Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Cahyandaru Kuncorojati - 22 November 2019 17:11 WIB
    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet
    Huawei Watch GT 2.
    Jakarta: Meski tidak sepopuler smartphone, Huawei tetap percaya diri dengan pasar wearable. Ini karena mereka melihat potensi produk pelengkap seperti smartwatch bagian dari ekosistem yang akan memudahkan kehidupan manusia. Oleh karena itu, mereka tetap rutin meluncurkan smartwatch.

    Tidak seperti smartphone, produk ini tidak mendapatkan pembaruan cukup intens secara hardware. Biasanya, produsen merilis smartwatch satu tahun sekali. Ada banyak pertimbangan yang membuat perilisannya cukup lambat, dua di antaranya adalah permintaan pasar dan teknologi yang terpasang.

    Menjelang akhir tahun 2019, Huawei melucuran Watch GT 2, bersamaan dengan ponsel unggulan Mate 30 Pro. Huawei sejak awal memang memroyeksikan Watch GT 2 sebagai pendukung ekosistem perangkat. Apa saja yang baru dari jam tangan pintar ini? Berikut pengalaman penggunaannya.

    Huawei Watch GT 2 mencoba tampil lebih trendi dan elegan dari generasi pertama. Ini terlihat dari beberapa gaya yang lebih variatif. Unit yang saya jajal merupakan versi untuk olahraga, yang hadir dengan balutan bodi dan tali warna hitam.

    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Tersedia dalam dua ukuran 42 mm dan 46 mm, Huawei Watch GT 2 dikemas dalam bodi yang lebih tipis, dan ini memengaruhi bobotnya secara keseluruhan yang seperti jam tangan biasa. Melihat bodinya lebih jauh, smartwatch ini hadir dengan bingkai yang menyatu dengan layar, memberikan kesan pinggir layar tanpa batas.

    Selain itu, ini juga memudahkan pengoperasian, seperti saat mencari pengaturan atau memeriksa data aktivitas. Antarmukanya juga simpel, jam tangan ini hanya menyediakan dua tombol fungsi, lubang speaker di dekat tombol, dan di sisi bawah terpasang sensor detak jantung dan penghantar untuk pengisi baterai.

    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Untuk versi olahraga, Huawei Watch GT 2 menggunakan tali non-kulit yang tidak menyerap keringat. Tali ini juga memberikan grip yang cukup baik saat berkeringat. Sayangnya, tekstur tali ini cenderung keras, sehingga pasti membekas di tangan setelah dipakai seharian.

    Jika membandingkannya dengan tali milik kompetitor seperti Samsung, kualitas tali Huawei Watch GT 2 masih di bawahnya. Di sisi lain, tersedia cukup banyak pilihan warna, dan harganya memang tidak murah. Anda harus waspada dengan produk tiruan karena cukup banyak beredar di e-commerce lokal maupun global.

    Untuk penggunaan, Huawei Watch GT 2 dapat tersinkronisasi langsung lewat aplikasi Huawei Health. Aplikasi ini langsung terpasang di ponsel Huawei, dan pengguna ponsel lainnya juga tetap bisa menguduh via Google Play Store. Tidak perlu menggunakan Huawei ID, pengguna bisa langsung mengaktifkan Watch GT 2 lewat bluetooth.

    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Proses pairing tergolong cepat dan mudah. Begitu tersambung, Anda langsung bisa mengakses semua fungsi yang tersedia. Dari aspek fungsi, Huawei Watch GT 2 sangat menekankan kemampuan pemantau kebugaran.

    Ini berarti ia menyediakan dukungan aktivitas olahraga yang tergolong lengkap. Jam tangan pintar ini mampu memantau 15 macam olahraga, dengan data yang cukup lengkap sampai durasi mingguan dan tahunan.

    Huawei Health menampilkan fungsi statistik yang cukup lengkap seperti fitness tracker pada umumnya. Lebih jauh lagi, ia bisa menampilkan data detak jantung dalam beberapa waktu terakhir. Lewat aplikasi ini Anda juga bisa mengaktifkan manajemen stres.

    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Fungsi ini dapat memantau detak jantung lebih rinci, dan memberikan tanda kepada penggunanya saat detak jantung cukup tinggi selama beberapa saat akibat stres. Biasanya detak jantung cenderung meningkat saat stres, dan seringkali seseorang tidak sadar.

    Tidak seperti generasi pertama, Huawei Watch GT 2 bisa menerima dan mengangkat telepon berkat speaker yang terpasang. Ini memudahkan Anda saat ponsel terpisah cukup jauh dan perlu mengangkat telepon yang dinilai penting.

    Selain itu, ada juga fungsi pengaturan angkat telepon secara bawaan lewat smartwatch jika ingin diaktifkan. Jam tangan pintar ini juga bisa memutar lagu lewat aplikasi bawaan yang sudah tertanam di dalamnya.

    Huawei Watch GT 2, Harga Kompetitif dan Awet

    Satu kekurangan lainnya yang saya lihat adalah ketiadaan aplikasi pihak ketiga untuk Huawei Watch GT 2. Ini berarti Anda harus masih menggunakan smartphone untuk memutar lagu via Spotify, atau beraktivitas lain yang memerlukan aplikasi khusus.

    Huawei tampaknya memang belum memperluas ekosistem aplikasi mereka saat meluncurkan Huawei Watch GT 2, padahal mereka telah membenamkan OS khusus dan prosesor Kirin A1, yang dinilai memberikan performa lebih baik. Penggunaan prosesor ini ternyata tidak berpengaruh terhadap daya tahan baterai yang dianggap menjadi boros.

    Huawei Watch GT 2 mampu beroperasi selama 14 hari tanpa pengisian ulang sama sekali, dan Anda hanya perlu meluangkan waktu paling lama satu jam untuk mengisi dayanya sampai penuh.

    Kesimpulan
    Huawei Watch GT 2 adalah smartwatch yang menarik dan bisa mendukung produktivitas harian Anda, walaupun tidak ada aplikasi pihak ketiga yang tersedia. Dengan jam tangan pintar ini, Anda bisa memacu diri untuk olahraga lebih rajin karena kemampuan pengawasan terhadap kebugaran yang cukup lengkap.

    Di sisi lain, tali berbahan karet untuk edisi olahraga meninggalkan bekas pada kulit yang cukup terlihat. Huawei Watch GT 2 dirilis dalam dua versi, Sporty Edition dengan strap berbahan karet dibanderol Rp2.799.000, sementara Classic Edition dengan strap kulit dijual di harga Rp2.999.000. Harganya cukup menarik dan kompetitif sejauh ini di pasar.
     
     
     
    Huawei Watch GT 2
    Plus
    • Batewai awet
    • Fitur pendukung olahraga beragam dan lengkap
    • Manajemen stres
    • Pairing mudah dan cepat
    Minus
    • Desain tali karet kurang nyaman, membekas
    • Tidak ada aplikasi pihak ketiga atau pendukung

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id