Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Lufthi Anggraeni - 21 Juli 2019 12:08 WIB
    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas
    Samsung Galaxy Tab S5e menghadirkan kenyamanan menonton konten di layar luas.
    Jakarta: Eksistensi tablet mungkin tidak lagi sebesar awal kemunculannya, akibat kemunculan smartphone berlayar luas. Tidak berarti perangkat ini sepi peminat, sebab sejumlah produsen perangkat mobile dunia masih tetap meluncurkan perangkat ini.

    Salah satunya adalah Samsung yang pada bulan April lalu meluncurkan tablet terbarunya bertajuk Galaxy Tab S5e. Tidak hanya hadir dengan layar berukuran besar, Samsung Galaxy S5e juga hadir dengan dimensi tipis. Bagaimana kenyamanan penggunaannya?

     

    Desain

    Ramping menjadi kesan pertama yang kami dapati saat pertama kali melihat Samsung Galaxy Tab S5e. Tidak hanya menyoal ketebalan perangkat, kesan ramping juga dihadirkan melalui bezel yang membingkai layar tablet Samsung ini.

    Mendukung kenyamanan menonton konten multimedia karena memungkinkan penyematan layar berukuran luas, bezel tipis ini sedikit menimbulkan kebingungan terkait dengan penempatan posisi tangan saat menggenggam tablet baik dalam orientasi vertikal maupun horizontal.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Sehingga Anda harus pintar-pintar dalam mencari dan mengingat posisi yang nyaman untuk Anda. Desain tipis ini juga menjadikan tablet ini ringan saat digenggam dengan satu tangan. Selain itu, desain tipis ini turut menghadirkan kenyamanan saat tablet dibawa bepergian karena tidak menghabiskan banyak ruang di dalam tas Anda.

    Selain itu, desain tipis mungkin juga akan menimbulkan kekhawatiran akan terlepas saat digenggam, namun Samsung berupaya mencegah hal tersebut dengan menggunakan bahan metal, sehingga bodi belakang tablet tidak licin saat digenggam dengan tangan berkeringat.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Penggunaan bahan metal dan bukan bahan kaca serupa perangkat premium Samsung lain juga tidak lantas menjadikan tampilan tablet ini tidak bergaya. Selain itu, penggunaan bahan ini juga membantu dalam menjaga keindahan tampilan tablet karena tidak mudah kotor oleh noda sidik jari.

    Sayangnya, Samsung tidak membekali tablet ini dengan jack audio 3,5 mm, diperkirakan untuk memungkinkan tablet hadir dengan dimensi tipis. Sehingga untuk menikmati konten multimedia secara pribadi, Anda dapat memanfaatkan bantuan headphone Bluetooth.

    Menariknya, di sisi kini tablet terdapat pin konektor untuk keyboard, memungkinkan tablet ini digunakan serupa laptop. Hanya saja, keyboard tersebut tidak termasuk pada kemasan penjualan dan harus Anda beli secara terpisah.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Sementara itu di sisi kanan terdapat tombol daya berdampingan dengan tombol volume, slot kartu SIM dan microSD. Uniknya, tombol daya tablet ini hadir dengan desain berbeda dari tombol volume, dengan ketinggian tombol setara bodi sehingga cenderung tidak terlihat jika tidak diperhatikan dengan seksama.

    Tombol daya ini hadir dengan bahan bertekstur sehingga lebih mudah ditemukan saat diakses tanpa melihat keberadaan tombol. Sementara itu, port USB-C dapat Anda temukan di sisi bawah perangkat, diapit oleh dua speaker. Lubang speaker juga dapat Anda temukan di sisi atas perangkat saat digunakan dengan posisi berorientasi vertikal.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

     

    Software dan Antarmuka

    Samsung tengah menggencarkan penggunaan antarmuka pengguna karyanya, One UI di berbagai perangkatnya, tidak terkecuali pada Galaxy Tab S5e ini. Berbasis Google Android 9 Pie, antarmuka pengguna tablet ini tidak jauh berbeda dari perangkat unggulan Samsung, termasuk Galaxy S10.

    Antarmuka pengguna tampil sederhana dan lebih rapi jika dibandingkan dengan tampilan antarmuka perangkat Samsung generasi lama.

    Penggunaan sistem operasi Android 9 Pie juga memberikan opsi yang dapat orientasi tampilan layar menjadi horizontal atau vertikal dengan mengetuk ikon ponsel di sebelah tombol Back, tanpa perlu mengaktifkan opsi Auto Rotate. 

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Menyadari tablet saat ini menjadi perangkat yang lebih banyak dimanfaatkan sebagai media hiburan anak-anak, Samsung juga membekali Galaxy S5e dengan Kids Mode.

    Anda dapat beralih dari mode umum ke Kids Mode dengan cepat dan mudah melalui menu shortcut yang dapat diakses dengan mengusap ke arah bawah dari tepi atas layar.

    Selain itu, Galaxy Tab S5e juga dibekali dengan aplikasi khas Samsung dan Google layaknya perangkat karya Samsung lainnya, tidak terkecuali Bixby 2.0. Selain itu, Samsung turut membekali Galaxy tab S5e ini dengan mode DeX yang diindikasikan oleh kehadiran pin konektor keyboard pada sisi kiri bodi perangkat.

    Mode ini memungkinkan Galaxy Tab S5e bertindak sebagai pengganti laptop, berkat dukungan aplikasi produktivitas Microsoft Office Mobile dan One Drive versi Android.
     

    Kamera dan Video

    Di tengah tren pembekalan kamera lebih dari satu, Samsung masih setia dengan usungan satu kamera belakang pada Galaxy Tab S5e ini. Satu kamera belakangnya mengusung resolusi 13MP dengan bukaan f/2.0, sedangkan satu kamera depan mengusung resolusi 8MP dengan bukaan f/2.0.

    Samsung tidak membekali lampu flash fisik untuk mendampingi baik kamera depan maupun belakang. Meskipun demikian, fungsi serupa lampu flash dapat Anda temukan hanya sebagai pendukung kamera depan, yang dipancarkan melalui layar.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Hal ini dapat dimaklumi mengingat perangkat tersebut merupakan tablet yang utamanya tidak ditujukan untuk melakukan kegiatan fotografi mobile. Sebagai tablet, kamera Samsung Galaxy Tab S5e ini cukup mampu menghadirkan hasil foto yang baik pada kondisi pencahayaan cukup.

    Hasil berbeda didapati pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup. Pada kondisi pencahayaan redup, noise cukup terlihat pada foto yang dihasilkan tablet ini, menjadikan foto tampil seolah berpasir.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Selain itu, Samsung tidak membekali tablet ini dengan Night Mode di dalam aplikasi kameranya, sehingga tidak dapat membantu hasil foto tersebut. Mode Pro pada kamera tablet ini juga tidak memberikan banyak bantuan untuk mengurangi tampilan noise tersebut.

    Namun, Anda tetap dapat berkreasi dengan memanfaatkan fitur Live Focus yang tergolong cukup baik, meski fitur ini hanya dapat digunakan pada obyek berwajah.

     

    Performa

    Samsung Galaxy Tab S5e hadir dengan dukungan RAM berkapasitas 4GB dan ruang penyimpanan 64GB. Anda dapat menambahkan ruang penyimpanan ini melalui microSD dengan kapasitas maksimal hingga 512GB.

    Selain itu, tablet ini juga didukung oleh chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 670. Hal ini berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Tab S4 yang didukung Snapdragon 835, prosesor high-end Qualcomm.

    Tablet ini tetap mampu menyuguhkan pengalaman menyenangkan saat mengakses sejumlah tab di browser secara bersamaan tanpa lag.

    Pengalaman serupa juga kami dapati saat menjelajahi galeri dengan banyak file. Layar tablet berukuran 10,5 inci beresolusi 2560 x 1600 piksel ini juga mampu menyuguhkan pengalaman menikmati konten multimedia menyenangkan.

    Hal ini mampu dihadirkan layar Samsung Galaxy Tab S5e selain karena ukurannya yang luas, juga berkat tampilan yang cerah, kaya warna dan tajam. Pengalaman sedikit kurang menyenangkan kami dapati dari performa layar.

    Pada beberapa kesempatan, layar kurang responsif dan memberi tanggapan segera meski telah disentuh atau diketuk beberapa kali. Pengalaman menikmati konten multimedia menyenangkan juga didukung oleh keluaran audio yang baik berkat dukungan teknologi audio karya AKG.

    Sementara itu saat digunakan untuk  bermain game seperti PUBG Mobile, Samsung Galaxy Tab S5e menyuguhkan performa baik dan lancar pada pengaturan grafis tertinggi dan frame rate extreme. Memainkan game ini di layar sentuh tablet ini ternyata masih mampu menyuguhkan kenyamanan, meski berukuran luas.

    Samsung Galaxy Tab S5e, Tipis dan Luas

    Performa cukup baik juga ditampilkan melalui nilai hasil uji via aplikasi benchmark 3DMark Slingshot Extreme OpenGL sebesar 1592 dan 3DMark Slingshot sebesar 2367. Sedangkan pada uji benchmark PCMark Work 2.0, tablet ini memperoleh nilai sebesar 6718.

    Menyoal baterai, bekal baterai berkapasitas besar yaitu 7.040mAh mampu menjaga tablet ini terjaga selama 13 jam 11 menit saat diuji menggunakan aplikasi benchmark. Sedangkan pada penggunaan sehari-hari, Samsung Galaxy Tab S5e dapat bertahan selama sekitar 15 jam.

    Kesimpulan
    Tablet ini menawarkan tampilan yang indah, berkat desain tipis baik pada bodi maupun bezel. Ketipisan ini turut menjadikan perangkat ini menyenangkan untuk dibawa bepergian karena tidak mengkonsumsi banyak ruang dan tidak akan menambah beban tas Anda.

    Performa yang baik dan daya tahan baterai yang lama turut mendukung kesenangan menggunakan tablet ini. Namun, absennya dukungan port audio 3,5mm mungkin sedikit menyebalkan bagi Anda yang tidak gemar menggunakan headphone Bluetooth.

    Layar yang kurang responsif dalam beberapa kesempatan pun masih termaafkan berkat kenyamanan yang disuguhkan Samsung Galaxy Tab S5e ini saat digunakan menonton konten multimedia di layarnya yang luas.
     
      Samsung Galaxy Tab S5e
    Prosesor  Qualcomm Snapdragon 670 (10nm)
    GPU Adreno 615
    OS Android 9 Pie
    RAM 4GB
    Memori Internal  64GB
    Kamera Belakang 13MP+8MP, Depan 8MP
    Baterai 7.040 mAh
    Layar 10,5 inci Super AMOLED
    Harga Rp7.499.000
     
     
    8.8
    Samsung Galaxy Tab S5e
    Plus
    • Layar luas
    • Bodi tipis
    • Baterai taha lama
    Minus
    • Tanpa jack audio 3,5mm
    • Letak sensor pemindai sidik jari di tombol daya agak kurang nyaman
     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id