comscore

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 03 April 2022 17:02 WIB
Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming
Acer Nitro 5.
Jakarta: Acer kembali meramaikan pasar laptop gaming Indonesia lewat rumpun Nitro terbaru. Persaingan ketat di segmen laptop gaming memang membuat para produsen berlomba menghadirkan berbagai inovasi. 

Jika berkaca dari portofolio beberapa tahun terakhir, jajaran laptop gaming Acer masih kalah dengan merek pesaing yang sudah lebih dulu menguasai pangsa pasar. Hal tersebut tampaknya ingin diubah lewat laptop generasi terbaru.
Salah satu laptop gaming teranyar yang mereka boyong ke Tanah Air adalah Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC). Impresi kami yang tadinya biasa saja, berubah menjadi antusias begitu unit laptop ini kami keluarkan dari kardusnya. Mengapa demikian? Berikut review oleh redaksi kanal teknologi Medcom.id.
 

Desain

Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp19.999.000. Harganya terbilang cukup kompetitif dengan pesaing. Ketika harga sudah kompetitif, pengguna tentunya akan mempertimbangkan sebuah laptop dengan melihat desainnya. 

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Harus diakui, desain Acer Nitro 5 kali ini lebih simpel dan tetap memberikan nuansa gaming yang elegan. Warna dasar hitam yang cukup solid dan elemen warna merah pada beberapa sudut membuatnya punya kesan menawarkan performa mumpuni. Elemen warna merah sangat sedikit, tetapi tetap terlihat jika terlihat dari berbagai sudut. Menurut kami pendekatan ini memberikan kesan “tidak norak”. 

Ukuran layar 15,6 inci kini telah mendukung resolusi 2K, yang berarti menawarkan pembaruan dari segi spesifikasi dan kualitas visual. Ukurannya mungkin dirasa cukup besar, tetapi itulah hakikat laptop gaming, demi menawarkan performa garang. 

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Bezel layar laptop gaming memang tidak mengutamakan tipis, tetapi lebih memberikan pengalaman visual yang optimal. Porsi bingkai terasa cukup besar pada sisi atas dan bawah. Fungsinya adalah untuk menanamkan kamera pada sisi atas, dan logo acer pada sisi lainnya. 

Sudah menjadi hal lumrah bahwa keyboard laptop gaming juga dilengkapi backlit RGB, dan hal ini juga berlaku untuk Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC). Sedangkan letak trackpad lebih mendekati sisi kiri, yang tampaknya menjadi salah satu ciri khas Nitro. Trackpad dengan posisi ini mungkin mengacu pada keberadaan numpad, yang bisa memberikan sugesti terhadap pengguna yang tidak terbiasa menggunakannya. 

Antarmuka fisik Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) dirancang proporsional. Pada pinggir kiri ada dua port USB 3.2, jack audio, dan port LAN. Sementara untuk sisi kanan terpasang masing-masing satu port HDMI, USB 3.2, dan USB C. Posisi HDMI pada sisi kanan bisa dibilang unik. Untuk pengisian daya, ia memanfaatkan port power yang berada di belakang laptop, dengan engsel layar.

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming
 

Fitur

Aspek fitur pada Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) menekankan kapasitas hardware. Salah satu keunggulan yang dipamerkan adalah teknologi pendingin kipas ganda, yang diklaim 25 persen lebih efektif dibandingkan generasi tahun 2019. Ditambah dukungan fitur Acer Coolboost yang mampu meningkatkan kecepatan kipas hingga 10 persen dan pendinginan CPU/GPU hingga 9 persen. 

Opsi upgrade juga tersedia di Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC). Pihak Acer menyebut laptop gaming ini menyediakan dua slot M.2 NVMe dan satu slot SATA 2,5 inci. Untuk kapasitas RAM juga bisa ditingkatkan hingga 32GB. 

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Acer Nitro 5 menghadirkan Killer WLAN, Intel Wi-Fi 6 1650i (802.11ax) dan Killer Ethernet E2600 untuk mendukung stabilitas dan kinerja jaringan dalam memprioritaskan gameplay. Kontrol Ethernet diklaim mendeteksi otomatis antara game, video dan chat stream untuk memilih prioritas bandwidth. 

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Saat memilih Mode Auto, Network Optimizer akan membedakan program-program berat agar tidak ada isu konektivitas. Alternatifnya, para pengguna bisa mengatur sendiri prioritas program, mengubah alokasi bandwidth untuk tiap aplikasi, bahkan memblokir aplikasi tertentu.

Terkait software, laptop gaming ini sudah mengadopsi Windows 11 Home dan Office Homda and Student 2021. 
 

Performa

Seperti yang sudah dijelaskan, Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) menggunakan prosesor generasi ke-11 Intel Core i9-11900H, berduet dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3060 6GB. RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD NVMe 512GB memastikan ia dapat bekerja secara maksimal saat memainkan banyak game kelas AAA. 

Layarnya sudah mendukung resolusi QHD 2560 x 1440 dan refresh rate 165Hz, menunjukkan bahwa ia memang bisa diandalkan untuk bermain game terkini. Agar lebih tepatnya, Anda bisa melihat hasil benchmark beberapa aplikasi yang telah kami lakukan di bawah ini.
 
PENGUJIAN: PCMark  10
Modern Office
3DMark
Fire Strike
Cinebench R23
multi/single
SKOR:  6194 15556 11837/1293

Pada pengujian baterainya Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) mencatatkan sekitar 3 jam 12 menit, daya tahan yang standar untuk sebuah laptop gaming.

Medcom.id melakukan pengujian untuk bermain game kelas AAA dan di kualitas grafis bawaan dengan resolusi native QHD demi melihat standar performa yang ditawarkan untuk bermain pada pengaturan yang telah dideteksi game sejak awal. 

Performa Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC) saat bermain Far Cry 6 dan Cyberpunk 2077 di kualitas grafis Ultra, harus diakui perlu pengaturan lebih jauh dan spesifik. Hal ini sangat kami rekomendasikan demi menghasilkan kualitas visual yang mulus, alias tembus 60fps. Layarnya memang sudah mendukung 165Hz, dan mungkin bisa dicapai saat bermain game lain.

Review Acer Nitro 5, Menarik di Segmen Gaming

Saat bermain Far Cry pada pengaturan High, game dapat berjalan dengan rata-rata 48fps. Sementara Cyberpunk 2077 dengan setting Ray Tracing: Medium, laptop ini menampilkan visual rata-rata 29fps. Kemudian kami mencoba kustomisasi grafis, seperti mengurangi kualitas beberapa efek, sampai menonaktifkan Ray Tracing. Menurunkan resolusi akan menjamin Cyberpunk 2077 dapat berjalan mulus dengan rata-rata 58 fps.

Kesimpulan
Acer Nitro 5 AN515-57-98VC bisa dibilang hadir sebagai laptop gaming yang menawarkan desain menarik, tetapi perlu pengembangan lebih jauh dari aspek optimalisasi hardware. 
Sebagai laptop gaming yang menawarkan spesifikasi terkini, ia seharusnya sudah bisa menjalankan game AAA dengan mulus.

Namun, seringkali penggunanya juga harus kompromi dengan mengurangi resolusi atau pengaturan beberapa efek. Harga yang ditawarkan memang cukup bersain, dan laptop ini sebenarnya layak untuk menjadi salah satu pilihan gamer.
 
SPESIFIKASI Acer Nitro 5 (AN515-57-98VC)
Prosesor Intel Core i9-11900H
RAM 16GB DDR4
Memori Internal 512GB SSD NVMe
Layar 15,6 inci QHD
GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB
Bobot 2,7kg
Dimensi 266 x 390 x 26,8 mm
Harga Rp19.999.000
 
8.8
Acer Nitro 5 9AN515-57-98VC)
Plus
  • Spesifikasi terbaru.
  • Performa cukup dingin.
Minus
  • Optimalisasi hardware.


(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id