Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Lufthi Anggraeni - 05 April 2019 11:38 WIB
    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik
    Nokia 5.1 Plus
    Jakarta: Nokia memang bukan nama baru di industri perangkat komunikasi mobile. Perusahaan asal Finlandia ini pernah berjaya dan mendominasi ranah smartphone dengan suguhan ponsel berdesain unik dan menarik.

    Kini terjadi pergeseran di ranah perangkat komunikasi mobile, dengan smartphone dengan bekal layar sentuh sebagai perangkat dominan di ranah ini. Nokia yang sempat tertinggal kini mencoba mengejar, salah satunya melalui Nokia 5.1 Plus.

    Perangkat yang juga dikenal sejumlah pasar internasional sebagai Nokia X5 ini ditawarkan dengan banderol harga terjangkau serta sistem operasi yang tergolong baru, yaitu Android 9.0 Pie. Lantas daya tarik lagi yang ditawarkannya?
     

    Desain

    Nokia 5.1 Plus menjadi smartphone Android kedua Nokia besutan HMD Global yang hadir dengan usungan desain layar berponi. Sebelumnya, perangkat yang mendapatkan kehormatan menjadi perangkat Android berlayar poni pertama Nokia adalah 6.1 Plus.

    Desain poni yang diusung Nokia 5.1 Plus ini tergolong lebar, menyerupai desain yang diusung iPhone X. Poni tersebut menjadi lokasi penyematan sejumlah sensor, kamera depan dan speaker.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Tidak mengusung ukuran layar yang besar, dan hanya seluas 5,8 inci, dukungan desain poni ini nyatanya mampu menghadirkan kesan luas. Hal ini sesuai untuk Anda yang menginginkan perangkat berbodi ramping namun dengan layar yang luas.

    Ukuran layar luas ini cukup mampu menyuguhkan pengalaman menyenangkan saat digunakan untuk menikmati konten video atau bermain game, dengan tampilan yang tergolong baik meski tidak istimewa. Hal ini tidak mengejutkan mengingat harganya yang tergolong terjangkau.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Sementara itu di bagian belakang, Nokia 5.1 Plus hadir dalam balutan bahan serupa plastik mengkilat, yang rentan kotor akibat noda sidik jari. Sedangkan sisi bodi yang sedikit tebal dengan tepian yang tidak tajam memberikan kenyamanan saat menggenggam ponsel ini, meski terasa licin saat digenggam dengan tangan basah atau berkeringat.

    Anda juga akan menemukan dua kamera yang tersusun secara vertikal dan terletak di bagian tengah atas bodi. Dua kamera ini tersemat di bagian yang sedikit lebih menonjol jika dibandingkan dengan bodi perangkat lainnya, bersama dengan lampu flash LED.

    Bagian yang lebih menonjol ini mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati guna mencegahnya tergores saat diletakan di atas permukaan yang tidak halus. Sementara itu di bawah kamera, Nokia juga menyematkan sensor pemindai sidik jari.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Di bagian tengah bodi belakang, Anda akan menemukan logo Nokia, yang didampingi oleh logo Android One di bagian bawah. Sedangkan di sisi kanan bodi perangkat terdapat tombol daya yang didampingi oleh tombol volume, dan slot kartu SIM di sisi kiri.

    Uniknya di sisi bawah bodi, Anda hanya akan menemukan port USB-C di bagian tengah dan dua lubang speaker dengan bentuk memanjang di kiri port USB-C. Sedangkan jack headphone 3,5mm dapat Anda temukan di sisi atas kiri bodi perangkat.
     

    Antarmuka & Software

    Serupa dengan ponsel lain di portofolio HMD Global, Nokia 5.1 Plus merupakan bagian dari smartphone Android One. Ponsel ini hadir dengan sertifikasi Android One, sehingga didukung dengan sistem operasi Android tanpa tambahan apapun.

    Selain itu, dukungan Android One ini menjamin Nokia 5.1 Plus menerima update hingga dua huruf selanjutnya, dan update keamanan bulan selama tiga tahun. Demikian juga menyoal aplikasi bawaan atau bloatware.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus ini hanya berbekal aplikasi bawaan sistem operasi Android, salah satunya Google Pay, yang dapat dihapuskan jika tidak dibutuhkan. Selain itu, Nokia 5.1 Plus juga didukung oleh fitur Face Unlock, memungkinkan Anda membuka kunci perangkat dengan memindai wajah.

    Hanya saja, respons teknologi ini tergolong lambat dan sedikit sulit digunakan dalam kondisi pencahayaan redup. Selain itu, perangkat hanya dapat mendaftarkan satu wajah untuk membuka kunci perangkat.

    Sebagai bagian dari Android One dan merupakan bagian dari gerakan Digital Wellbeing Google, ponsel cerdas ini juga berbekal fitur Timer, memungkinkan pengaturan waktu dimanfaatkan pada aplikasi. Sehingga aplikasi tidak akan dapat diakses jika telah memasuki waktu yang ditentukan.
     

    Kamera

    Nokia 5.1 Plus berbekal kamera belakang ganda dengan sensor kamera utama beresolusi 13MP dan aperture f/2.0, sedangkan kamera sekunder mengusung resolusi 5MP. Untuk kamera depan, ponsel ini hadir dengan resolusi 8MP.

    Kamera Nokia 5.1 Plus ini cukup mampu menghadirkan hasil foto yang tergolong baik pada kondisi pencahayaan cukup, meski hasil sedikit berbeda didapati pada foto pada kondisi pencahayaan redup yang sedikit menampilkan noise.

    Selain itu, saat memotret dalam kondisi pencahayaan redup, fokus kamera Nokia 5.1 Plus ini tergolong lambat, sehingga Anda harus menjaga tangan tetap stabil saat memotret guna meminimalisir getaran.

    Kamera Nokia 5.1 Plus juga mendukung fitur Live Bokeh. Fitur ini memungkinkan pengguna menentukan tingkat keburaman sebelum ataupun sesudah memotret dengan memanfaatkan kombinasi dua kamera belakang.

    Kamera Nokia 5.1 Plus ini juga memiliki fitur bertajuk Bothie atau Dual Sight, memungkinkan Anda menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik
     

    Performa dan Baterai

    Didukung MediaTek Helio P60 1.8GHz, RAM 3GB dan ruang penyimpanan 32GB, Nokia 5.1 Plus cukup mampu menyuguhkan performa yang tergolong baik selama proses pengujian berlangsung.

    Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, perangkat ini cukup mampu menghadirkan performa yang tergolong baik, tanpa gangguan lag berarti. Namun, saat digunakan untuk memainkan game bergrafis tinggi seperti PUBG, perangkat ini tampil sedikit kewalahan.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Pada game PUBG, Nokia 5.1 Plus secara default mengatur pengaturan grafis di Low, dan mampu menampilkan permainan yang cukup mulus. Sayangnya, saat ditingkatkan pada pengaturan lebih tinggi, permainan tampil dengan hiasan lag yang mengganggu.

    Sementara itu pada pengujian dengan menggunakan aplikasi benchmark PCMark Work 2.0, perangkat ini memperoleh nilai sebesar 7087, sedangkan pada aplikasi benchmark 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Nokia 5.1 Plus memperoleh nilai sebesar 935.

    Menyoal baterai, Nokia 5.1 Plus hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 3.060 mAh, diklaim mampu bertahan selama 11 jam jika digunakan untuk menonton video atau 18 jam untuk melakukan panggilan telepon.

    Nokia 5.1 Plus, Si Terjangkau yang Cukup Menarik

    Namun pada pengujian yang melibatkan penggunaan aktif melalui aplikasi benchmark PCMark Battery, Nokia 5.1 Plus ini mampu bertahan selama 7 jam dan 46 menit. Sedangkan saat digunakan sehari-hari, ponsel ini mampu bertahan setidak selama sekitar 9 jam.


    Kesimpulan
    Desain berbodi kecil namun berlayar luas yang diusung Nokia 5.1 Plus cukup mampu menghadirkan kenyamanan saat menggenggam ponsel dan menikmati konten video.

    Sayangnya, fakta bahwa bagian belakang bodi yang mudah kotor akibat noda sidik jari dan agak licin saat digenggam tangan berkeringat sedikit mengurangi kesenangan menggunakannya.

    Sementara itu, penawaran harga terjangkau dengan kemampuan kamera yang tergolong baik pada kondisi pencahayaan cukup tergolong menjadi daya tarik tersendiri bagi ponsel cerdas Nokia ini.
     
      Nokia 5.1 Plus
    Prosesor  MediaTek Helio P60 Octa-core 1.8GHz
    GPU Mali G72
    OS Android 9.0 Pie
    RAM 3GB
    Memori internal  32GB
    Kamera Belakang 13MP + 5MP, Depan 8MP
    Baterai 3.060 mAh
    Layar 5,8 inci HD
    Harga Rp2.599.000
     
    8
    Nokia 5.1 Plus
    Plus
    • Harga terjangkau
    • Kamera cukup baik
    • Berbekal USB-C
    Minus
    • Bodi mudah kotor akibat sidik jari
    • Performa kurang baik pada game




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id