Review Notebook

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Lufthi Anggraeni - 28 Oktober 2020 14:40 WIB
    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan
    Lenovo IdeaPad Slim 3 menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan dan cepat.
    Jakarta: Pandemik Covid-19 memaksa sebagian besar masyarakat bekerja dari rumah guna menghentikan penyebaran virus korona. Hal ini turut menyebabkan berbagai industri mengalihkan pegawai dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah.

    Demikian juga kegiatan sekolah dan berkuliah yang kini harus berjalan via ranah online, memanfaatkan layanan konferensi video. Hal ini turut meningkatkan kebutuhan masyarakat terhadap perangkat komputasi mumpuni untuk mendukung aktivitas mereka.

    Akibatnya, berbagai produsen perangkat komputasi berlomba untuk menghadirkan perangkat dengan dukungan spesifikasi terbaik untuk masing-masing segmen konsumen yang disasar, serta dengan penawaran harga yang bervariasi, salah satunya adalah Lenovo.

    Lenovo menghadirkan perangkat yang dinilainya mampu menjadi jawaban dari kebutuhan tersebut melalui IdeaPad Slim 3. Pada perangkat ini, Lenovo menghadirkan pilihan dukungan prosesor, yaitu Intel dan AMD.

    Lenovo IdeaPad Slim 3 yang kami uji didukung oleh prosesor AMD Ryzen 5 4500U dengan Radeon Graphics 2,38 GHz, dan ditawarkan seharga Rp8.299.000, serta dukungan Office Home & Student 2019 senilai Rp1.799.000.
     

    Desain

    Pada awal mendapatkan informasi menyoal kehadirannya, usungan kata Slim pada penamaan perangkat ini membuat kami mengira bahwa laptop baru Lenovo ini hadir dengan desain tipis serupa tren yang populer beberapa waktu tahun terakhir.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Namun saat memegang laptop ini secara langsung, perangkat ini sedikit lebih tebal dari ekspektasi kami, meski ketebalannya tersebut mendukung kenyamanan untuk membawa serta perangkat ini saat berpindah tempat.

    Meskipun demikian perangkat ini juga tergolong ringan, termasuk saat menggenggam laptop ini dengan satu tangan. Selain ketebalan bodi, desain sederhana namun elegan yang diusung Lenovo IdeaPad Slim 3 ini mencuri perhatian kami.

    Bodi perangkat ini berbalut bahan metal dengan tampilan serupa guratan yang dapat Anda temukan pada sejumlah bahan metal. Lenovo IdeaPad Slim 3 juga hadir dengan layar luas, berukuran 14 inci dan beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, didukung oleh teknologi anti-glare.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Mata kami dimanjakan oleh suguhan tampilan konten dengan ketajaman, kecerahan warna, dan detail baik. Selain itu, layar berpanel IPS di Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga didukung refresh rate 60Hz, kecerahan hingga 250 nits dan sudut pandang yang luas.

    Laptop yang memiliki empat pilihan warna, terdiri dari Abyss Blue, Platinum Grey, Business Black, dan Cherry Red, dan berdimensi 32,7 x 24,1 x 1,99 cm dengan bobot seberat 1,46 kg dan charger seberat 218 gram.

    Selain itu, Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga didukung keyboard dengan ukuran tuts yang menyuguhkan kenyamanan saat digunakan. Laptop ini juga hadir dengan bagian yang umum digunakan sebagai lokasi meletakkan pergelangan tangan dengan ukuran luas, juga menjadi lokasi penyematan trackpad.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Lenovo IdeaPad Slim 3 juga hadir dengan dukungan webcam di bagian bezel atas, serta dua buah speaker yang ditempatkan di sisi depan yang mengarah secara langsung ke badan pengguna. Laptop ini juga hadir dengan engsel berkemampuan untuk dibuka hingga 180 derajat.
     

    Fitur

    Lenovo IdeaPad Slim 3 didukung oleh konektor untuk DC-in, HDMI, USB 2.0 dan dua USB 3.1 Gen 1, dan port untuk charger di sisi kiri. Sedangkan di sisi kanan, terdapat konektor 3.5mm Jack Combo serta slot Card Reader.

    Ketersediaan slot Card Reader cukup menyenangkan, karena slot ini sudah tergolong sulit ditemukan pada perangkat komputasi mobile yang lebih mengutamakan desain tipis, dan terutama bagi Anda yang memotret dengan kamera yang menggunakan SD Card sebagai media penyimpanan.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Selain itu, Lenovo IdeaPad Slim 3 juga didukung fitur konektivitas Wi-Fi AC dan Bluetooth 4.2. Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga didukung keyboard dengan ukuran tuts tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, menyuguhkan kenyamanan saat digunakan untuk mengetik. Kenyamanan ini juga disuguhkan keyboard karena tuts tergolong empuk saat ditekan.

    Dengan demikian, jari Anda tidak akan cepat lelah saat harus mengetik dalam jangka waktu lama. Sayangnya, keyboard ini tidak didukung oleh pencahayaan atau backlit meski hal ini tidak akan mengganggu pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

    Lenovo IdeaPad Slim 3 juga hadir dengan bagian yang umum digunakan sebagai lokasi meletakkan pergelangan tangan dengan ukuran luas, juga menjadi lokasi penyematan trackpad. Hanya saja trackpad tidak benar-benar tersemat di tengah bagian ini, alih-alih sedikit ke arah kiri.

    Sementara itu, mengingat kekhawatiran menyoal pelanggaran privasi yang meningkat, Lenovo juga membekali webcam IdeaPad SLim 3 ini dengan lapisan penutup atau disebut sebagai TrueBlock Privacy Shutter, tersemat di antara kaca terluar dan bagian lensa kamera.

    Lapisan ini dapat dibuka dan ditutup secara manual via tuas geser di tepian bezel atas, dengan tekstur bergerigi yang dapat dirasakan saat meraba bagian tepian bezel. Lapisan ini didukung indikator lingkaran berwarna merah yang muncul di bagian webcam saat dalam posisi tertutup.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan

    Lenovo IdeaPad Slim 3 juga berbekal Lenovo Vantage, memungkinkan pengguna untuk mengatur profile performa laptop. Lenovo Vantage menyuguhkan sejumlah pilihan, terdiri dari mode Intelligence Cooling, Extreme Performance, dan Battery Saving. Pengguna juga dapat berpindah antar mode satu dengan lainnya dengan menekan tombol Fn+Q.

    Dan menyoal audio, Anda dapat mengatur Audio Profile pada laptop ini via software Dolby Audio. Sementara itu, engsel pada laptop ini didukung oleh fitur Flip to Boot yang dapat diatur pada software Lenovo Vantage, memungkinkan laptop menyala secara otomatis ketika dibuka.

    Lenovo IdeaPad Slim 3, Cepat, Menyenangkan
     

    Performa

    Lenovo IdeaPad Slim 3 hadir dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 4500U dengan Radeon Graphics 2,38 GHz, serta RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal SSD berkapasitas 512GB. Dukungan spesifikasi ini menyuguhkan pengalaman penggunaan yang cepat tanpa gangguan lag.

    Selain itu, dukungan spesifikasi ini juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan saat perangkat digunakan untuk melakukan konferensi video via berbagai aplikasi dan layanan terkait.

    Performa mulus yang disuguhkan oleh perangkat ini, terlihat saat membuka banyak tab di browser dan menikmati video youtube secara bersamaan.

    Sejumlah aplikasi lain yang kami gunakan selama pemanfaatan Lenovo IdeaPad Slim 3 ini juga berjalan tanpa mengalami kendala dan gangguan berarti. Laptop ini juga menyuguhkan pengalaman menyenangkan berkat waktu boot lebih cepat dan tidak terganggu oleh lag saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Waktu pemuatan menjadi lebih cepat saat pengguna memanfaatkan fitur Flip to Boot yang tersedia di Lenovo Vantage.

    Selain itu, digunakan dalam jangka waktu lama, suhu laptop ini tergolong tidak cepat meningkat. Selama penggunaan, kami juga tidak terganggu oleh suara kipas pendingin perangkat. Suara kipas tergolong senyap bahkan tidak terdengar meski laptop digunakan dalam pengujian benchmark intensif.

    Kami pun melakukan pengujian dengan menggunakan sejumlah software benchmark dan hasil skor dan hasil skor menunjukan spesifikasi laptop ini sudah sangat mampu untuk mendukung produktivitas komputasi ringan.
     
    Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Sky Diver Cinebench R20 Single-Core Cinebench R20 Multi-core
    Skor 3151 8373 410 1981

    Dalam pengujian baterainya, Medcom.id menguji dalam simulasi kondisi kecerahan layar paling rendah, backlit dinonaktifkan, tidak terkoneksi WiFi, dan baterai di mode hemat daya. Skenario pengujian baterai yang dipilih di software PCMark adalah Modern Office.

    Dari hasil pengujian baterai via aplikasi benchmark ini, Lenovo IdeaPad Slim 3 mampu bertahan selama sekitar 7 jam. Namun, dalam penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, daya tahan baterai laptop ini akan bertahan lebih lama.

    Kesimpulan
    Mengusung nama Slim, perangkat ini masih tergolong tebal terutama jika dibandingkan dengan Lenovo IdeaPad 720S. Meskipun demikian, laptop ini ringan dan memungkinkan untuk dibawa dalam perjalanan, tanpa menambah beban pada tas bawaan.

    Selain itu, suguhan pengalaman yang menyenangkan dan performa baik juga siap memanjakan pengguna Lenovo IdeaPad Slim 3 ini. Baterai perangkat ini juga tergolong lama, cukup mampu menunjang aktivitas saat jauh dari soket listrik.

    Lenovo IdeaPad Slim 3 ini layak untuk dipertimbangkan bagi Anda yang membutuhkan laptop berperforma kencang namun dengan banderol harga di bawah Rp10 juta serta berdimensi tipis dan ringan.
     
    Spesifikasi  Lenovo IdeaPad Slim 3
    Prosesor AMD Ryzen 7 4700U octa-core (8 thread) 2GHz, Turbo maksimal 4,1GHz
    RAM DDR4 8GB 2666MHz, upgrade hingga 12GB
    Memori Internal SSD 512GB M.2 PCIe 3.0 X2 2242 NVMe
    GPU AMD Radeon RX Vega 7 iGPU
    Dimensi 327,1 mm x 241 mm x 19,9 mm
    Bobot 1,6 Kg
    Harga Rp8.299.000
     
    8.5
    Lenovo IdeaPad Slim 3
    Plus
    • Performa kencang
    • Dukungan fitur Flip to Boot mempercepat waktu loading
    • Baterai cukup lama
    Minus
    • Bodi tergolong tebal


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id