Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Juni 2019 12:43 WIB
    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9
    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi.
    Jakarta: Meskipun Intel Core i9 sulit dijumpai di pasar dan kerap dibanderol harga sangat tinggi, prosesor itu tetap masih menjadi idaman sebagian pemilik PC gaming.

    Tentu saja motherboard dengan chipset Z390 wajib untuk bisa mengggunakan prosesor tersebut sepenuhnya. Giigabyte termasuk yang menyediakan jajaran motherboard tersebut. Baru ini, Medcom.id berkesempatan menjajal salah satu produknya.

    Gigabyte Aorus Z390 I Pro WiFi bertamu ke meja redaksi Medcom.id. Melihatnya saja cukup menarik perhatian. Motherboard Z390 ini hadir dengan form factor Mini-ITX. Jadi ukurannya menjadi sangat mungil.

    Mengingat chipset Z390 untuk Intel Core i9 yang diklaim paling mumpuni di keluarganya, Gigabyte mungkin menargetkan gamer dengan sasis PC gaming ukuran mini yang ingin tetap memiliki performa tinggi.

    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9

    Tampilannya cukup futursitik dengan balutan warna monokrom termasuk pada shroud di beberapa bagian seperti heatsink dan lain-lain. Untuk fitur LED RGB, hanya ada di sisi pin power connector dan memanjang hingga bagian dekat LED header.

    Melihat fitur yang bertebaran di atasnya memang Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi berusaha menyajikan slot fungsional pada ukurannya yang mungil. Pertama, dua slot RAM DDR4 yang tiap slot mendukung kapasitas 32GB sehingga saat digunakan keduanya total maksimal kapasitasnya adalah 64GB.

    Slot RAM ini juga sudah mendukung dual channle memory. Frekuensi kecepatan bawaannya maksimal di 2666MHz namun di mode OC bisa mendukung hingga 4400MHz. Selain itu di sini juga sudah bisa mendukung mode Intel XMP.

    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9

    Beralih ke kebutuhan storaga disediakan empat port SATA 6Gbps yang medukung mode RAID serta dua slot M.2 PCIe SSD yang satu dilengkapi dengan heatsink cover dan satu lagi terletak sisi belakang motherboard. Tidak ketinggalan Gigabye Z390 I Aorus Pro WiFi juga sudah mendukung Intel Optane Memory.

    Seperti yang dijumpai pada motherboard Mini-ITX, hanya tersedia satu slot PCIe x 16 di motherboard. Sebagai tambahan Gigabyte memberikan satu soket M.2 untuk dipasang modul wireless Intel CNVi.

    Untuk urusan audio Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi menyediakan HD audio dengan port S/PDIF out dan dukungan audio kualitas 7.1 channel. Kini beralih ke konektivitasnya, sesuai namanya motherboard ini langsung hadir dnegan dukungan koneksi wireless yang dilengkapi antena.

    Tersedia dukungan Intel CNVi WiFi 902.11/a/b/g/n/ac yang memberikan koneksi Dual Band. Konektivitas lainnya adalah Intel GbE LAN hingga 1000Mbps dan Bluetooth 5.

    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9

    Di sisi I/O Port tersedia satu port USB-C 3.1 Gen 1 dan Gen 2, satu port USB-A., dan empat port USB 3.1 Gen 1 yang diakses di bagian backpanel. Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi juga masih mendukun prosesor dengan integrated graphic card sehingga disediakan juga port video output yaitu HDMI dan DisplayPort.

    Bagaimana Performanya?
    Dalam pengujian yang dilakukan Medcom.id Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi diuji dalam mode performa default untuk melihat performa bawaannya. Pengujian dilakukan dengan menggunakan testbed milik Medcom.id salah satunya prosesor Intel Core i9-9900K dan kartu grafis ASUS ROG Strix GeForce RTX 2060.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X
    Motherboard  ASUS Z370-A Prime
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Medcom.id melakukan pengujian menggunakan PCMark 10 dan 3DMark dari UL Benchmarks dan Cinebench R20 dari Maxon. Hasilnya, meskipun memiliki ukuran mungil Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi tetap bisa menyajikan performa dari Intel Core i9-9900K kami.
     
    PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
    SKOR 6.430 18.664 492 4.629

    Kemudian Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi diuji Medcom.id untuk mendukung kegiatan bermain game di kualitas grafis Ultra resolusi 1920 x 1080. Tercatat dengan testbed yang terpasang di motherboard ini diperoleh frame rate yang tergolong tinggi.

    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi, Mungil tapi Dukung Intel Core i9

    Kesimpulan
    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi berhasil menyediakan performa yang masih sangat mumpuni dari prosesor Intel Core i9 meskipun berbekal ukurannya yang mungil.

    Kehadiran pilihan motherboard Intel Z390 dengan ukuran Mini-ITX sendiri memberikan opsi game yang memiliki PC bersasis mini tapi mau merasakan prosesor tebaru Intel. Fitur yang tersedia di atasnya juga masih memenuhi kebutuhan fungsioanal untuk memiliki PC gaming mumpuni.

    Ditambah kehadiran dukungan antena dan modul WiFi yang menyediakan koneksi Dual Band juga menjadi nilai tambah motherboard mungil tersebut. Sekali lagi, Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi pantas dilirik bagi PC builder yang memilih memiliki PC gaming mini.

    Pantauan Medcom.id, di Indonesia Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi dibanderol mulai dari harga terendah di Rp3,3 juta.
     
     
    Gigabyte Z390 I Aorus Pro WiFi
    Plus
    • Cocok untuk sasis PC Gaming mini
    • Menyajikan performa cukup baik dari Intel Core i9 di Mini-ITX
    • Tetap menyediakan dua slot M.2 PCIe SSD
    • Tersedia antena dan modul WiFi
    Minus
    • Slot ekspansi terbatas

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id