Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 April 2019 07:55 WIB
    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni
    Huawei P30 Lite.
    Jakarta: Huawei P30 Series diluncurkan beberapa minggu lalu dengan formula yang masih sama seperti seri Huawei P sebelumnya. Terdiri dari tiga varian dengan embel Pro, Lite, dan yang biasa. Kini Medcom.id berkesempatan menjajal versi Huawei P30 Lite.

    Seperti yang diketahui bahwa sebelumnya Medcom.id sudah membuat ulasan Huawei P30 Pro sementara kali ini Huawei P30 Lite diperkenalkan sebagai anggota keluarga paling bontot dari P30 Series.

    Embel versi Lite biasanya identik dengan versi terjangkau dengan performa yang berada di bawha versi original. Jadi, Medcom.id cukup penasaran apakah Huawei P30 Lite cukup menarik seperti versi Pro?

     

    Desain

    Tampilan wajah dari Huawei P30 Lite sekilas memang mirip seperti Huawei P30 Pro. Kemiripan terletak pada bentuk notch atau poni dan bezel layar yang sangat tipis dengan ukuran layar 6,15 inci resolusi FHD 2312 x 1080 piksel.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Namun, panel layar di bagian sisinya tidak melengkung seperti Huawei P30 Pro. Saat menggunakannya, Medcom.id menyadari panel layar yang digunakan adalah jenis LCD (IPS), bukan OLED seperti Huawei P30 Pro.

    Perbedaan lain yang ditemukan saat menggenggamnya adalah dimensi bodi Huawei P30 Pro yang jelas sangat tipis dan ringan. Ketebalannya hanya 7,4mm dengan bobot 159 gram. Pilihan warnanya hanya ada Midnight Black dan Peacock Blue dengan model gradasi warna khas Huawei.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Saat menggenggamnya memang terasa Huawei P30 Lite mengesankan smartphone yang lebih terjangkau dari Huawei. Mungkin terasa seperti menggengam seri Huawei Nova yang pernah dirilis Huawei dan diulas Medcom.id.

    Bagian belakangnya masih menyiratkan desain ala Huawei seri P dengan kamera belakang yang terdiri dari tiga kamera atau triple camera. Tidak ada embel nama Leica di Huawei P30 Lite seperti yang dijumpai pada seri Huawei P30 Pro maupun Huawei P30.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

     

    Software

    Huawei P30 Lite sudah mengadopsi Android 9.1 Pie sehingga antarmuka EMUI buatan Huawei yang ditanamkan sudah langsung hadir dengan versi EMUI 9.0. Selama menggunakannya Medcom.id masih merasakan pengalaman yang sama dengan Huawei P30 Pro.

    Antarmuka EMUI 9.0 sangat sederhana, tapi dihias sehingga nyaman dilihatnya. Untuk fitur aplikasi pendukung masih sama seperti seperti di Huawei P30 Pro.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Salah satu akses cepat yang Huawei P30 Lite tawarkan adalah beberapa perintah esensial, seperti menyalakan lampu LED flash, kalkulator, perekaman audio, dan tautan langsung ke alamat belanja lewat QR Code. hanya saja, tautan langsung ini harus membuka kunci layar baru bisa diakses. 

    Ada aplikasi Digital Balance yang menampilkan statistik penggunaan smartphone rata-rata per minggu, begitu jgua dengan aplikasi apa saja yang diakses. HiCare memantau kebugaran pengguna ketika diaktifkan. Huawei juga menyediakan Smart Remote yang menjadikan ponsel pengatur televisi, atau perangkat elektronik lain.

    Untuk kebutuhan transfer data atau berpindah ponsel Huawei masih tersedia Phone Clone dan Huawei Share. Namun, Huawei P30 Lite tidak memiliki fitur NFC seperti seri Huawei P30 Pro. Hal ini semakin menegaskan bahwa smartphone ini tidak premium seperti dua kakaknya.

     

    Kamera dan Video

    Meskipun terkesan tidak premium seperti dua kakaknya tapi Huawei P30 Lite tetap hadir dengan fitur terkini yaitu triple camera tanpa embel Leica. Tiga kamera ini memadukan resolusi 24MP lensa Wide Angle + 8MP Ultra Wide Angle + 2MP lensa Bokeh.

    Medcom.id menemukan Huawei P30 Lite masih memiliki banyak mode pengambilan foto dan video mendukung kreativitas penggunanya. Tersedia mode Wide Angle, Night, Pro, Slow-Mo, dan lain-lain. Satu yang absen adalah mode Monochrome yang identik sebagai dukungan Leica.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Pengalaman kami menggunakan triple camera Huawei P30 Lite, hasilnya masih sangat memuaskan seperti hasil kamera dua kakaknya. Warna dari hasil foto cukup akurat dan kaya dengan kemampuan foto malam yang sangat baik.

    Sementara kamera depannya dengan resolusi 32MP aperture f/2.0 juga masih mampu menangkap foto dengan tajam dan fokus yang bagus dalam kondisi di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Jangan cemas, fitur AI atau kecerdasan buatan masih tersedia di kamera Huawei P30 Lite.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Di kemampuan merekam video kamera depan dan belakangnya mendukung resolusi maksimal 1080p di frame rate 30fps. Kamera belakangnya didukung fitur gyro-EIS sehingga dalam merekam video bisa meminimalisir guncangan yang tertangkap dalam video.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Dari pengalaman Medcom.id menjajalnya kualitas videonya cukup baik ,namun kurang bisa diandalkan dalam kondisi minim cahaya. Tersedia mode Slow-Mo dan Time Lapse untuk medukung kreativitas penggunanya.

     

    Bagaimana Performanya?

    Huawei P30 Lite masih menggunakan prosesor Kirin buatan Huawei. Smartphone ini menggunakan Kirin 710 yang tergolong prosesor kelas menengah Huawei. Dilengkapi GPU Mali-G51 dan RAM 6GB serta memori internal 128GB.

    Melihat dapur pacunya, kapasitas RAM dan memori internal yang cukup besar menjadi salah satu daya tarik Huawei P30 Lite. Bagaimana dengan performanya?

    Dalam pengujian menggunakan aplikasi 3DMark terlihat bahwa performa Huawei P30 Lite masuk dalam golongan smartphone kelas menengah. Namun dari spesifikasi RAM dan memori internal bisa dibilang smartphone berada di kelas mid-high.

    Huawei P30 Lite mencatatkan skor 963 poin di pengujian 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL 3.1 dan skor 1394 poin di 3DMark Sling Shot. Pada pengujian kemampuan multitasking lewat aplikasi PCMark Work 2.0 yang berada di kelas menengah dengan skor 5989 poin.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Dalam pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery, Huawei P30 Lite mampu bertahan hingga 10 jam dengan tingkat kecerahan layar 50 persen. Bagaimana performanya untuk bermain game?

    Huawei P30 Lite kami jajal untuk memainkan game PUBG Mobile. Pada awalnya, game tersebut langsung memasang konfigurasi gameplay di tingkat medium berdasarkan spesifikasi perangkat. Smartphone ini bisa berjalan di kualitas grafis maksimal HD dan frame rate High.

    Huawei P30 Lite, Tanpa Leica, Kamera Masih Mumpuni

    Medcom.id kemudian menjajal konfigurasi tersebut dengan anti-aliasing aktif dan mode auto-adjust FPS dinonaktifkan. Hasilnya, Huawei P30 Lite mampu berjalan cukup lancar, tapi terlihat tidak begitu mulus kemungkinan karena frame rate yang rendah.

    Secara keseluruhan hal tersebut tidak terlalu mengganggu. Dari pantauan kami menggunakan kecerahan layar 50 persen konsumsi baterai selama bermain hanya berkurang tiga persen dalam durasi setiap 10 menit. Seiring durasi permainan yang cukup lama, Medcom.id mengukur suhu perangkat ini menyentuh 40,9 derajat celcius.


    Kesimpulan
    Huawei P30 Lite terasa sangat berbeda dari dua kakaknya. Smartphone ini terasa dipangkas hingga sejajar dengan smartphone kelas menenga, mungkin Huawei Nova. 

    Namun, beberapa keunggulan yang membedakannya adalah kehadiran triple camera di kamera belakang dan resolusi 32MP di kamera depannya. Kualitas fotonya juga sangat memuaskan untuk spesifikasi tersebut. Tanpa Leica, kamera Huawei P30 Lite masih memiliki banyak mode.

    Di sisi dapur pacu, meskipun menggunakan prosesor Huawei Kirin di kelas menengah tapi masih ditawarkan kapasitas RAM dan memori internal besar. Huawei P30 Lite masih pantas untuk dimiliki namun akan terasa sangat berbeda saat Anda menggenggam Huawei P30 terutama P30 Pro.
     
    SPESIFIKASI Huawei P30 Lite
    Prosesor Huawei Kirin 710
    RAM 6GB
    OS EMUI 9.0 (Android 9.1 Pie)
    GPU Mali-G51
    Memori Internal 128GB
    Kamera Kamera Belakang 24MP + 8MP + 2MP & Kamera Depan 32MP
    Baterai 3.340 mAh
    Layar  6,15 inci LCD IPS FHD 2312 x 1080 piksel
    Harga TBA
     
     
    8
    Huawei P30 Lite
    Plus
    • Triple camera tanpa Leica masih memuaskan
    • Kapasitas RAM dan memori internal besar
    • Baterai sangat hemat
    Minus
    • Tidak ada kesan mewah
    • Mode Monochrome




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id