Review Tablet

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Lufthi Anggraeni - 18 September 2020 07:47 WIB
    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat
    Samsung Galaxy Tab S7+ mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.
    Jakarta: Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy Tab S7+ bersama saudaranya, Galaxy Tab S7, di ajang Galaxy Unpacked yang digelar pada tanggal 5 Agustus lalu. Perangkat ini merupakan versi lebih tinggi dari dua tablet terbaru Samsung, dengan bekal layar berukuran lebih besar.

    Pada tablet ini, Samsung mengunggulkan sejumlah fitur dan kemampuan yang diklaimnya mampu mendukung aktivitas bekerja dan belajar dari jarak jauh, terutama di tengah pandemi yang saat ini tengah terjadi di seluruh dunia.

    Samsung juga mengklaim bahwa tablet ini hadir dengan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, serta mengusung pembaruan, termasuk untuk mendukung ekosistem mulus yang digalakkan Samsung pada rangkaian produk terbarunya. Lantas apa lagi yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab S7+ ini?

     

    Desain

    Dari tampak depan, Samsung Galaxy Tab S7+ tampil elegan berkat layar besar berbezel tipis dan bagian sisi yang datar. Bagian sisi ini menjadi salah satu pembeda yang dapat Anda temukan dengan mudah jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, seri Galaxy Tab S6.

    Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7+ ini juga hadir dengan desain tipis, setebal 5,7mm, dan mengusung bobot ringan. Meskipun demikian, Anda mungkin tetap ingin memegang tablet ini dengan dua tangan atau meletakkannya di atas meja, mengingat ukuran layar sebesar 12,4 ini terlalu besar untuk digunakan dengan satu tangan.

    Di bagian belakang, Anda akan menemukan akses garis di bagian atas dan bawah saat memegang tablet dalam orientasi vertikal, mengingatkan kami pada desain garis antena yang sempat populer beberapa tahun lalu.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Selain itu, Anda juga akan menemukan logo Samsung di bagian bawah, berlawanan dengan lokasi penyematan kamera. Uniknya, Samsung membedakan bagian penyematan kamera dengan bahan mengkilat, kontras dengan bahan non mengkilat yang mendominasi bagian belakang bodi tablet ini.

    Bagian belakang ini hadir memanjang dengan kedua ujung membulat, yang sesuai dengan fungsinya yaitu untuk menyematkan S Pen berkat dukungan magnet di bagian bawahnya. Bagian penyematan S Pen ini juga berfungsi sebagai lokasi pengisian daya baterai S Pen.

    Sayangnya, magnet ini tidak terlalu kuat sehingga S Pen kerap terlepas saat kami menggenggam tablet di sisi berseberangan dengan lokasi penyematan pena digital khas Samsung ini. Untuk menghindari kehilangan S Pen tanpa Anda sadari, kami menyarankan untuk menggunakan cover yang dipasarkan Samsung untuk tablet ini.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Sementara itu, Samsung juga menyematkan kamera depan pada bagian bezel layar. Namun, berbeda dari kebanyakan tablet lain, Samsung menyematkan kamera di sisi kiri Galaxy Tab S7+, jika dilihat dalam posisi berdiri tegak atau vertikal.

    Anda juga dapat menemukan lubang speaker di sudut sisi atas dan bawah Samsung Galaxy Tab S7+, dengan sisi bawah didampingi oleh port USB-C. Sedangkan di sisi kiri, Anda akan menemukan dock untuk aksesori keyboard dan sisi kanan tersemat tombol daya, volume, dan slot kartu SIM dan microSD.

    Dan pada tablet ini, Anda tidak akan menemukan jack headphone 3.5mm, sebab serupa dengan smartphone premium karyanya, Samsung telah menggantinya dengan kemampuan USB-C yang juga sebagai jack untuk headphone.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

     

    Software

    Samsung Galaxy Tab S7+ hadir dengan dukungan antarmuka pengguna terbaru Samsung, One UI 2.5, berbasis sistem operasi Android 10. Digadang sebagai salah satu perangkat untuk mendukung produktivitas, Samsung membekali tablet ini dengan berbagai fitur, salah satunya S Notes yang memungkinkan Anda mengimpor file PDF yang dapat dicorat-coret untuk diberikan catatan tambahan.

    Fitur ini tidak hanya berguna untuk pengguna dalam konteks aktivitas pekerjaan profesional, tapi juga bagi pelajar yang saat ini tengah menjalankan metode Pembelajaran Jarak Jauh. Sebab saat ini, sebagian besar tenaga pengajar memanfaatkan platform di internet untuk memberikan materi pembelajaran, termasuk pekerjaan rumah, yang kerap berformat PDF.

    Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tabel atau diagram, kemudian menyimpannya dalam format PDF. Samsung S Notes juga kini berbekal fitur perekaman video dan penandaan audio, memungkinkan pengguna memutar rekaman audio pada bagian tertentu.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Fitur unik lain yang disuguhkan Samsung pada tablet ini adalah kemampuan mengenali tulisan tangan dan mengubahnya menjadi tulisan layaknya diketik dengan keyboard. Fitur ini telah tersedia sejak smartphone Galaxy Note 10, namun pada lini Galaxy Tab S7, kemampuan ini menjadi lebih baik.

    Samsung menyediakan bagian khusus di bagian keyboard virtual yang memungkinkan Anda menulis hal yang diinginkan, dan tablet akan secara langsung mengkonversikannya menjadi tulisan layaknya diketik dengan keyboard.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Galaxy Tab S7+ juga hadir dengan dukungan fitur pendukung S Pen serupa pada smartphone Galaxy Note, termasuk coretan layar dan tulisan AR. Fitur lain yang diklaim mampu mendukung performa kerja pengguna yaitu Samsung DeX, kini berkemampuan menyuguhkan dua tampilan, yaitu tampilan serupa smartphone dan PC Desktop.

    DeX juga memungkinkan pengguna melakukan multitasking lebih baik berkat multi-active windows. Dengan fitur ini, Anda akan dapat membuka dan menggunakan hingga tiga aplikasi secara bersamaan pada tablet ini.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Samsung juga menyediakan fitur App Pair yang memungkinkan Anda untuk menyimpan kombinasi tiga aplikasi paling sering digunakan dan meluncurkannya secara bersamaan hanya dengan menekan kombinasi yang tersimpan tersebut.

     

    Kamera

    Tablet mungkin tidak ditujukan sebagai perangkat pertama yang terlintas di benak pengguna untuk digunakan dalam mengabadikan momen dengan kameranya. Meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi Samsung untuk menghadirkan kemampuan kamera cukup baik pada Galaxy Tab S7+.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Secara default, kamera depan dan belakang Samsung Galaxy Tab S7+ mampu menghadirkan hasil foto dengan warna, ketajaman dan detail yang baik dalam kondisi pencahayaan cukup. Hal sedikit berbeda kami dapati pada hasil foto dalam kondisi pencahayaan redup.

    Dalam kondisi ini, noise terlihat terutama pada hasil foto kamera depan, meski tidak mengganggu tampilan foto secara keseluruhan. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Tab S7+ hadir dengan setup kamera ganda di bagian belakang.

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Samsung Galaxy Tab S7+, Besar Bermanfaat

    Kamera ini hadir dengan kamera utama beresolusi 13MP dan kamera ultra-wide beresolusi 5MP. Sedangkan untuk kamera depan, Samsung membekali Galaxy Tab S7+ ini dengan dukungan kamera beresolusi 8MP.

    Samsung juga membekali kamera pada tablet ini dengan sejumlah mode seperti yang dapat ditemukan pada smartphone karyanya, seperti Live Focus, Pro Video, Night, serta Single Take yang pertama kali dirilis Samsung via seri Galaxy S20.

     

    Performa

    Samsung Galaxy Tab S7+ mengusung spesifikasi terbaik di kelas tablet karya Samsung, termasuk dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal 256GB, serta layar dengan refresh rate 120Hz.

    Dukungan ini menjadikan suguhan pengalaman penggunaan perangkat ini menyenangkan, baik dalam melakukan aktivitas yang memanfaatkan fitur produktivitas dan melibatkan S Pen, maupun sekadar menikmati konten multimedia.

    Pada tablet ini, aplikasi diluncurkan dengan cepat dan kami dapat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa gangguan lag. Pengalaman penggunaan mulus tanpa lag juga kami dapat saat mencoba untuk memanfaatkan fitur multi-windows yang tersedia pada perangkat ini.

    Selain itu, Samsung juga membekali tablet ini dengan empat speaker, menyuguhkan audio menyenangkan, keras dan kaya, saat menikmati konten multimedia ataupun bermain game. Hanya saja, demi kenyamanan akibat ukuran bodi yang luas, sebaiknya Anda melakukan hal ini saat tablet terpasang pada penyangga atau diletakan di atas permukaan.

    Memainkan game PUBG pada tablet ini juga terasa menyenangkan, berkat suguhan pengalaman menyenangkan tanpa gangguan lag pada pengaturan default tertinggi. Demikian juga saat memainkan game Asphalt 9, meski kami sedikit kewalahan mengarahkan mobil akibat layar berukuran luas.

    Pengalaman menyenangkan memainkan game ini juga didukung oleh fitur Game Launcher yang telah tersedia sejak tahun 2016 lalu, pertama kali diusung oleh Samsung Galaxy S7. Namun Game Launcher pada Galaxy Tab S7+ ini merupakan versi terbaru, seperti yang ditemukan pada smartphone unggulan terbaru Samsung.

    Menyoal baterai, tablet ini berbekal baterai berkapasitas besar yaitu 10.090mAh dan mendukung teknologi pengisian daya super cepat berdaya 45W, meski Samsung hanya membekali kotak kemasan penjualannya dengan charger berdaya 15W.

    Dalam penggunaan sehari-hari tablet ini mampu bertahan selama sekitar 9 hingga 11 jam dengan satu kali pengisian daya. Namun Samsung Galaxy Tab S7+ ini mampu bertahan selama lebih dari empat hari dalam kondisi siaga.

    Kesimpulan
    Samsung Galaxy Tab S7+ menjadi penawaran ambisius Samsung yang hadir dengan bodi kokoh dan desain elegan, serta mampu menyuguhkan mata dengan tampilan layar yang tajam, detil dan karya warna.

    Selain itu, fitur yang mendukungnya juga membantu dalam menjalankan kegiatan profesional atau sekadar menyalurkan kreativitas, juga dapat membantu pelajar dalam menjalankan pembelajaran jarak jauh. Sayangnya, perangkat ini hanya dilengkapi satu port, yaitu port USB-C, dan tidak dilengkapi jack headphone 3,5mm, mungkin kurang disukai bagi Anda yang lebih memilih headphone berkabel.

    Meski juga menyuguhkan performa baik saat digunakan untuk bermain game, kami tidak menyarankan Anda memainkan game yang mengharuskan menggenggam perangkat dengan dua tangan, mengingat ukuran layar yang terlalu besar.

     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy Tab S7+
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 865+
    GPU Adreno 650
    OS Android 10, One UI 2.5
    RAM 8GB
    Memori Internal  256GB
    Kamera 13MP+5MP
    Baterai 10.090 mAh
    Layar 12,4 inci Super AMOLED WQXGA 2800x1725p HDR10+
    Harga Rp16.999.000
     
    8.5
    Samsung Galaxy Tab S7+
    Plus
    • Bodi kokoh, desain elegan
    • Fitur S Pen berguna untuk aktivitas sehari-hari
    • Layar tajam, detail dan kaya warna
    • Performa baik
    Minus
    • Hanya memiliki satu port
    • Tanpa rating IP


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id