Review Smartwatch

    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar

    Lufthi Anggraeni - 07 Mei 2021 11:32 WIB
    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar
    Amazfit GTR 2 berbekal fitur tergolong lengkap, sesuai untuk pengguna bergaya hidup sehat dan mementingkan tampilan.



    Jakarta: Nama Amazfit mungkin tidak asing bagi penggemar jam tangan yang juga didukung teknologi, atau dikenal sebagai smartwatch. Merek milik perusahaan Huami Technology ini telah menelurkan sejumlah smartwatch, termasuk lini GTR.

    Perangkat ini mungkin tampil layaknya jam tangan pada umumnya, Amazfit GTR 2 hadir dengan sejumlah fitur berkemampuan untuk melacak aktivitas olahraga penggunanya. Perangkat ini merupakan penerus dari Amazfit GTR generasi pertama yang telah hadir dengan hardware dan fitur baik.

     



    Tampilan Amazfit GTR 2 serupa jam tangan pada umumnya, dengan bagian jam utama berbentuk lingkaran dan dengan tali berbahan serupa kulit berwarna hitam, merupakan varian Classic dari smartwatch ini.

    Tali dan bagian utama ini menghadirkan kesan elegan dan solid pada jam tangan tersebut. Namun, layaknya tali jam tangan kulit pada umumnya, tali Amazfit GTR 2 ini juga rentan terhadap guratan yang kerap muncul saat Anda memasukan bagian pengait pada lubang di tali sesuai dengan ukuran pergelangan tangan.

    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar

    Mungkin perbedaan antara Amazfit GTR 2 dengan jam tangan reguler terlihat pada bagian layar berukuran 1.39, yang merupakan layar sentuh dan berpanel AMOLED. Bagian utama jam tangan cerdas ini hadir dengan bahan alumunium mendukung kesan ringan saat perangkat ini dikenakan.

    Selain itu, perangkat ini hadir dengan bagian utama layar berukuran tergolong besar sehingga mungkin terlalu besar bagi Anda dengan pergelangan tangan kecil. Pada bagian utama, Anda akan menemukan dua tombol fisik yang tersemat di sisi kanan.

    Kedua tombol ini berfungsi untuk mengakses menu pada jam tangan cerdas tersebut, dan mengeluarkan suara lembut saat ditekan. Tombol di bagian bawah akan membawa Anda secara langsung ke pengaturan aktivitas.

    Sedangkan tombol bagian atas bertugas untuk mengaktifkan layar dan kembali ke homescreen, namun menekan tombol ini dua kali akan menampilkan menu utama perangkat tersebut. Layar Amazfit GTR 2 ini berbekal kemampuan untuk menggelap setelah beberapa detik tidak aktif, dan dapat disesuaikan melalui pengaturan.

    Untuk proses pairing Amazfit GTR 2 dengan smartphone ini tergolong mudah, Anda hanya perlu menghubungkan keduanya via Bluetooth hanya melalui aplikasi Zepp yang dapat diunduh via toko aplikasi.

    Setelah terhubung, Anda dapat memantau dan melihat data yang dikirimkan dari perangkat jam tangan cerdas ini via aplikasi Zepp. Menavigasikan perangkat ini juga tergolong mudah, dengan mengusap ke atas untuk melihat notifikasi yang masuk ke smartphone dari berbagai aplikasi pilihan.

    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar

    Mengusap layar ke arah bahwa memungkinkan Anda mengakses pilihan pintasan atau shortcut ke menu pengaturan, dan mengusap ke kanan saat ingin kembali ke menu sebelumnya. Sebagai jam tangan cerdas, Amazfit GTR 2 berbekal fitur yang tergolong lengkap.

    Amazfit GTR 2 ini didukung fitur pelacakan olahraga, detak jantung, stress, musik, cuaca hingga pengukur oksigen dalam darah atau SpO2. Fitur tersebut menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.

    Fitur pelacak olahraga berkemampuan secara otomatis mendeteksi saat Anda berjalan kaki atau berlari. Anda juga dapat menyesuaikan tingkat sensitivitas fitur ini melalui menu khusus saat ingin memulai perhitungan di setiap sesi olahraga.

    Selain itu, fitur sensor detak jantung dan stress juga didukung kemampuan untuk memulai proses pelacakan secara otomatis. Anda juga dapat melihat pergerakan hasil pelacakan sensor ini secara langsung serta dapat mengatur durasi pembaruan hasil pelacakan.

    Amazfit GTR 2 ini berbekal kemampuan untuk mengendalikan pemutar musik yang tengah memutar lagu di smartphone terhubung. Anda juga dapat melakukan panggilan telepon melalui smartwatch ini.

    Perangkat ini juga berbekal fitur kompas, pengukur waktu dan penghitung waktu mundur, barometer dan altimeter atau pengukur ketinggian. Sementara itu, Fitur SpO2 menjadi fitur baru pada perangkat generasi kedua ini.

    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar

    Fitur ini berkemampuan mengukur kadar oksigen dalam darah dengan rentang pengukuran dari 80 persen hingga 100 persen. Fitur lainnya adalah deteksi tidur, meski fitur ini menjadi fitur yang jarang kami gunakan mengingat mengenakan jam tangan saat tidur tidaklah nyaman.

    Anda juga dapat mengenakan jam tangan cerdas ini untuk melakukan aktivitas terkait air, berkat sertifikasi 5 ATM dengan ketahanan hingga 50 meter di bawah air. Perangkat ini juga didukung ruang penyimpanan internal 3GB, memungkinkan Anda menyimpan musik dan wallpaper di perangkat.

    Anda akan menemukan berbagai antarmuka pengguna atau watchface untuk Amazfit GTR 2 ini dalam jumlah cukup banyak di toko aplikasi Zepp. Watchface ini memungkinkan Anda menampilkan informasi dari cuaca, jumlah langkah harian, detak jantung, persentase baterai hingga jam dan tanggal, dengan tampilan sesuai keinginan Anda.

    Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jam tangan cerdas ini untuk menemukan ponsel yang tersembunyi dengan fitur Find my phone. Fitur ini memungkinkan perangkat untuk membunyikan nada dering.

    Menyoal baterai, Amazfit GTR 2 ini mampu bertahan selama hingga 14 hari dalam satu kali pengisian daya dalam skenario penggunaan normal, seperti sesekali digunakan untuk melacak aktivitas olahraga, pelacakan SpO2, dan menerima sejumlah notifikasi.

    Amazfit GTR 2, Elegan dan Besar

    Namun Amazfit GTR 2 diklaim mampu bertahan selama 48 jam dalam mode GPS, dan selama 38 hari dalam mode baterai Basic dengan menonaktifkan konektivitas Bluetooth, notifikasi, dan pelacak detak jantung.

    Amazfit menyediakan alat mengisi daya berupa charger bermagnet yang dihubungkan dengan kabel USB tipe A. Alat ini mampu mengisi daya tergolong cepat, selama 2,5 jam untuk mengisi penuh baterai Amazfit GTR 2 yang berkapasitas 471 mAh dan dipasarkan seharga 1.599.000 ini.
     
     
    8.3
    Amazfit GTR 2
    Plus
    • Layar tampil cerah, bahkan di bawah sinar matahari
    • Daya tahan baterai lama
    • Antarmuka pengguna sangat responsif
    • Berbekal mikrofon dan speaker terintegrasi
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Layar tidak selalu menyala saat dihadapkan ke wajah
    • Layar terkadang kurang responsif


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id