comscore

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Cahyandaru Kuncorojati - 30 Juni 2022 21:31 WIB
Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik
Poco F4.
Jakarta: Poco akhirnya membawa smartphone terbaru yang sudah diperkenalkan di global ke Indonesia, salah satunya adalah Poco F4. Bagi yang belum mengetahui, Poco F Series merupakan lini flagship atau high-end dari merek ini.

Poco F4 dirilis di Indonesia dengan harga mulai dari Rp5.199.000. Namun, kali ini diperkenalkan dengan tidak mengusung tagline flagship. Meskipun begitu, Poco dikenal selalu menawarkan produk untuk kalangan muda yang sesuai dengan bujet, desain yang mereka sukai, serta spesifikasi yang dibutuhkan untuk menuangkan ide kreatif.
Berikut ini adalah ulasan Medcom.id untuk Poco F4.
 

Desain dan Layar

Poco F4  menawarkan tiga pilihan warna yaitu Moonlight Silver, Night Black, dan Nebula Green. Medcom.id mendapatkan kesempatan menguji varian warna yang terakhir disebutkan. Sayangnya, smartphone ini tidak menyediakan warna kuning khas Poco.

Menurut Medcom.id tampilan Poco F4 terasa kurang unik dibandingkan seri sebelumnya atau varian Poco M maupun Poco X. Bodinya dipoles dengan tampilan efek glossy yang tidak begitu meninggalkan bekas sidik jari.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Frame atau tepi bodi Poco F4 menggunakan model flat atau rata. Efeknya, smartphone dengan layar 6,67 inci ini terasa lebar di genggaman tangan. Meskipun model tepian rata ini menyediakan grip yang nyaman saat dalam posisi horizontal atau landscape saat menonton, video terutama ketika bermain game.

Poco F4 sendiri memiliki bobot ringan yaitu 195 gram dan ramping dengan ketebalan hanya 7,7mm. Tetap saja kami mengakui bahwa model bingkai flat tadi membuat perangkat ini terasa bongsor di genggaman tangan.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Poco F4 menyediakan fitur pemindai sidik jari pada permukaan tombol Power sementara di sisi bagian bawah tidak tersedia lubang audiojack 3,5mm alias colokan earphone. Satu hal yang lagi perlu diketahui adalah di sini tidak tersedia dukungan MicroSD.

Pada bagian layar, Poco F4 sudah menyediakan panel E4 AMOLED 6,67 inci resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz dilengkapi sertifikasi HDR+ dan Dolby Vision. Perlindungannya mengandalkan coating Corning Gorilla Glass 5.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Melihat spesifikasi layarnya, jelas Poco F4 memiliki modal mumpuni untuk bermain game atau menonton video dengan kualitas visual yang memanjakan mata.
 

Antarmuka dan Fitur

Poco F4 hadir dengan sistem operasi MIUI 13 yang berasal dari Android 12. Di sini kami menemukan pengalaman antarmuka yang terasa sama dengan Xiaomi 12 Pro yang pernah kami ulas. 

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Antarmuka ini terasa ringan ditambah lagi layar refresh rate 120Hz membuat pergerakannya mulus. Hadir sebagai seri high-end, tentu saja Poco F4 sudah hadir dengan fitur NFC.

Pada sistem keamanan juga tersedia pemindai wajah yang melengkapi fitur pemindai sidik jari. Poco F4 juga menyediakan fitur optimasi performa khusus gaming yaitu Game Turbo yang bisa dijumpai pada merek Xiaomi Series dan Redmi Series.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Di Game Turbo tersedia optimasi performa dan shortcut ke aplikasi lain untuk tampil bersamaan dengan game dalam format picture-in-picture. Pada bagian konektivitas WiFi ada fitur yang akan otomatis meningkatkan kualitas kecepatan koneksi internet apabila terhubung ke router merek Redmi.
 

Kamera

Poco F4 menawarkan kemampuan kamera belakang kelas smartphone high-end flagship. Di sini ada tiga kamera belakang masing-masing adalah kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP 119 derajat, dan kamera makro 2MP. 

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Poco F4 menjadi smartphone pertama Poco yang dilengkapi dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Makanya kualitas foto dan video yang diambil diklaim minim guncangan.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Medcom.id menjajal kemampuan kamera belakangnya tanpa mengaktifkan kemampuan AI mode 64MP, dan mode HDR dipasang pada kinerja Auto. Hasil fotonya bisa dilihat di atas, tergolong memuaskan. Poco F4 memiliki kamera depan kemampuan 20MP.
 

Performa dan Baterai

Poco F4 diperkenalkan di Indonesia dengan membawa chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G, meskipun masih di bawah Snapdragon 888 tapi ini merupakan produk terbaru dengan fabrikasi 7nm. Jadi performanya pasti di atas perangkat dengan Snapdragon 865.

Di bagian RAM digunakan teknologi LPDDR5 dan sementara di memori internal atau storage sudah mengadopsi standar UFS 3.1. Poco F4 ditawarkan dalam dua model 6/128GB dan 8/256GB. Di sini ada fitur ekspansi RAM sebesar 3GB sehingga bisa menjadi 11GB.

Pada pengujian yang dilakukan dengan aplikasi benchmark PCMark dan 3DMark for Android dari UL Benchmarks, Poco F4 memperoleh skor yang cukup memuaskan mewakili performanya.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Pada pengalaman bermain game, Poco F4 bisa diajak bermain Genshin Impact pada grafis High dengan lancar. Di sini dibekali LiquidCool Technology 2.0 yang diklaim menyediakan vapor chamber untuk pendingin yang optimal pada bagian CPU. Kami menemukan efek rasa hangat muncul ketika durasi permainan berlangsung hampir satu jam.

Soal kapasitas baterainya, Poco F4 punya kapasitas 4.500 mAh dengan dukungan turbo charging 67W. Jadi meskipun kapasitasnya berada di bawah 5.000 mAh tapi proses pengisiannya cepat.

Review Poco F4, Spesifikasi Menarik Tampilan Kurang Unik

Poco mengklaim baterai Poco F4 bisa terisi 100 persen dalam durasi 30 menit saja. Di pengujian daya tahan menggunakan mode Battery di PCMark Work 3.0, smartphone ini mampu dipacu hingga 13 jam. 

Kesimpulan
Secara keseluruhan Medcom.id mendapatkan pengalaman penggunaan yang memuaskan dari Poco F4. Spesifikasi yang ditawarkan sepadan dengan harganya Rp5.699.000. Makanya menurut kami Poco F4 tetap punya daya tarik, terutama untuk konsumen yang mendambakan smartphone flagship di harga bersahabat.
 
Spesifikasi  Poco F4
Prosesor Qualcomm Snapdragon 870 5G
GPU Adreno 650
OS Android 12/MIUI 13
RAM  8GB
Memori Internal 256GB
Kamera Belakang 64MP+8MP+2MP
Depan 20MP
Baterai 4.500 mAh, turbo charging 67W
Layar  6,67 inci E4 AMOLED FHD+ 120Hz
Harga Rp5.699.000 (RAM 8GB+256GB)
 
8.9
Poco F4
Plus
  • Spesifikasi tinggi dan performa memuaskan
  • Charger bawaan dukung turbo charging 67W
  • Kemampuan kamera memuaskan
  • Mumpuni untuk gaming
Minus
  • Desain kurang unik
  • Tidak ada slot MicroSD untuk memori eksternal


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id