comscore

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni - 19 Januari 2022 16:38 WIB
Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus
Samsung Galaxy S21 FE 5G.
Jakarta: Mengikuti tradisi baru dalam dua tahun terakhir, setelah meluncurkan seri unggulan Galaxy S, Samsung akan menghadirkan varian Galaxy S FE. Kali ini, Galaxy S21 juga mendapatkan varian serupa. Seperti yang sudah kita ketahui, Galaxy S21 Series telah meluncur pada bulan Januari 2021 lalu, dan sudah mendukung jaringan 5G.
 
Seri FE merupakan varian terakhir yang biasanya melengkapi satu seri Galaxy S. Strategi pemasaran ini sudah dilakukan sebelumnya pada rumpun Galaxy S20 Series. Medcom.id langsung berkesempatan mengulas salah satu perangkat ‘pelengkap varian’ Galaxy S21 FE 5G, yang hadir bulan Desember tahun 2021 lalu.

Terakhir kali, penamaan FE merupakan singkatan dari Fan Edition. Meski hadir belakangan, smartphone ini layak menjadi salah satu pilihan di awal tahun. Alasan secara lengkap kami bahas pada review Samsung Galaxy S21 FE 5G kali ini.
 

Desain

Desain Samsung Galaxy S21 FE 5G masih mengikuti kakaknya. Ia mengusung bahasa desain baru dengan bagian lokasi penyematan kamera yang tampil berbeda dibandingkan dengan bagian lain pada bodi smartphone.
 
Bagian penyematan kamera dihiasi bagian yang lebih menonjol dan mengusung warna yang sama dibandingkan dengan bagian bodi lainnya. Ini menjadi salah satu hal pembeda dengan seri S21 lainnya, dan mengikuti desain Galaxy S FE sebelumnya. Bagian kamera tersebut hadir dengan bingkai yang menonjol tetapi memiliki kesan menyatu dengan bodi utama.

 



Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Jika seri kakaknya menggunakan bahan kaca pada bodi belakang smartphone, Samsung Galaxy S21 FE 5G menggunakan material polikarbonat dengan tekstur matte yang memberikan grip cukup baik saat smartphone dipakai. Tekstur matte ini masih menyimpan bekas sidik jari, tetapi tak begitu terlihat seperti pada material kaca. 
 
Samsung Galaxy S21 FE 5G hadir dengan ukuran bodi tidak terlalu besar, terutama jika dibandingkan dengan versi biasa, Plus, atau Ultra. Ukuran layar yang luas hadir berkat konsep bezel tipis, dan masih memberikan kenyamanan saat dipegang satu tangan, begitu juga untuk pengguna yang punya tangan kecil.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus
 
Dimensi yang diusung juga menghadirkan kemudahan saat menjangkau tombol daya dan volume fisik yang tersemat di sisi kanan perangkat saat Anda menatap layar. Selain tombol daya, Samsung menyematkan port USB-C yang diapit oleh lubang speaker dan slot kartu SIM pada bodi bagian bawah Galaxy S21 FE 5G ini.
 

Antarmuka

Saat meluncur, Samsung Galaxy S21 FE 5G langsung mengadopsi sistem operasi Android 12, didampingi oleh antarmuka pengguna OneUI 4.0. Menyoal tampilan antarmuka pengguna, smartphone ini hadir dengan tampilan tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Antarmuka pengguna pada Samsung Galaxy S21 FE 5G ini hadir dengan sejumlah fitur, termasuk pada layar lockscreen yang kini didukung oleh widget wellbeing. Dengan fitur ini, Anda dapat melacak waktu penggunaan smartphone tanpa perlu membuka kunci layar perangkat.

OneUI 4.0 ini juga hadir dengan tampilan pengaturan always-on display lebih sederhana. Ciri lain pada tampilan antarmuka juga terlihat pada bagian notifikasi yang menutupi seluruh layar, meski tidak sedang mendapatkan notifikasi.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Notifikasi juga terbagi dua, yaitu notifikasi aplikasi pada sisi kiri, dan notifikasi sistem pada sisi kanan. Sebelumnya, bagian layar di bawah notifikasi masih terlihat meski tampil dengan warna lebih gelap.

Sejak beberapa generasi lalu dari smartphone kelas high-end dan premium karyanya, Samsung telah menghilangkan penyematan sensor pemindai sidik jari yang terlihat secara jelas oleh mata pengguna.

Demikian juga pada Galaxy S21 FE 5G yang berbekal sensor pemindai sidik jari tertanam di bawah layar smartphone. Fitur keamanan ini hadir dengan dukungan software lebih baru, sehingga mampu menyuguhkan performa pemindaian lebih cepat dari versi sebelumnya.

Samsung juga membekali Galaxy S21 FE 5G ini dengan fitur keamanan pemindai wajah atau Face Unlock.
 

Kamera

Bukan model perangkat teratas, Samsung tetap membekali Galaxy S21 FE 5G dengan sejumlah keunggulan di bidang kamera. Smartphone ini hadir dengan kamera bersudut pandang luas 12MP, didampingi lensa telefoto 8MP dan lensa ultrawide 12MP, jika diadu dengan Galaxy S21 5G, kamera ini punya spesifikasi yang lebih rendah, terutama untuk aspek telefoto.

Meskipun demikian, smartphone ini tetap membawa sejumlah peningkatan yang dihadirkannya melalui software. Salah satunya melalui kemampuan zoom secara digital hingga 30 kali yang juga hadir pada Galaxy S21 5G, meski hasil foto dengan zoom maksimal bukanlah pilihan terbaik untuk dipamerkan di media sosial.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus
Memotret dengan memanfaatkan kemampuan zoom ini secara maksimal juga mengharuskan Anda menjaga stabilitas perangkat saat memegangnya untuk memotret, atau untuk lebih aman, dengan memanfaatkan alat penyangga.

Kualitas baik cukup kentara pada hasil foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup, sebab foto lebih terang. Selain foto, perekaman video pada perangkat ini juga baik, salah satunya berkat dukungan Electronic Image Stabilization (EIS).

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Dukungan teknologi ini mungkin menghilangkan kebutuhan akan aksesori penyeimbang guna meminimalisir guncangan pada rekaman video, meski menurut kami akan tetap lebih nyaman menggunakan aksesori penyangga yang dapat menyuguhkan genggaman lebih baik dan aman saat merekam video dengan smartphone.

Kamera depan beresolusi 32MP mampu menghadirkan hasil foto berkualitas baik, termasuk pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup. Pada generasi ini, Samsung sangat dermawan karena membekali kamera dengan berbagai fitur canggih.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Sejumlah fitur tersebut termasuk Live Focus versi baru dengan efek buram lebih beragam, dan mode Portrait. Samsung masih mengunggulkan fitur Single Take, yang menghadirkan beberapa konten dalam sekali perekaman.

Menyoal perekaman video, Samsung Galaxy S21 FE 5G mendukung perekaman resolusi 4K pada 30fps dan 60 fps, video Full HD hingga 240Hz, dan video 720p pada 960fps.
 

Performa dan Baterai

Meskipun menjadi varian paling ekonomis, Samsung Galaxy S21 FE 5G tetap menyematkan chipset kelas atas. Ada pilihan Snapdragon 888 5G atau Exynos 2100. Untuk pasar Indonesia, smartphone ini didukung chipset karya Samsung yaitu Exynos 2100.

Chipset tersebut didampingi oleh GPU Mali-G78, RAM 8GB, dan ruang penyimpanan internal 128GB. Dengan dukungan spesifikasi ini, Samsung Galaxy S21 FE 5G menyuguhkan performa baik, tidak hanya dalam penggunaan sehari-hari, tapi juga saat digunakan untuk memainkan game PUBG.

Secara default, game ini disuguhkan pada pengaturan grafik Medium dan frame rate high. Samsung Galaxy S21 FE 5G menyuguhkan pengalaman memainkan game ini tanpa gangguan lag, meski pengaturan grafik ditingkatkan ke level lebih tinggi.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Performa baik Samsung Galaxy S21 FE 5G ini didukung oleh skor hasil pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian 3DMark Wildlife Extreme, perangkat ini memperoleh skor 1776.

Sedangkan pada pengujian 3DMark Wildlife, ia tampil unggul. Pada pengujian PCMark Work 2.0, smartphone ini memperoleh skor sebesar 13692. Seluruh pengalaman memainkan game tanpa lag juga ditunjang oleh layar besar berukuran 6,4 inci secara diagonal.

Layar beresolusi 1080 x 2400 piksel, rasio aspek 20:9 dan refresh rate 120Hz ini mampu menampilkan gambar dengan ketajaman baik serta warna cerah, tidak hanya menyenangkan untuk bermain game tapi juga untuk menonton konten video atau film.

Samsung Galaxy S21 FE 5G, Versi Ekonomis yang Tetap Bagus

Menyoal baterai, Samsung Galaxy S21 FE 5G berbekal baterai berkapasitas 4.500mAh dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat berdaya 25W via kabel dan 15W secara nirkabel. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan kepala charger pada kotak kemasan penjualannya.

Baterai perangkat ini mampu bertahan dalam jangka waktu hampir satu hari penuh dalam skenario penggunaan umum, seperti menjelajahi media sosial, sesekali menonton video ataupun memainkan game.

Pada hasil pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark PCMark Work 2.0 Battery Life, Samsung Galaxy S21 FE 5G mampu bertahan selama 10 jam 48 menit.

Kesimpulan
Meski seri paling ekonomis, Samsung Galaxy S21 FE 5G tetap menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat performa kencang, keunggulan di ranah kamera serta daya tahan baterai yang lama.

Ia merupakan smartphone yang hadir di akhir tahun 2021 yang cocok untuk menjadi pertimbangan konsumen. Ini juga berlaku untuk mereka yang sebelumnya sudah menggunakan smartphone Samsung Galaxy A atau M, dan ingin mencoba varian Galaxy S dengan dana yang lebih terjangkau.

Hanya saja, Anda mungkin tidak dapat menikmati teknologi pengisian daya cepat 25W ini tanpa kepala charger yang sesuai, kecuali membeli aksesori ini secara terpisah. Kami menilai bahwa seluruh keunggulan ini sepadan dengan harga yang dibanderol Samsung untuk smartphone ini.
 
Spesifikasi  Samsung Galaxy S21 FE 5G
Prosesor Exynos 2100
GPU Mali-G78
OS  Android 12, OneUI 4.0
RAM  8GB
Memori Internal  128GB
Kamera  Belakang 12MP + 8MP + 12MP
Depan 32MP
Baterai  4.500 mAh
Layar 6,4 inci HDR10+ 1080 x 2400 piksel
Harga  Rp8.999.000
 
 
8.8
Samsung Galaxy S21 FE 5G
Plus
  • Desain tetap premium
  • Performa tergolong bagus
  • Baterai awet
Minus
  • Kepala charger
  • Slot MicroSD


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id