comscore

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Cahyandaru Kuncorojati - 15 Maret 2021 20:08 WIB
Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja
Lenovo Legion Slim 7i.
Jakarta: Merek laptop gaming Lenovo yaitu Lenovo Legion harus kami akui semakin menawan. Meskipun jarang bermain dengan desain tampilan luar yang mencolok perhatian tapi racikan Lenovo Legion dan spesifikasinya tetap menarik untuk dilirik.

Medcom.id berkesempatan menjajal laptop gaming terbaru Lenovo Legion yaitu Lenovo Legion Slim 7i. Namanya sudah jelas bahwa laptop gaming ini punya desain ramping.
 

Desain

Lenovo Legion Slim 7i punya desain bagian luar atau di balik layarnya yang serupa dengan seri lain. Di sini hanya ada tulisan LEGION yang dicetak embos serta logo Legion di bagian tengah yang menyala putih.

 



Jelas sekali terlihat desain luar laptop Lenovo Legion Slim 7i hanya sederhana tapi elegan. Desain ini cocok bagi gamer yang merangkap profesional sehingga

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Bodi bagian belakangnya terdapat ventilasi udara pendukung fitur sistem pendingin Legion ColdFront 2.0. Desain ini membuat udara panas yang keluar tidak mengenai sisi kanan atau kiri laptop seperti merek lain yang kerap membuat pengguna aksesori mouse jadi kurang nyaman.

Sama seperti seri laptop gaming Lenovo Legion yang sebelumnya diulas Medcom.id di Lenovo Legion Slim 7i tidak ada banyak port di sisi kanan dan kiri.

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Di sisi kiri ada audiojack combo dan 4-in-1 card reader sementara sisi kanan ada dua port Thunderbolt 3 alias USB-C. Di bagian belakang terdapat dua port USB 3.2 Gen2 (Type-A) dan lubang AC Power untuk charger.

Akses ke port di bagian belakang tidak cukup sulit karena ada logo petunjuk di bagian atasnya jadi tidak perlu meraba dengan tangan. Kita beralih ke bagian layar dari Lenovo Legion Slim 7i.

Layar Lenovo legion Slim 7i mengusung ukuran 15,6 inci FHD (1920x10280). Bezel layar cukup tipis tapi tidak mengorbankan fitur webcam. Laptop gaming ini masih memiliki webcam yang dilengkapi slider untuk menutup kamera sehingga mendukung kebutuhan bekerja dan privasi pengguna.

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Tidak sampai di situ, layar laptop gaming ini memiliki rentang warna 100% Adobe sRGB serta Dolby Vision sehingga memadai untuk kebutuhan profesional creative atau content creator. Bagi gamer, layar Lenovo Legion Slim 7i memiliki refresh rate 144Hz.

Di bagian keyboard tersedia ukuran full-size yang cukup rapat karena memiliki tenkey dan posisi trackpad yang ergonomis. Lenovo Legion Slim 7i masih memiliki fitur Legion TrueStrike yang berisi fitur anti-ghosting sehingga input keyboard lebih responsif dan akurat.

Keyboard Lenovo Legion Slim 7i juga memliki backlit RGB yang hadir dalam beberapa opsi efek menyala namun di sini tidak tersedia kustomisasi yang luas seperti di laptop gaming lainnya.

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Di bagian tombol Power terdapat ring light yang menyala sesuai profil performa yang bisa diakses lewat shortcut tombol fn+Q. Di sini ada tiga opsi yaitu Quiet, Balance, Performance.

Bobot laptop gaming Lenovo Legion Slim 7i punay bobot hanya 1,86 kilogram dan ketebalan 17,9mm sehingga tidak memakan banyak ruang di tas backpan dan ringan saat dijinjing.
 

Fitur

Lenovo Legion Slim 7i memiliki fitur card reader yang mungkin jarang ditemui pada laptop gaming saat ini. Namun melihat target penggunanya yang juga merupakan profesional maupun kreator konten karena ada dukungan layar yang mumpuni maka fitur ini menurut Medcom.id sangat pas.

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Di bagian tombol Power juga merangkap fungsi pemindai sidik jari untuk akses keamanan. Lenovo Legion 7i juga memiliki fitur bernama Lenovo Vantage yang menjadi dashboard untuk konfigurasi performa dan fitur lainnya.

Di sini proses pengecekan hardware dan update bisa dilakukan dengan mudah. Tersedia juga fitur Hybrid Mode yang secara otomatis mengatur laptop menggunakan discrete graphics atau integrated graphics card untuk menghemat konsumsi baterai tergantung jenis kegiatan atau aplikasi yang diakses.

Lenovo Vantage berbeda dari aplikasi pendamping atau companion laptop gaming lain yang menyediakan fitur kustomisasi performa termasuk menyimpan profil di game yang berbeda.

Lenovo Legion Slim 7i memiliki fitur pengisian cepat baterainya dengan daya 71W. Fitur Rapid Charge Pro ini diklaim bisa mengisi baterai dari nol hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.
 

Performa

Medcom.id menjajal seri Lenovo Legion Slim 7i dengan varian kapasitas RAM 32GB. Prosesornya menggunakan Intel Core Generasi ke-10 Core i7-10870H.

Kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce RTX 2060 Max-Q 6GB GDDR6 dan storage 1TB SSD M.2 PCIe NVMe. Melihat spesifikasinya jelas Lenovo Legion Slim 7i sangat bertenaga. Di sini masih tersedia slot M.2 SSD kedua untuk menambah kapasitas storage.

Medcom.id melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark serta Cinebench R23. Hasilnya, skor performa Lenovo Legion Slim 7i cukup tinggi.
 
PENGUJIAN:  PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R23 (single/multi)
SKOR: 6209 14595 1244/9832

Kami juga menjajal dua game di kualitas grafis tertinggi, Lenovo Legion Slim 7i tetap bisa menyajikan frame rate tinggi. Laptop gaming ini juga mampu melibas Cyberpunk 2077 di kualitas grafis tinggi dan fitur ray tracing aktif dari NVIDIA tanpa masalah.

Review Lenovo Legion 7i, Tangguh Diajak Gaming dan Kerja

Baterainya dalam pengujian PCMark dengan RGB nonaktif dan mode hemat yang diaktifkan tercatat bisa bertahan hingga sekitar empat jam. Hal ini cukup bagus sehingga laptop gaming tipis terbukti bisa diajak bekerja secara mobile tanpa takut baterai cepat habis.

Kesimpulan
Menurut Medcom.id laptop gaming Lenovo Legion Slim 7i memiliki performa yang sangat buas meskipun spesifikasinya terkesan sudah lewat setahun karena menggunakan Intel Core Generasi ke-10 dan NVIDIA RTX 20 Series.

Lenovo Legion Slim 7i dibanderol mulai dari Rp28 juta. Harganya yang tergolong tinggi tidak mengherankan melihat spesifikasi yang disajikan pada laptop gaming tipis ini.
 
SPESIFIKASI Lenovo Legion Slim 7i
Prosesor Intel Core i7-10870H 
RAM 32GB DDR4 2933
Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe SSD + slot M.2 upgrade
Layar 15,6 inci FHD (1920x1080) 144Hz, 100% Adobe sRGB
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 Max-Q 6GB GDDR6
Bobot 1,86 kg
Dimensi 356 x 250 x 17,9mm
Harga Mulai dari Rp28 juta
 
 
9
Lenovo Legion Slim 7i
Plus
  • Bodi tipis dan ringan
  • Performa memuaskan
Minus
  • Belum menggunakan NVIDIA RTX 30-Series


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id