comscore

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Lufthi Anggraeni - 27 Desember 2021 15:44 WIB
Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata
Lenovo Yoga Slim 7 Pro.
Jakarta: Lenovo secara konsisten menghadirkan laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, salah satunya melalui seri Yoga. Seri ini terdiri dari sejumlah model, termasuk model yang mengunggulkan dimensi bodi tipis, yaitu Slim.

Belum lama ini, Lenovo merilis Seri Yoga Slim 7 di Indonesia, terdiri dari sejumlah model, salah satunya adalah Yoga Slim 7 Pro. Lenovo menawarkan laptop ini dalam sejumlah varian dengan dukungan chipset prosesor berbeda, yaitu model dengan chipset Intel dan AMD.

 



Kami berkesempatan untuk mencoba Lenovo Yoga Slim 7 Pro dengan dukungan chipset AMD Ryzen 7 dan menggunakan sistem operasi Windows 11. Simak ulasan berikut untuk mengetahui pengalaman yang disuguhkan laptop ini.
 

Desain

Lenovo Yoga Slim 7 Pro baru ini hadir dengan bodi lebih sempit dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Yoga Slim 7 keluaran tahun 2020 lalu, namun mengusung bobot yang sama, yaitu sekitar 1,4Kg dan garis desain serupa.

Perubahan yang paling kentara antara keduanya adalah rasio layar, dengan Yoga Slim 7 Pro ini mengusung rasio layar lebih tinggi 16:10. Laptop ini juga mengusung desain ringkas berkesan premium dengan material alumunium khas lini Yoga tetap dipertahankan.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Bagian luar layar laptop ini hadir bahan bertekstur dan tidak mengkilat, sehingga membantu mengurangi noda sidik jari menempel di bodi yang mengurangi keindahan tampilan Yoga Slim 7 Pro. Bahan ini juga mendukung kesan profesional yang mungkin ingin Anda tampilkan saat membawa serta perangkat di perjalanan bisnis.

Sementara itu, mengusung bodi tipis, Lenovo tidak membekali Yoga Slim 7 Pro dengan banyak port konektivitas. Di sisi kiri bodi, Anda dapat menemukan dua port Thunderbolt 4, sedangkan di sisi kanan tersedia satu port USB 3.2 Gen 1 yang juga mendukung fitur always on USB Charging.

Di sisi kanan tersebut juga tersedia dengan port audio jack 3.5mm dan tombol daya. Sayangnya, Lenovo tidak membekali laptop ini dengan slot pembaca kartu memori, artinya Anda akan membutuhkan perangkat eksternal untuk mengakses file di kartu memori.

Soal layar, Lenovo Yoga Slim 7 Pro hadir dengan panel IPS berukuran 14 inci, beresolusi 2240 x 1400 piksel, serta dikelilingi bingkai berdimensi tipis di sisi kiri dan kanan. Resolusi ini memungkinkan layar menampilkan konten dengan ketajaman dan kecerahan warna yang memanjakan mata.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Lenovo Yoga Slim 7 Pro ini juga didukung engsel kuat, mampu menjaga layar tetap berdiri tegak setelah diatur pada posisi tertentu, dan berkemampuan untuk didorong 180 derajat sehingga layar menjadi datar.

Di bagian bezel atas, Anda dapat menemukan kamera web yang tersemat di bagian yang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian bezel sekitarnya. Bagian sisi lokasi penyematan kamera dengan logo Yoga 7 Series ini juga berfungsi untuk mempermudah membuka bagian layar saat laptop dalam kondisi terlipat atau tertutup. 

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Tidak hanya indah soal desain bodi, Lenovo juga membekali Yoga Slim 7 Pro dengan keyboard bergaya chicklet dengan tuts berukuran besar, menghadirkan kemudahan saat mengetik dengan perangkat ini.

Keyboard laptop ini juga tergolong empuk, mendukung kenyamanan saat harus mengetik dalam jangka waktu lama.
 

Fitur

Selain kamera web, Lenovo juga menghadirkan kamera inframerah untuk fitur keamanan pendeteksi wajah. Bagian penyematan kamera web dan kamera inframerah ini dilindungi oleh bahan kaca guna mengurangi peluang kamera tergores.

Sayangnya, Lenovo tidak membekal Yoga Slim 7 Pro ini dengan sensor pemindai sidik jari di tombol daya. Selain itu, Lenovo juga membekali keyboard laptop ini dengan lampu backlit berwarna putih, memungkinkan Anda menggunakannya saat dalam kondisi pencahayaan lebih redup.

Layaknya laptop pada umumnya, Lenovo juga membekali Yoga Slim 7 Pro ini dengan touchpad berukuran cukup besar. Touchpad tersebut dilapisi bahan bertekstur dan tidak mengkilat layaknya desain bodi perangkat secara keseluruhan.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Touchpad ini mendukung teknologi Precision TouchPad, menyuguhkan pengalaman penggunaan yang responsif dengan sentuhan jari. Selain itu, bagian untuk klik kiri dan kanan menyuguhkan kenyamanan saat ditekan serta tidak berisik.

Soal audio, Lenovo Yoga Slim 7i Pro membawa stereo speaker 2 x 2W karya Harman, mampu menyuguhkan keluaran suara yang memanjakan telinga. Selain berkat dukungan layar cerah dan tajam, menggunakan laptop ini untuk menikmati konten multimedia juga menyenangkan berkat suguhan audio yang didukung fitur Dolby Atmos.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro, Tipis dengan Layar Pemanja Mata

Seperti perangkat Lenovo lainnya, Yoga Slim 7 Pro juga didukung oleh Lenovo Vantage, memungkinkan Anda memanfaatkan sejumlah fitur seperti Conservation Mode, Rapid Charge untuk pengisian daya baterai cepat, dan always-on usb charging.

Lenovo Vantage ini juga berbekal fitur pemindai performa, cek pembaruan sistem serta pengaturan untuk sejumlah hardware pada perangkat, termasuk keyboard, audio hingga kamera web.

Fitur menarik lain yang dapat Anda temukan pada perangkat ini adalah dukungan Lenovo Q-Control yang dapat diakses via tombol pintas FN+Q untuk pengaturan performa secara otomatis. Lenovo Q-Control ini menyuguhkan tiga opsi preset yaitu Battery Saving, Intelligent Cooling dan Extreme Performance.
 

Performa dan Baterai

Lenovo Yoga Slim 7 Pro yang kami uji menggunakan varian prosesor AMD Ryzen 7 5800H 3,2GHz, RAM DDR4-3200 berkapasitas 16GB, kapasitas ruang penyimpanan SSD 1TB serta GPU AMD Radeon Vega 8.

Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark dari UL Benchmarks dengan pengujian Firestrike dan Modern Office. Hasil skor pengujian menunjukan Lenovo Yoga Slim 7 Pro mampu menyuguhkan performa yang mumpuni.
 
Pengujian: PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R23 multi/single
Skor: 6.355 3.480 10.142/1.212

Kami juga mencoba untuk menguji perangkat ini dengan menggunakan 3DMark Time Spy Score, yang menghasilkan nilai cukup baik, sebesar 1412. Menggunakan perangkat ini untuk kegiatan komputasi harian juga tergolong menyenangkan, sebab kami tidak mengalami gangguan lag selama menggunakannya.

Soal baterai, kami menguji baterai Lenovo Yoga Slim 7 Pro menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery, dan laptop ini mampu bertahan selama 6 jam 44 menit. Namun dalam penggunaan sehari-hari untuk menjelajahi internet dan mengetik, perangkat ini mampu bertahan selama sekitar 7,5 jam.

Kesimpulan 
Lenovo Yoga Slim 7 Pro mampu menjadi perangkat pendukung aktivitas profesional yang baik, terutama bagi pengguna yang mulai menjalani aktivitas dengan mobilitas lebih tinggi dibandingkan dengan masa awal pandemi, berkat bobot ringan dan dimensi tipis.

Performa yang disuguhkannya juga cukup baik untuk Anda yang gemar membuat konten di laptop, meski harus berkompromi dengan absennya slot pembaca kartu memori yang dapat diatasi dengan perangkat eksternal.

Sayangnya, laptop ini harus Anda tebus dengan harga tergolong mahal, mengingat laptop ini masuk ke dalam lini premium Yoga Slim Series, dengan harga dari Rp18 jutaan.
 
Spesifikasi  Lenovo Yoga Slim 7 Pro
Prosesor AMD Ryzen 7 5800H 3.2GHz
RAM DDR4-3200 16GB
Memori Internal  SSD 1TB
Layar 14 inci 2240 x 1400 piksel
GPU AMD Radeon Vega 8, 8 CUs, 2.0 GHz
Bobot  1,4Kg
Dimensi  312 mm x 221 mm x 16.9 mm
Harga  Rp17.999.000
 
 
8.9
Lenovo Yoga Slim 7 Pro
Plus
  • Desain ringkas, bobot ringan
  • Layar tajam, jernih dan cerah
  • Performa baik
Minus
  • Tanpa slot pembaca kartu memori
  • Tanpa sensor sidik jari


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id