Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Lufthi Anggraeni - 13 Desember 2019 10:13 WIB
    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung
    Samsung Galaxy Note 10+.
    Jakarta: Samsung boleh saja tergeser posisinya saat ini dari pangsa pasar Indonesia. Namun, ini tidak berarti mereka menyerah dalam menghadirkan smartphone dengan beragam fitur unik sepanjang 2019.

    Samsung tahun ini juga cukup menjadi pusat perhatian dengan strategi barunya yang memperbanyak rumpun untuk kelas menengah. Pasar Tanah Air saat ini kedatangan rumpun Galaxy As, generasi baru yang diklaim bisa menjangkau konsumen yang sama dengan beberapa produsen asal Tiongkok.

    Jangan lupa juga mereka punya Galaxy Note, satu rumpun spesial yang menjadi produk tercanggih yang Samsung hadirkan setiap tahunnya. Meja redaksi kanal teknologi Medcom.id kali ini berkesempatan menjajal lebih jauh Galaxy Note 10+.

    Sesuai namanya, penggunaan simbol “+” sebagai tanda ia merupakan smartphone dengan spesifikasi tercanggih di rumpun yang sama. Memang terdapat beberapa perbedaan yang bisa terlihat secara fisik, dan spesifikasinya.

    Satu hal yang pasti, Samsung Galaxy Note 10+ hadir dengan beberapa keunggulan yang membuatnya begitu spesial. Apa saja keunggulan tersebut? Apa kekurangan Galaxy Note 10+? Berikut ulasan Medcom.id.
     

    Elemen Warna Elegan

    Galaxy Note 10+ mengusung ukuran layar yang lebih besar. Versi biasa memasang layar 6,3 inci, dan Galaxy Note 10+ punya layar 6,8 inci. Layar yang lebih besar semakin memberikan pengalaman penggunaan yang lebih luas berkat konsep Infinity-O.

    Ini berarti ia tidak memiliki poni tetapi tetap bisa menyediakan kamera depan. Pengalaman layar lebih luas terbukti dengan rasio layar ke bodi mencapai 91 persen, tak lupa dengan panel Dynamic AMOLED resolusi 1440 x 3040 piksel.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Ditambah bingkai layar edge, pengguna bisa memberikan perintah hampir di seluruh sudut layar. Untuk menjamin daya tahan, Samsung melapis layar ini dengan Gorilla Glass 6. Layar besar pastinya berdampak ke bodi belakang yang ikut besar, termasuk saat dipegang satu tangan.

    Galaxy Note 10+ menyematkan kesan elegan atau premium lewat pilihan warna yang ditawarkan. Unit yang saya uji menggunakan warna Aura Black, warna hitam dengan kilap saat terpantul cahaya.

    Bodi belakangnya tidak banyak menampilkan hiasan. Anda bisa langsung melihat tiga kamera belakang dalam satu bingkai vertikal. Di sebelahnya terdapat LED flash dan dua sensor lainnya untuk meningkatkan kualitas foto dan video.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Tidak ada lagi pemindai sidik jari dengan model khas yang biasa Samsung pasang pada seri premium, hanya ada logo Samsung dengan komposisi warna yang tidak terlalu cerah. Satu kekurangan yang saya lihat pada bodi belakang adalah material pelapis yang mudah meninggalkan bekas sidik jari.

    Samsung Galaxy note 10+ tidak memerlukan antarmuka fisik yang rumit. Tidak seperti smartphone pabrikan Tiongkok, smartphone ini memasang tombol Bixby dan volume di pinggir kiri. Ya, Samsung memang sudah tidak menyediakan tombol fisik untuk power.

    Cara menyalakan atau mematikannya akan saya bahas pada bagian antarmuka. Slot kartu SIM dual berada pada pinggir atas, ditemani oleh lubang mikrofon. Pada pinggir bawah tersedia tempat menyimpan S-Pen, port USB-C untuk pengisian daya, lubang speaker, dan mikrofon.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Pada sisi ini juga terlihat dua alur antena, satu memisahkan tempat S-Pen. Berhubung punya layar edge, sisi pinggir kanan dan kiri cenderung tipis, tetapi masih memberikan grip yang tepat.
     

    Ekosistem Eksklusif dan Lengkap

    Bodi yang bagus dilengkapi dengan software yang optimal. Samsung Galaxy Note 10+ menyematkan antarmuka OneUI dengan basis Android 9. Samsung telah memastikan jajaran perangkat Note generasi terbaru akan mendapatkan Android 10.

    Salah satu ciri khas antarmuka Samsung adalah kehadiran fungsi Bixby, yang sejauh ini bisa menunjukkan bahwa perannya lebih baik daripada asisten digital bawaan Android. Bixby juga telah dilengkapi kecerdasan buatan, yang dapat melihat pola kebiasaan pengguna, mengatur jadwal pribadi, sampai memberi rekomendasi notifikasi berdasarkan prioritas.

    Semua fungsi Bixby dan pengaturannya dapat Anda akses langsung lewat tombol di pinggir kiri. Berhubung tombol kiri ini adalah untuk Bixby, maka cara untuk mematikan ponsel atau mengambil screenshot juga berbeda. Ada dua cara untuk menonaktifkan Galaxy Note 10+.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Cara pertama adalah mengakses panel notifikasi, dan menekan tombol power. Cara kedua adalah menahan tombol Bixby dan volume bawah secara bersamaan sampai muncul pilihan power. Sementara untuk menyalakan smartphone cukup dengan menahan tombol Bixby. 

    Untuk mengambil screenshot, tekan tombol Bixby dan volume bawah secara bersamaan dan cepat.  Antarmuka OneUI termasuk ringan dan lengkap. Secara estetika, ia dirancang untuk bisa menampilkan semua hal penting yang diperlukan secara sederhana ketimbang memenuhi layar.

    Ditambah lagi, ia juga mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan. Anda bisa mengakses semua aplikasi yang terpasang dengan menggeser panel ke atas. Bisa juga menampilkan kumpulan aplikasi penting di halaman depan dengan menciptakan shortcut.

    Notifikasi yang langsung muncul pada halaman depan juga dirancang cukup tepat sehingga tidak menjadi distrikasi yang cukup mengganggu. Antarmuka ini juga telah mendukung Dark Mode.  Berhubung memiliki S Pen, antarmuka pada Samsung Galaxy Note 10+ menyediakan fungsi khusus.

    Begitu dikeluarkan, S Pen bisa langsung beroperasi layaknya pena biasa. Anda bisa memberikan coretan, membuat catatan, memotong gambar, atau langsung mengirimkan pesan. Fungsi lebih lengkap akan saat menekan tombol pada S Pen.

    Saat disimpan, S Pen akan mengisi dayanya secara otomatis, dan status isi baterainya akan tampil sebagai notifikasi di atas layar. Selain itu, serupa dengan Galaxy Note seri sebelumnya, yaitu Note 9, S Pen milik Galaxy Note 10+ ini juga berfungsi sebagai remote shutter kamera.

    Selain remote shutter kamera, S Pen juga sebagai alat pengendali saat melakukan presentasi. Anda juga dapat mengakses fitur pada menu kamera dengan S Pen Galaxy Note 10 ini, dengan memanfaatkan gestur geser di udara.
     

    Kamera Semakin Bagus

    Dengan bekal empat sensor kamera, Samsung Galaxy Note 10+ jelas merupakan upgrade dari pendahulunya, Galaxy Note 9 yang berbekal kamera belakang ganda. Di bagian belakang Galaxy Note 10+ tersemat kamera bersudut pandang luas dan lensa telefoto serupa pendahulunya.

    Namun, perangkat versi baru ini juga didukung kamera ultra wide dengan kemampuan mencakup ruang pandang lebih luas dan sensor kedalaman untuk menghasilkan efek bokeh lebih baik saat memotret portrait.

    Kamera ultra wide ini memungkinkan Anda memotret pemandangan dengan cakupan lebih luas, hampir menyerupai kemampuan kamera mirrorless atau DSLR dengan dukungan lensa fisheye.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Selain itu, foto pada kondisi pencahayaan redup yang dihasilkan Samsung Galaxy Note 10+ ini tampil cukup terang. Namun pada foto dengan kondisi pencahayaan redup ini, Anda masih dapat menemukan noise meski tidak mengganggu tampilan secara keseluruhan.

    Namun, Samsung lebih mengunggulkan kemampuan kamera Galaxy Note 10+ ini dalam hal perekaman video. Galaxy Note 10+ berbekal fitur bertajuk Super Steady, merupakan Optical Image Stabilization (OIS), mampu menyuguhkan hasil perekaman minim guncangan dan stabil, meski direkam sambil berjalan.

    Samsung Galaxy Note 10+ ini juga didukung oleh fitur Zoom-in Audio, berkemampuan untuk memfokuskan suara yang akan direkam pada video dengan melakukan zoom in ke obyek yang Anda inginkan.
     

    Tak Masalah Tanpa Snapdragon

    Sama seperti generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Note 10+ mengadopsi chipset Exynos untuk beberapa pasar, termasuk Indonesia. Exynos 9825 merupakan chipset tercanggih Samsung saat ini, dengan arsitektur Mongoose M4, Cortex-A75, dan Cortex-A55.

    GPU chipset ini menggunakan Mali-G76 MP12. Chipset yang punya kasta tertinggi dari Samsung ini berduet dengan RAM 12GB dan memori penyimpanan 256GB. Ini berarti pengguna tidak akan menemukan lag dalam berbagai skenario penggunaan.

    Sepanjang pemakaian, lag tidak kami temukan sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengakses banyak aplikasi, baik media sosial atau sambil menonton Netflix, dan bermain game selama beberapa waktu. 

    Melihat grafis di bawah, Samsung Galaxy Note 10+ berhasil mengalahkan beberapa kompetitornya, yang sebenarnya tidak begitu banyak. Ia bisa menghasilkan selisih hingga 2.000 poin untuk pengujian PCMark.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Sementara untuk performa visual dengan 3DMark, smartphone ini masih punya skor hingga 200 poin lebih baik. Salah satu faktor pendukungnya adalah software dan OS yang dapat beroperasi optimal dan efisien.

    Performa yang tinggi ini juga bermakna pengguna dapat bermain game dengan kualitas visual terbaik, termasuk game PUBG Mobile. Performa saat bermain game juga akan lebih baik berkat adanya Game Launcher, yang akan memberikan beberapa fungsi agar bisa menjalankan game secara maksimal, tanpa panas berlebihan.

    Untuk baterai, Samsung Galaxy Note 10+ masih kalah dari beberapa ponsel buatan Huawei. Dalam pengujian PCMark, smartphone ini mampu bertahan hingga 9 jam, lebih sebentar jika dibandingkan dengan Huawei Mate 30 Pro yang mampu bertahan selama 16 jam.

    Samsung Galaxy Note 10+, Wujud Inovasi Samsung

    Namun, perlu diingat bahwa hasil tersebut diperoleh dari skenario penggunaan secara intensif, yang tidak selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Daya tahan selama 9 jam tergolong baik, sebab mampu menopang produktivitas Anda tinggi dan yang kerap membawa ponsel ke tempat kerja dari pukul tujuh pagi, sampai pulang pada pukul sembilan malam.

    Samsung juga mendukung baterai Galaxy Note 10+ ini dengan teknologi pengisian daya cepat, dengan daya sebesar 15W.

    Kesimpulan
    Sebagai ponsel kelas premium, Samsung Galaxy Note 10+ mampu menawarkan apa yang tidak bisa ditawarkan pada ponsel lain di kelas yang sama. Ia selalu punya tempat khusus di hati para pengguna Samsung, terutama mereka yang sudah kenal dengan rumpun Galaxy S dan Galaxy Note.

    Desain yang mewah, kualitas kamera yang bagus, software yang ringan tetapi punya ekosistem lengkap, adalah beberapa kelebihan yang membuatnya layak untuk dibeli. S Pen juga merupakan perangkat spesial dan selalu tidak bisa membuat pesaingnya berkutik. 

    Bukan tanpa kelemahan, Samsung Galaxy Note 10+ punya bodi yang mudah meninggalkan bekas sidik jari. Baterainya juga seharusnya punya daya tahan lebih baik, seiring dengan perkembangan teknologi baterai dan pengisian daya. Namun, sebagai pengguna premium, smartphone dengan harga awal diumumkan Rp16,5 juta ini masih layak Anda miliki.

     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy Note 10+
    Prosesor Exynos 9825 
    GPU Mali-G76 MP12
    OS Android 9 Pie, One UI
    RAM 12GB
    Memori Internal  256GB
    Kamera Belakang 12MP+12MP+16MP+ToF 3D VGA 
    Depan 10MP
    Baterai 4.300 mAh
    Layar Dynamic AMOLED 6,8 inci 1440 x 3040 piksel
    Harga Rp16.499.000
     
     
    9.6
    Samsung Galaxy Note 10+
    Plus
    • Elemen warna keren
    • S Pen tetap spesial
    • Layar sangat tajam
    • Performa terbaik di kelasnya
    Minus
    • Baterai bertahan kurang lama
    • Bodi mudah menempel bekas sidik jari




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id