comscore

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 07 Juli 2022 14:51 WIB
Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi
Asus ExpertBook B7 Flip.
Jakarta: Asus ExpertBook, varian laptop ini mungkin jarang Anda temui di pasar konsumen umum. Ini karena Asus merancangnya sebagai lini yang menyasar konsumen korporasi atau B2B.

Mereka secara resmi meluncurkan dua macam ExpertBook Flip di Indonesia. Hadir dengan segudang fitur dan karakteristik yang cocok untuk kalangan profesional dan pendidikan, keduanya punya segudang inovasi yang membuatnya berperan krusial dalam produktivitas. 
Setelah Expertbook B3 Flip, kini saatnya kami menjajal Expertbook B7 Flip. Laptop ini menggunakan SKU B7402. Sesuai namanya, Flip berarti ia menyediakan fungsi layar dilipat hingga 360 derajat dan mendukung touchscreen. Selain punya beberapa macam skenario penggunaan, ia juga sudah punya dukungan pen. 
 

Desain

Asus Expertbook B7 Flip mengusung layar 14 inci dengan bezel yang masih cukup besar di keempat sisi layar, dan porsi besar ada di sisi bawah. Layar ini tetap memberikan ruang untuk kamera pada sisi atasnya. Kamera ini juga punya penutup fisik untuk mendukung privasi.

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Meski bezel terkesan besar, ia masih mampu menunjang penggunaan pada mode flip dengan sangat baik. Satu hal yang menarik menurut saya adalah tidak ada logo ExpertBook yang biasanya jelas tertera di sisi bawah layar atau wilayah keyboard. 

Logo ExpertBook berada di belakang layar, dengan bingkai hitam yang ternyata juga menjadi tempat disematkannya indikator menyala/mati. Putaran engsel hingga 360 derajat di luar dugaan masih bisa membuatnya menyediakan fitur ErgoLift. 

Layar berukuran 14 inci masih tergolong proporsional dan mendukung mobilitas yang cukup tinggi. Penggunaan fungsi layar sentuh umumnya berimbas pada bobot layar, terlepas dari panel LED yang dipakai. 

Bobot bodi secara keseluruhan sekitar 1,44kg dan ketebalannya 1,89 cm. Jika membandingkannya dengan seri ZenBook dengan karakteristik yang sama, ia lebih berat dan tebal, tetapi masih dalam batas wajar untuk dipegang satu tangan.  

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Desain keyboard Asus Asus Expertbook B7 Flip melanjutkan tradisi, yaitu travel distance yang tepat sektiar 1,5 mm dan kemampuan tahan air. Di bawah keyboard terdapat touchpad yang juga menyediakan fungsi sebagai numpad, fitur khas Asus yang kini sudah masuk generasi ke-2. Satu hal yang unik adalah kehadiran kamera kedua pada wilayah keyboard.

Cara mengaktifkan NumberPad cukup dengan menempelkan jari pada logo numpad di pojok kiri atas touchpad, lalu indikator LED langsung muncul.

Tombol power tersedia pada sisi pinggir kanan, punya gaya tekan lebih keras dan mendukung fitur fingerprint scanner. Selain itu, ada juga tombol volume pada sisi yang sama dengan bentuk yang mirip. Di bawah tombol ini terdapat ruang cukup kecil, yang berfungsi sebagai Smart Card Reader.

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Untuk antarmuka fisik lainnya, Asus Expertbook B7 Flip punya cukup banyak port. Ada dua port USB-C merangkap sebagai Thunderbolt 4 dan pengisian daya, dan satu port HDMI pada pinggir kiri.

Ada tambahan satu port Mini DP, yang mungkin penggunaannya belum umum. Indikator status laptop juga berada pada sisi ini, bersebelahan dengan jack audio 3,5mm. Tentunya tak ketinggalan Kensington Lock.
 

Fitur 

ASUS ExpertWidget adalah satu fitur yang diklaim bisa meningkatkan produktivitas, yaitu dengan membuka akses hotkey pilihan sendiri menggunakan tombol Fn dengan tombol angka 1-4. Misalnya, Anda dapat mengonfigurasi kunci untuk mengaktifkan Bluetooth, atau membuka folder file yang paling sering digunakan dalam sekejap.

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Fitur dari aspek software kedua adalah ASUS Control Center, berfungsi sebagai layanan manajemen terpusat yang memungkinkan manajemen jarak jauh, pemantauan perangkat keras dan perangkat lunak, dan penjadwalan tugas melalui antarmuka berbasis web yang mudah digunakan, memungkinkan administrator sistem untuk mengelola aset perusahaan dengan mudah melalui satu portal.

Dukungan mikrofon yang memadai sekarang menjadi salah satu hal penting. Asus menggunakan fitur AI noise cancelling, yang diklaim bisa menyaring suara yang masuk saat pengguna memakai mikrofon bawaan ketika menggelar telekonferensi.

Kemampuan pendinginan merupakan salah satu aspek yang ditonjolkan. Asus mengklaim mereka mengadopsi sistem AHCS. Ini menambahkan pelat logam konduktif ke kipas, meningkatkan luas permukaan pendinginan sebesar 39 persen untuk peningkatan kinerja laptop secara keseluruhan hingga 55 persen. 

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Fitur yang paling menonjol menurut kami adalah dukungan kartu SIM, sehingga pengguna bisa terhubung dengan internet langsung tanpa harus mencari koneksi WiFi di tempat publik atau tethering smartphone.

Untuk dukungan jaringan, kami memastikan Asus ExpertBook B7 Flip mendukung konektivitas dari Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata. Kartu SIM dari Indosat Ooredoo tak bisa terhubung, dan mungkin bisa diperbaiki ke depannya. 

Di sini juga disediakan slot smart card reader yang diklaim bisa digunakan untuk sistem keamanan tambahan berupa ID card check. Apabila butuh cara lebih praktis di sini ada dukungan NFC untuk terintegrasi dengan kartu identitas yang punya teknologi serupa.

Asus Expertbook B7 Flip, Laptop Profesional tak Bergantung WiFi

Fitur terakhir yang hadir secara fisik adalah uji ketahanan standar militer MIL-STD 810H yang memastikan ia bisa dipakai oleh pekerja lapangan, seperti daya engsel hingga 30 ribu kali buka tutup, daya tahan terhadap tekanan hingga 25 kg, dan tahan saat terjatuh dari ketinggian hingga 120 cm.

Port yang terpasang juga telah lapis baja, sehingga punya daya pakai lebih lama. Keyboard juga telah menggunakan rangka tambahan agar lebih kuat, tak lupa dengan kemampuan tahan cipratan air.
 

Performa

Asus ExpertBook B7 Flip hadir dengan pilihan prosesor Intel Core Generasi ke-12 Core i7 dan Core i5. Di bagian storage ada SSD PCIe Gen3 kapasitas 1TB dan 512GB. Perangkat yang Medcom.id uji adalah varian Intel Core i7, di sini disediakan RAM kapasitas 16GB DDR4 dan iGPU Intel Iris Xe.

Pengujian performanya dilakukan menggunakan software PCMark 10 dan 3DMark dari UL Benchmarks serta Cinebench R23. Skor yang dihasilkan tergolong bagus untuk sebuah laptop tipis dan mengandalkan integrated GPU.
 
PENGUJIAN:  PCMark 10 3DMark Night Raid Cinebench R23 (single/multi)
SKOR:  3787 9691 1068/4698

Soal daya tahan baterainya tidak diragukan lagi, Asus ExpertBook B7 Flip memang dirancang untuk menjadi perangkat pendamping bisnis. Di pengujian PCMark 10 skenario Modern Office diperoleh daya tahan sekitar sembilan jam 22 menit.

Daya tahan ini termasuk sangat memuaskan mengingat laptop ini memiliki fitur layar sentuh karena mengusung desain convertible, jadi kinerjanya akan lebih ekstra konsumsi daya dibandingkan laptop dengan layar biasa.

Kesimpulan
Menurut Medcom.id Asus ExpertBook B7 Flip adalah pilihan laptop bisnis terbaik terutama bagi mereka yang bekerja di lapangan. Penggunanya tidak perlu mengandalkan koneksi WiFi bahkan tethering yang bakal menghabiskan baterai smartphone, karena laptop ini bisa dipasang kartu SIM yang mandiri.

Pengalaman penggunaan Medcom.id juga membuktikan performa Asus ExpertBook B7 Flip sangat gesit untuk kemampuan komputasi biasa, tanpa kebutuhan desain grafis. Bodinya yang tipis dan ringan bahkan tangguh bakal lebih disukai bagi mereka yang ingi memiliki laptop awet untuk bekerja di mana saja.
 
SPESIFIKASI: Asus ExpertBook B7 Flip B7402
Prosesor Intel Core i7-1195G7
GPU Intel Iris Xe
RAM  16GB DDR4
Storage  1TB PCIe Gen3 SSD
Layar 14 inci (2560x1600) IPS, touchscreen support stylus
Bobot 1,44kg
Dimensi 32 x 23,4 x 1,8 cm
Harga  Mulai dari Rp31.488.000
 
 
8.5
Asus ExpertBook B7 Flip
Plus
  • Desain menarik
  • Fitur keamanan lengkap, termasuk bagian webcam
  • Desain ergonomis saat menjadi tablet
  • Fitur SIM Card sangat berguna
Minus
  • Harga cukup tinggi dengan iGPU Intel Iris Xe


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id