Review realme 6

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Maret 2020 09:20 WIB
    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz
    realme 6.
    Jakarta: realme merilis dua smartphone rasa flagship di harga terjangkau. Pertama adalah realme 6 Pro yang menggunakan Qualcomm Snapdagon 720G pertama di dunia dan telah Medcom.id ulas secara mendalam performanya. Perangkat ini dirilis di rentang harga Rp 4 jutaan.

    Kedua adalah realme 6 yang terjangkau, yaitu di rentang harga Rp3 juta. Namun perangkat ini berbeda dari saudaranya. Dia mengandalkan chipset MediaTek Helio G90T yang fokus di pengalaman gaming.

    Selesai mengulas realme 6 Pro, kini giliran Medcom.id mengulas lebih dalam realme 6 yang memiliki spesifikasi hampir mirip dengan versi Pro. realme 6 hadir dengan dua pilihan kapasitas RAM yaitu 4GB dan 8GB dengan memori internal yang sama yaitu 128GB.
     

    Desain Komet Membelah Langit Malam

    Menyoal desain memang realme 6 lebih terlihat mewah dibandingkan realme 5 Pro dan perubahan besar-besaran terjadi di bagian layar. realme 6 mengadopsi in-display selfie atau kamera selfie yang tertanam dalam layar, seluas 6,5 inci dengan resolusi 2400x1800 FHD+. 

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Beralih ke tampilan bodi belakangnya. realme 6 memiliki pola desain komet membelah langit malam. Di sebelah kiri atas terdapat kamera dan grafir logo realme di bagian kiri bawah. Tidak nampak pemindai sensor sidik jari di bodi belakang.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Pemindai sidik jari ternyata dipindahkan realme ke samping kanan, menyatu dengan tombol power sehingga lebih ergonomis. Sisi samping kiri terdapat tombol volume dan diatasnya terdapat baki SIM yang mendukung 2 nano SIM card dan sebuah MicroSD card berkapasitas maksimum 256GB.

    Fitur canggih yang ditanamkan realme pada layar realme 6 ini adalah refresh rate mencapai 90Hz. Rata-rata ponsel tiga jutaan yang ada di pasaran belum mengadopsi refresh rate 60Hz. Kami jamin, ketika Anda merasakan layar 90Hz, Anda akan sulit kembali ke layar dengan refresh rate 60Hz.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz
     

    realme UI dengan Game Space

    Apabila Anda sudah membaca ulasan Medcom.id mengenai realme 6 Pro terutama bagian realme UI, maka tidak ada perbedaan yang bisa dijumpai di realme 6. Pengalaman yang disajikan realme UI di sini masih sama.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    realme UI di realme 6 punya tampilan dan fitur yang sama. Misalnya, Smart Sidebar yang Medcom.id sukai. Kemudian kemampuan untuk mengelompok file media secara otomatis ke dalam label yang sudah dikenal.

    Game Space juga masih tersedia untuk mendampingi chipset gaming MediaTek Helio G90T. Opsi yang tersedia di Game Space terdiri dari pengaturan otomatis performa berdasarkan tiga preset yang dipilih, yaitu Competition Mode, Balanced Mode, dan Low Power Mode.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz 
     

    Kemampuan Kamera 64MP dan Kamera Depan 16MP

    Sama-sama menggendong empat kamera, realme 6 memiliki spesifikasi kamera yang sedikit berbeda dari realme 6 Pro.

    Kamera pertama terletak paling atas dan memiliki lingkaran kuning keemasan adalah sebuah lensa sudut lebar beresolusi 8MP dan memiliki sudut lebar 119 derajat.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Kamera utama 64MP terletak dibawah kamera sudut lebar, menggunakan sensor Samsung GW1 yang punya aperture besar f/1.8. Kamera ini ditanamkan mekanisme 4-in-1 pixel binning Quad Bayer yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel 1,6um. Ini diklaim meningkatkan resolusi, dan kualitas gambar yang diambil, bahkan dalam pengaturan cahaya rendah.

    Kamera ketiga dan keempat punya kemampuan masing-masing 2MP untuk lensa B/W portrait camera dan 2MP lensa makro. Perbedaan ini mungkin karena chipset yang digunakan berbeda sehingga menyediakan kemampuan pemrosesan foto atau kamera yang juga berbeda.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Menurut Medcom.id kualitas foto yang dihasilkan kamera belakang realme 6 memuaskan. Sampel foto yang kami kumpulkan menggunakan mode 64MP. realme 6 juga punya mode malam bernama Nightscape.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Perekaman video kamera realme 6 mempunyai fitur stabilisasi video UIS, video ultra wide-angle, efek bokeh real-time, perekaman video 4K/30fps, dan perekaman video slo-mo 1080p/120fps/ 720p/240fps.

    Beralih ke kamera depannya, realme 6 punya 16MP in-Display Selfie Camera alias berdesain punch-hole. Punya resolusi yang sama seperti salah satu kamera depan realme 6 Pro, tetapi disini tidak ada lensa khusus sudut lebar.

    Perekaman video kamera depan dijanjikan mendapat pembaruan untuk video gerak lambat. Belum jelas kapan pembaruan akan datang, tapi video slo-mo selfie ini layak ditunggu.

     

    Bagaimana Performa realme 6?

    Disebutkan di awal bahwa realme 6 dibekali MediaTek Helio G90T yang hadir dengan dua variasi kapasitas RAM serta memori internal. Pertama yaitu 4GB dan kedua adalah 8GB dengan memori internal 128GB. Kapasitas memori internal bisa ditambah MicroSD 256GB berkat desain Triple-SIM slot.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Medcom.id sendiri menjajal realme 6 Pro model 8/128GB. Kami mengujinya menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark for Android. Dibandingkan smartphone lain yang sekelas, realme 6 cukup unggul tapi hanya terpaut sedikit dari realme 6 Pro.

    Menyoal daya tahan baterainya, pengujian menggunakan aplikasi PCMark di tingkat kecerahan layar 50 persen dan refresh rate 60Hz, realme 6 bisa bertahan selama sekitar sembilan jam. Kapasitas baterai yang dimiliki masih sama seperti realme 6 Pro yaitu 4.300 mAh dengan fitur pengisian cepat Flash Charge berdaya 30W, diklaim bisa terisi penuh dalam 60 menit.

    Smartphone Gaming Rp3 Juta, Refresh Rate 90Hz

    Dalam pengujian untuk bermain game PUBG Mobile, realme 6 justru lebih unggul dari realme 6 Pro. Smartphone ini berjalan pada kualitas grafis HDR dan frame rate Ultra, sementara realme 6 Pro mentok di HDR dan frame rate High.
     

    Kesimpulan
    realme 6 meskipun menggunakan chipset MediaTek Helio G90T, kemampuan gaming yang dihadirkan cukup mumpuni. Kualitas foto yang dihasilkan realme 6 menurut Medcom.id memuaskan.

    Daya tarik realme 6 justru datang dari teknologi layar 90Hz diatas model layar punch-hole di segmen harga tiga jutaan. Kemampuan 30W Flash Charge juga tidak bisa dilewatkan, pun dengan desain komet yang tampak lebih sederhana namun tetap layak dipamerkan.
     
    Spesifikasi  realme 6
    Prosesor MediaTek Helio G90T
    GPU Mali G76
    OS Android 10/realme UI
    RAM  4GB dan 8GB
    Memori Internal 128GB
    Kamera Belakang 64MP+8MP+2MP+2MP
    Depan 16MP
    Baterai 4.300 mAh, flash charge 30W
    Layar  HD+ 90Hz
    Harga Rp3.999.000 (4/128GB)
    Rp3.799.000 (8/128GB)
     
    8.8
    realme 6 (8/128GB)
    Plus
    • Layar refresh rate 90Hz
    • Performa gaming cukup memuaskan
    • Harga lebih terjangkau dari realme 6 Pro
    • Main PUBG Mobile di HDR frame rate Ultra
    • Mendukung pengisian 30W
    Minus
    • Desain mainstream
    • Fitur di kamera tidak selengkap realme 6 Pro




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id