Review Smartphone

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Cahyandaru Kuncorojati - 26 Mei 2020 19:13 WIB
    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik
    Huawei P40 Pro.
    Jakarta: Huawei P40 Series beberapa waktu lalu telah dirilis global dan meskipun dengan kontroversi absennya dukungan sistem Google Mobile Service keluarga smartphone Huawei yang unggul di bagian kameranya tetap dirilis di Indonesia.

    Huawei P40 Pro menjadi varian tertinggi yang dihadirkan di Indonesia, padahal dirilis global ada Huawei P40 Pro Plus yang paling tinggi. Hadir dengan harga Rp14.499.000 smartphone mengingatkan dengan Huawei Mate 30 yang diulas Medcom.id tahun lalu.

    Keduanya sama-sama berkesempatan jadi smartphone terbaik dengan skor nyaris sempurna tapi terganjal dengan absennya Google Mobile Services yang harus diakui masih diandalkan banyak pengguna smartphone di Indonesia. Ditambah ekosistem Huawei App Galery belum cukup memadai.

    Klik di sini untuk membeli

    Huawei P30 Pro Terasa Lebih Menarik

    Secara personal, saya tidak punya masalah dengan desain Huawei P40 Pro. Desainnya masih bagus dan punya kesan mewah yang sangat kelas. Pertama menyoal warnanya, smartphone ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu Deep Sea Blue dan Silver Frost di Indonesia.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Kedua warna ini menurut saya kurang menarik, terutama melihat pilihan warna lainnya yang tersedia di situs resmi global Huawei. Apabila mengingat pilihan warna yang pernah tersedia di Huawei P30 Pro, saya lebih menyukai generasi sebelumnya.

    Kedua, di soal desain Huawei P40 Pro di bagian belakangnya punya bingkai kamera belakang persegi panjang dengan sudut melengkung. Di sini tersedia tiga kamera belakang dan satu sensor depth atau kedalaman khas Huawei yaitu TOF 3D.

    Beralih ke bagian depan, Huawei P40 Pro masih menggunakan pemindai sidik jari di balik layar. Kini kamera depannya beralih ke sudut kiri atas layar dengan model punch-hole, bukan poni seperti seri tahun lalu. Disediakan kamera depan yang dilengkapi sensor TOF 3D.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Layar Huawei P40 Pro mengusung ukuran 6,58 inci panel OLED dan menyajikan refresh rate 90Hz serta HDR10. Cukup nyaman untuk memainkan game mobile terkini yang punya kualitas grafis mumpuni.

    Di sisi bagian bawah terdapat grill speaker, port USB-C dan slot kartu SIM yang tetap mengusung single SIM model Nano-SIM atau eSIM. Jadi tidak tersedia dukungan MicroSD karena Huawei P40 Pro hanya mendukung nano Memory.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Menyoal absennya audiojack 3,5mm, pengguna Huawei P40 Pro sangat dianjurkan untuk berinvestasi dengan memiliki aksesori true wireless earbud atau menerima konsekuensi harus bergantian menggunakan earphone dan charger tapi smartphone ini punya fitur wireless charging termasuk reverse wireless charging, bisa mengisi baterai perangkat lain tanpa kabel.
     

    Ekosistem Huawei App Gallery Terus Bertambah

    Jelang pengumuman Huawei P40 Pro di Indonesia pihak Huawei sudah sempat memberikan update mengenai aplikasi lokal yang sudah tersedia di Huawei Gallery App. Misalnya, aplikasi perbankan, media lokal, dan jasa transportasi yang ada di Indonesia.

    Namun, aplikasi penting sehari-hari seperti Gojek dan Grab masih belum tersedia di Huawei App Gallery. Saya masih bisa mencoba meninggalkan Gmail dan layanan Google Mobile Service lainnya, tapi sulit untuk lepas dari dua aplikasi tersebut.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Alasannya, kedua aplikasi tersebut masih mengandalkan layanan Google Mobile Service dan belum bermitra dengan HMS. Huawei P40 Pro sendiri menyediakan alternatif platform penyedia aplikasi lokal yaitu ID3 Store.

    Saya saat ini meragukan layanan ID3 Store. Di sini tersedia aplikasi Grab tapi nama developer aplikasi ini tertulis My Teksi, padahal di layanan Google Play Store di smartphone saya yang lain developer yang benar adalah Grab Holdings.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Apabila Huawei App Gallery benar-benar bisa menggandeng banyak aplikasi populer di pengguna smartphone lokal atau Indonesia, saya berani menjamin bahwa absennya Google Mobile Service di smartphone Huawei tidak menjadi masalah serius.
     

    Kamera Tetap Dibanggakan

    Pengguna Huawei P40 Pro akan tetap dijamin mendapatkan dukungan kamera terbaik lewat sertifikasi Leica. Kamera belakangnya memadukan lensa 50MP Ultra Vision wide-angle dengan Optical Image Stabilization sebagai jagoannya.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Kemudian lensa keduanya 40MP SuperSensing Cine Camera ultra wide-angle, dan kamera periskop 12MP dengan kemampuan 5x optical-zoom, dan satu lagi sensor 3D TOF Camera. Di bagian kamera depan ada lensa resolusi 32MP dan sensor 3D TOF Camera yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Di tengah pandemi Covid-19, saya mencoba menghasilkan foto yang memuaskan dari kamera belakang Huawei P40 Pro. Membawa peningkatan kemampuan dari Huawei P30 Pro, smartphone penerusnya ini tetap bisa menyajikan kualitas foto yang memuaskan dan bisa diandalkan dalam kondisi minim cahaya.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Klik di sini untuk membeli

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Saya sempat mencoba kemampuan zoom hybrid dari kamera belakang Huawei P40 Pro yang bisa melakukan zoom maksimal hingga 50 kali. Di kemampuan zoom 20x saya sudah mampu mendapatkan foto Bulan yang cukup jelas dan detil.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Di kemampuan merekam video, kamera belakangnya mendukung resolusi 4K di 30/60fps dan 1080p di 30/60fps. Tidak ketinggalan kemampuan ini juga dilengkapi fitur HDR dan sensor gyroscope serta EIS. Jadi kualitas videonya sangat memuaskan.
     

    Bagaimana Performanya?

    Huawei P40 Pro hadir menggunakan chipset Kirin 990 5G. Huawei memastikan bahwa dukungan 5G tersebut akan tetap tersedia saat dipasarkan di Indonesia. Jadi saat di sini sudah tersedia jaringan 5G atau Anda menggunakannya di kawasan yang memiliki 5G maka bisa langsung terhubung.

    Menyoal kapasitas RAM dan memori internalnya, smartphone ini punya spesifikasi RAM 8GB dan memori internal 256GB. Spesifikasi tersebut menurut saya sudah sangat cukup meskipun tanpa dukungan MicroSD. Saya kemudian menguji performanya menggunakan aplikasi standar pengujian Medcom.id.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Hasilnya performa Huawei P40 Pro masih sekelas dengan smartphone flagship lain. Absennya Google Play Store atau Google Mobile Service sama sekali tidak mempengaruhi performa smartphone ini. Huawei P40 Pro dibekali baterai 4.200 mAh.

    Pengujian menggunakan simulasi dari aplikasi PCMark Work 2.0 Battery for Android menunjukan daya tahannya bisa sampai 15 jam 6 menit. Hasil ini mungkin akan berbeda di penggunaan asli, tapi cukup merepresentasikan daya tahan dari Huawei P40 Pro.

    Review Huawei P40 Pro, Kesempatan Jadi yang Terbaik

    Saat digunakan bermain game seperti PUBG Mobile di kualitas grafis paling maksimal termasuk frame rate di dalamnya. Huawei P40 Pro bisa menyentuh suhu hingga 40 derajat Celcius saat dimainkan nonstop selama lebih dari satu jam, dengan tingkat kecerahan layar 50 persen.

    Klik di sini untuk membeli

    Kesimpulan
    Bagi pengguna yang mencari smartphone dengan kemampuan kamera yang dijamin bagus, Huawei P40 Pro jelas harus dilirik. Smartphone ini punya segudang fitur canggih sekelas smartphone mewah atau flagship di harga yang dipasang.

    Namun, butuh waktu bagi penggunanya untuk terbiasa tidak bergantung pada layanan Google Play Store. Saya sendiri mungkin akan menggunakannya sebagai smartphone sekunder, terutama saat ingin mengambil foto terbaik yang akan diunggah ke media sosial.
     
    Spesifikasi  Huawei P40 Pro
    Prosesor Kirin 990 5G
    GPU Mali-G76 
    OS Android 10 + EMUI 10.1
    RAM  8GB
    Memori Internal 256GB
    Kamera Belakang 50MP+12MP+40MP+ TOF 3D
    Depan 32MP+TOF 3D
    Baterai 4.200 mAh
    Layar  6,58 inci OLED HDR10+ refresh rate 90Hz
    Harga Rp14.499.000
     
    8.8
    Huawei P40 Pro
    Plus
    • Refresh rate layar 90Hz bisa diandalkan bermain game
    • Fitur pengisian baterai beragam
    • Performa cukup memuaskan
    • Kemampuan kamera tidak mengecewakan
    Minus
    • Desain lebih menarik Huawei P30 Pro
    • Ekosistem Huawei App Gallery masih kurang lengkap


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id