QNAP QSW-308S, Ramah Pengguna dan Tampil Menarik

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 September 2019 16:58 WIB
    QNAP QSW-308S, Ramah Pengguna dan Tampil Menarik
    Network switch QNAP QSW-308S.
    Jakarta: Semakin banyak startup tumbuh di Indonesia mendorong tumbuhnya kebutuhan perlengkapan IT untuk perkantoran skala kecil. Di antaranya yang pasti akan dllakukan adalah mengatur jaringan koneksi LAN dan internet antar perangkat.

    Menggunakan router saja mungkin cukup membantu, tapi apabila bangunan kantor memiliki banyak pemisah ruangan, kualitasnya tidak akan maksimal. Di sini fungsi perangkat switch dibutuhkan.

    Selama ini switch biasanya butuh dikonfigurasi oleh tim IT dan bentuk perangkat yang panjang serta kabel yang terhubung membuat perangkat ini butuh tempat khusus untuk menaruhnya.

    Merek perangkat jaringan dan penyimpanan data seperti QNAP tampaknya melihat kondisi tersebut. Baru ini mereka merilis produk terbaru dari jajaran network switch bernama QNAP QSW-308S. Medcom.id berkesempatan menjajal produk ini.

    QNAP memperkenalkan QSW-308S, network switch jenis unmanaged yang ditarget untuk pengguna kalangan SOHO (smll office, home office). Seperti yang diketahui switch unmanaged artinya perangkat ini bisa langsung digunakan tanpa konfigurasi alias plug n play.

    QNAP QSW-308S, Ramah Pengguna dan Tampil Menarik

    Di satu sisi perangkat ini bisa dengan mudah digunakan untuk menyediakan koneksi internet dari kabel router mlelaui network switch ke berbagai perangkat yang terhubung kabel LAN.

    Kekurangannya tentu saja berbeda dengan network switch managed yang kecepatan koneksi dan akses jaringannya bisa dikonfigurasi. Mengingat QNAP QSW-308S menargetkan penggunakan kalangan SOHO, model ini jauh lebih pas.
     
      Testbed Medcom.id
    Prosesor  Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
    Motherboard  ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
    RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
    VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
    Pendingin  Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
    Storage Western Digital Black SN750 1TB, Seagate Barracuda 8TB
    PSU  Corsair RM 850X
    Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q
    Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
    Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
    Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
    Headset Corsair HS60, Corsair HS70

    Karena target pengguna tadi juga desain QNAP QSW-308S berbeda atau lebih sedikit menarik dibandingkan network switch biasa. Perangkat ini memiliki ukuran lebih mungil dan warna yang membuatnya bisa diletakan di berbagai lokasi tanpa harus repot menyembunyikannya.

    Desainnya yang compact didukung oleh model fanless. QNAP mengklaim bahwa tiga buah area ventilasi di bodinya cukup untuk menjaga suhu operasional di batas wajar. Dari pengalaman Medcom.id, QNAP QSW-308S hanya menghasilkan sedikit suhu hangat.

    QNAP QSW-308S, Ramah Pengguna dan Tampil Menarik

    Satu hal yang menarik adalah model lubang konek si DC adapter. Kepala kabelnya berbentuk lingkaran yang bisa berputar hingga 90 derajat. Desain ini membuat QNAP QSW-308S bisa dipasang dalam posisi horizontal maupun vertikal dengan melekat di dinding.

    Beralih ke koneksi yang disediakan. QNAP QSW-308S ahanya menyedialan delapan port Gigabit Ethernet dan tiga port yang mendukung koneksi 10GB SPF+ yang lebih ditujukan untuk koneksi ke perangkat network attached storage atau NAS yang membutuhkan kecepatan lebih tinggi.

    QNAP QSW-308S, Ramah Pengguna dan Tampil Menarik

    Menurut Medcom.id QNAP seharusnya menyediakan lebih banyak port lagi melihat masih tersisah ruang di sisi sebelahnya. Tersedianya delapan port Gigabit Ethernet mungkin lebih pas untuk pengguna rumahan ketimbang perkantoran.

    Kesimpulan
    QNAP QSW-308 pantas menjadi salah satu perangkat netwroking switch yang dipilih bagi pengguna baru yang ingin melakukan upgrade. Bagi perkantoran yang tidak memilik tim IT, perangkat network switch ini juga sangat membantu.

    Desainnya yang masih terlihat menarik membuat QNAP QSW-308S sebagai networking switch bisa diletakan di mana saja tanpa terlihat aneh dengan desain ruangan.

    Fitur QNAP QSW-308S memiliki delapan port Gigabit Enthernet. Melihat ukuran bodinya semestinya QNAP bisa menyediakan lebih banyak lagi. Namun melihat harga yang ditawarkan produk ini juga sudah tergolong terjangkau, QNAP QSW-308S dibanderol Rp3.320.000.
     
     
    QNAP QSW-308S
    Plus
    • Tanmpilan menarik dibandingkan network switch biasa
    • Desain colokan adapter memudahkan pemasangan
    • Mendukung plug n play
    • Harga terjangkau
    Minus
    • Jumlah port Gigabit Ethernet bisa lebih banyak




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id