Review Smartphone

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Maret 2021 16:13 WIB
    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir
    Xiaomi Redmi 9T.



    Jakarta: Beberapa waktu lalu Xiaomi meresmikan anggota baru keluarga Redmi 9 Series yaitu Redmi 9T dengan slogan "Jawaranya Batre Gede" yang mencerminkan salah satu spesifikasinya baterai 6.000 mAh.

    Seri Redmi oleh Xiaomi sendiri selalu menawarkan produk spesifikasi menarik di harga terjangkau. Redmi 9T hadir di Indonesia ddengan dua model, 4GB+64GB harga Rp1.999.000 dan 6GB+128GB dibanderol Rp2.399.000.






    Medcom.id menjajal Redmi 9T model 6GB+128GB warna Carbon Gray, apakah smartphone ini benar-benar menarik?
     

    Desain

    Redmi 9T warna Carbon Gray memang tidak terlalu memikat karena menghadirkan warna gelap. Namun efek pantulan cahaya yang seperti berasa dari bingkai kamera belakang membuatnya terlihat bukan seperti smartphone entry-level.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Permukaan bodi belakangnya memiliki tekstur dan tulisan "Redmi" yang memberikan desain berbeda. Kehadiran empat kamera belakang di Redmi 9T membuatnya semakin tidak terlihat seperti smartphone murah.

    Kita beralih ke bagian sisi kanan bodinya terlihat Redmi 9T menggunakan desain pemindai sidik jari yang menyatu pada tombol Power. Desain ini memang lebih ergonomis dan tidak mengganggu estetika desain bodi belakangnyal.

    Di sisi bagian atas dan bawahnya pengguna bisa mengetahui bahwa Redmi 9T kini memiliki fitur Dual Speaker untuk pengalaman menikmati konten multimedia yang lebih menyenangkan.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Redmi 9T juga masih menyediakan audiojack 3,5mm di bagian atas dan port USB-C untuk pengisian di bagian bawah. Di sisi kiri bodinya ada slot tray untuk Dual SIM sekaligus MicroSD yang terpisah yang bisa ditambah kapasitas 512GB.

    Di bagian depan, Xiaomi Redmi 9T menawarkan layar 6,53 inci resolusi FHD Plus yang menurut kami cukup memuaskan. Di sini digunakan desain model poni untuk menaruh kamera depannya.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir
     

    Antarmuka dan Fitur

    Xiaomi Redmi 9T menggunakan sistem operasi Android 10 yang dipoles dengan tampilan MIUI 12.0.2 Global. Tampilan antarmuka ini serupa dengan yang kami sebutkan pada ulasan atau review smartphone Xiaomi sebelumnya.

    Di Redmi 9T antarmuka tersebut masih terasa ringan dan menurut kami pengalaman serupa juga bisa didapatkan pada model 4GB+64GB. Keluhan yang kami temukan adalah iklan dari aplikasi Themes dan GetApps yang mengganggu dan akan hilang setelah dinonaktifkan.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Redmi 9T dilengkapi sistem keamanan seperti pemindai sidik jari dan wajah. Namun di sini kami tidak menemukan aplikasi atau fitur Game Turbo meskipun Redmi 9T menggunakan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 662.
     

    Kamera

    Xiaomi Redmi 9T memiliki empat buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultra-wide angle 8MP, dan masing-masing 2MP di kamera makro serta sensor depth.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Kualitas foto dari kamera belakang Redmi 9T menurut saya memuaskan sekali untuk smartphone di kelasnya dan harga yang ditawarkan. Kamera depannya punya kemampuan 8MP yang bisa diandalkan selama kondisi pencahayaan mencukupi termasuk di malam hari.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir
    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir
     

    Performa

    Xiaomi Redmi 9T menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662 yang menariknya juga digunakan oleh Poco M3. Kami pun melakukan pengujian dan melakukan komparasi dengan saudaranya termasuk merek kompetitor.

    Performa yang diperihat dari beberapa aplikasi benchmark menunjukan Redmi 9T hanya memiliki selisih sedikit dari Poco M3. Di pengalaman bermain game kualitas grafis maksimal yang bisa dipasang juga serupa dengan Poco M3.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Xiaomi Redmi 9T bisa bermain PUBG Mobile di grafis maksimal Balanced dan frame rate maksimal di Medium. Smartphone ini juga bisa bermain Genshin Impact di kualitas grafis Low tapi hal ini tidak disarankan karena lebih cepat muncul rasa panas akibat game lebih berat dibandingkan bermain PUBG Mobile.

    Di sisi daya tahan baterai, pengujian lewat simulasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan sekitar 25 persen dan terhubung ke WiFi mampu menyajikan daya tahan hingga 23 jam. Baterainya kapasitas 6.000 mAh dengan pengisian cepat berdaya 18W.

    Review Redmi 9T, Spesifikasinya Bikin Naksir

    Kesimpulan
    Melihat pengujian performanya dan spesifikasi yang dibawa memang tidak heran apabila kini Anda membandingkan Xiaomi Redmi 9T dengan Poco M3. Perbandingan di atas kertas memang keduanya terlihat hampir sama saja namun kalau bicara desain Poco M3 lebih menarik.

    Namun perlu dicatat bahwa Poco M3 memiliki tiga kamera belakang saja, bukan empat seperti Redmi 9T maka seharusnya ada perbedaan dari segi kualitas foto. Hal ini butuh pengujian lebih lanjut.

    Secara keseluruhan menurut kami Redmi 9T dari Xiaomi merupakan smartphone yang pasti membuat Anda naksir. Sayangnya, smartphone ini hadir tanpa NFC seperti yang dimiliki pada versi Eropa.
     
    Spesifikasi  Redmi 9T
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 662
    GPU Adreno 610
    OS Android 10 / MIUI 12
    RAM  4GB / 6GB
    Memori Internal 64GB / 128GB
    Kamera Belakang 48MP+8MP+2MP+2MP
    Depan 8MP
    Baterai 6.000 mAh + fast charge 18W
    Layar  6,53 inci FHD Plus
    Harga Rp1.999.000 (4GB+64GB)
    Rp2.399.000 (6GB+128GB)
     
     
    9.5
    Redmi 9T
    Plus
    • Desain cukup menarik
    • Spesifikasi dan performa cukup memuaskan
    • Harganya masih terjangkau
    • Kapasitas baterai besar dan tahan lama
    Minus
    • Desain masih lebih menarik Poco M3


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id