Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    Ellavie Ichlasa Amalia - 21 Juli 2019 20:45 WIB
    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider
    MSI GE75 Raider. (medcom.id)
    Jakarta: Pada awalnya, laptop gaming identik dengan bodi yang besar dan bobot yang berat. Namun, belakangan, para perusahaan pembuat laptop berlomba-lomba untuk menyediakan laptop gaming yang memiliki bodi yang lebih tipis. Tak terkecuali MSI. 

    Perusahaan asal Taiwan itu meluncurkan laptop gaming baru pada April lalu. Ialah GE75 Raider. Menggunakan Intel Core i7 generasi ke-8, laptop ini hadir di Indonesia dalam tiga varian yang dibedakan berdasarkan kartu grafis yang digunakan, yaitu NVIDIA RTX 2060, RTX 2070, dan RTX 2080. 

    Kali ini, Medcom.id mendapatkan kesempatan mencoba varian tertinggi, yaitu GE75 Raider 8SG yang menggunakan NVIDIA RTX 2080. Begini pengalaman kami mencoba laptop gaming tersebut. 
     

    Desain & Layar

    Biasanya, Anda akan bisa langsung membedakan laptop konsumen dengan laptop gaming. Laptop yang dibuat untuk gamer, biasanya memiliki desain yang cenderung gahar. Begitu juga dengan GE75 Raider. 

    Bagian belakang dari laptop ini berwarna Aluminium Black. Pada bagian tengah atas, Anda akan melihat logo MSI, yaitu naga. Sementara di sebelah kanan dan kiri, terdapat garis merah yang disebut MSI sebagai "3D Dragon Spines". Ini membuat laptop ini terlihat cukup gagah tanpa membuatnya terlihat terlalu mencolok. 

    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    Dengan ketebalan 2,75 cm, GE75 Raider terbilang memiliki tebal yang standar untuk laptop gaming. Ia tak bisa disebut sebagai laptop gaming yang tipis, tapi juga tak terlalu tebal. Bobotnya mencapai 2,7 kilogram, yang lagi-lagi, masih masuk kategori standar. 

    Satu hal yang menarik dari laptop ini adalah bezelnya yang tipis. Layar laptop MSI itu memiliki rasio bodi dan layar 82 persen. Ini membuat bingkai yang mengelilingi layar 17,3 incinya terlihat cukup tipis. 

    Soal port input/output, GE75 Raider memiliki port yang cukup lengkap. Pada sisi kiri, Anda akan menemukan port ethernet, HDMI, Mini DisplayPort, dua port USB 3.1, satu port USB Type-C dan port untuk headphone dan mikrofon yang terpisah. Sementara pada sebelah kanan, Anda akan melihat dua port USB, slot card reader, dan port charger. 

    Semua port USB, baik pada sisi kanan dan kiri, dapat menyala berwarna merah, memperkuat kesan garang. 

    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    Keyboard dari GE75 Raider dilengkapi dengan numpad. Sama seperti kebanyakan laptop gaming, laptop ini memiliki keyboard RGB. Anda bisa mengatur jenis tampilan RGB pada keyboard dengan SteelSeries Engine. 

    Anda bisa menemukan tombol power -- berupa segitiga kecil -- pada bagian kanan atas keyboard. Di bawah tombol power, terdapat dua tombol ekstra. Salah satu tombol itu berfungsi untuk mengubah profil RGB pada keyboard berdasarkan profil yang sudah Anda atur. Sementara satu tombol lainnya untuk mengatur kecepatan kipas. 

    MSI memasang layar Full HD (1920 x 1080) sebesar 17,3 inci untuk GE75 Raider. Layar ini sudah memiliki refresh rate 144Hz. 

    Dengan ini, Anda bisa menonton atau bermain game dengan cukup nyaman. Anda bisa melihat perbedaan pada bayangan warna yang sama serta dengan detail pada sebuah adegan. Selain itu, layar ini juga masih cukup nyaman untuk dilihat dari sisi kanan atau kirinya. 

    Antarmuka 

    Selain SteelSeries Engine, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan RGB keyboard, MSI juga melengkapi GE75 Raider dengan Dragon Center. Di sini, Anda bisa melihat dasbor tentang penggunaan komponen laptop, mulai dari CPU, GPU, sampai memori. 

    Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan, seperti pada USB lighting, profil layar, dan lain sebagainya. Pada Gaming Mode, Anda bisa menyesuaikan pengaturan sistem -- mulai dari pengaturan visual, audio, hingga lighting -- berdasarkan game. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang optimal ketika Anda sedang bermain game tersebut. 

    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    GE75 Raider juga memiliki aplikasi bernama Nahimic, yang memungkinkan Anda untuk mengatur audio, termasuk mikrofon. Laptop ini juga dilengkapi dengan PhotoDirector 8 dan PowerDirector. 
     

    Bagaimana Performanya?

    MSI mempersenjatai GE75 Raider dengan Intel i7-8750H. Memang, prosesor ini adalah prosesor generasi ke-8 yang diluncurkan pada tahun lalu. Namun, performanya masih cukup baik jika dibandingkan dengan prosesor generasi ke-9. Chip ini juga memiliki harga yang lebih murah dari chip generasi ke-9 terbaru. 

    Dengan chip lini teratas ini, MSI menggabungkan kartu grafis dari NVIDIA, RTX 2080, serta RAM 32GB. Semua ini menjamin performa yang sangat baik dari GE75 Raider. Anda bisa memainkan game-game terbaru seperti Assassin's Creed: Odyssey tanpa perlu khawatir akan lag. 

    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, rata-rata framerate per second dari ketiga game mencapai lebih dari 30 fps. Pada World War Z dan Assassin's Creed Odyssey, rata-rata frame rate kedua game itu bahkan mencapai lebih dari 50 fps. 

    Ketiga game dimainkan dengan pengaturan visual Ultra. Jadi, game tidak hanya terasa lancar ketika Anda memainkannya, tapi juga tampil dengan grafik yang memuaskan. 

    Dengan prosesor prosesor i7-8750H, RAM 32GB, SSD NVMe-PCIe 512GB dan HDD 1TB, GE75 Raider sudah jauh lebih cukup untuk melakukan tugas sehari-hari. Ketika diuji menggunakan Cinebench, ia medapatkan hasil skor 343 untuk pengujian single-core dan 2048 untuk pengujian multicore. 

    Anda bisa melihat hasil performa dari MSI GE75 Raider pada tabel di bawah ini. 
     
    PENGUJIAN PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
    SKOR 5685  1233  343  2048


    Keyboard GE75 Raider tidak hanya terlihat cantik dengan RGB lighting, ia juga nyaman untuk digunakan. Ia memiliki travel distance 1,9 mm, membuatnya terasa ringan saat digunakan untuk mengetik pada waktu lama.

    Pada saat yang sama, keyboard ini juga tetap terasa clicky. Keberadaan numpad pada sisi kanan akan memudahkan Anda memasukkan input berupa angka jika diperlukan. 

    Pengalaman Menjajal Laptop Gaming MSI GE75 Raider

    Keyboard laptop MSI ini memiliki delapan preset. Anda juga bisa mengatur warna pada masing-masing tombol jika Anda mau. GE75 Raider memiliki touchpad yang cukup luas dengan ukuran 4,2 inci x 2,4 inci. Touchpad ini terasa halus. Ia memiliki tombol yang cukup besar dan clicky ketika ditekan. 

    Kami juga menguji MSI GE75 Raider dengan benchmark untuk menguji ketahanan baterainya. Dengan PCMark 10, untuk pengujian Gaming Mode, laptop ini hanya bertahan kurang dari satu jam, untuk lebih tepatnya, 56 menit. Ketika diuji dengan mode Gaming, kecerahan layar laptop ada pada 50 persen dengan keadaan backlit RGB keyboard menyala. 

    Sementara ketika diuji dengan skenario Modern Office, baterai laptop ini dapat bertahan selama 2 jam 57 menit. Dalam mode ini, durasi baterai laptop ditahan dengan melakukan tugas-tugas pekerja kantoran, seperti menjelajah internet dan melakukan pengolahan grafis dan dokumen. Layar laptop menyala pada tingkat kecerahan 25 persen dan backlit keyboard berada dalam keadaan tidak aktif. 

    Durasi ketahan baterai ini cukup baik untuk sebuah laptop gaming. 

    Kesimpulan
    Dengan harga Rp48 juta, MSI memberikan komponen terbaik pada GE75 Raider. Memang, prosesor dari laptop ini masih merupakan chip yang diluncurkan tahun lalu.

    Namun, mengingat chip ini masih memberikan performa yang sangat baik, itu tidak jadi masalah. Terutama karena penggunaan chip tahun lalu justru dapat memangkas harga dari laptop ini. 

    MSI juga memadankan prosesor Intel dengan kartu grafis yang sangat baik, NVIDIA GTX 2080, serta RAM dan memori yang memadai. Semua ini membuat GE75 Raider menawarkan performa yang memuaskan, baik ketika Anda menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari atau ketika Anda sedang bermain. 

    Laptop ini memiliki layar yang cukup besar, 17,3 inci dan bodi yang cukup compact. MSI mengklaim bahwa laptop buatan mereka 15 persen lebih kecil dari rata-rata laptop gaming 17 inci yang ada. 

    Soal ketahanan baterai, MSI GE75 Raider tidak jauh berbeda dengan laptop gaming kebanyakan. Ukuran bodinya juga terbilang standar untuk laptop gaming, meski charger miliknya cukup besar dan berat. 

    Menawarkan performa yang baik, tidak heran jika MSI mengharga GE75 Raider dengan harga yang cukup mahal. 
     
    SPESIFIKASI MSI GE75 Raider
    Prosesor Intel i7-8750H
    RAM GDDR4 32GB
    Memori Internal 1TB HDD + 512GB SSD
    Layar 17,3 inci (1920 x 1080), 144Hz
    GPU NVIDIA GeForce GTX2080 VRAM 8GB
    Bobot 2,7 kg
    Dimensi 39,7×26,85×2,75 cm
    Harga Rp48 juta
     
     
    8.5
    MSI GE75 Raider
    Plus
    • Keyboard dan touchpad yang nyaman digunakan
    • Ukuran bodi compact
    • Performa sangat baik
    Minus
    • Charger yang cukup besar dan berat




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id