Review Proyektor

    ViewSonic M1 Mini, Desain Trendi dan Ringkas

    Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni - 22 Juni 2020 11:08 WIB
    ViewSonic M1 Mini, Desain Trendi dan Ringkas
    ViewSonic M1 Mini
    Jakarta: Membicarakan proyektor identik dengan perangkat yang biasa mengisi ruang rapat perkantoran. Beberapa produsen juga menyediakan varian lain yang menyasar konsumen perorangan untuk mendukung aktivitas hiburan, seperti menonton film atau bermain game.

    ViewSonic merupakan salah satu produsen yang menyediakan proyektor yang dirancang untuk dipakai di rumah. Meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id kali ini kedatangan ViewSonic M1 Mini. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ia punya ukuran yang ringkas, pertanyaan yang terbenak mungkin adalah seberapa kecil ukurannya dan apa saja kemampuan yang ditawarkan.

    ViewSonic M1 Mini hadir dengan ukuran mungil, tepatnya 4 x 4 inci. Ini berarti ia lebih kecil dari smartphone yang saat ini rata-rata punya layar 6 inci. Anda tak perlu khawatir dengan mobilitasnya yang sangat baik, mudah dibawa dan masuk ke dalam saku jas, atau bahkan bisa menjadi gantungan tas.

    Dengan mobilitas seperti ini, ia tidak berarti hanya bisa dipakai di rumah. Anda yang harus mengadakan pertemuan membahas bisnis di kafe atau restoran bisa menggunakannya untuk presentasi. Bentuknya yang persegi semakin trendi dengan desain yang membuatnya tak seperti perangkat proyektor pada umumnya. 

    Aspek desain pertama adalah bodi atasnya yang menggunakan warna cerah atau kekinian, dan warna ini bisa diganti dan sudah tersedia dalam paket penjualan. Ada tiga warna tersedia, yaitu abu-abu, kuning, dan teal. Cocok ketika Anda ingin menyesuaikan warna proyektor dengan tema ruangan.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz 16GB (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Aspek desain kedua adalah model penyangga khas proyektor ringkas ViewSonic. Tak menggunakan tongkat kecil yang dapat ditarik, penyangga ini punya konsep seperti tangan, yang dapat menjadi penyangga dan menentukan sudut proyeksi, sekaligus menutup lensa saat ViewSonic M1 Mini tak dipakai. 

    ViewSonic M1 Mini dirancang seringkas mungkin, sehingga antarmuka fisiknya tergolong minim. Tersedia tombol power, port USB, HDMI, Micro USB, dan pengatur fokus. Tak lupa dengan lubang speaker yang cukup banyak dan ditenagai oleh teknologi JBL. ini berarti pengaturan lebih rinci baru dapat diakses saat proyektor menyala.

    Pengaturan ini seperti pilihan tema warna yang sudah ada secara bawaan, sampai memilih input sumber layar. Port USB bisa dipasang flash drive untuk memutar konten langsung dengan berbagai format video sedangkan port Micro USB untuk pengisian baterai bawaan. Ya, ViewSonic M1 Mini bisa dipakai tanpa terhubung dengan kabel listrik.

    Untuk pengoperasiannya tergolong cepat dan mudah. ViewSonic M1 Mini cukup menyala dan langsung menampilkan beberapa pilihan sederhana. Anda tinggal memilih input dari port USB atau HDMI.

    Tersedia juga remote control dengan ukuran yang cukup kecil untuk membantu pengaturan jarak jauh. Ada baiknya untuk menjaga remote control ini baik-baik karena ukurannya yang kecil membuatnya mudah hilang.

    Salah satu keunggulan dari aspek teknologi pada ViewSonic M1 Mini adalah dukung stabilizer. Saat ia dipasang pada permukaan yang tidak rata, proyeksi secara otomatis menyesuaikan pada tembok atau tempat lainnya. Ini membuat pengaturan pemasangan menjadi lebih nyaman dan cepat. ViewSonic menamai teknologi ini dengan Auto V Keystone.

    Melihat kemampuannya, proyektor mungil ini dapat memproyeksikan visual hingga setara dengan 80 inci pada jarak 2,1 meter resolusi 854 x 480.

    Sejauh pengalaman penggunaan, proyeksi visual ViewSonic M1 Mini sangat baik, termasuk dari segi ketajaman warna dan kecerahan. Begitu juga saat proyeksi berjarak hanya satu meter. Ia dapat menampilkan film beresolusi apapun atau bermain game dengan sangat baik. 

    Satu hal lainnya yang menarik adalah kualitas audio. Dukungan JBL membuat ViewSonic M1 Mini dapat memberikan nuansa pendukung saat pengguna menonton film jenis apapun. Selain itu, daya tahan baterainya juga cukup baik.

    Ia dapat beroperasi hingga 2,5 jam, berarti sekitar dua episode serial film dengan durasi masing-masing sekitar satu jam. Untuk mengisi kembali atau lanjut menonton, cukup menghubungkan laptop, charger, atau bahkan powerbank.

    Kesimpulan
    Nyaman, ringkas, dan trendi, adalah tiga kata untuk ViewSonic M1 Mini. Kemampuannya dalam menstabilkan proyeksi, ditambah ketajaman warna dan kualitas visual yang baik membuatnya menjadi perangkat yang dapat mendukung kebutuhan konsumen.

    Ukurannya yang ringkas atau mungil, ditambah desain yang keren menjadikannya sebagai salah satu proyektor yang punya mobilitas sangat tinggi. Tak lupa dengan tampilan warna dan kustomisasi bodi yang sederhana tetapi dapat memberikan kesan estetis yang memadai.

    Di Indonesia, ViewSonic M1 Mini dipatok dengan harga mulai dari Rp2.950.000. Harganya masih masuk akal untuk sebuah proyektor visual yang punya beberapa fitur menarik tanpa meninggalkan fitur esensial dari sebuah proyektor.
     
     
    ViewSonic M1 Mini
    Plus
    • Ukuran mungil
    • Auto V Keystone
    • Kualitas visual
    • Pengoperasian cepat
    • Desain keren
    Minus
    • Tanpa tombol pengaturan fisik
    • Remote control mudah hilang


    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id