Apacer AC633, Utamakan Daya Tahan

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Mei 2019 12:33 WIB
    Apacer AC633, Utamakan Daya Tahan
    Apacer AC633.
    Jakarta: Saat memiliki kapasitas penyimpanan data eksternal atau portabel, jenis SSD (Solid State Drive) masih dianggap terlalu mahal dengan kapasitasnya yang tidak begitu besar. HDD (Hard Disk Drive) kerap menjadi pilihan terbaik.

    Sulit untuk mengatakan tidak ketika membutuhkan penyimpanan data eksternal, meskipun layanan cloud sudah sangat banyak dan murah. Tidak semua orang rela mencari koneksi internet stabil dan cepat untuk menyimpan atau mengunduh data yang mereka simpan di cloud.
    Apacer sebagai produsen komponen memperkenalkan penyimpanan data eksternal HDD yaitu Apacer AC633. Melihat desain luarnya saja, memang kurang menarik dibandingkan HDD yang dijual tanpa balutan karet.

    Perlu diketahui bahwa balutan material karet ini berfungsi sebagai pelindung, bukan casing semata. Apacer AC633 adalah HDD eksternal dengan Military Grade yang artinya daya tahannya telah teruji. Material tersebut diklaim berfungsi sebagai jaket pelindung dari benturan.

    Artinya, Apacer AC633 memiliki kemampuan shockproof. Produk ini masih berfungsi dengan optimal setelah dijatuhan dari ketinggian 122cm atau sekitar 1,2 meter. Apacer mengklaim tidak ada satu file data yang rusak saat diakses setelah jatuh dari ketinggian tadi.

    Medcom.id menilai desain material karet yang estetika kurang memuaskan ini memang lebih memprioritaskan daya tahannya. Daya tahan dari ketinggian 1,2 meter juga dinilai sudah lumayan, karena kemungkinan produk ini hanya akan terjatuh dari genggaman kita maupun dari atas meja kerja atau kantong tas.

    Apacer AC633, Utamakan Daya Tahan

    Desain sudutnya yang membulat juga dinilai cukup cerdas untuk mencegah produk terlontar ke udara setelah sempat terbentur dengan bagian sudut mendarat lebih dulu. Dalam situs resmi Apacer terungkap bahwa Apacer AC633 juga memiliki kerangka pelindung di dalamnya untuk melindungi komponen HDD dari getaran atau benturan.

    Lubang port Type-A yang disediakan oleh Apacer AC633 terlihat ditutup oleh sebuah katup material karet dari jaket pelindungnya. Acer mengklaim bahwa desain tersebut termasuk jaket pelindungnya juga menyediakan kemampuan daya tahan terhadap debu dan percikan air. 

    Apacer AC633, Utamakan Daya Tahan

    Sepanjang penggunaan, banyak debu berupa benang atau partikel berukuran kecil yang melekat pada karet pelindungnya. Meskipun sudah dibersihkan menggunakan kuas, debu kecil tersebut masih tetap melekat.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Perlu dicatat, percikan air dan bukan tahan terhadap rendaman di dalam air. Jadi disarankan agar produk ini tidak sampai jatuh ke genangan air yang kedalamannya cukup merendam seluruh bodinya.

    Apacer AC633 hadir dengan dua varian kapasitas memori 1TB dan 2TB. Medcom.id menjajal yang kapasitas 1TB. Produk ini hadir dengan HDD form factor SATA HDD 2,5 inci. Antarmuka yang disediakan adalah port USB 3.1 Gen1 Type-A yang juga mendukung port jenis USB 2.0.

    Dalam pengujian performanya, Medcom.id menggunakan software Crystal Disk Mark dengan skenario transfer data yang ditentukan untuk mengetahui kecepatan tulis dan baca Apacer AC633. Pengujian dilakukan menggunakan testbed Medcom.id.

    Apacer AC633, Utamakan Daya Tahan

    Tercatat bahwa Apacer AC633 memiliki kecepatan tulis mencapai 110MBps dan kecepatan tulis sebesar 96MBps. Kecepatannya masih bisa dibilang cukup bisa diandalkan untuk sebuah hard disk drive eksternal.

    Kemudian Medcom.id melanjutkannya dengan uji kecepatan kompresi dan ekstrasi folder file kapasitas 1GB dengan isi beragam jenis file data, mulai dari teks, foto, video, dan audio. Pada proses kompresi menjadi format .rar dibutuhkan waktu 1 menit 27 detik dan proses ekstraksinya hanya 20 detik. 

    Durasi yang dibutuhkan dari proses ekstraksi dan kompresi file tersebut juga maish tergolong singkat meskipun bukan tercepat. Medcom.id tidak merasa durasi yang dibutuhkan dalam proses tersebut lama. 

    Kesimpulan
    Dari hasil uji performa di atas mungkin kecepatan Apacer AC633 bukan tercepat untuk HDD eksternal di kelasnya tapi masih sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan penyimpanan data ukuran besar.

    Dari segi desain juga estetikanya terasa kurang. Lapisan karet pelindungnya terlihat seperti casing tambahan biasa. Soal daya tahan, harus diakui bahwa produk ini memenuhi janji perlindungannya. HDD eksternal Apacer AC633 cukup tangguh berkat jaket pelindungnya dan memungkinkan produk ini memiliki usia yang lebih panjang.

    Fitur anti debu dan tahan air memungkinkan Apacer AC633 bisa digunakan di kondisi outdoor. Jadi konsumen bisa membawa hard disk eksternal tanpa takut tertinggal, seperti flash disk yang ukurannya fisik dan kapasitasnya lebih kecil.

    Apacer AC633 dibanderol Rp799.000 untuk kapasitas 1TB dan Rp1.185.000 untuk kapasitas 2TB. Melihat harganya, Apacer AC633 masih memilliki harga terjangkau untuk sebuah HDD yang memiliki keunggulan dari sisi perlindungan atau daya tahannya.
     
     
    Apacer AC633
    Plus
    • Performa cukup bagus
    • Tahan benturan
    • Fitur waterproof dan dustproof
    • Usia pemakaian bisa panjang berkat daya tahannya
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Desain kurang menarik
    • Debu mudah melekat di material karet

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id