Review Powerbank

    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 Maret 2020 16:32 WIB
    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh
    Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro kapasitas 20000 mAh.
    Jakarta: Berapapun besar kapasitas baterai smartphone Anda saat ini, tidak tertutup kemungkinan masih akan membutuhkan powerbank. Bagi Anda yang sangat mobile atau sibuk, mungkin kerap tidak punya waktu untuk mengisi baterai smartphone.

    Ditambah bagi pengguna smartphone yang selalu memastikan baterainya terisi 100 persen agar bisa bertahan seharian atau alasan lain. Misalnya ingin usia baterai smartphone awet alias tidak cepat rusak sehingga hanya diisi kembali hingga 100 persen.

    Apapun alasannya, pencarian powerbank berkualitas tidak bisa sembarang. Banyak produk tiruan yang ditempel merek terkenal. Xiaomi sebagai produsen smartphone juga punya produk seri power bank.

    Beberapa waktu lalu mereka merilis produk terbarunya, yaitu Mi Power Bank 3 Pro 20.000 mAh. Kapasitas tersebut mengingatkan Medcom.id dengan batasan kapasitas yang boleh dibawa ke kabin pesawat.

    Artinya, satu powerbank ini sudah cukup jadi modal mendampingi perjalanan jauh di pesawat atau di tempat tujuan, misalnya Anda berencana pergi ke luar negeri. Namun, apakah Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro pantas diandalkan?
     

    Desain Serupa Power Bank 10.000 mAh Jadul

    Kapasitas yang besar ternyata masih harus hadir dengan ukuran baterai atau power bank yang besar. Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro punya ukuran yang cukup besar dan tebal di genggaman tangan orang dewasa.

    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh

    Ukuran dan desainnya masih mirip dengan powerb bank kapasitas 10.000 mAh di awal kehadirannya. Apabila ingatan kami tidak salah, Xiaomi memiliki produk dengan kapasitas tersebut dengan bentuk panjang seperti Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro.

    Kami membandingkannya dengan power bank Asus 10.000 mAh yang punya ukuran saat itu diklaim punya panjang dan lebar seperti kartu ATM. Ukuran Mi Power Bank 3 Pro bisa dua kali powerbank Asus tadi juga sedikit lebih tebal.

    Bobotnya juga dipastikan lumatan terasa saat digenggam dan berada di dalam tas. Namun hal ini memang harus direlakan atau diterima apabila Anda menginginkan power bank berkapasitas besar.
     

    Fitur Pengisian Cepat

    Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro punya dua slot USB-A untuk pengisian perangkat yang terhubung. Satu port yaitu USB-C digunakan untuk input atau pengisian daya baterai produk ini. Namun kami juga menemukan port USB-C juga mendukung pengisian perangkat lain menggunakan kabel USB-C to USB-C.

    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh

    Sayangnya, Xiaomi hanya menyertakan kabel USB-A to USB-C di dalam paket penjualan. Kabel yang disediakan juga punya ukuran sangat pendek.

    Kembali ke fitur pengisian daya atau baterai, Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro mendukung pengisian cepat dua arah maksimum 45W. Port USB-A yang tersedia bisa menyediakan output cepat 5V/2.4A, 9V/2A, 12V/1.5A dengan catatan hanya digunakan satu port.

    Apabila kedua port USB-A digunakan bersamaan maka output yang dihasilkan hanya 5V/3A saja. Xiaomi menyebutkan perangkat ini bisa menyediakan output yang sama apabila melakukan pengisian tiga perangkat sekaligus dengan mengandalkan satu port USB-C tadi.

    Berdasarkan pengalaman Medcom.id, fitur pengisiannya ternyata terbukti benar. Hal ini dibuktikan dari aktifnya ikon pengisian cepat di smartphone Asus ROG Phone 2 yang kami gunakan dengan Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro.

    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh

    Asus ROG Phone yang punya kapasitas baterai 6.000 mAh butuh waktu pengisian sekitar 2,5 jam untuk terisi penuh dari kondisi baterai 8 persen dengan Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro. Powerbank ini bisa digunakan hingga tiga kali pengisian smartphone tersebut dalam kondisi penuh 200 mAh.

    Di smartphone lain pengisian cepat dari power bank ini juga terbukti bekerja tapi bukan mode pengisian cepat yang utama. Misalnya, kami mencoba di Huawei Nova 3i. Terbaca bahwa mode pengisian cepat yang berjalan adalah fast charging, bukan Huawei SuperCharge.

    Tentu saja perbedaan tadi akan menghasilkan durasi pengisian baterai smartphone yang berbeda. Namun, kabar baiknya Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro benar-benar menyediakan pengisian cepat untuk smartphone apa saja.

    Berdasarkan pengamatan kami dari sumber lain, Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro juga bisa mengisi daya Nintendo Switch bahkan laptop MacBook Pro. Sayangnya kami tidak bisa mencobanya langsung karena keterbatasan perangkat.

    Menjajal Xiaomi Mi Powerbank 3 20.000 mAh

    Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro punya empat LED indikator kapasitas baterainya dan satu tombol untuk mengetahui kapasitasnya. Bagaimana dengan durasi pengisian baterai Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro?

    Mengingat produk ini tidak hadir dengan adapter dalam paket penjualan, Medcom.id menggunakan adapter 18W dari Asus ROG Phone 2 untuk mengisi Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro. Kami mencatat waktu pengisiannya butuh durasi sekitar tujuh jam mulai dari kondisi baterai kosong.

    Selama sebulan digunakan, kami biasa mengisi dayanya pada malam hari dan untuk digunakan paginya saat Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro kondisi baterai kosong. Apabila power bank ini juga fitur input pengisian cepat mungkin jadi produk sempurna.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id produk Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro pas untuk diandalkan. Fitur pengisian cepat yang dimiliki terbukti mendukung banyak perangkat. Sayangnya fitur ini tidak dimiliki dalam input atau pengisian baterai perangkat ini sendiri.

    Xiaomi Mi Power Bank 3 hadir dengan paket penjualan kabel charger USB-A to USB-C saja. Ditambah ukuran kabelnya sangat pendek. Produk ini dibanderol harga yang cukup tinggi yaitu Rp529 ribu tapi masih sepadan dengan fitur yang disediakan.
     
     
    Xiaomi Mi Power Bank 3 Pro 20.000 mAh
    Plus
    • Kapasitas besar dan bisa dibawa ke kabin pesawat
    • Punya fitur pengisian cepat ke semua merek smartphone
    • Mendukung pengisian cepat berdaya besar dan tiga perangkat sekaligus
    Minus
    • Kabel paket penjualan berukuran pendek dan hanya USB-A to USB-C


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id