Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Mohammad Mamduh - 28 Oktober 2019 16:20 WIB
    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian
    Samsung Galaxy A50s
    Jakarta: Tahun ini, Samsung cukup gencar merilis smartphone kelas menengah. Hal ini merupakan dari strategi baru mereka demi mempertahankan pangsa pasar yang terus tergerus oleh beberapa merek Tiongkok. Galaxy A dikenal sebagai rumpun kelas menengah dengan harga yang tidak terlalu murah.

    Jelang akhir tahun, mereka meluncurkan rumpun Galaxy A yang telah diperbarui, salah satunya Galaxy A50s. Penambahan huruf “S” di serinya sebagai tanda pembaruan berbagai fitur tanpa harus dipatok dengan harga yang lebih mahal. Samsung sendiri mengklaim menanamkan beberapa fitur yang biasanya terpasang di kelas premium. Seperti apa pengalaman penggunaan Galaxy A50s? Berikut ulasannya.

     

    Desain

    Harus diakui, saya langusng menyukai desain Samsung Galaxy A50s. Memang, Samsung selalu memberikan sentuhan bodi yang menarik pada Galaxy A. Smartphone ini menyematkan bodi berkilau, yang akan meninggalkan bekas sidik jari. Meskipun begitu, Samsung memastikan bahwa produk mereka sama sekali tidak meniru merek lain.

    Ini terbukti dari motif bodi belakang yang terlihat elegan. Tanpa mengusung gradasi, Galaxy A50s masih mampu menampilkan elemen warna berdekatan. Ini berkat garis pemisah yang memberikan perspektif baru dan unik saat dipandang dari berbagai sudut.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Bodi belakang menggunakan lapisan akrilik yang cukup berkualitas dan kuat. Saya tidak menemukan kekurangan selain bekas sidik jari yang cukup terlihat. Desain bodi belakang ini juga dirancang sederhana. Motif bodi belakang yang unik ini hanya ditemani oleh logo Samsung dan kamera dengan bingkai agak menonjol, dan masih dalam batas wajar.

    Beralih ke sisi pinggir, Anda akan melihat slot kartu SIM di sisi kiri agak ke atas. Jika membandingkannya dengan merek Tiongkok, posisi ini cenderung tidak biasa. Sisi pinggir atas hanya menyediakan lubang mikrofon, tanpa sensor inframerah yang biasanya muncul di produk kompetitor. 

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Tombol Bixby dan volume berada di pinggir kanan dengan jarak yang cukup terasa saat dioperasikan dengan satu tangan. Pada pinggir bawah Anda akan melihat lubang speaker, lubang mikrofon, port USB-C, dan jack audio 3,5mm.

    Ya, Galaxy A50s telah mendukung USB-C untuk teknologi pengisian daya cepat buatan Samsung. Di sisi lain, perlu diingat bahwa pengisian cepat ini tidak bisa aktif saat menggunakan kabel USB-C atau kepala adapter non-Samsung.

    Samsung Galaxy A50s ingin memberikan kesan ayar lega, dengan model poni dewdrop sebagai tempat memasang kamera dan speaker, tak lupa bezel yang cukup tipis. Rasio layar 6,4 inci berpanel Super AMOLED ini mencapai 85,1 persen. Ada peningkatan dari seri sebelumnya, Galaxy A50 yang mencapai 84,9 persen.

    Peningkatan ini memang tidak akan terasa, baik dalam penggunaan sehari-hari. Berhubung rasio layar ini belum mencapai 87 persen, Anda masih bisa melihat sedikit bingkai layar di pinggiran, dan porsi yang lebih terlihat pada sisi bawah.

     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy A50s sudah mengadopsi Android 9 dengan antarmuka OneUI. Selain desain ikon khas Samsung, antarmuka ini menyediakan beberapa fitur eksklusif. Fitur pertama yang langsung terlihat adalah Apps Edge. Fitur ini pertama kali muncul pada Galaxy S7 Edge, dan tanpa layar melengkung di pinggir, Galaxy A50s juga bisa menyediakannya.

    Fitur ini berbentuk bar tambahan yang terlihat pada pinggir layar, begitu dibuka, Anda bisa mengakses beberapa aplikasi atau folder secara cepat tanpa harus mengakses App Drawer. Dari sini, Anda juga bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Hal yang membuat Apps Edge berbeda dengan penyedia shortcut lainnya adalah desainnya yang tidak mengganggu tampilan layar. 

    Untuk aspek keamanan, Samsung Galaxy A50s menyediakan pemindai sidik jari di layar. Kecepatan responsnya cukup baik di kelasnya. Anda juga bisa mengunci ponsel dengan pemindai wajah.

    Tidak perlu memasang aplikasi tambahan, Anda bisa mengaktifkan fitur Find My Mobile untuk melacak ponsel saat hilang atau lupa sandi pengunci. Ada juga Samsung Pass, yang memberikan akses cepat ke dalam aplikasi hanya lewat pemindai wajah atau sidik jari. Secure Folder merupakan fitur keamanan berikutnya yang bisa membatasi akses ke folder tertentu yang dirasa sensitif untuk diakses orang lain.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Jangan lupa, Samsung Galaxy A50s menyediakan asisten digital Bixby, yang dapat aktif begitu menekan tombolnya. Asisten digital ini akan menyediakan berbagai manfaat yang cukup membantu Anda dalam produktivitas sehari-hari.

    Untuk mengaktifkannya, Anda harus punya akun Samsung. Selain informasi terkini mengenai cuaca dan berita, Anda juga bisa menyimpan agenda hanya dengan perintah suara. Bixby juga akan mempelajari kebiasaan Anda, dan memberikan rekomendasi berdasarkan pola hidup. Tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan, Bixby juga dapat dimanfaatkan untuk berwisata.

    Game Launcher adalah fitur berikutnya yang menunjang Anda ketika bermain game. Fitur ini akan mencoba mendeteksi game yang telah terpasang, dan memberikan perlakukan khusus seperti mencegah notifikasi yang bisa mengganggu permainan. Ia juga akan mengelola fungsi di luar game agar tidak bercampur, seperti merapikan panel kontrol Android yang biasanya sembarangan muncul di pinggir layar. 
     

    Kamera

    Samsung Galaxy A50s menyediakan tiga kamera belakang, dengan komposisi lensa utama 48MP Wide, 8MP 13mm Ultrawide, dan 5MP depth sensor. Secara tertulis, kamera belakang ini mengutamakan kemampuan menangkap foto dengan sudut pandang yang sangat lebar.

    Hasilnya, Anda bisa menangkap foto dengan sudut pandang di luar standar smartphone. Ini membuat pengguna tidak repot mengambil foto dengan mode panorama, yang biasanya tidak selalu akurat dalam memproyeksikan sudut pandang. 

    Secara umum, kualitas kamera belakang Samsung Galaxy A50s cukup baik di kelasnya. Dalam kondisi cahaya lebih dari cukup, Anda bisa mendapatkan hasil foto dengan detail objek yang cukup akurat, baik dari segi warna atau tingkat intensitas cahaya yang tertangkap.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Kemampuannya juga bisa lebih baik berkat kecerdasan buatan yang akan membantu pengguna mencari sudut paling tepat dalam mengambil foto.

    Ini memang sudah menjadi salah saat Dalam kondisi di dalam ruangan, meskipun pencahayaan seperti matahari terik, Anda mungkin tidak bisa merekam detail objek lebih baik, dan dalam beberapa kondisi noise akan sangat terlihat. Namun, jika diadu dengan beberapa ponsel di kelas menengah, kemampuan kamera ini masih cukup bersaing.

    Untuk efek Bokeh, Samsung Galaxy A50s menyediakan mode Live Focus, yang bisa menentukan objek yang akan mendapatkan titik fokus sepenuhnya, dan memberikan efek buram terhadap objek lainnya.

    Hasil foto lewat mode ini akurat saat merekam wajah, manusia, atau beberapa objek lainnya. Ini mungkin bisa jadi satu kelebihan sendiri untuk para pengguna suka dengan efek Bokeh. Ada juga efek AR Emoji, yang menyediakan kustomisasi untuk pengguna dalam menciptakan Emoji sendiri.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Mengenai kamera depan, Galaxy A50s memasang satu lensa 32MP wide, yang juga mendukung HDR. Harus diakui, hasil fotonya cukup bagus, seperti yang bisa Anda lihat pada contoh di bawah ini. Beberapa fitur kamera belakang juga tersedia pada kamera depan, dan hasilnya tidak mengecewakan.

    Jika smartphone besutan perusahaan Tiongkok identik dengan efek yang dapat menghaluskan wajah atau membuat sudut wajah menjadi tirus, kamera depan smartphone ini lebih ingin memberikan kesan realistis. 

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Video merupakan salah satu kemampuan yang ingin dipamerkan Galaxy A50s. Kamera belakang ini bisa merekam video 4K dan 1080p pada kecepatan 30fps. Sementara kamera depannya mampu merekam video 1080p dengan kecepatan yang sama. Samsung mengklaim kamera belakangnya dilengkapi fitur Super Steady, yang bisa mengurangi guncangan saat merekam video. Selain itu, ia juga mampu merekam efek gerak lambat atau Slow motion 240fps. 

     

    Performa

    Samsung Galaxy A50s menggunakan prosesor Exynos 9611, yang jika dibedah lebih jauh terdiri dari empat Cortex-A73 dan Cortex-A53. Prosesor tersebut bersanding dengan pilihan RAM 4GB atau 6GB, dan memori internal 64GB dan 128GB.

    Jika melihat pengalaman penggunaan selama tiga minggu, dapur pacu ini lebih dari cukup dalam menunjang aktivitas sehari hari. Anda tidak akan menemukan lag saat mengakses beragam aplikasi atau hanya untuk menggeser panel. Ini juga berlaku ketika Anda membuka banyak aplikasi, yang cukup memakan kapasitas RAM di belakang layar.

    Saat dijajal menggunakan aplikasi benchmark, Samsung Galaxy A50s terbukti cukup bersaing di kelasnya. Dengan tanggal peluncuran belum sampai dua bulan, ia mampu menyajikan skor 3DMark dan PCMark yang cukup kompetitif.

    Namun, dalam beberapa aspek, skor yang dihasilkan tergolong rendah, dan seringkali hal ini terlihat ketika diadu dengan produk pesaing dengan harga yang lebih terjangkau. Untungnya, Samsung memberikan pilihan RAM dan kapasitas yang lebih variatif.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Smartphone ini tidak akan menemukan masalah saat bermain game dengan grafis berat. Galaxy A50s mampu memainkan PUBG Mobile pada pengaturan High, yang aktif otomatis begitu pertama kali dicoba.

    Secara spesifik, beberapa fitur visual pada menu pengaturan PUBG dimatikan demi meningkatkan frame rate. Hal yang sama juga berlaku untuk game Asphalt 9. Menariknya, saya tidak merasakan panas di bodi belakang, ketika telah bermain salah satu game tersebut sekitar 30 menit.

    Samsung Galaxy A50s, Unik dan Kekinian

    Daya tahan baterai Galaxy A50s tergolong mumpuni. Pengujian baterai lewat aplikasi PCMark menunjukkan ia mampu bertahan 12 jam 35 menit, masih lebih baik dari produk pesaing yang harganya lebih mahal. Ini berkat dayanya yang mencapai 4.000 mAh.

    Samsung terlihat ingin memberikan sentuhan nyaman kepada pengguna, sehingga mereka tak perlu repot membawa kabel dan adapter. Perlu diingat juga bahwa smartphone ini mendukung pengisian cepat, selama menggunakan kabel bawaan.

    Kesimpulan
    Dengan harga Rp4.899.000 untuk versi 6GB/128GB, Samsung Galaxy A50s layak masuk dalam pertimbangan Anda ketika mencari smartphone baru. Kapasitas penyimpanan dan RAM yang besar memastikan Anda tak perlu repot membersihkan aplikasi dari Task Manager. Anda bisa membuka dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan leluasa. 

    Kemampuan kameranya juga memadai, ditambah dengan beberapa fitur yang membuat pengguna bisa mengambil foto lebih baik. Bukan tanpa kekurangan, kualitas kamera belakangnya masih perlu penyempurnaan lagi, mengingat produk milik kompetitor menunjukkan perbaikan dan peningkatan. Terlepas dari hal itu, kamera depan Galaxy A50s termasuk yang paling baik di kelasnya.

    Untuk produktivitas sehari-hari seperti membuka medsos, memeriksa email, dan bermain game kekinian, Galaxy A50s bisa menjadi pilihan. Ditambah lagi, ia juga memiliki NFC, yang sekarang ini sangat dicari konsumen Indonesia. Fitur ini mulai ramai dipakai untuk mengakses berbagai layanan publik, dan kehadiran NFC akan lebih memudahkan pengguna dalam beragam transaksi.

     
      Samsung Galaxy A50s
    Prosesor  Exynos 9611
    GPU  Mali-G72 MP3
    OS  Android 9.0 + OneUI
    RAM  6GB
    Memori Internal  128GB
    Kamera 48MP + 8MP + 5MP belakang
    32MP depan
    Baterai  4.000 mAh
    Layar  6,4 inci, 1080 x 2340 piksel
    Harga  Rp4.899.000
     
     
    8
    Samsung Galaxy A50s
    Plus
    • Kamera depan bagus
    • Super Steady
    • Bodi keren
    • NFC
    • Baterai cukup awet
    Minus
    • Jeda waktu peluncuran singkat
    • Game Launcher




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id