Review Notebook

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Februari 2020 16:33 WIB
    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional
    Lenovo ThinkPad X395.
    Jakarta: Lenovo selama ini dikenal sebagai produsen laptop yang menghadirkan berbagai fitur untuk kalangan profesional. Lewat rumpun ThinkPad, mereka memperkenalkan sebuah kelas notebook yang menghadirkan fitur esensial dan desain khas.

    Tak hanya mengadopsi prosesor Intel, Lenovo kali ini membenamkan AMD Ryzen Pro pada ThinkPad X395. Mereka tampaknya menyadari bahwa AMD sedang berada pada momentum terbaik.

    Lenovo ThinkPad X395 juga datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id. Kami pun tidak sabar untuk menjajalnya langsung. Bagaimana pengalaman penggunaan laptop ini? Apakah ada perbedaan dengan seri yang menggunakan prosesor Intel? Layakkah laptop ini Anda miliki? Semua pertanyaan ini kami jawab dalam ulasan berikut.

     

    Desain Khas yang Nyaman Pendamping Kerja

    Sejatinya, Lenovo ThinkPad merupakan seri notebook yang hadir untuk kalangan profesional. Sejak pertama kali hadir di pasar global, ia punya desain khas yang tidak berubah, seiring dengan semakin canggih spesifikasi yang tertanam.

    Lenovo ThinkPad X395 hadir dengan balutan warna hitam semi karbon khas, yang tak lupa tersemat logo ThinkPad pada bagian belakang layar.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional

    Laptop ini mengusung layar 13,3 inci, sehingga ukurannya cukup ringkas dan ringan. Jika laptop ini mengadopsi prosesor Intel, kami akan menyebutnya sebagai salah satu ultrabook. Namun, AMD punya pemahaman sendiri mengenai konsep laptop tipis ringan dan tetap bertenaga.

    Saat dibuka, Anda akan langsung melihat layar 13,3 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel dan bisa diputar 180 derajat ini memiliki bezel yang masih sama. Bezel tipis memang bukan fitur utama ThinkPad. Pada atas layar terlihat kamera yang bisa ditutup. Gunanya tentu untuk melindungi privasi. Untuk sisi keyboard, terlihat desain tombol ThinkPad yang khas.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional

    Setiap tombol punya sudut keyboard yang tumpul, ditambah lengkungan pada bagian tengah yang memberikan kenyamanan saat mengetik. Pada bagian tengah Anda dapat melihat bulatan merah, yang juga berfungsi sebagai mouse. Bulatan ini punya respons yang cukup baik, dan bisa bergerak hingga ke ujung layar.

    Sementara untuk bagian touchpad, input perintah seperti klik kiri dan klik kanan bisa diberikan lewat tombol mandiri yang berada di atas touchpad. Tampilan ini memang mirip dengan jajaran laptop klasik, dan Lenovo melihat bahwa tombol-tombol ini cukup esensial untuk kalangan profesional.

    Tombol ini punya sentuhan yang cukup lembut tetapi tetap memberikan respons yang cepat. Dengan begitu, Anda bisa punya gaya penggunaan yang berbeda dengan laptop lain. Bisa jadi, Anda akan terbiasa dan lebih mudah menjalankan produktivitas dengan desain Thinkpad.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional

    Untuk antarmukanya, Lenovo ThinkPad X395 menyediakan masing-masing satu port USB 3.0 di kedua sisi pinggir. Pinggir kanan menyediakan tempat untuk smart card, lubang udara, dan Kensington Lock. Sementara di sisi berlawanan tersedia port HDMI, jack audio 3,5mm, port charger, dan konektor khusus untuk USB-C dan Ethernet. Jangan lupakan pinggir belakang layar karena ada satu slot Micro SD.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional
     

    Fitur Perlindungan Data dan Privasi

    Lenovo ThinkPad X395 menyediakan standar keamanan untuk penggunaan korporasi, seperti pemindai sidik jari yang ada di sebelah kanan touchpad. Selain itu, prosesor Ryzen 3 Pro 3300U menawarkan enkripsi RAM dan Secure Boot. Sistem keamanan hardware ini mirip dengan Intel vPro. Namun, harga untuk versi Intel bisa saja lebih mahal.

    Seperti yang sudah disebutkan, komponen kamera juga bisa ditutup dengan panel khusus, yang Lenovo sebut ThinkStutter. Tersedia toggle atau tombol geser yang akan menutup kamera webcam. Fitur privasi ini mungkin terdengar biasa saja tapi sangat disukai pengguna dari kalangan profesional yang sangat peduli soal ancaman siber di internet.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional

    Medcom.id masih ingat bahwa sejak tahun lalu Lenovo memperkenalkan software pendukung terbaru dari perusahaannya yang bernama Lenovo Vantage. Di dalam software ini tersedia akses cepat dan mudah ke pengaturan seperti Hardware Scan, Hardware Settings, dan System Update, dan lain-lain.

    Software bawaan seperti ini sebenarnya sudah ada sejak lama di produk Lenovo. Namun baru di software Lenovo Vantage antarmukanya lebih enak dan mudah digunakan. Jadi ini menjadi nilai plus dari Lenovo dari sisi purnajual.

    Lenovo ThinkPad X395, Desain Lawas tapi Tepat untuk Profesional
     

    Bagaimana Performanya?

    Laptop Lenovo ThinkPad X395 menargetkan pengguna kalangan profesional kelas high-end yang tidak mau berkompromi dengan performanya. Laptop ini dibekali prosesor Ryzen 7 Pro Mobile 3700U dengan konfigurasi 4-core/8-thread. Kartu grafiusnya menggunakan jenis integrated VGA dari AMD Radeon Vega Mobile.

    Di sisi kapasitas RAM, Lenovo Thinkpad X395 punya kapasitas 16GB sementara memori penyimpanan data yang disediakan adalah 512GB yang berbasis SSD NVMe M.2. Medcom.id menguji kemampuan komputasi dari laptop dan hasilnya tergolong memuaskan.
     
    PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Sky Diver Cinebench R15 (multi) Cinebnech R15 (single)
    SKOR 3409 6606 651 149

    Di pengujian menggunakan PCMark 10 dalam kondisi laptop tidak terhubung ke pengisian daya atau baterai, skornya mencapai 3.409 poin. Kemudian pengujian menggunakan Cinebench R15 dikantongi skor 651 untuk multi-core dan 149 untuk single core. Berbekal prosesor AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U laptop ini punya performa memuaskan.

    Mengingat laptop ini ditujukan unntuk kalangan profesional, Medcom.id tidak mengujinya untuk bermain game. Namun, kami melakukan simulasi pengujian kemampuan grafis dengan 3DMark Sky Diver, hasilnya laptop ini mengantongi skor 6.606 poin sehingga bisa dibilang Lenovo Thinkpad X395 masih bisa untuk bermain game kelas ringan.

    Beralih ke pengujian baterai, digunakan software PCMark 10 dengan pengujian baterai kategori Modern Office. Simulasi tersebut akan menguji daya tahan baterai laptop untuk kegiatan mengolah dokuman maupun presentasi dan video conference. Hasilnya, laptop Lenovo Thinkpad X395 bisa bertahan hingga tujuh jam 36 menit.

    Kesimpulan
    Berdasarkan pengalaman menggunakan dan hasil pengujian performanya, Lenovo Thinkpad X395 masih mampu mempertahankan kepopuleran seri Thinkpad sebagai laptop profesional. Desain yang khas masih sangat nyaman meskipun sulit menemukan desain baru dari seri Thinkpad yang lama.

    Bobot yang ringan dan tipis termasuk memenuhi selera pengguna kalangan profesional terutama mereka yang gemar bekerja di luar atau business trip. Hal ini ditambah dengan daya tahan baterai yang sangat panjang. Kemudian di sisi perlindungan data ada enkripsi hardware dan penutup webcam.

    Kekurangan yang kami temui adalah posisi slot MicroSD yang aneh yaitu di antara engsel layar dan tidak tersedianya port USB yang memiliki fitur Thunderbolt 3. Menyoal harga, Lenovo Thinkpad X395 dibanderol Rp13.150.000. Harga ini termasuk masih murah untuk sebuah laptop segmen profesional yang tipis dan ringan.
     
    SPESIFIKASI Lenovo ThinkPad X395
    Prosesor AMD Ryzen 7 Pro Mobile 3700U
    RAM 16GB
    Memori Internal 512GB NVMe M.2 SSD
    Layar 13,3 inci FHD IPS (1920x1080)
    GPU AMD Radeon Vega
    Bobot 1,28 kg
    Dimensi 311,9 x 217,2 x 16,9mm
    Harga Rp13.150.000
     
     
    9.5
    Lenovo ThinkPad X395
    Plus
    • Bodi tipis dan ringan
    • Spesifikasi mumpuni
    • Daya tahan baterai panjang
    • Nyaman digunakan untuk bekerja
    Minus
    • Desain lawas
    • Posisi MicroSD aneh




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id