Review Smartphone

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni, Cahyandaru Kuncorojati - 13 Februari 2020 13:06 WIB
    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta
    Bagian belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro dengan ciri khas merek dan lima kamera belakang.
    Jakarta: Xiaomi memulai awal tahun 2020 dengan meluncurkan satu smartphone anyar. Mereka akhirnya membawa seri yang selama ini diklaim ditunggu-tunggu di Indonesia.

    Bukan rumpun Redmi, smartphone ini adalah Mi Note 10 Pro. Dalam peluncurannya, produk ini memang cukup menyita perhatian publik karena terlihat Xiaomi telah berani memasarkan produk mereka di harga yang lebih tinggi.

    Terakhir kali, mereka meluncurkan dua varian Mi 4i dan Mi 8 Lite, yang kelasnya tidak berbeda jauh dengan Redmi. Kehadiran Mi Note 10 Pro menjadi jawaban bahwa konsumen Indonesia dirasa sudah siap mencoba smartphone Xiaomi dengan kualitas yang lebih baik.

    Unit Mi Note 10 Pro juga telah datang ke meja pengujian Medcom.id. Selama kurang lebih satu bulan, berikut impresi mendalam kami dari berbagai aspek. Berikut ulasannya.

     

    Kualitas Bodi Mumpuni

    Sebagai smartphone dengan kelas yang lebih tinggi dari Redmi, kami langsung berharap bahwa bodinya tak lagi terlihat murahan. Hal ini langsung terbukti dari pilihan warna Aurora Green, hijau yang memiliki nuansa gelap dan agak terang sekaligus karena tekstur berkilau.

    Ingatan kami terbawa ke smartphone merek lain saat melihat desain bagian belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro. Sekilas mirip seperti smartphone merek realme dan Huawei yang menaruh nama merek di sudut bagian bawah.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Elemen warna ini mirip dengan yang ada pada Redmi Note 8 Pro, tetapi pada Mi Note 10 Pro terlihat lebih solid dan elegan. Pilihan warna ini tidak dihiasi warna lain, sehingga membungkus menyeluruh hingga ke sisi pinggir. Sisi pinggirnya kali ini juga terasa lebih kuat, menandakan kualitas material dan bodi secara keseluruhan yang lebih baik.

    Apa yang menarik adalah tampilan lima kamera belakang pada Mi Note 10 Pro. Tiga kamera berada dalam satu bingkai dengan jeda antar komponen kamera yang agak lebar dari biasanya. Sedangkan sisa dua kamera terpasang secara terpisah, dan satu kamera punya bingkai paling kecil.

    Anda juga akan melihat dua LED flash dengan komposisi warna yang berbeda. Gunanya adalah untuk meningkatkan akurasi warna dan detail objek saat merekam foto atau video.

    Beralih ke sisi layarnya, Mi Note 10 Pro mengusung konsep edge yang berpadu dengan bezel tipis. Lebih spesifik, rasio layar ke bodinya mencapai 87,8 persen. Konsep edge juga membuat bezel makin tidak terlihat.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Untuk antarmukanya, walau sudah mengadopsi USB-C, Mi Note 10 Pro tetap menyediakan jack audio yang terpasang di sebelahnya. Pada pinggir bawah sudah ada dua port ini, ditambah dengan lubang speaker.

    Tombol power dan volume berada di pinggir kanan, sementara pinggir atas terisi lubang speaker dan sensor inframerah. Untuk slot kartu, Mi Note 10 Pro menyediakan dua slot SIM tanpa dukungan Micro SD. Kapasitas memori internalnya sendiri memang sudah 256GB.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Secara keseluruhan desain Xiaomi Mi Note 10 Pro tidak membuatnya unik dari merek lain, kecuali jumlah kameranya. Namun, kesan dan pengalamannya memberikan rasa yang berbeda dari smartphone Xiaomi yang pernah dirilis di Indonesia.
     

    MIUI 11 dan Fitur Gaming

    Belum mengadopsi Android 10, Xiaomi Mi Note 10 Pro tetap dibekali antarmuka MIUI 11. Kustomisasi antarmuka ini terhadap antamuka bawaan Android 9 tersebut bisa dibilang sangat mendalam. MIUI menyediakan ikon, fitur tambahan, sampai tema khusus.

    Antarmuka ini tidak menghapus fitur esensial yang sudah menjadi bawaan Android, dan menambah beberapa fungsi yang membuat penggunanya mengakses beberapa informasi yang lebih personal. Rasanya tidak berbeda dari MIUI 11 yang juga ada di Redmi 8 yang pernah kami ulas.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Hal menarik adalah tema gaming. Gaming hadir dengan fitur khusus di MIUI 11 di Xiaomi Mi Note 10 Pro. Penelusuran Medcom.id fitur gaming bernama Game Booster yang tersedia di sini masih sama seperti yang kami jumpai saat mengulasi Redmi Note 8 Pro.

    Begitu Anda memasang salah satu game populer seperti PUBG, shortcut bawaan ini akan muncul muncul otomatis. Begitu dibuka, ia akan menawarkan beberapa fungsi, termasuk mematikan notifikasi yang akan mengganggu permainan.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Selain itu, Game Booster juga akan meningkatkan performa game, meningkatkan prioritas bandwidth jaringan, kualitas audio, dan responsivitas sentuhan di layar. Tersedia dashboard yang didesain menarik yang akan memberikan informasi performa perangkat dan game di tengah permainan.
     

    Lima Kamera 108MP

    Xiaomi Mi Note 10 Pro menjadi smartphone pertama di dunia sekaligus yang pertama di Indonesia membawa kemampuan lima kamera belakang dan resolusi maksimal 108MP.

    Kelimanya memadukan kemampuan lensa telefoto 5MP, kamera ultrawide angle 20MP, lensa portrait 12MP, dan lensa makro 2MP. Sebagian dari Anda mungkin bertanya: Apakah kemampuan kamera 108MP dibutuhkan? Apalagi ukuran file foto tersebut pasti sangat besar di memori?

    Kemampuan kamera 108MP mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi yang bisa dicetak dalam ukuran spanduk. Hal ini serupa dengan Redmi Note 8 Pro yang dalam pemasarannya memamerkan hasil cetak foto kamera 64MP ke dalam sebuah ukuran besar.

    Keunggulan lain dari resolusi tinggi kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah hasil crop dari foto di resolusi ini tidak akan pecah. Jadi bisa menyajikan foto hasil zoom dengan resolusi piksel yang tidak buruk alias pecah.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Sekilas kemampuan ini memang serupa dengan hasil foto dari jepretan kamera DSLR. Ya, ini tujuan dari kemampuan kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro. Pengalaman Medcom.id menjajal kameranya, menurut kami kemampuannya sangat memuaskan.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Demikian juga untuk kemampuan kamera depan 32MP di Xiaomi Mi Note 10 Pro. Selain menyediakan mode lengkap untuk foto, tersedia juga mode untuk video mulai dari Shoot Steady video, 960fps macro slow motion video, dan Vlog Mode. Kualitas videonya yang termasuk bagus mungkin didukung oleh kemampuan lima kameranya.
     

    Chipset Spesialis Gaming

    Mi Note 10 Pro memang termasuk ponsel kelas atas. Mengacu pada spesifikasi, Xiaomi masih berada di bawah beberapa merek kompetitor. Smartphone ini mengadopsi Qualcomm Snapdragon 730G, generasi baru yang mengandalkan kemampuan gaming dan efisiensi baterai yang lebih baik.

    Dibedah lebih jauh, chipset ini menggunakan inti Kryo 470 yang terbagi dalam dua macam. Jenis pertama Gold terdiri dari dua inti pada kecepatan 2,2GHz, dan jenis kedua Silver terdiri dari enam inti pada kecepatan 1,8GHz. Konfigurasi ini memang berbeda dengan chipset kompetitor yang umumnya terbagi dalam dua cluster dengan jumlah inti sama rata.

    Di dalam Snapdragon 730G juga terbenam GPU Adreno 618. Hanya ada satu pilihan RAM dan memori, Mi Note 10 Pro mengusung RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

    Saat ini belum banyak smartphone dengan kelas yang sama meluncur di pasar Indonesia. Oleh karena itu, kami membandingkannya dengan beberapa smartphone yang sudah hadir tahun lalu, dengan harga atau spesifikasi yang mirip.

    Jika melihat harganya, smartphone kompetitor telah hadir dengan RAM 6GB, memori 128GB, dan rumpun Snapdragon 855. Mi Note 10 Pro masih punya kelebihan di balik chipset yang bukan Snapdragon 855 atau 855 Plus.

    Grafik di bawah ini menampilkan hasil skor menggunakan PCMark dan 3DMark. Terlihat bahwa performa Mi Note 10 Pro unggul dari semua smartphone yang diadu.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Walaupun ada yang selisih skornya tipis, setidaknya Mi Note 10 Pro bisa membuktikan chipset yang mumpuni dan layak diperhitungkan. Soal daya tahan baterai, ia mampu dipacu hingga 15 jam, unggul hingga tiga jam dibandingkan pesaing.

    Untuk baterai 5.260 mAh, ia termasuk salah satu smartphone dengan baterai yang cukup awet. Perlu diingat bahwa konsumsi baterai bisa lebih irit atau lebih boros, tergantung pemakaian. Pengisian baterainya mendukung pengisian cepat daya 30W.

    Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pantas Disebut Flagship Harga Rp6 Juta

    Di pengalaman bermain game PUBG Mobile, Xiaomi Mi Note 10 Pro terbaca mampu menjalankan game di kualitas High. Penelusuran mendalam di pengaturan ditemukan smartphone ini mendukung resolusi tertinggi di HD dengan frame rate High.

    Kesimpulan
    Klaim Xiaomi bahwa Mi Note 10 Pro menjadi debut seri flagship Xiaomi di Indonesia tidak bisa kami bantah. Meskipun seri Mi jauh lebih flagship tapi kesan dan pengalaman yang disajikan smartphone ini sangat memuaskan.

    Berkaca ke pasar smartphone Indonesia, smartphone flagship biasanya dibanderol dengan harga lebih dari Rp8 juta dan menggunakan chipset tertinggi di kelasnya. Namun, tidak demikian dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro yang dibanderol Rp6,9 juta dan dibekali Snapdragon 730G.

    Sah saja Xiaomi mengklaim smartphone ini menjadi flagship mereka karena selama ini perusahaan ini belum pernah merilis produk dengan harga tinggi di Indonesia. Tinggi di sini mungkin bagi penggemar Xiaomi yang terbiasa dengan smartphone di rentang harga Rp1-3 juta.

    Menurut Medcom.id, Xiaomi sukses menciptakan smartphone flahsgip versi mereka yang harganya ramah kantong tapi punya kemampuan bersaing di kelas flagship sebenarnya. Lima kamera belakang Xiaomi Mi Note 10 Pro bakal membuatnya diburu sepanjang tahun 2020.
     
    Spesifikasi  Xiaomi Mi Note 10 Pro
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 730G
    GPU Adreno 618
    OS Android 9.0
    RAM  8GB
    Memori Internal 256GBGB
    Kamera Belakang 108MP (5MP+20MP+12MP+2MP)
    Depan 32MP
    Baterai 5.260 mAh
    Layar  6,47 inci AMOLED 
    Harga Rp6.999.000
     
     
    9.5
    Xiaomi Mi Note 10 Pro
    Plus
    • Inovasi lima kamera belakang kemampuan 108MP
    • Kemampuan kameranya memuaskan
    • RAM dan memori internal besar
    • Kapasitas baterai besar
    • Layar AMOLED
    Minus
    • Tidak ada MicroSD
    • Bodi cukup tebal




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id