comscore

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Lufthi Anggraeni - 25 Maret 2021 15:20 WIB
Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga
Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2
Jakarta: Ranah laptop kembali bergairah sebagai dampak dari pandemi sebab masyarakat membutuhkan perangkat yang mendukung aktivitas yang kini sebagian besarnya dialihkan ke ranah online dan dengan ukuran layar lebih besar.

Laptop menjadi perangkat yang sesuai untuk mendukung aktivitas bekerja dan belajar jarak jauh, sebab mengusung ukuran besar sehingga mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar berukuran kecil yang ditimbulkan smartphone.
Namun mendukung aktivitas profesional bukanlah hal baru bagi Lenovo yang telah secara konsisten mendukung konsumen profesional melalui laptop lini ThinkPad, yang telah diketahui sebagian besar konsumen menyuguhkan performa yang baik dengan bodi berdaya tahan baik.

Kini, Lenovo menyapa konsumen dengan ThinkPad E14 yang didukung prosesor AMD Ryzen 4000 series 5. Namun benarkah laptop ini mampu menyuguhkan performa yang kerap dibanggakan penciptanya, Lenovo? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

Soal desain bodi, laptop ini tampil tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan saudaranya di lini yang sama. Namun Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 mengusung perbedaan jika dibandingkan dengan perangkat di lini ini yang diluncurkan pada empat tahun yang lalu.

Pada perangkat ini, Lenovo menggunakan bahan aluminium untuk bodi perangkat untuk bagian atas atau belakang layar dan bagian bawah. Namun Lenovo mempertahankan warna hitam elegan yang menjadi ciri khas lini ThinkPad, dengan hiasan nama lini dan titik berwarna merah di atas huruf i.

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Selain itu, laptop ini juga masih mengusung trackpoint yang tersemat di antara tuts keyboard, serta trackpad dengan bagian atas dilengkapi dengan tombol untuk klik kiri dan kanan. Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 juga dibekali dengan layar 14 inch Full HD 1920×1080 piksel dengan rasio 16:9.

Perangkat ini juga memiliki port USB-C yang terletak di sisi kiri bodi perangkat, berfungsi untuk mengisi daya baterai dan dilengkapi charger berkekuatan 65 Watt yang juga didukung teknologi pengisian daya cepat. Anda juga akan dapat menemukan dua port USB 3.2 gen 12 always-on, USB 2.0, HDMI 1.4b, RJ-45, dan jack headphone atau mikrofon 3,5mm di kedua sisinya.

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Menyoal keyboard, Lenovo masih mengusung keunggulan dalam hal kenyamanan saat digunakan untuk mengetik, yang selalu menjadi kebanggaannya dari lini Thinkpad. Pada laptop ini, keyboard didukung dengan penerangan atau backlight.

Hanya saja, bagi Anda yang merupakan pengguna baru perangkat lini ThinkPad, mungkin membutuhkan waktu pembiasaan terkait dengan lokasi penyematan tombol, seperti tombol Fn, Ctrl, serta tombol panah navigasi, yang berbeda dari lokasi di laptop lain.

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Laptop ini juga hadir dengan layar berukuran 14 inch Full HD 1920×1080 piksel dan rasio aspek 16:9, yang cukup memanjakan mata dengan warna yang tergolong cerah. Hanya saja secara default, layar ini hadir dengan pengaturan warna hangat atau cenderung kekuningan.

Warna lebih hangat tersebut turut membantu mata tidak cepat lelah saat harus menatap layar dalam jangka waktu lama. Selain itu, bagi pengguna ThinkPad pertama, Anda mungkin akan menyadari bahwa layar perangkat hadir dengan bagian atas dan bawah lebih memanjang dan sisi lebih sempit jika dibandingkan dengan layar laptop lainnya.
 

Fitur

Hadir sebagai pendamping aktivitas bekerja dan belajar secara online, Lenovo membekali ThinkPad E14 AMD Gen 2 tombol khusus untuk melakukan atau mengakhiri panggilan pada layanan konferensi video.

Selain itu, perangkat yang mengutamakan keamanan ini juga berbekal sensor pemindai sidik jari sebagai salah satu fitur keamanannya. Sensor ini tersemat pada tombol daya yang terletak di bezel keyboard sebelah kanan. 

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Lenovo juga menyadari kekhawatiran pengguna terhadap peluang peretasan yang memungkinkan peretas memanfaatkan kamera untuk panggilan konferensi video terintegrasi di bezel layar untuk melakukan perekaman tanpa sepengetahuan mereka.

Karenanya, Lenovo juga membekali ThinkPad E14 AMD Gen 2 dengan fitur yang juga dapat ditemukan pada generasi sebelumnya yaitu bagian fisik untuk menutup kamera, atau disebut Lenovo dengan nama ThinkShutter.

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2, Tangguh Bertenaga

Fitur ini dapat Anda manfaatkan dengan menggeser tuas di atas kamera yang hadir dengan ketinggian sama dengan bingkai luar layar. Anda dapat memastikan penutup fisik ini telah menutupi lensa kamera melalui indikator titik berwarna merah di bagian dalam kamera.

Selain itu, didukung oleh sistem operasi Windows 10, Lenovo Thinkpad E14 AMD Gen 2 juga dibekali teknologi keamanan Windows Hello, dengan sensor pemindai wajah inframerah di sebelah kamera web terintegrasi.

Sayangnya, bagi Anda yang masih menggunakan kamera dengan medium penyimpanan SD Card, Anda tidak dapat secara langsung mengakses konten yang tersimpan di medium penyimpanan tersebut melalui laptop ini, sebab Lenovo tidak membekalinya dengan card reader terintegrasi.

Laptop ini juga dibekali dengan software Lenovo Vantage, hadir dengan fitur untuk memeriksa firmware dari fitur atau komponen di laptop, dan termasuk layanan pusat dukungan atau Support Center.
 

Performa

Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 didukung prosesor AMD Ryzen 5 4500U dengan enam inti berkecepatan 2,3GHz dan diklaim mampu meningkat hingga kecepatan 4GHz pada mode turbo. Sementara itu untuk grafis, laptop ini didukung Radeon RX Vega 6 yang terintegrasi pada prosesor.

Di atas kertas, kartu grafis ini disebut mengusung kecepatan 1,5 GHz dan didukung 384 Shade Processor (SP). Selain itu ThinkPad E14 AMD Gen 2 ini berbekal RAM DDR4 berkapasitas 8GB dan dapat ditambah via slot RAM tambahan.

Soal media penyimpanan, Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 dibekali SSD berkapasitas 512GB yang terhubung melalui slot M.2 2242. Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan memanfaatkan slot M.2 2280 yang tersedia.

Dengan dukungan spesifikasi tersebut, tidak mengherankan jika laptop ini menyuguhkan performa baik, yang tercatat pada skor hasil pengujian dengan melibatkan sejumlah aplikasi benchmark.
 
Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single/multi) 
Skor 4463 2994 453/2120

Pada pengujian yang melibatkan aplikasi Cinebench R20, laptop ini memperoleh skor sebesar 453 pada pengujian single-core, dan 2120 pada pengujian multi-core. Sedangkan pada pengujian melibatkan PCMark 10 Modern Office, laptop Lenovo ini memperoleh nilai sebesar 4463.

Dan pada pengujian yang melibatkan aplikasi 3DMark Fire Strike, Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 memperoleh nilai sebesar 1994. Sedangkan menyoal baterai, perangkat ini mampu bertahan dalam jangka waktu tergolong lama dengan kondisi penggunaan normal selama sekitar 12 jam, dan selama 10 jam menurut hasil pengujian via aplikasi benchmark.

Kesimpulan 
Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 masih cukup mampu membuktikan tahtanya sebagai perangkat yang memang ditujukan untuk mendampingi pekerja profesional dengan kebutuhan performa tinggi.

Selain itu, daya tahan baterai yang lama juga menjadi salah satu keunggulan perangkat ini. Namun, laptop ini mungkin tidak sesuai bagi Anda yang mementingkan tampilan perangkat bergaya dan trendi.

Dan Anda juga perlu merogoh kocek dalam, sebesar Rp12.999.000 untuk dapat memboyong pulang Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2 ini.
 
Spesifikasi  Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2
Prosesor AMD Ryzen 5 4500U
RAM DDR4 8GB
Memori Internal  SSD 512GB
Layar 14 inch Full HD 1920×1080 piksel dengan rasio 16:9
GPU Radeon RX Vega 6
Bobot 1,59 kg
Dimensi 324 x 220 x 18,9 mm
Harga Rp12.999.000
 
 
8.6
Lenovo ThinkPad E14 AMD Gen 2
Plus
  • Keyboard nyaman
  • Performa baik
  • Didukung berbagai fitur keamanan
Minus
  • Sejumlah fitur mungkin asing bagi pengguna laptop non ThinkPad sebelumnya


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id