DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Maret 2019 22:15 WIB
    DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI
    DJI Osmo Pocket.
    Jakarta: Nama DJI di industri drone sudah menjelma jadi raksasa. Di industri action camera, mereka jadi pesain serius dari GoPro dan terkenal lewat kamera produk DJI Osmo.

    DJI Osmo dikenal lebih unggul dari action cam GoPro karena mampu menunjang kebutuhan pembuatan video yang lebih menarik khususnya untuk konten kreator seperti YouTuber. Terbaru, DJI baru saja memperkenalkan Osmo Pocket.

     

    Desain

    Sesuai embel namanya, "pocket" DJI Osmo Pocket memang jauh lebih kecil dari keluarga DJI Osmo lainnya. Dimensinya hanya 121,9x36,9x28,6mm dengan bobot 116gram. Berdasarkan pengalaman Medcom.id, DJI Osmo Pocket memang sangat ringan digunakan dengan satu tangan.

    Di sisi yang menghadap ke arah pengguna, terdapat layar ukuran kecil yang digunakan sebagai pemandu atau viewfinder dengan dukungan mode layar sentuh untuk mengaskes beragam opsi fitur.

    Selain itu, tersedia dua tombol fungsi utama persis di bagian bawahnya, yaitu tombol rekam dan tombol Power yang juga berfungsi untuk akses cepaat mode selfie dengan menekan tombol Power tiga kali. Fungsi ini sama seperti di versi DJI Osmo ukuran besar.

    DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI

    Sedikit kekurangan Medcom.id temukan saat DJI Osmo Pocket digunakan oleh mereka yang memiliki ukuran tangan cukup besar atau gempal. Jemari yang menggenggam DJi Osmo Pocket akan menutupi bagian layar.

    Beberapa kali tombol rekam atau Record juga sempat terpencet saat berusaha mendapatkan pegangan yang mantap. Menurut kami, DJI tampaknya harus memikirkan desain Osmo Pocket yang nyaman untuk penggunanya dengan ukuran tangan yang besar.

    Kabar baiknya, DJI Osmo Pocket dilengkapi dengan USB konektor jenis USB Type-C dan Lightning Port yang biasa dijumpai pada iPhone. Jadi DJI Osmo Pocket bisa digunakan terhubung ke smartphone, untuk mendapatkan layar yang ukurannya lebih lega.

    Konsekuensinya, pengguna harus menjaga agar koneksi DJI Osmo Pocket yang bebannya cukup terasa tidak tercabut dari smartphone saat digunakan. Selain itu smartphone Android dengan micro-USB belum bisa menikmati fitur ini.

    DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI

    DJI Osmo Pocket tidak hadir dengan konektivitaas Bluetooth. Fitur Bluetooth bisa didapatkan dengan membeli dongle yang tidak termasuk di paket penjualan. Untuk kebutuhan berbagai file, bisa dilakukan menggunakan kabel data yang hadir bersama hard cover dalam penjualannya.

     

    Antarmuka

    Mengingat ukuran layarnya yang mungil maka DJI Osmo Pocket datang dengan antarmuka yang biasa saja tapi mudah dimengerti tanpa buku panduan sekalipun.

    Di bagian atas tampilan layar terdapat kapasitas baterai dan bagian bawah adalah kapasitas MicroSD yang bisa digunakan untuk menampung jumlah foto atau durasi video. MicroSD yang bisa ditampung maksimal 256GB.

    Untuk mengakses beragam fitur cukup sapukan jari di atas layar. Sapukan jari dari sisi kiri layar ke arah kanan untuk mengakses galeri. Sapukan jari dari sisi atas layar untuk mengakses pengaturan cahaya maupun gimbal. Sapukan jari dari sisi kanan dan bawah layar untuk mengakses menu lainnya.

    Medcom.id menemukan tampilan antarmuka yang sederhana bukan masalah. Justru dengan layar yang kecil sewajarnya, antarmuka dibuat sederhana dan mengedepankan fungsional.

     

    Menjajal DJI Osmo Pocket

    DJI Osmo Pocket hadir dengan gimbal jenis 3-axis yang bentuknya masih serupa dengan versi DJI Osmo. Lewat opsi pengaturan gimbalnya bisa dikunci seperti versi DJI Osmo, dan gimbal tersebut bisa diatur sudut pandangnya secara manual.

    DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI

    Di tepi tampilan layar, pengguna bisa menggerakan arah kamera ke atas dan ke bawah dengan kecepatan yang juga bisa dikustomisasi di opsi pengaturan. Medcom.id menemukan kemampuan gimbal DJI Osmo Pocket masih sama seperti versi DJI Osmo.

    Kamera DJI Osmo Pocket mendukung mode pengambilan foto dan video. Lensanya menggunakan sensor CMOS 1/2,3 inci dengan resolusi 12MP dan sudut pandang atau field of view 80 derajat. Kameranya memiliki rentang ISO 100-3200 untuk mode foto dan video.

    Di luar dugaan, kualitas foto dan videonya memang bagus. Gimbalnya yang dilengkapi dengan stabilizer membuat getaran maupun hentakan saat merekam video masih bisa ditolerir alias tidak merusak kualitas video.

    DJI Osmo Pocket menyediakan mode single shot, dan panorama. Foto yang dihasilkan memiliki ukuran maksimal 4000x3000 piksel. Kualitas foto di kondisi outdoor maupun indoor sama baiknya. Tekan tombol Power tiga kali sehingga gimbal dan kamera berputar ke arah pengguna untuk menciptakan vlog atau foto selfie.

    DJI Osmo Pocket: Inovasi Kamera Terbaik DJI

    Untuk kemampuan merekam video, DJI Osmo Pocket mampu merekam video di dua jenis resolusi yakni 4K Ultra HD 3840x2160 piksel di framerate 24p hingga 60p sementara di resolusi FHD 1920x1080 piksel bisa merekam video di framerate 24p hingga 120p.

    Untuk kebutuhan merekam video tersedia fitur berupa mode slow motion, timelapse, dan motionlapse yang bisa dikustomisasi durasi maupun kecepatannya. Meskipun berbekal layar yang kecil, Medcom.id menemukan DJI Osmo Pocket masih memiliki fitur active object tracking dan face tracking.

    Medcom.id sempat bingung cara menggunakan fitur tersebut karena ukuran layarnya yang kecil. Ternyata, pengguna cukup mengetukan jari sebanyak dua kali di layar tepat pada objek yang tertangkap kamera.

     DJI Osmo Pocket akan mudah terasa panas saat merekam video kualitas 4K dalam durasi yang agak panjang. Di resolusi video FHD baterai DJI Osmo Pocket sebesar 845mAh mampu bertahan seharian dan mendukung pengisian lewat powerbank.


    Kesimpulan
    DJI Pocket Osmo yang hadir dengan ukuran mungil tetap memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menciptakan konten video yang dirangkai menjadi video durasi panjang yang artistik.

    Dibalik ukurannya yang mungil, masih tersedia fitur seperti yang ditemukan di versi DJI Osmo dengan ukuran besar. Soal konektivitas yang minim memang jadi kekurangan bagi penggunanya apalagi pengguna smartphone yang akrab dengan kabel data jenis micro-USB.

    Desainnya yang mungil harus diakui tidak memberikan kenyamanan bagi pengguna dengan ukuran tangan yang besar. Hal ini seharusnya bisa diakali oleh pihak DJI dengan menggesar beberapa letak tombol atau dibuat ergonomis.

    Medcom.id memuji kualitas foto dan video dari DJI Osmo Pocket. Hal yang disayangkan mungkin perangkat yang mudah panas saat merekam video resolusi 4K. DJI Osmo Pocket dibanderol dengan harga mulai dari Rp6 juta.

    Harganya yang tergolong cukup tinggi dan tidak terpaut jauh dengan versi DJI Osmo patut menjadi pertimbangan pengguna, memilih yang ukurannya lebih besar atau mungil dengan beberapa keterbatasan.
     
     
    9
    DJI Osmo Pocket
    Plus
    • Desain ringkas
    • Fitur atau mode fungsional masih bisa ditemukan
    • Kualitas foto dan video memuaskan
    • Stabilizer di gimbal sangat baik
    Minus
    • Desain kurang ergonomis untuk pengguna bertangan besar
    • Perangkat mudah panas saat merekam video kualitas 4K
    • Harga mengejar versi DJI Osmo




    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id