Review Keyboard

    Cooler Master CK350, Keyboard RGB Harga Menarik

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 04 Desember 2020 13:33 WIB
    Cooler Master CK350, Keyboard RGB Harga Menarik
    Cooler Master CK350
    Jakarta: Produk berikutnya yang datang ke meja pengujian redkasi teknologi Medcom.id adalah Cooler Master CK350. Ini adalah keyboard mekanik anyar yang sudah tersedia untuk pasar Indonesia. Penggunaan komponen mekanik berarti ia dirancang untuk gaming, dan berusaha menyediakan beragam fitur esensial.

    Keyboard gaming mekanik saat ini harganya masih berada di kisaran harga paling murah Rp1 juta, dan Cooler Master CK350 mencoba menyentuh kelas harga tersebut. Sebagai keyboard gaming, ia mencoba hadir dengan konsep ringkas.

    Konsep ini terlihat dari kotak penjualan yang tak berisi banyak pernak-pernik. Satu unit keyboard dibungkus pelindung, dengan kabelnya yang sudah terpasang. Dalam paket penjualan juga tersedia pencabut tombol seandainya pengguna ingin membersihkannya.

    Cooler Master CK350, Keyboard RGB Harga Menarik

    Alat itu sejatinya adalah sebuah keharusan dalam setiap penjualan keyboard mekanik. Tak perlu instalasi software, keyboard bisa langsung digunakan begitu terhubung dengan PC.

    Cooler Master CK350 punya layout lengkap dengan numpad. Posisi tombol tak dibingkai bodi, yang berarti ia punya kesan timbul. Model semacam ini juga telah diadopsi oleh merek kompetitor, dan tampaknya sudah menjadi tren keyboard gaming saat ini.

    Salah satu keuntungannya adalah keyboard menjadi lebih mudah dibersihkan, dan komponen switch dapat langsung terlihat jika mengintip dari sisi pinggir. Cooler Master CK350 tampil dengan gaya yang cukup simpel, dengan mayoritas bodinya berlapis polikarbonat, dan alas keyboard menggunakan lapisan metal berwarna perak. 
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 5 5600X
    Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
    VGA  Zotac Gaming GeForce RTX 3070 Twin Edge, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
    Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kaki penyangga Cooler Master CK350 hanya dapat bergerak dalam satu posisi, sehingga pilihan sudutnya sangat terbatas. Namun, satu hal yang menarik adalah pada bagian bawah bodinya terdapat tiga jalur kabel yang dapat menyesuaikan selera pengguna.

    Anda tak lagi harus mengatur tampilan meja PC gaming Anda agar selaras dengan kabel yang biasanya menjulur di tengah keyboard. Kini Anda juga bisa mengatur posisi kabel di kanan atau kiri. Ini akan lebih rapi karena kabel tak lagi punya jalur yang harus diatur karena mengarah ke kaki monitor. 

    Untuk tombolnya sendiri, Cooler Master CK350 menggunakan lapisan warna hitam mengkilap dengan sentuhan tekstur yang tipis. Selain membuat tombolnya cukup berkilau, tekstur ini memberikan sensasi yang unik, dan ia ternyata cukup mudah dibersihkan dari cairan atau debu.

    Komponen mekaniknya menggunakan buatan Outemu, yang dilihat dari pengalaman penggunaan punya sensasi dan performa yang sama bagusnya dengan pabrikan Cherry MX. Unit keyboard yang kami uji menggunakan switch red, biasanya cocok untuk gaming yang memerlukan respons cepat seperti game FPS. 

    Cooler Master CK350, Keyboard RGB Harga Menarik

    Cooler Master CK350 tidak memerlukan software khusus. Sudah mendukung RGB, Anda bisa mengaturnya lewat tombol Fn dan beberapa fungsi tambahan pada jajaran tombol F1-F12.

    Ia juga sudah menyediakan beberapa mode pencahayaan, dan satu model yang unik adalah Anda bisa mengatur komposisi warna cukup akurat dengan menentukan intensitas elemen warna dari biru, merah, dan hijau.

    Anda juga bisa mengatur tempo motif pencahayaan, dan tampaknya sampai di situ saja. Sisi positifnya, Anda tak perlu memasang software tambahan yang bisa memenuhi storage PC. 

    Berdasarkan pengalaman penggunaan, Cooler Master CK350 mampu memberikan perintah secara cepat saat bermain game jenis apapun, dan ia tetap memberikan pengalaman yang sama bagusnya dengan keyboard lain yang menggunakan komponen Cherry MX.

    Kesimpulan
    Ditambah dengan desain ringkas, ia bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk gamer PC yang baru ingin mencoba menjajal keyboard mekanik. Selain fitur esensial yang tergolong lengkap, ia juga dipatok dengan harga yang cukup bersaing. Untuk Indonesia, harga Cooler Master CK350 adalah Rp999.000, sangat menggiurkan.
     
     
    9.4
    Cooler Master CK350
    Plus
    • Harga menarik
    • Desain ringkas
    • RGB
    • Kabel punya jalur khusus
    Minus
    • Kaki penyangga hanya satu sudut


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id