Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 November 2019 13:24 WIB
    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau
    Lenovo V330-14ARR.
    Jakarta: Kebutuhan laptop di kalangan pekerja sudah dipastikan selalu ada. Sebagian besar dari mereka membutuhkan laptop untuk bisa bekerja secara mobile kapan saja.

    Kebutuhan komputasi yang dilakukan juga tidak tergolong berat, mulai dari pengolahan dokuman maupun tabel Microsoft Excel hingga presentasi PowerPoint. Hal ini yang mendorong laptop di harga terjangkau tapi mumpuni masih jadi daya tarik.

    Segmen ini menjadi salah satu target yang dibidik dari produk Lenovo V-Series. Beberapa waktu lalu merek tersebut merilis laptop terbarunya yaitu Lenovo V330 yang turut hadir dalam pilihan prosesor AMD. Medcom.id berkesempaan untuk menjajal seri Lenovo V300-14ARR.

    Nama seri tersebut menjelaskan bahwa Lenovo V330 yang di tangan Medcom.id hadir mengusung ukuran layar 14 inci dan bertenaga prosesor AMD Ryzen. Dibanderol di kisaran Rp5 juta, apakah laptop ini pantas dimiliki?
     

    Desain

    Lenovo V330-14ARR punya desain yang minimalis. Pas bagi mereka yang memang tidak terlalu mementingkan tampilan luarnya dan sebatas pantas untuk digunakan di tempat umum atau bertemu klien. Desainnya yang minimalis sama sekali tidak buruk.

    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Bagian luar laptop Lenovo V330-14ARR memiliki warna abu-abu dengan efek glossy kilap. Hal yang mungkin sedikit mengganggu menurut Medcom.id adalah desain layarnya. Laptop ini memiliki bezel yang masih tebal sementara kami sudah terbiasa dengan bezel tipis.

    Layarnya mengusung ukuran 14 inci resolusi FHD 1920x1080 dengan fitur anti-glare. Melihat spesifikasi layarnya jelas ukuran ini sebetulnya tergolong cukup lebar sehingga ada kesan lega di mata.

    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Di bezel bagian atas dari layar laptop terdapat webcam yang dilengkapi slot untuk menutup kameranya. Fitur ini sangat membantu pengguna kalangan bisnis yang meyakini privasi mereka terancam dengan webcam yang tidak tertutup. Hal ini menggantikan kebiasaan memberikan selotip di bagian webcam.

    Bagian keyboardnya memiliki ukuran yang tergolong lega meskipun keycap bagian up dan down sangat sempit. Desain area keyboard sangat sederhana tapi terlihat elegan. Kemudian touchpad juga punya area yang lega termasuk area wrist rest.

    Bodi Lenovo V330-14ARR masih tergolong ringan meskipun bukan termasuk ultrabook. Laptop ini punya bobot hanya 1,55kg saja dengan ketebalan 20,3mm. Medcom.id yang membawanya dengan satu tangan masih terasa ringan.
     

    Fitur

    Soal fitur memang laptop di kelas Lenovo V330-14ARR biasanya tidak memiliki fitur istimewa karen dibanderol sebagai laptop ramah kantong alias terjangkau.

    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Dijelaskan sebelumnya bahwa di bagian atas layar terdapat webcam dengan slot yang bisa digeser untuk menutup lensa webcam. Fitur ini untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang gemar menempelkan selotip di webcam laptop.

    Melihat sisi kanan dan kiri laptop Lenovo V330-14ARR sebetulnya I/O Port yang tersedia masih tergolong lengkap. Tersedia dua port USB 3.0 dan satu USB 2.0. Port video output tersedia port HDMI dan versi lama yaitu port VGA.

    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Dukungan port ethernet (RJ45) juga tetap tersedia termasuk combo audio jack. Sayangnya, laptop ini tidak lagi menyediakan optical disc drive, padahal di harga banderolnya kemungkinan besar banyak pengguna yang masih mengandalkan kepingan disc.

    Sebetulnya Lenovo V330-14ARR punya fitur yang menarik. Di sisi kanan bagian bawah laptop ini punya fitur bernama Ultrabay, yaitu sebuah ruang untuk baterai tambahan. Sayangnya karena produk yang diuji tidak hadir dengan aksesoris baterai tambahan, kami tidak bisa mencobanya.
     

    Bagaimana Performanya?

    Lenovo V330-14ARR yang dibanderol di kisaran Rp5 juta mungkin dianggap sebagai laptop mainstream. Namun, laptop ini justru biasanya memiliki banyak pengguna karena sudah bisa menyediakan kebutuhan komputasi ringan.

    Laptop Lenovo V330-14ARR atau yang menggunakan prosesor AMD sebetulnya hadir dengan dua varian yaitu AMD Ryzen 3 dan Ryzen 5. Medcom.id menerima laptop yang berbasis AMD Ryzen 3 2200U untuk diuji. Kartu grafisnya mengandalkan GPU intergrated AMD Radeon Vega 3 VRAM 497MB.

    Lenovo V330, Laptop Bisnis Minimalis dan Terjangkau

    Melihat dapur pacunya dan segmen laptop Lenovo V330-14ARR maka laptop ini tidak akan kami uji untuk bermain game. Di kapasitas RAM tersedia SODIMM 2400MHz DDDR4 4GB dengan jenis memory soldered.

    Artinya kapasitasnya tidak bsia ditambah lagi. Berdasarkan pengalaman Medcom.id kapasitas RAM tersebut terbilang cukup untuk laptop dengan kebutuhan komputasi ringan atau sehari-hari. Di memori penyimpanan data disediakan HDD SATA 1TB di situs resminya latop ini bisa mendukung dua slot M.2 SSD.

    Medcom.id kemudian melakukan pengujian menggunakan beberapa software benchmark. Hasilnya, laptop Lenovo V330-14ARR menyediakan performa komputasi yang tidak buruk untuk laptop di harga banderolnya dan kelas spesifikasinya.
     
    Pengujian PCMark 10 3DMark Cloud Gate 3DMark Sky Diver Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
    Skor 2368 6420 3721 294 774

    Daya tahan baterainya kami uji menggunakan PCMark 10 Modern Office dengan kondisi tingkat kecerahan layar 50 persen. Lenovo V330-14ARR bisa bertahan selama tiga jam 29 menit. Kemampuan ini sudah tergolong bagus, apabila kecerahan layarnya diturunkan lagi mode hemat baterai diaktifkan kemungkinan besar baterainya bertahan lebih lama.

    Kesimpulan
    Dibanderol kisaran mulai dari Rp5 juta laptop Lenovo V330-14ARR memang tergolong laptop murah dan terjangkau. Tampilannya memang tidak bisa diharapkan sangat mewah namun di sisi bobot dan ketebalannya Lenovo V330-14ARR nyaman dibawa ke manapun.

    Performa laptop Lenovo V330-14ARR juga tergolong mumpuni untuk kebutuhan komputasi ringan. Demikian juga daya tahan baterainya bisa dinilai cukup baik. Bagi konsumen yang mencari laptop murah jelas laptop ini adalah salah satu pilihannya.
     
    SPESIFIKASI Lenovo V330-14ARR
    Prosesor AMD Ryzen 3 2200U
    RAM 4GB
    Memori Internal HDD SATA 1TB
    Layar 14 inci resolusi FHD 1920x1080
    GPU AMD Radeon Vega 3
    Bobot 1,55kg
    Dimensi 343 x 247 x 20,3mm
    Harga mulai dari Rp5 juta
     
    8
    Lenovo V330-14ARR
    Plus
    • Bobot masih cukup ringan
    • Performa masih mumpuni untuk kebutuhan ringan
    • Kapasitas memori penyimpanan sudah cukup besar
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Bezel layar tebal
    • Daya tahan baterai tergolong standar

     



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id