comscore

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Cahyandaru Kuncorojati - 07 Desember 2020 17:45 WIB
Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi
Lenovo Legion 7i
Jakarta: Lenovo semakin agresif menarik perhatian penggemar laptop gaming di Indonesia. Beberapa waktu lalu mereka merilis jajaran laptop gaming terbaru yang punya ciri khas yaitu spesifikasi tinggi dengan tampilan low profile alias sederhana yang tidak menyajikan tema gaming.

Satu produk laptop gaming Lenovo yang berkesempatan untuk Medcom.id coba adalah Lenovo Legion 7i. Laptop ini hadir dengan dua varian spesifikasi yang dibedakan dari kapasitas RAM bawaan dan kartu grafis yang digunakan.
 

Desain

Lenovo Legion 7i punya tampilan yang tidak memperlihatkan tema gaming, setidaknya saat Anda tidak menyalakan efek RGB. Di bagian luar atau dibalik layar terdapat logo "Y" dari Legion yang akana menyala dengan efek RGB.

 



Efek RGB juga akan bisa ditemukan di keyboard hingga ke bagian port USB dan lubang ventilasi di bagian belakang. Di tahap ini maka laptop gaming ini baru akan menarik perhatian di sekitar pengguna.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Tanpa efek RGB yang aktif, Lenovo Legion 7i menjadi laptop gaming yang pas untuk terlihat profesional saat dibawa bekerja di kantor atau bertemu klien bisnis.

Ukuran layarnya 15,6 inci resolusi FHD (1920x1080) dengan refresh rate 144Hz menurut Medcom.id sudah sangat memuaskan, termasuk hadirnya webcam kualitas HD 720p yang juga dilengkapi fitur penutup webcam. Ini menjadi nilai tambah karena banyak laptop gaming tidak menyediakan webcam.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Bodinya cukup lebar sehingga bisa menyediakan ruang yang nyaman untuk keyboard. Backlit RGB di keyboard bisa dikustomisasi lewat fitur Lenovo Vantage dan tampilan warna yang menarik karena didukung Corsair iCUE RGB.

Fitur Legion TrueStriker Gaming Keyboard menyediakan fitur anti-ghosting sehingga setiap input presisi dan responsif. Pengalaman Medcom.id menggunakannya cukup menyenangkan.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Lenovo Legion 7i punya bodi yang bisa dibilang tidak ramping dalam keadaan layar tertutup namun bobotnya terbilang ringan karena hanya 2,25kg. Desain bodinya agak menonjol di bagian belakang layar karena semua port atau konektivitas ditaruh di bagian belakang.

Lenovo masih mempertahankan desian tersebut dengan tujuan tidak banyak kabel yang mengganggu sisi kanan laptop yang biasa menjadi posisi penggunaan mouse.
 

Fitur

Lenovo Legion 7i punya sejumlah port di bagian belakangnya yang terdiri dari lubang port charger, USB 3.1 Gen2 Type-A dan port HDMI 2.0 serta ethernet RJ45 untuk LAN. Di sisi kiri tersedia lubang audiojack combo, USB 3.1 Type-C dan port Thunderbolt 3.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Di sisi kanan laptop hanya tersedia satu port USB 3.1 Gen1 Type-A. Soal konektivitas nirkabel, Lenovo Legion 7i menyediakan fitur WiFi 6 dan Bluetooth 5. Kemudian tidak ketinggalan software Lenovo Vantage masih menjadi fitur pendukung performanya.

Sama seperti di ulasan laptop Lenovo Legion sebelumnya, menurut kami antarmukanya masih kurang praktis dan tidak menyiratkan tema gaming. Di sini disediakan fitur untuk pengecekan firmware dari fitur atau komponen di laptop termasuk layanan support center.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Fitur ini menyediakan pemilihan performa laptop seperti mode Balance, mode hemat daya, dan mode performa. Anda harus beralih ke beberapa halaman untuk mengakses beberapa konfigurasi ketimbang tampil dalam satu dashboard. Mode performanya bisa diakses lewat shortcut tombol Fn+Q.
 

Performa

Lenovo Legion 7i dibanderol mulai dari Rp29,9 juta hingga Rp35,9 juta. Spesififikasi varian terendah membawa kapasitas RAM 16GB tapi bisa upgrade ke 32GB sementara versi tertinggi langsung ditanamkan kapasitas 32GB.

Di kartu grafis, versi tertinggi Lenovo Legion 7i menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2070 Super MaxQ 8GB sementara di versi rendah ditanamkan NVIDIA GeForce RTX 2060.

Keduanya sama-sama menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10 Corei7-10875H. Di kapasitas storage tersedia NVMe PCIe SSD kapasitas 1TB. Medcom.id menguji versi yang menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2070 Super MaxQ 8GB dan RAM 16GB.

Lenovo Legion 7i kamu uji menggunakan software benchmark dan hasilnya termasuk memuaskan dan mumpuni untuk spesifikasi yang dibawanya. Pengujian dilakukan pada konfigurasi mode fokus ke performa.
 
PENGUJIAN PCMark 10
Modern Office
3DMark
Fire Strike
Cinebench R20
single/multi-core
SKOR 5333 18034 455/3834

Pengujian dilanjutkan ke daya tahan baterainya pada mode Balance. Di kondisi backlit nonaktif dan kecerahan layar 20 persen serta terhubung koneksi WiFi, Lenovo Legion 7i bisa bertahan hingga empat jam menurut simulai pengujian Modern Office di PCMark 10. Tidak ketinggalan, laptop ini memiliki fitur pengisian cepat baterai.

Pengujian dilanjutkan untuk memainkan game Assassin's Creed Valhalla di kualitas grafis Ultra High dan Horizon Zero Dawn di Ultimate Quality pada refresh rate layar 144Hz resolusi 1920x1080 dan mode performa.

Lenovo Legion 7i, Laptop Gaming Low Profile Spesifikasi Tinggi

Hasilnya frame rate average (rata-rata) di benchmark in-game menunjukan laptop gaming Lenovo Legion 7i mampu menyajikan frame rate tinggi di kualitas grafis tinggi. Fitur pendingin bernama Legion Cold Front 2.0 terbukti bisa mencegah terjadinya suhu panas yang mengganggu kenyamanan di area keyboard dan trackpad.

Kesimpulan
Lenovo Legion 7i menyediakan pilihan laptop gaming spesifikasi tinggi tapi tampilan profesional. Efek RGB yang disediakan bisa dikustomisasi memberikan kebebasan bagi pengguna yang tidak begitu menyukai tampilan mencolok.

Spesifikasi yang ditawarkan juga menarik, di sini diberikan kapasitas storage besar dan kapasitas RAM yang bisa ditambahkan. Sedikit kekurangan menurut Medcom.id adalah bagian antarmuka Lenovo Vantage yang masih kurang praktis atau menarik.
 
SPESIFIKASI Lenovo Legion 7i
Prosesor Intel Core i7-10875H
RAM 32GB / 16GB DDR4 2933MHz
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar 15,6 FHD 144Hz
GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 Super Max-Q / RTX 2060
Bobot 2,25kg
Dimensi 360 x259 x 19,9mm
Harga Rp29,9 hingga Rp35,9 juta
 
9
Lenovo Legion 7i
Plus
  • Desain elegan
  • Spesifikasi tinggi
  • Performa memuaskan
Minus
  • Antarmuka Lenovo Vantage kurang praktis dan menarik


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id