Review Switch

    Menjajal Switch Sekaligus NAS QNAP QGD-1600P

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Maret 2020 14:28 WIB
    Menjajal Switch Sekaligus NAS QNAP QGD-1600P
    QNAP QGD-1600P.
    Jakarta: Nama QNAP sebagai penyedia perangkat pendukung jaringan sudah sangat populer. Mereka juga sudah mengembangkan keahlian di bidang tersebut dengan merilis perangkat NAS (Network Attached Storage). Terbaru mereka telah merilis produk bernama QNAP QGD-1600P.

    QNAP QGD-1600P yang hadir dalam bentuk switch ternyata juga memiliki fungsi sebagai NAS. Jadi produk ini menawarkan keunggulan sebuah switch dengan dukungan NAS di dalamnya. QNAP sendiri mengklaim menargetkan kalangan SMB untuk produk ini.

    Berdasarkan desain dan fiturnya, QNAP QGD-1600P punya layar LCD yang memudahkan pengoperasiannya. Di sini ditampilkan informasi IP dan firmware realtime dari switch dan QTS atau antarmuka virtual yang tampil saat perangkat ini diakses via komputer.

    Di sini juga bisa dilihat status Switch atau NAS tanpa harus terhubung ke monitor. Di sebelahnya ada tombol kendali atau kontrol menu di LCD tersebut. Bergeser ke kanan ada port HDMI 2.0 untuk output video dan port USB 3.0 untuk bisa tersambung ke perangkat QNAP lain, misalnya NAS tambahan.

    Disediakan juga port RJ45 untuk digunakan administrator masuk ke QTS melalui antarmuka host independen. Jadi mereka bisa mengelola fungsi switch tanpa mengganggu operasional NAS di QNAP QGD-1600P.

    QNAP QGD-1600P punya 16 port RJ45 yang sudah memiliki kemampuan Power over Ethernet (PoE). Ditambah dua port SFP yang diklaim bisa mendukung transfer data hingga 10GBps.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6GB OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8GB
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Berdasarkan informasi spesifikasi yang kami kumpulkan, 12 port di antaranya menggunakan jenis Gigabit 802.3at PoE+ yang dapat memberikan daya 30W per port. Daya ini bisa menghidupi perangkat CCTV berdaya rendah dan mini router atau access point.

    Menjajal Switch Sekaligus NAS QNAP QGD-1600P

    Empat port sisanya punya jenis Gigabit 802.3bt PoE++. Masing-masing port ini bisa memberikan daya 60W artinya mendukung CCTV berdaya rendah. Apabila Anda ingin melakukan reset perangkat, tidak perlu bingung proses konfigurasi switch dan NAS akan sama-sama mengalami status reset.

    QNAP QGD-1600P menyediakan dua tombol terpisah untuk reset swtich dan NAS. Sementara tombol fungsi untuk NAS hadir terpisah. Tombol power NAS berada di ujung kanan bagian depan perangkat ini.

    Di situs resminya, QNAP QGD-1600P dibekali prosesor Intel Celeron J4115 quad-core. Performa standarnya di 1,8 GHz dan bisa boosting hingga 2,5GHz. Kapasitas RAM ini untuk NAS di dalamnya dibatasi hingga 8GB, tidak seperti NAS lain yang bisa ditingkatkan lagi.

    Menjajal Switch Sekaligus NAS QNAP QGD-1600P

    Terkait kapasitas memori NAS, tersedia dua slot yang bisa digunakan untuk HDD atau SSD 2,5 inci. QNAP sendiri mengimbau agar menggunakan produk Seagate Ironwolf NAS untuk menunjang performa NAS QNAP QGD-1600P lebih mumpuni. Di sisi lain, dukungan penyimpanan dengan ruang 2,5 inci membuatnya menyediakan kapasitas terbatas. Ini karena HDD dengan kapasitas besar umumnya masih menggunakan form factor 3,5 inci.

    QNAP QGD-1600P juga punya dua slot PCIe yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan termasuk memasang modul WiFI atau penyimpanan eksternal tambahan.

    QNAP QGD-1600P termasuk menarik untuk kalangan SMB. Tim IT mereka bisa memaksimalkan penggunaan perangkat switch sekaligus NAS sambil menjaga budget operasional IT tetap eifisien. Produk ini dibanderol mulai dari Rp13 juta, yang sebenarnya masih bisa dijangkau oleh para pelaku usaha kecil dan menengah.
     
     
    QNAP QGD-1600P
    Plus
    • Switch sekaligus NAS
    • Punya banyak port dan dukungan PoE
    • Dukungan NAS sudah cukup bagus
    Minus
    • Tak dukung penyimpanan besar


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id