Review Monitor

    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 09 Juli 2021 14:25 WIB
    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279
    Asus ProArt PA279CV.



    Jakarta: Monitor menjadi salah satu perangkat penting untuk Anda yang menilai bekerja lebih nyaman dengan PC. Tentunya, ini juga berlaku saat kebijakan WFH atau bekerja dari rumah sedang diterapkan. Beberapa alasan utamanya adalah di rumah tak perlu perangkat yang mengandalkan mobilitas tinggi, dan PC bisa memberikan tampilan visual yang lebih besar, tak lupa dengan kualitas yang lebih baik.

    Satu produk monitor berikutnya yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id adalah Asus ProArt PA279. Dari penamaannya sudah terlihat bahwa ia dirancang untuk kalangan profesional. Berikut review sekaligus pengalaman kami terhadap monitor ini.

     



    Melihat spesifikasinya, Asus ProArt PA279 hadir dengan berbagai fitur yang sejatinya mendukung kebutuhan visual pengguna yang bergelut di bidang desain grafis atau video editing.

    Sebelum membahas kemampuannya secara rinci, kami ingin memberikan gambaran mengenai desainnya. Memang tak seperti monitor gaming, Asus ProArt PA279 menyediakan tampilan profesional dari berbagai sisi.

    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279

    Tampilan depannya sudah memperlihatkan kesan tersebut lewat bezel yang tipis dan agak membesar di sisi bawah. Sisi bawah ini menyediakan beberapa tombol yang fungsinya baru akan terlihat di layar setelah ditekan. 

    Pemasangannya juga sangat mudah. Satu kaki terpisah dengan penyangga yang dapat disambung tanpa obeng. Penyangga dan kakinya ini cukup berat, tetapi punya kualitas material yang bagus.

    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279

    Penyangga bisa langsung terpasang ke monitor melalui beberapa pengait di belakang yang juga telah mendukung Vesa Mounting. Meski tanpa sekrup, pengait ini menggunakan mekanisme pengunci yang cermat. Perlu diingat bahwa pengunci ini harus ditekan ketika pengait dari penyangga masuk. Setelah itu, Asus ProArt PA279 sudah siap digunakan.

    Beberapa fitur dari aspek hardware yang menarik dan belum banyak dimiliki monitor lain adalah sudut layar yang cukup luas. Dalam pengertiannya, layar Asus ProArt PA279 bisa diputar ke kiri atau ke kanan hingga 90 derajat, dan bisa menghadap atas atau ke bawah hingga 45 derajat. Ketinggian layar juga dapat diatur hingga 150 mm, menyesuaikan perawakan pengguna.

    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279

    Antarmuka fisik yang tersedia cukup lengkap, mulai dari dua port HDMI, satu port DisplayPort, empat port USB 3.0 yang terbagi dua, satu port USB-C, dan jack audio 3,5mm. Port power sendiri berada di sisi lainnya, bersebelahan dengan tombol hard power. Ya, monitor ini punya satu tombol power lagi yang bisa mengunci arus listrik sepenuhnya. Jika ingin lebih rapi ketika memasang kabel, penyangga monitor ini telah menyediakan wadah khusus.

    Mengacu pada resolusinya, monitor ini punya nama asli Asus ProArt PA279CV. Ia menghadirkan visual kualitas 4K UHD (3840 x 2160) dengan sudut pandang mencapai 178 derajat dan menggunakan profil sRGB 100%. Untuk standarisasi warnanya menggunakan Calman Verified yang sudah dikalibrasi dari pabrikan, diklaim punya akurasi warna Delta E < 2. 

    Menjajal Monitor Profesional Asus ProArt PA279

    Selain itu, monitor ini juga menyediakan profil warna bawaan lewat beberapa preset di menu, dan palet warna secara lengkap untuk kustomisasi lebih spesifik. Berdasarkan penggunaan, Asus ProArt PA279CV memang mampu menghasilkan kualitas visual dengan akurasi terbaik.

    Elemen warna yang muncul ketika menggunakan beberapa aplikasi desain grafis atau video editing tampil sesuai ekspektasi. Bahkan untuk warna hitam solid, ia mematikan pixel layar sepenuhnya. Akurasi warna juga sangat terlihat saat bermain game, walau memang tujuan awalnya bukan untuk gaming. 
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
    VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kesimpulan
    Menyediakan kepraktisan dalam pemasangan serta fitur pendukung yang lengkap, Asus ProArt PA279CV dibanderol dengan harga Rp15.299.000. Harga ini memang layak untuk sebuah monitor profesional yang menyediakan teknologi terkini.

    Akurasi warna yang tinggi ditambah palet warna yang lengkap dan dapat dikustomisasi lebih jauh adalah dua keunggulan yang dirancang khusus untuk penggunanya. Untuk Anda kalangan profesional yang berkutat di industri grafis atau video editing, monitor ini adalah pilihan tepat dalam menghasilkan karya visual terbaik.
     
     
    10
    Asus ProArt PA279CV
    Plus
    • Pemasangan mudah
    • Akurasi warna tinggi
    • Resolusi 4K UHD 60Hz
    • Konektivitas lengkap
    Minus
    • -

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id