleh skor hasil uji dengan menggunakan aplikasi benchmark PCMark dan 3DMark. Pada PCMark Work 2.0, Galaxy A02s mendapatkan skor sebesar 4683.

    Sedangkan pada benchmark 3DMark Sling Shot Extreme Open GL, Samsung Galaxy A02s mendapatkan nilai 487, dan pada pengujian 3DMark Sling Shot, ponsel ini memperoleh skor sebesar 820.

    Menyoal baterai, ponsel cerdas ini berbekal baterai berkapasitas 5.000 mAh dan mampu bertahan selama sekitar satu hari dengan skenario penggunaan standar seperti mengakses media sosial, sesekali memotret dan menonton video atau bermain game, meski hal ini juga bergantung pada stabilitas internet saat digunakan untuk menjelajahi jagat maya.

    Samsung Galaxy A02s, Terjangkau Cukup Bertenaga

    Sedangkan pada pengujian via aplikasi PCMark Battery, baterai Samsung Galaxy A02s mampu bertahan selama 19 jam 50 menit. Ponsel ini juga didukung teknologi pengisian daya cepat, memungkinkan Anda mengisi baterai dari kondisi kosong hingga 100 persen dalam waktu sekitar 2,5 jam.

    Kesimpulan
    Samsung Galaxy A02 mungkin bukanlah perangkat premium, namun tetap mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan termasuk saat bermain game, berkat performa baik serta dukungan layar luas.

    Meskipun demikian, ponsel ini mungkin tidak sesuai bagi Anda yang gemar memotret dalam kondisi pencahayaan redup. Dengan penawaran harga Rp2 juta, ponsel ini akan sesuai untuk menemani aktivitas online lainnya.

     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy A02s
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 450
    GPU Adreno
    OS Android 10 + OneUI 2.5
    RAM 4GB
    Memori Internal  64GB
    Kamera Belakang 13MP + 2MP + 2MP
    Depan 5MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar 6,5 inci HD+ 1.600 x 720 piksel
    Harga Rp1.999.000
     
    8.5
    Samsung Galaxy A02s
    Plus
    • Performa mulus untuk pemakaian standar sehari-hari
    • Layar luas dengan tampilan tajam dan berwarna cerah
    • Performa gaming cukup baik
    • Desain elegan
    Minus
    • Hasil foto pada pencahayaan redup kurang memuaskan
    • Tanpa sensor pemindai sidik jari
    • Layar kurang terang dan sedikit memantul saat digunakan di bawah paparan sinar matahari


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id