Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Lufthi Anggraeni - 14 April 2019 12:38 WIB
    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan
    Redmi Note 7
    Jakarta: Redmi Note 7 menjadi salah satu smartphone yang dinantikan oleh konsumen sebab menjadi perangkat pertama Redmi setelah resmi terpisah dan menjadi sub-merek Xiaomi. Smartphone ini juga dinanti karena bekal resolusi kamera belakang berukuran besar.

    Selain resolusi kamera besar, Redmi Note 7 juga digandang memiliki dukungan spesifikasi dan teknologi terbaik, namun dipasarkan dengan harga terjangkau. Lantas, benarkah klaim tersebut? Simak ulasan berikut.

     

    Desain

    Secara desain, Redmi turut mengikuti tren yang tengah menggelora di sejumlah produsen, khususnya produsen asal Tiongkok, dengan bodi perangkat berbalut bahan mengkilat dengan warna bergradasi.

    Sementara itu, pada tahun sebelumnya Corning Gorilla Glass lebih umum ditemukan pada bagian layar, pada Redmi Note 7, panel 2,5D bahan perlindungan ini juga tersedia di belakang bodi perangkat, menyebabkan permukaan bagian belakang tampil reflektif.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Tidak hanya tampil reflektif, bahan Corning Gorilla Glass ini juga diklaim membantu daya tahan bodi perangkat terhadap goresan. Kesan mengkilat umumnya turut dibarengi oleh kesan licin, namun hal ini tidak kami dapati saat menggenggam perangkat tanpa bantuan sasis bening yang tersedia di kemasan penjualan.

    Tren lain yang juga dihadirkan Redmi Note 7 terlihat pada bagian depan perangkat, berupa desain layar berponi dengan tipe tetes air.  Selain itu, bagian layar ponsel cerdas ini juga hadir dengan bezel bagian atas, kanan dan kiri yang tergolong tipis, meski cukup tebal di bagian bawah.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Sementara itu di bagian belakang, Anda akan menemukan dua kamera tersusun secara vertikal di sebelah kiri. Di bagian bawah kamera ini tersemat lampu flash, sedangkan sensor pemindai sidik jari terdapat di bagian tengah bodi belakang ponsel.

    Sayangnya, ruang dasar penyematan kamera ini hadir dengan ketinggian yang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan bodi di sekitarnya. Hal ini menyebabkan Anda harus lebih berhati-hati saat meletakan perangkat di meja atau permukaan lainnya, serta menyimpannya pada saku celana, terutama celana berbahan lebih kasar seperti jeans.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Hal ini sedikit terbantu saat perangkat menggunakan sasis pelindung bodi. Meskipun demikian, desain ini tidak mengurangi keindahan bodi perangkat secara keseluruhan. Sementara itu, Anda akan menemukan tombol volume di sisi kanan, berdampingan dengan tombol daya.

    Di bagian bawah ponsel, Anda akan menemukan lubang-lubang speaker mengapit port USB-C. Sedangkan di sisi kiri bodi, Anda akan menemukan slot nano SIM beserta microSD. Jack headphone 3,5mm tersemat di bagian kiri sisi atas ponsel, berdampingan dengan sensor inframerah dan penangkap sinyal seluler.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

     

    Antarmuka Pengguna & Software

    Menyoal antarmuka pengguna, Redmi Note 7 masih menggunakan antarmuka karya Xiaomi, MIUI 10. Versi ini hadir dengan sejumlah pembaruan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, serta menghadirkan opsi kustomisasi untuk pengguna.

    Serupa dengan perangkat Xiaomi lainnya, Redmi Note 7 juga tidak didukung oleh laci aplikasi, sehingga Anda dapat menemukan seluruh aplikasi di halaman Homescreen. Sementara itu, menekan tombol menu Recent App yang mendampingi tombol Home dan Back tidak hanya menampilkan aplikasi yang baru diakses.

    Pada bagian atas halaman yang muncul setelah menekan tombol ini sejumlah opsi, termasuk Split Screen, serta kartu jalan pintas untuk fungsi lain seperti Cleaner, Security Scan, Find Apps dan Manage Apps.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Untuk memanfaatkan fitur Split Screen, Anda dapat menekan dan menarik aplikasi di halaman Recent Apps tersebut ke bagian atas, setelah menekan opsi Split Screen. Sedangkan untuk bagian bawahnya, Anda hanya perlu memilih salah satu dari aplikasi yang tampil di halaman Recent Apps.

    Sementara itu, animasi dan transisi yang ditampilkan saat mengakses aplikasi satu ke aplikasi lain cukup menyenangkan dan mendukung operasional tampil lebih mulus dan mengalir. Sayangnya, pengalaman ini sedikit terganggu oleh kehadiran iklan yang kerap muncul di sejumlah halaman pengaturan.

    Perangkat ini juga berbekal aplikasi bawaan yang hadir pada perangkat ini cukup banyak, terdiri dari rangkaian aplikasi Mi dan sejumlah aplikasi bawaan yang dapat dihapus, seperti BaBe, Facebook, Opera, PicMix, Caping dan AliExpress.

     

    Kamera

    Pada peluncurannya, Redmi menjadikan sektor kamera sebagai salah satu kemampuan yang diunggulkan pada Note 7 ini. Kamera ponsel cerdas ini hadir dengan resolusi kamera besar, yaitu 48MP pada kamera belakang utama, dan 5MP pada kamera belakang sekunder.

    Selain itu, kamera ponsel ini juga didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), diklaim mampu membantu kameranya dalam menghasilkan foto terbaik sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar obyek foto.

    Kamera belakang ponsel ini juga didukung oleh mode Night, memungkinkan foto yang dipotret pada malam hari dengan kondisi pencahayaan kurang terang tampil dalam kondisi pencahayaan terbaik, dan dengan tingkat noise yang tergolong minim.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Sementara itu pada kondisi pencahayaan cukup, foto yang dihasilkan Redmi Note 7 baik, dengan detail obyek, ketajaman dan akurasi warna yang baik. Dukungan AI turut membantu meningkatkan tampilan obyek foto lebih baik, dengan warna lebih cerah.

    Untuk kamera depan, Redmi Note 7 turut memanjakan pecinta foto diri atau selfie, dengan kamera depan beresolusi 13MP. Seperti smartphone lainnya, Redmi Note 7 ini juga didukung oleh mode Beautify, menjadikan wajah pada foto menjadi lebih mulus dan cerah.

    Namun, foto yang dihasilkan kamera depan Redmi Note 7 tampil baik saat dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup, dan tergolong kurang terang saat dipotret dalam kondisi pencahayaan redup atau di dalam ruangan.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

     

    Performa dan Baterai

    Redmi Note 7 didukung Qualcomm Snapdragon 660 berkecepatan hingga 2,2 GHz yang dilengkapi Artificial Intelligence Engine (AIE) untuk memaksimalkan kemampuan AI. Chipset ini juga didampingi oleh RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB.

    Dukungan komponen tersebut membantu ponsel cerdas ini untuk menyuguhkan performa mulus tanpa kendala dan gangguan lag, termasuk saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selain itu, dukungan spesifikasi ini tampil cukup baik untuk melakukan aktivitas multitasking.

    Performanya yang baik turut ditampilkan Redmi Note 7 ini pada hasil pengujian sejumlah aplikasi benchmark, seperti PCMark  Work 2.0 bernilai 5999, dan 3DMark Slingshot Extreme OpenGL bernilai 1352.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Sementara itu, saat digunakan untuk memainkan game PUBG, pengaturan grafik game secara otomatis diatur pada Medium. Namun, saat diatur dalam pengaturan grafik High, permainan tetap dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan lag.

    Menyoal baterai, Redmi Note 7 menyuguhkan performa memuaskan, sebab mampu bertahan dalam jangka lama. Pada kondisi stand by, ponsel cerdas ini mampu bertahan hampir selama dua hari.

    Sedangkan pada kondisi penggunaan aktif, ponsel mampu bertahan selama lebih dari 13 jam. Performa baterai ini juga didukung oleh hasil pengujian baterai dengan memanfaatkan aplikasi PCMark Battery, yang menampilkan bahwa perangkat mampu bertahan selama 12 jam 21 menit.

    Redmi Note 7, Baterai Tahan Lama dengan Bodi Menawan

    Kesimpulan
    Tidak hanya tampilan warna gradasi di bagian belakang yang menjadi salah satu daya tariknya, Redmi Note 7 juga cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat suguhan performa mulus, serta tampilan layar berukuran luas, yang tajam dan detail.

    Sayangnya, Redmi Note 7 belum berbekal charger yang mendukung teknologi Quick Charge 4.0. Selain itu, iklan yang kerap muncul pada sejumlah menu aplikasi menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu pengalaman penggunaan.
     
      Redmi Note 7
    Prosesor  Qualcomm Snapdragon 66
    GPU Adreno 512
    OS Android 9 Pie + MIUI 9
    RAM 4GB
    Memori Internal   64GB
    Kamera Belakang 48MP+5MP, Depan 13MP 
    Baterai 4.000mAh
    Layar 6,3 inci IPS LCD, Full HD+ 1080 x 2340 piksel
    Harga Rp2.599.000
     
     
    8
    Redmi Note 7
    Plus
    • Desain menawan
    • Baterai tahan lama
    • Performa baik
    • Kamera cukup baik
    Minus
    • MIUI banyak iklan
    • Tidak ada NFC
    • Belum dibekali Quick Charge 4.0




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id