Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Mei 2019 21:16 WIB
    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula
    Elgato HD60 S.
    Jakarta: Beberapa waktu lalu Corsair mengakuisisi perusahaan bernama Elgato yang menyediakan produk lengkap untuk game streamer. Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu produk terbarunya, Elgato HD60 S.

    Sempat ada keraguaan saat menggunakannya. Alasannya selama ini Medcom.id belum pernah menjajal pengalaman menjadi game streamer dan mungkin tidak sehebat PewDiePie dalam membuat video aksi bermain game.
    Elgato HD60 S hadir dengan desain yang sangat sederhana, mirip seperti sebuah powerbank yang ukurannya tidak lebih besar dari ukuran tangan orang dewasa. Bobotnua juga sangat ringan.

    Elgato HD60S hadir dengan interface yang tidak banyak. Di bagian atas terdapat segaris LED indikator. LED akan menyala biru saat berhasil berfungsi dan berwarna merah saat perangkat menyatakan belum terhubung dengan seharusnya.

    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula

    Di sisi kiri terdapat port input, di antaranya port HDMI, USB Type-C, dan audio jack. Sementara di sisi kanan terdapat ouput port yaitu HDMI (pass-through) yang di atas kertas disebut mendukung kualitas video hingga 1080p di frame rate 60fps.

    Port bagian input digunakan untuk menghubungkan kabel HDMI dari perangkat untuk memainkan game. Sementara port USB Type-C digunakan untuk menghubungkan perangkat yang digunakan untuk merekam video dan menjalankan driver software Elgato Game Capture.

    Kabar baiknya Elgato HD60 S bisa digunakan untuk merekam permainan game dari perangkat konsol (PS4 dan Xbox One) maupun PC (PC/laptop) bahkan Nintendo Switch. USB Type-C dihubungkan ke PC atau laptop yang sudah terpasang software Elgato Game Capture.

    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula

    Harus dipastikan bahwa PC atau laptop yang digunakan untuk proses perekaman termasuk live streaming memiliki spesifikasi kartu grafis atau prosesor yang mumpuni. Hal ini dibutuhkan untuk menjalankan proses perekaman termasuk live streaming.

    Elgato menyebutkan prasyarat minimal yang dibutuhakn adalah sistem operasi Windows 10 (64-bit) dengan kartu grafis Intel HD atau lebih baik NVIDIA GeFoce GTX minimal seri GTX 600. Prosesor minimum yang digunakan adalah Intel Core i5 Generasi ke-4.

    Tidak ketinggalan kapasitas penyimpanan data yang besar untuk menyimpan video rekaman. Sementara port output HDMI dihubungkan dengan display output. Pada proses perekaman menggunakan PC langkahnya lebih mudah, hanya membutuhkan dua monitor. Jadi satu monitor untuk bermain game dan satu monitor untuk memantau software yang berjalan.

    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Pada konsol, Elgato HD60 S menghubungkan konsol dengan monitor atau televisi serta laptop atau PC untuk tempat software berjalan. Pastikan bahwa PC atau laptop cukup mumpuni karena proses perekaman akan cukup berat.

    Apapila hal ini tidak dipenuhi, bisa saja terjadi lag antara performa di konsol atau perangkat bermain game dengan tampilan di perangkat tempat software game berjalan. Software Elgato Game Capture adalah salah satu daya tarik lain dari hardware yang dihadirkan.

    Software ini menyajikan proses perekaman yang ramah dan fitur penyuntingan video yang sederhana. Menurut Medcom.id sangat sesuai untuk pemula. Di halaman proses perekaman video terdapat pilihan template layer yang bisa dipilih. Template ini menyajikan desain video yang akan tampil di media sosial saat live streaming.

    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula

    Misalnya, tersedia kolom bagian untuk tautan akun media sosial sang streamer. Inset video yang menampilkan wajah streamer saat bermain game. Ada juga kolom untuk jadwal live streaming, notifikasi saat ada subscriber atau donasi, kolom live chat dari penonton dan kolom lainnya.

    Posisi tiap kolom juga bisa diubah. Apabila pengguna ingin melakukan livestreaming tersedia opsi untuk menghubungkan software ke akun media sosial. Nantinya, setiap notifikasi atau pengumuman yang Anda buat akan otomatis terunggah ke media sosial dan pengikut akun Anda.

    Di Elgato Game Capture juga tersedia fitur live comment. Pengguna cukup memastikan perangkat audio yang dilengkapi mikrofon terhubung ke audio jack di Elgato HD60S. Kini berlaih ke fitur penyuntingan atau editing video di Elgato Game Capture.

    Elgato HD60 S, Pas Buat Game Streamer Pemula

    Seperti yang sudah disebutkan, bagian penyuntingannya sangat sederhana. Medcom.id menemukan hanya tersedia opsi trimming atau memotong video dan mengubah posisinya di dalam video yang sudah direkam. Di bagian ini Anda juga masih bisa menambahkan audio ke dalam video, baik rekaman komentar Anda maupun musik.

    Kesimpulan
    Perangkat game capture Elgato sebetulnya juga hadira dalam bentuk video card yang bisa ditanamkan ke motheboard PC. Namun varian HD60 S dirasa jauh lebih mudah digunakan oleh siapapun yang mencoba menjadi streamer pemula.

    Alasan paling kuat adalah Elgato HD60 S bisa kompatibel tidak hanya dengan PC atau laptop. Streamer pemula yang lebih gemar memainkan game di konsol juga bisa ikut menjajalnya.

    Elgato juga menawarkan software pendukung untuk melakukan livestreaming termasuk penyuntingan video meskipun sangat sederhana fiturnya. Jadi sangat jelas Elgato HD60 S sangat menyasar streamer pemula yang baru belajar.

    Di global, Elgato HD60 S dibanderol mulai dari harga Rp2 juta sementara dari pantauan Medcom.id, harga lokalnya mulai dari Rp3 juta. Harganya memang cukup tinggi, namun pantas menjadi modal utama untuk menekuni profesi game streamer.
     
     
    Elgato HD60 S
    Plus
    • Desain ringkas dan mudah digunakan
    • Paket penjualan dilengkapi kabel HDMI dan USB Type-C
    • Kompatibel untuk konsol PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch dan PC
    • Dukungan software untuk live streaming dan penyuntingan video
    • Tampilan live streaming yang bisa dikustomisasi
    Minus
    • Perlu belajar saat pertama kali pemasangan




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id