comscore

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Lufthi Anggraeni - 20 Mei 2022 13:00 WIB
Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah
Samsung Galaxy A33 5G.
Jakarta: Samsung menjadi salah satu produsen smartphone yang rajin meluncurkan smartphone dalam berbagai segmen guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta dengan penawaran harga berbeda sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan anggaran.

Belum lama ini, Samsung meluncurkan rangkaian smartphone seri Galaxy A terbaru, yang telah mendukung konektivitas jaringan tercepat saat ini, yaitu 5G. Salah satu model dari rangkaian seri Galaxy A terbaru yang ditawarkan Samsung adalah Galaxy A33 5G.
Ponsel yang menyasar konsumen kelas menengah ini dirilis bersamaan dengan Galaxy A53 5G dan mengusung desain serta spesifikasi serupa. Sayangnya, harga keduanya juga hampir serupa, sebab Galaxy A33 5G dipasarkan dengan harga di atas Rp4 juta.

Lantas apa saja keunggulan dan keunikan yang diusung oleh Samsung Galaxy A33 5G ini? Simak ulasan kami berikut ini.
 

Desain

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, bodi Samsung Galaxy A33 5G hadir dengan garis desain lebih tegas. Bagian tepi layar dan bagian belakang ponsel cerdas ini lebih tegas dan tidak cenderung berlekuk seperti generasi sebelumnya.

Tepian lebih tegas ini akan Anda rasakan pada telapak tangan saat menggenggam ponsel dengan satu tangan, mengurangi kenyamanan saat menggenggamnya dalam waktu lama, meski tidak mengganggu kenyamanan penggunaan secara keseluruhan.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Tidak hanya tepian, smartphone ini turut mengusung desain dengan sudut lebih tegas. Samsung turut membalut bagian belakang dengan warna-warna cantik, salah satunya adalah warna putih, yang tidak mengkilat dan terasa kesat saat digenggam.

Bahan tersebut membantu mengurangi noda sidik jari menempel pada bagian belakang smartphone. Selain itu, bagian belakang juga menjadi lokasi penyematan kamera utama perangkat ini, tepatnya di sudut kiri atas belakang ponsel.

Serupa dengan Galaxy A53 5G, kamera belakang pada Galaxy A33 5G tidak lagi disematkan pada bagian khusus, umumnya dipisahkan oleh garis atau pola dan tekstur berbeda seperti generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Lokasi penyematan kamera belakang Galaxy A33 5G ini ditandai oleh bagian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian bodi belakang lainnya, serta tanpa perbedaan warna atau tekstur bahan dengan bagian bodi belakang ponsel lainnya.

Pada bagian depan perangkat, Samsung Galaxy A33 5G mengusung desain layar berponi dengan bentuk huruf U, atau disebut Samsung dengan istilah Infinity-U, sebagai lokasi penyematan kamera depan.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Layar perangkat ini juga dikelilingi oleh bezel tergolong tipis di kedua sisi dan sisi atas, serta sedikit lebih tebal di sisi bawah. Sementara itu pada bagian sisi, Samsung Galaxy A33 5G mengusung bahan lebih mengkilat dan warna sedikit berbeda dibandingkan dengan bagian belakang ponsel.

Pada sisi atas perangkat, Anda akan menemukan slot untuk kartu SIM dan microSD, sedangkan sisi kanan, terdapat tombol daya dan volume yang tersemat berdampingan. Port USB-C dan lubang speaker tersemat pada sisi bawah bodi Samsung Galaxy A33 5G, tanpa jack headphone 3,5mm.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah
 

Antarmuka & Fitur

Samsung Galaxy A33 5G menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka pengguna One UI 4.1. Bagi pengguna setia Samsung, tampilan antarmuka pengguna Galaxy A33 5G ini mungkin tidak jauh berbeda dengan perangkat pengguna One UI 4.1 lainnya.

Salah satu hal menarik perhatian kami pada smartphone ini adalah ikon dan huruf atau font default yang tampil dengan ukuran lebih besar, disebabkan oleh rasio aspek layar Samsung Galaxy A33 5G lebih ramping jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Selain itu, Samsung turut membekali Galaxy A33 5G dengan layar dengan refresh rate hingga 90Hz dan dilindungi oleh lapisan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Layar smartphone ini mengusung dua mode warna pada pengaturan layar, yaitu Vivid dan Natural.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Secara default, layar Samsung Galaxy A33 5G diatur dalam pengaturan Vivid, menyediakan opsi penyesuaian white balance di bagian bawah. Sementara itu soal konektivitas, smartphone ini berbekal dukungan WiFi 5, Bluetooth 5.1, NFC, dan WiFi Sharing.

Samsung turut menghadirkan sejumlah fitur keamanan, termasuk pemindai sidik jari di bawah layar atau Under Display, Face Unlock, dan Samsung Knox pada ponsel cerdas ini. Perangkat ini juga dilengkapi sensor Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Light Sensor, Virtual Proximity Sensing.

Fitur khas Samsung juga tersedia pada Galaxy A33 5G ini, termasuk Separate App Sound, Link to Windows, Bixby, Edge Panels, Secure Folders.
 

Kamera

Pada bagian belakang, Samsung Galaxy A33 5G berbekal empat kamera dengan sensor utama beresolusi 48MP, kamera ultra wide 8MP, kamera macro 5MP, dan kamera depth sensor 2MP. Kamera ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan ketajaman baik.

Foto yang dihasilkan kamera ponsel ini tampil dengan saturasi warna lebih tinggi sehingga foto tampil lebih cerah meski masih tergolong alami, terutama pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan cukup.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Hasil cukup baik secara keseluruhan kami dapati pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup atau malam hari. Hal ini terbantu oleh mode malam atau Night Mode yang tersedia sebagai salah satu mode pendukung di kamera smartphone ini.

Namun jika memperbesar gambar, Anda mungkin akan menemukan gambar kurang detail dan tajam pada sejumlah bagian foto. Selain itu, pada bagian lebih gelap, Anda juga akan menemukan noise, meski hasil foto ini masih cukup baik untuk diunggah di media sosial.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Selain itu, kamera utama 48MP smartphone ini telah mendukung Mode Pro yang memungkinkan pengguna lebih paham soal ilmu fotografi untuk mengatur shutter speed, ISO, dan lain layaknya kamera profesional.

Namun saat menggunakan mode ini, Anda tidak dapat memanfaatkan kemampuan zoom pada kamera Samsung Galaxy A33 5G. Anda juga dapat berkreasi dengan memanfaatkan fitur Fun pada aplikasi kamera, tersemat di ujung kiri jajaran mode di atas tombol shutter.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Fitur ini memungkinkan Anda memotret dan merekam video yang dihiasi filter Snapchat, emoji, VR dan lainnya. Samsung turut memboyong fitur kamera yang sebelumnya hanya ditemukan pada smartphone premium karyanya, yaitu Object Eraser.

Fitur ini menyuguhkan hasil bervariasi, bergantung pada latar belakang gambar yang ingin Anda hapus. Hasil kurang memuaskan akan Anda dapati pada foto dengan latar belakang terlalu ramai, namun pada foto berlatar belakang polos, fitur ini mampu menyuguhkan hasil edit tidak terlalu kentara jika dibandingkan dengan foto awal.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Ditujukan untuk pengguna yang saat ini tengah menggandrungi pembuatan konten, Samsung juga membekali Galaxy A33 5G dengan dukungan teknologi Optical Image Stabilizer (OIS) pada kamera utamanya.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan rekaman video minim guncangan, serta dalam warna alami. Pada bagian depan, Samsung menyematkan kamera 13 MP dan didukung teknologi kecerdasan buatan (AI), membantu menghaluskan dan menyamarkan noda di wajah pada hasil foto.
 

Performa

Samsung Galaxy A33 5G didukung chipset yang sama dengan Galaxy A53 5G, yaitu Exynos 1280 berfabrikasi 5nm. Ponsel cerdas ini mengusung RAM 6GB dan ruang penyimpanan internal 128GB.

Pada sejumlah skenario penggunaan, ponsel ini cukup mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan baik. Kami juga tidak menemukan gangguan lag berarti saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Menariknya, Samsung Galaxy A33 5G ini tergolong menyenangkan untuk digunakan bermain game, dengan suguhan game mulus saat dimainkan. Pada game tergolong berat seperti PUBG, secara default pengaturan grafis diatur di Balanced dan pengaturan frame rate Medium.

Anda dapat mengatur grafis di pengaturan tertinggi yang tersedia di Galaxy A33 5G yaitu HDR, dan menikmati permainan tergolong mulus. Saat digunakan untuk bermain game selama sekitar 15 menit dengan pengaturan default, Galaxy A33 5G ini tidak cepat panas, namun bodi perangkat mulai menghangat saat pengaturan diatur ke pengaturan lebih tinggi.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Sementara itu pada pengujian yang melibatkan 3DMark Wildlife Extreme, Samsung Galaxy A33 5G memperoleh skor sebesar 622. Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Wildlife, smartphone ini memperoleh skor 2.264.

Pada pengujian yang melibatkan PCMark Work 2.0, Samsung Galaxy A33 5G memperoleh skor 11.153. Soal baterai, ponsel cerdas ini berbekal baterai berkapasitas 5.000mAh dan mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama.

Pada skenario penggunaan umum yang tidak melibatkan pengaturan tinggi atau menggunakan aplikasi dengan intensitas kamera tinggi, Samsung Galaxy A33 5G ini mampu bertahan selama hampir dua hari, sedangkan dengan skenario penggunaan lebih intensif, sekitar satu hari.

Samsung Galaxy A33 5G, Menawan meski Menengah

Dalam pengujian daya tahan baterai yang melibatkan aplikasi PCMark 3.0, Samsung Galaxy A33 5G ini mampu bertahan selama 12 jam 59 menit. Sementara itu, Samsung turut membekali kemampuan mengisi daya baterai cepat pada ponsel cerdas ini, dari 15W menjadi 25W.

Hal ini memungkinkan baterai Galaxy A33 5G terisi penuh dalam waktu kurang dari 90 menit, sedangkan dengan mengisi daya baterai ponsel selama 30 menit akan memberikan Anda daya sekitar 40 persen.

Kesimpulan
Samsung Galaxy A33 5G ini tidak hanya mampu memanjakan mata berkat desain yang indah, juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan. Pengalaman menyenangkan ini juga berkat dukungan layar AMOLED yang menyuguhkan tampilan cerah dan tajam.

Ponsel ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari perangkat tahan air, dengan layar AMOLED baik, performa baik, dan memiliki dukungan software tahan lama, dan tidak berkeberatan dengan desain kamera depan belum punch-hole, kecepatan isi daya standar, serta absennya setup speaker stereo, dengan anggaran sekitar Rp4 juta.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy A33 5G
Prosesor  Exynos 1280 5nm
GPU  Mali-G68
OS  Android 12 + One UI 4.1
RAM  6GB
Memori  128GB
Kamera  Belakang  48MP + 8MP + 5MP + 2MP
Depan 13MP
Baterai  5.000 mAh
Layar  6,4 inci Super AMOLED 1080 x 2400 piksel,
refresh rate 90Hz
Harga  Rp4.699.000
 
 
8.3
Samsung Galaxy A33 5G
Plus
  • Desain menawan
  • Ada IP67
  • Kamera baik
  • Jaminan update software 4 tahun
Minus
  • Speaker mono
  • Tanpa jack headphone 3.5mm


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id