Review Notebook

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Februari 2020 17:21 WIB
    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX
    MSI Alpha 15.
    Jakarta: Kepopuleran dan masalah produksi yang dialami Intel mungkin menjadi alasan semakin banyak produsen laptop gaming yang menggunakan produk AMD. Misalnya, MSI yang beberapa waktu lalu merilis Alpha 15.

    MSI Alpha 15 dirilis di Indonesia pada bulan Desember tahun lalu. Laptop ini diperkenalkan dengan membawa sebuah logo dan desain yang diklaim baru oleh mereka. Laptop ini hadir tidak dengan logo naga berwarna merahm melainkan thunder bird elemen warna hijau.

    MSI mengklaim bahwa laptop ini menargetkan segmen pengguna di kelas mainstream yang naik tingkat berkat dukungan prosesor AMD Ryzen 7 3000 Series di dalamnya.

    Apakah MSI Alpha 15 menjadi laptop gaming yang patut dirilik? Medcom.id berkesempatan menjajal varian MSI Alpha 15 (A3DD) yang dibanderol Rp15.499.000.
     

    Desain

    MSI Alpha 15 diklaim hadir dengan tampilan yang berbeda untuk sebuah seri laptop gaming terbaru dari MSI. Desain termasuk ramping meskipun bukan termasuk laptop gaming tipis dan ringan.

    Dimensi bodi MSI Alpha 15 adalah 357x248 mm dengan ketebalan 27,5mm dan bobot 2,3kg. Bobot tersebut masih termasuk umum dijumpai di laptop gaming terkini terutama kelas bujet.

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Di bagian luarnya atau balik layar terdapat dua garis diagonal di antara logo MSI Alpha 15. Menurut ingatan kami, desain ini masih sangat khas dengan laptop gaming MSI yang lain. Logo yang terpasang masih serupa dengan deskripsi di awal.

    Sayangnya, Medcom.id menemukan bahwa logo tersebut berasal dari sebuah plastik dengan permukaan glossy yang ditempel. Hal ini pertama kali kami ketahui karena melihat logo tersebut seperti terlepas di bagian ujungnya.

    Bodinya tebal membuat bodi di bagian belakang layar memiliki ruang cukup lebar. Ruang ini digunakan untuk menyediakan lubang aliran udara yang memadai. Ditambah, laptop juga bisa memiliki I/O Port yang lengkap termasuk SDCard reader.

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Hal menarik yang kami jumpai adalah port USB di laptop ini dilengkap LED yang membuatnya bisa ditemukan dengan mudah saat pengguna bermain di kondisi gelap. Namun kami juga menemukan kekurangan yang menurut kami penting

    Ada port termasuk lubang charger yang diletakan di sisi kanan MSI Alpha 15. Padahal mayoritas gamer menggunakan mouse di sisi sebelah kanan dari laptop. Desain tersebut membuat akan ada kabel yang menggangu kenyamanan penggunanya.

    Hal ini adalah pengetahuan umum karena ada beberapa merek laptop gaming yang meniadakan port di sisi kanan bodi. Bahkan lubang charger ditaruh di bagian belakang demi memberikan pilihan yang fleksibel dan kenyamanan.

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Sesuai dengan namanya, MSI Alpha 15 punya layar di kelas 15 inci tepatnya adalah 15,6 ini. Layarnya menggunakan panel IPS-level resolusi FHD yang memiliki bezel tipis. Refresh rate yang disajikan disebut mencapai 144Hz dengan dukungan AMD Radeon Free Sync.

    Di spesifikasi layar, Medcom.id cukup puas karena ukuran layarnya yang lega sudah mampu menyajikan refresh rate tinggi yang hadir di laptop gaming high-end. Meskipun bezel di bagian atas sangat tipis dibandingkan bagian bawahnya, laptop ini masih memiliki webcam.

    Berakhir ke bagian keyboard. MSI Alpha 15 dibuat bekerja sama dengan SteelSeries dengan dukungan backlit RGB per-key. Keyboard ini hadir dengan jenis membran yang menurut kami tidak masalah untuk sebuah laptop gaming bujet.

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Di sisi kiri atas area keyboard terdapat tiga tombol. Tombol Power dan dua lagi adalah tombol shortcut untuk mengatur performa dapur pacu dan kipas pendingin serta mode backlit keyboard.
     

    Fitur

    MSI Alpha 15 punya beberapa fitur seperti yang sudah disebutkan, mulai dari dukungan AMD Radeon FreeSync dan backlit RGB per-key dari SteelSeries. Fitur utama yang selalu dijumpai di laptop gaming MSI adalah MSi Dragon Center.

    Fitur ini digunakan untuk memantau kondisi hardware termasuk melalukan update software atau membuat profil konfigurasi untuk performanya. Tersedia opsi untuk konfigurasi gaming mode dan creator mode di MSI Alpha 15.

    Efek nyala dan warna dari backlit RGB di keyboard juga bisa dikonfigurasi di MSI Dragon Center. Ada juga fitur Killer Control Center untuk memantau dan membatasi kecepatan download maupun upload koneksi internet dan Gamefast yang mengoptimasi performa program di background.

    Di kualitas audionya, MSI Alpha 15 cukup memuaskan. Adanya dukungan speaker 2W dikurasi oleh software MSI Nahimic membuatnya bisa dikonfigurasi untuk beragam konten audio.
     

    Bagaimana Performanya?

    MSI Alpha 15 hadir dengan dua varian spesifikasi, Medcom.id menjajal barian dengan kode MSI Alpha 15 A3DD. Laptop gaming ini dibekali prosesor mobile AMD Ryzen 7-3750H dan kartu grafis AMD Radeon RX 5500M GDDR6 4GB.

    Kemudian di sisi memorinya atau RAM dibekali DDR4 16GB 2666MHz. Kapasitas penyimpanan internal yang disediakan adalah PCIe NVMe SSD 512GB. Melihat dapur pacunya memang sudah mampu diandalkan bermain game terkini.

    Medcom.id menguji MSI Alpha 15 menggunakan beberapa software. Hasilnya performa komputasinya cukup lumayan berdasarkan skor yang dihasilkan oleh laptop ini. Pengujian ini dilakukan dalam kondisi laptop yang terhubung ke charger baterai.
     
    PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 Single Cinebench R20 Multi
    SKOR 4284 10213 339 1614

    Kemudian kami mengujinya untuk bermain dikualitas grafis yang berbeda untuk beberapa game untuk melihat frame rate (fps) yang mampu disajikan. Pengujian untuk bermain game ini dilakukan dengan kondisi baterai terhubung ke listrik (charger).

    Game Gears 5 dan World War Z dimainkan dengan kualitas grafis High mampu menyajikan frame rate di atas 30fps. Di game Assassin's Creed Odyssey kualitas Very High, frame rate yang disajikan hanya di kisaran 30fps. Hasil ini masih bagus namun masih bisa menyentuh 60fps apabila kualitas grafis diturunkan sedikit.

    MSI Alpha 15, Kombinasi AMD Ryzen 7 dan Radeon RX

    Bicara daya tahan baterai, MSI Alpha 15 kami uji menggunakan simulai pengujian baterai dari PCMark 10 di kategori gaming. Hasilnya, laptop ini mampu bertahan hingga 55 menit saja.

    Di sini Anda bisa memprediksi durasi daya tahan baterainya apabila digunakan untuk bekerja biasa tanpa terhubung ke sumber listrik. Kemungkinan daya tahannya bisa lebih lama dibandingkan saat bermain game.

    Kesimpulan
    MSI Alpha 15 bisa dibilang laptop gaming kelas budget yang tidak buruk. Meskipun performanya di dukung oleh AMD sepenuh, prosesor dan kartu grafisnya tapi terbukti tetap mampu bermain game terkini di kualitas grafis tinggi.

    Dibanderol di harga Rp15.4999.000 menurut Medcom.id MSI Alpha 15 memberikan spesifikasi yang memuaskan di harga tersebut. Hal yang mengganggu Medcom.id adalah desainnya. Logo yang terbuat dari plastik yang ditempel hingga lubang charger yang diletakan di sisi kanan.

    Padahal sebagian besar laptop memilih untuk menaruhnya di sisi kiri atau belakang agar tidak mengganggu posisi mouse tambahan. Jelas hal ini patut dipertanyakan kepada MSI.

     
    SPESIFIKASI MSI Alpha 15 (A3DD)
    Prosesor AMD Ryzen 7-3750H
    RAM 16GB DDR4 (2x 8GB) 2666MHz
    Memori Internal 512GB NVMe PCIe SSD
    Layar 15,6 inci (1920x1080) FHD 144Hz
    GPU AMD Radeon RX 5500M GDDR6 4GB
    Bobot 2,3kg
    Dimensi 357,7 x 248 x 27,5mm
    Harga Rp15.499.000
     
     
    8
    MSI Alpha 15
    Plus
    • Harga masih terjangkau
    • Performa cukup memuaskan di harga yang ditawarkan
    • Layar 15 inci refresh rate 144Hz
    • Spesifikasi lumayan
    Minus
    • Logo menggunakan plastik yang ditempel
    • Posisi port yang ada di sisi kanan




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id