Review NAS

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Februari 2021 13:16 WIB
    Menjajal NAS Synology DS1621+
    Synology DS1621+.
    Jakarta: Synology konsisten merilis produk [erangkat network attachment storage di untuk beragam segmen pengguna. Terbaru, mereka merilis Synology DS1621+ untuk pengguna di kalangan UKM maupun organisasi bisnis melihat jumlah bay-drive yang ditawarkan.

    Synology DS1621+ menawarkan NAS dengan enam bay-drive yang mendukung penggunaan SATA HDD 3,5 inci maupun 2,5 inci dan SATA SSD 2,5 inci serta M.2 2280 NVMe SSD dengan kapasitas setiap volume driver mencapai 108TB.

    Desain perangkat Synology DS1621+ masih sama dengan seri lain yang mereka rilis. Enam bay-drive hadir dengan enam buah tray tool-less tapi punya kunci untuk mengamankan storage di dalamnya. Enam panel drive-nay memiliki lampu LED indikator yang menyala saat digunakan.

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Di bagian atasnya tersedia tombol Power yang berada di antara lampu LED indikator Status, Alert, serta konektivitas LAN. Synology DS1621+ memiliki empat port LAN berfitur 1Gbe LAN di bagian belakang untuk menyediakan kecepatan lebih cepat.

    Di bagian yang sama juga tersedia dua port USB 3.2 Gen1 dan Expansipon Port serta PCIe Expansion Slot untuk menambahkan fitur SFP+ atau RJ45 berkecepatan 10GbE. Dua kipas pendingin yang terpasang bisa diatur kecepatan putarnya dalam beberapa mode sesuai kinerja perangkat.

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Apabila semua tray di bay-drive dibuka maka di bagian dalam terlihat dua slot SSD NVMe untuk cache, bukan storage, sehingga kinerja pengoperasioan lebih kencang. Dapur pacunya menggunakan prosesor AMD Ryzen V1500B.

    NAS Synology DS1621+ memiliki kapasitas RAM bawaan 4GB DDR SO-DIMM yang bisa ditambahkan hingga 32GB. Perangkat ini bisa diintegrasikan dengan dua buah Synology DS517 5-bay untuk memiliki kapasitas total 16-bay.

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Bagaimana Performanya?
    Synology DS1621+ digunakan dengan HDD khusus storage yaitu Seagate Ironwolf. Kelebihan HDD ini adalah sensor getar bernama Rotational Vibration Sensor.

    Saat ia mendeteksi getaran, maka hard drive akan menyeberkannya ke chassis sehingga efek getaran berkurang dan sistem bisa lebih stabil. Pada pengujian kali ini, Kami menggunakan 5 Buah HDD Seagate Ironwolf 4TB, serta sebuah SSD Seagate Ironwolf 110 480GB dan sebuah SSD Seagate Firecuda 1TB NVMe.

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Metodenya adalah mengkofingurasikan 5 buah HDD 4TB Seagate Ironwolf menggunakan raid MODE SHR (Synology Hybrid Raid) bawaan dari Synology sedangkan kedua buah SSD tersebut untuk cache Write dan Read. Sistem dapat menambah kapasitas HDD dengan ukuran berbeda secara fleksibel dibandingkan menggunakan mode Raid konvensional.

    Pengujian pertama adalah test fitur dari Synlogy NAS DS1621+ serta tes instalasi dan setup. Fitur pada Synology ini bisa dikatakan lengkap, Anda hanya tinggal mengupdate DSM ke versi terbaru dan kemudian instal plugin yang Anda butuhkan pada menu Package Center.

    Tersedia banyak kategori mulai dari Surveilance, Multimedia, Business, Security dan banyak lagi lainnya. Namun yang sangat menonjol adalah Synology Drive, Synology Moment serta Virtual Machine manager.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  Team Dark Alpha Z, T-Force Xtreem ARGB
    VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, TeamGroup MP34 1TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Synology Drive menyediakan penalaman mempunyai personal cloud tanpa perlu berbayar dan ini bisa Anda aplikasikan ke multi user. Sehingga cocok untuk Business dan corporate.

    Synology Moment menggunakan fitur AI untuk mengorganisir file foto Anda sehingga lebih mudah. Jika Anda adalah seorang yang professional di bidang Fotografi, fitur ini akan sangat menarik.

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Instalasi Synology DS1621+ sangat mudah tanpa menggunakan alat. Kebutuhan obeng hanya diperlukan saat akan menggunakan SSD 2,5 inci, membuka akses slot RAM, dan memasang 10GbE Ethernet Card di PCIe. Kemudian proses konfigurasi storage yang terpasang juga mudah.

    Pengujian kedua adalah performanya menggunakan metode tanpa cache dan dengan menggunakan cache. Kemudian kami menggunakan metode sederhana dengan menyalin dan paste file dan kemudian menghitung kecepatan baca dan tulisnya.

    Menjajal NAS Synology DS1621+
     
    Skenario Pengujian:  Tanpa Cache Cache
    START 11:15:58 PM 11:48:33 PM
    FINISH 11:19:35 PM 11:51:30 PM
    Waktu yang dibutuhkan 03:07 menit 02: 57 menit

    Menjajal NAS Synology DS1621+

    Kesimpulan
    NAS Synology DS1621+ yang memiliki 6-bay drive tergolong memiliki fitur yang lengkap untuk kelas semi-enterprise termasuk dari segi harga mulai dari Rp14 juta.

    Di sisi performanya perangkat ini juga sudah sangat mencukupi untuk segmen pengguna tersebut. Kemudahan dan sederhananya menu juga menjadi ciri khas synology sehingga untuk orang awam pun tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan Synology NAS DS1621+ ini.

    Namun NAS ini tak punya port untuk GPU yang akan membantu mode virtualisasi dan multimedia. Mungkin alasannya adalah CPU AMD Ryzen V1500B mendukung 4K decoding sehingga dirasa tidak perlu menambahkan dedicated PCIe port untuk GPU discrete.

    Dari data test benchmark terlihat ada kenaikan performa saat menggunakan SSD cache dan tentunya fitur tersebut akan jadi solusi yang menarik dan memecahkan masalah HDD mekanis yaitu performa Read dan Write yang lebih rendah apabila dibandingkan SSD.
     
     
    9
    Synology DS1621+
    Plus
    • Mendukung upgrade hingga 16-bay dengan expansion port
    • Upgrade konektivitas 10GbE Ethernet
    • Fitur lengkap
    Minus
    • Tidak ada LCD Display Status


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id