Review Access Point

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 September 2019 18:53 WIB
    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas
    EnGenius EWS357AP Indoor Access Point.
    Jakarta: EnGenius beberapa waktu lalu mengumumkan jajaran produk jaringan terbaru yang menyasar kalangan bisnis yaitu acces point EnGenius EWS367AP. Seperti yang diketahui perangkat ini ditujukan untuk membantu router menyediakan lebih banyak SSID untuk sambungan WiFi.

    EnGenius sendiri mengklaim bahwa produk ini ditujukan untuk konsumen kalangan kantoran skala SMB (Small Medium Business). Melihat desainnya, menurut Medcom.id EnGenius EWS357AP memliki desain yang ringkas.

    Perangkat ini bisa dipasang menempel di dinding atau di langit ruangan selama masih bisa tersambung dengan sumber listrik. EnGenius EWS357AP sendiri disebutkan bahwa produk ini ditujukan sebagai indoor access point sehingga desainnya memang sederhana.

    Dari paket yang diterima, EnGenius EWS 357AP hadir tanpa paket komponen PoE Adapter. Hal ini membuat access point tidak bisa dipasang menggantung di langit ruangan tanpa harus terhubung kabel listrik.

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Fungsi PoE Adapter sebagai pendukung perangkat memperoleh pasokan listrik dari kabel ethernet. Medcom.id memperoleh info bahwa di Indonesia PoE Adapter dijual terpisah dari perangkat access point EnGenius.

    Di atas kertas, EnGenius EWS357AP mengklai memiliki dukungan kecepatan internet yang tinggi dengan sinyal kuat berkat fitur antena 2x2 MU-MIMO. Kabar baiknya, produk ini sudah mendukung jaringan internet WiFi 6 802.11ax.

    Seperti yang diketahui bahwa WiFi 6 mampu menyediakan kecepatan koneksi unduh dan unggah yang lebih tinggi dengan bandwidth frekuensi yang lebih besar. EnGenius EWS357AP memiliki fitur dual-band yang terdiri dari frekuensi 2,4Ghz kapasitas 575Mbps dan 5GHz sebesar 1.200Mbps.

    Kini masuk ke dalam proses pemasangannya. Medcom.id melakukan percobaan pemasangan dilakukan oleh tim yang tidak memiliki kemampuan di bidang IT, tapi beberapa kali melakukan pemasangan router. Dari pengalaman tim, pemasangan EnGenius EWS357AP terbilang mudah sekaligus sulit.

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Medcom.id menemukan bahwa apabila perangkat ini hanya digunakan sebagai access point penyebar jaringan dari koneksi router yang sudah ada, proses konfigurasi awal sangat mudah. Kami cukup memasang kabel LAN atau ethernet dari router ke port ethernet di bagian belakang EnGenius EWS357AP.

    Perlu diketahui bahwa di bagian belakang EnGenius EWS357AP hanya memiliki satu port ethernet dan lubang untuk adapter listrik. Setelah terhubung maka perangkat ini langsung aktif bekerja.

    Namun, untuk membuat EnGenius EWS357AP menyediakan access point dalam jumlah banyak maka proses konfigurasi awalnya agak sedikit sulit. Beruntung situs resminya menyediakan panduan yang lengkap ketimbang panduan di dalam paket penjualan.

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Proses konfigurasi ini mengharuskan EnGenius EWS357AP memiliki IP Address yang sesuai dengan yang tersimpan di TCP/IPv4 atau internet protocol di bagian Control Panel perangkat komputer atau laptop Anda. Hal ini dilakukan agar access point nantinya bisa dikonfigurasi dari model web-based di perangkat komputer atau laptop Anda.

    Hal ini memang sedikit rumit dibandingkan konfigurasi awal di perangkat router. Setelah proses konfigurasi awal maka kami bisa terhubung dengan halaman konfigurasi berbasis web dari EnGenius357AP.

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Di dalamnya disajikan antarmuka yang sangat sederhana namun memudahkan pengguna untuk menemukan fungsi atau fitur dasar dari perangkat ini. Terlihat bahwa EnGenius EWS357AP bisa menyediakan 8 SSID dengan jenis koneksi 2,4Ghz dan 5GHz sekaligus atau salah satu saja.

    Kami kemudian mengujinya dengan mengkoneksikan WiFi dari SSID EnGenius EWS357AP ke ponsel Huawei P20 Pro. Kami mengujinya menggunakan aplikasi nPerf. Hasilnya terbaca bahwa kami bisa mendapatkan kecepatan unduh (download) tertinggi hingga 107Mbps dan kecepatan unggah (upload) tertinggi di 19Mbps.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i7-8700K, Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 2700X, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard   ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-U21S
    Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Kekuatan sinyalnya juga tergolong bagus yaitu di antara -40dBm dan -34dBm yang digolongkan sebagai sinyal yang stabil. Medcom.id memiliki kantor di lantai empat, kami kemudian menguji kekuatan sinyalnya di lantai dua. Namun, indikator sinyal WiFi langsung menghilang.

    EnGenius EWS357AP, Access Point Terbaru Berdesain Ringkas

    Artinya, EnGenius EWS3527AP bisa berfungsi optimal dengan jangkauan bangunan dua lantai. Untuk sebuah access point yang menyasar kelas SMB menurut kami ini sudah tergolong bagus. Latensinya terdeteksi rata-rata sekitar 83ms, angka ini masih tergolon tidak besar.

    Fitur lainnya yang disediakan adalah keamanan jaringan yang sudah mengadopsi WPA3. Sayangnya, tidak tersedia fitur keamanan lain seperti software antivirus yang umumnya dijumpai dalam paket penjualan router dan sejenisnya.

    Kesimpulan
    EnGenius EWS357AP Indoor Access Point tergolong cukup baik dan bisa diandalkan untuk kebutuhan bisnis. Daya jangkau WiFi yang disediakan luas dan tergolong cukup dengan kemampuan jangkauan bangunan dua lantai dengan optimal.

    Desainnya yang ringkas memudahkan perangkat ini dipasang di bagian manapun di rumah. Proses pemasangannya sebetulnya tidak rumit apabila tersedia PoE Adapter yang sayangnya dijual terpisah. Demi mempermudah proses konfigurasi awal dianjurkan menggunakan panduan di situs resminya ketimbang yang tersedia di dalam paket penjualan.

    Nilai tambah dari lainnya dari EnGenius EWS357AP adalah perangkat ini sudah mendukung jaringan WiFi 6 dengan frekuensi dual-band. Jadi mampu mendukung banyak perangkat terhubung secara bersamaan dengan ketersediaan delapan SSID. Produk ini dibanderol kisaran Rp4,6 juta.
     
     
     
    EnGenius EWS357AP Indoor Access Point
    Plus
    • Desain ringkas
    • Mendukung WiFi 6 dan Dual-Band
    • Konfigurasi mudah
    • Performa cukup memuaskan
    Minus
    • PoE Adapter dijual terpisah


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id