Review Notebook

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Cahyandaru Kuncorojati - 12 Juli 2020 13:08 WIB
    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran
    Lenovo Legion 5i.
    Jakarta: Di akhir bulan Juni Lenovo Legion merilis seri laptop gaming terbaru yang hadir dengan varian prosesor Intel Core Generasi ke-10 H-Series dan AMD Ryzen 4000 H-Series Mobile. Di kartu grafisnya mengandalkan NVIDIA. Mereka memperkenalkan tiga jenis laptop dengan beberapa varian spesifikasi.

    Medcom.id berkesempatan untuk menjajal salah satunya yaitu Lenovo Legion 5i (82AU003FID) yang dikenali lewat spesifikasi utama prosesor Intel Core i7-10750H dan kartu grafis NVIDIA GTX 1650Ti dengan harga Rp21,9 juta.

    Mengingat pasar laptop gaming di Indonesia sangat ramai, apakah Lenovo Legion 5i patut dilirik dengan segmen harga yang juga diusung beberapa kompetitor?
     

    Desain

    Lenovo Legion 5i (82AU003FID) punya tampilan dengan kesan gaming yang low profile alias tidak begitu terlihat. Ini sudah menjadi ciri khas dari laptop gaming Lenovo yang menurut kami punya desain tampilan sederhana khas laptop kantoran alias pebisnis.

    Di bagian luar hanya terdapat embos tulisan Legion dan Lenovo yang khas. Tanpa efek RGB sama sekali memang membuat tampilan luarnya tidak seperti laptop gaming, kecuali bagian bawah bodinya yang lebih menonjol saat layar dibuka.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Bagian yang menonjol ini bukan desain baru, beberap merek laptop gaming juga menerapkan desain tersebut. Di bagian ini terletak I/O Port yang diapit oleh lubang ventilasi udara di ujung kiri dan kanannya. Pemilihan posisi I/O port di sini punya nilai plus.

    Anda tidak akan mengalami posisi yang kurang nyaman saat menggunakan Lenovo Legion 5i saat begitu banyak kabel yang terhubung ke I/O port dibanding jika posisinya berada di sisi kanan dan kiri. Meskipun begitu laptop ini tetap menyediakan satu port USB di sisi kanan dan kiri termasuk audiojack.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Posisi I/O port di bagian belakang sama sekali tidak sulit dijangkau. Anda hanya butuh sedikit menutup layar laptop dan melihat logo penanda masing-masing I/O port yang ada di atas. Jadi tidak perlu memutar posisi laptop.

    Kini beralih ke bagian dalam saat layar laptop dibuka. Lenovo Legion 5i menawarkan layar 15,6 inci IPS FHD dengan refresh rate 144Hz. Di bagian atas layar terdapat webcam dengan shutter yang bisa digeser untuk menutupnya. Fitur ini merupakan ciri khas dari laptop profesional.

    Usaha Lenovo membawa kesan laptop profesional di Lenovo Legion 5i masih bisa terlihat di bagian keyboard. Anda tidak akan menemukan backlit RGB melainkan versi standar, kemudian tidak ada tombol shortcut ke fitur gaming kecuali kombinasi untuk fitur performa dan ada arena numpad.

    Di bagian keyboard Lenovo menyediakan fitur TrueStrike Keyboard. Fitur ini sama seperti kemampuan anti-ghosting di keyboard gaming mekanikal. Efeknya keyboard di laptop ini juga sangat responsif saat bermain game meskipun punya tampilan seperti laptop profesional.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Padahal Lenovo Legion menyertakan dashboard fitur gaming lewat Lenovo Vantage. Hal ini sangat disayangkan karena seharusnya bisa dimaksimalkan. Di sini Lenovo Legion 5i masih menyertakan area tombol Numpad yang sebetulnya jarang disediakan di laptop gaming.

    Jadi semakin jelas bahwa Lenovo ingin menargetkan pengguna yang merupakan gamer sekaligus pekerja atau profesional atau gamer yang ingin tetap low profile. Area palm rest di kanan dan kiri trackpad cukup lega saat laptop digunakan bekerja. Saat bermain game, area ini dan area keyboard tidak terasa panas.

    Pengalaman ini bisa dibilang berasal dari fitur Lenovo Legion Cold Front 2.0. Fitur ini dijelaskan Lenovo mampu mengendalikan thermal atau suhu panas efek samping dari komponen di dalamnya. Hal ini juga berpengaruh ke performa sehingga tidak terjadi throttling, jadi performa akan stabil.
     

    Fitur

    Kami sempat sebutkan bahwa Lenovo Legion punya fitur dashboard gaming bernama Lenovo Vantage. Namun sebenarnya software bawaan ini hadir di semua laptop Lenovo. Di sini disediakan fitur untuk pengecekan firmware dari fitur atau komponen di laptop termasuk layanan support center.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Melihat fitur di dalamnya menurut kami Lenovo Vantage memiliki banyak kekurangan. Pertama adalah antarmuka yang terlihat rapi tapi tidak praktis. Anda harus menggeser tampilannya ke bawah untuk melihat semua fitur yang disediakan.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Medcom.id pernah menemukan aplikasi pendamping di merek laptop gaming lain yang lebih praktis. Semua fitur menampilkan penjelasan fungsinya saat pointer di arahkan ke bagian fitur tersebut. Kekurangan kedua adalah fitur yang biasa saja.

    Lenovo Vantage tidak menyediakan eksplorasi mendalam kemampuan gaming di Lenovo Legion 5i. Ada fitur pengaturan performa berdasarkan suhu (thermal) yang rasanya biasa saja kecuali bunyi kipas yang lebih bising saat performa dipacu.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Kemudian di antara beberapa fitur ada network boost untuk memacu koneksi internet saat membuka aplikasi tertentu yang sudah diatur lewat WiFi 6. Sisanya menurut kami biasa saja dan tidak mengesankan sebuah laptop gaming dengan performa dan fitur yang bisa dikulik.

    Di sini mungkin kami menemukan fitur menarik yaitu rapid charge untuk pengisian cepat baterainya dan menahan baterai terisi maksimal hingga 80 persen saat terhubung. Jadi baterai akan lebih sehat alias memiliki usia yang panjang.
     

    Performa

    Bagaimana performa Lenovo Legion 5i (82AU003FID) saat digunakan? Sekali lagi perlu diingat bahwa laptop ini hadir dalam beberapa varian spesifikasi dengan harga berbeda. Medcom.id menjajal versi prosesor Intel Generasi ke-10 Core i7-10750H dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650Ti.

    Spesifikasi pendukungnya yaitu RAM 16GB (2x8GB) DDR4 2933MHz dan storage atau memori internal 512GB SSD NVMe. Di sini spesifikasi Lenovo Legion 5i (82AU003FID) menurut kami tidak buruk dan termasuk mumpuni sehingga wajar harganya dibanderol Rp21,9 juta.

    Kami melakukan pengujian pertama dengan beberapa software untuk melihat kemampuan komputasinya. Lenovo Legion 5i (82AU003FID) mampu menyajikan skor yang memuaskan.
     
    Pengujian  PCMark 10 Modern Office 3DMark Fire Strike Cinebench R20 single-core Cinebench R20 multi-core
    Skor: 6137 9012 475 3028

    Pengujian ini dilakukan dalam mode Performance alias pengaturan performa tertinggi yang disediakan Lenovo Vantage dan baterai terhubung ke sumber daya.

    Mode yang yang sama masih digunakan di pengujian untuk bermain game. Kami memainkan game Assassin's Creed Odyssey di kualitas grafis Ultra High. Hasil performanya memang tidak buruk tapi kurang memuaskan karena frame rate rata-rata (average) yang didapatkan hanya 33fps.

    Kami ubah ke kualitas High, frame rate rata-rata Assassin's Creed Odyssey di Lenovo Legion 5i hanya naik ke 55fps, tidak menyentuh 60fps. Selanjutnya kami mencoba memainkan game Gears 5 di kualitas grafis Ultra dan frame rate rata-rata yang didapatkan hanya 45fps.

    Review Lenovo Legion 5i, Laptop Gaming Rasa Kantoran

    Di game World War Z yang lebih ringan dengan kualitas grafis Ultra diperoleh frame rate rata-rata (average) berada di 104fps. Hasil ini menurut kami kurang memuaskan dengan spesifikasi yang dibawa namun kemungkinan hal ini terganjal kartu grafis yang digunakan.

    Pengujian selanjutnya kami melakukan simulasi untuk menetahui daya tahan baterainya saat digunakan untuk bekerja. Kami menggunakan  PCMark 10 Battery skenario Modern Office. Di perangkat, performa dipasang ke Quiet Mode, baterai ke dipasang ke mode hemat maksimal dengan tingkat kecerahan layar 20 persen dan backlit tidak aktif.

    Lenovo Legion 5i (82AU003FID) berhasil mengantongi daya tahan hingga empat jam 16 menit menurut PCMark 10 Battery. Menurut kami performa tersebut sudah cukup memuaskan untuk diandalkan bekerja di luar ruangan.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id Lenovo Legion 5i (82AU003FID) punya tampilan yang menarik meskipun tidak ada kesan gaming maupun RGB. Spesifikasinya juga tidak buruk karena masih mampu memainkan game di kualitas grafis Ultra dengan frame rate rata-rata melampaui 30fps.

    Namun performa tersebut terasa kurang pas dengan harga yang dipasang. Di bagian dalamnya, Lenovo juga kurang mengeksplorasi fitur yang disediakan Lenovo Vantage. Jadi menurut kami banyak yang bisa ditingkatkan dari Lenovo Legion 5i.
     
    SPESIFIKASI Lenovo Legion 5i (82AU003FID)
    Prosesor Intel Core i7-10750H
    RAM 16GB DDR4 2933MHz
    Memori Internal 512GB NVMe SSD
    Layar 15,6 inci IPS FHD (1920x1080) refresh rate 144Hz
    GPU NVIDIA GeForce GTX 1650Ti VRAM 4GB
    Bobot 2,5kg
    Dimensi 14,3 x 10,2 x 1 inci
    Harga Rp21,9 juta
     
     
    7.8
    Lenovo Legion 5i (82AU003FID)
    Plus
    • Bodi tidak ramping tapi ringan
    • Layar lega masih dilengkapi webcam
    • Performa cukup baik
    Minus
    • Fitur Lenovo Vantage kurang dieksplorasi
    • Harga cukup tinggi untuk performa bermain game yang ditawarkan


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id