Review Smartphone

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Lufthi Anggraeni - 14 September 2021 11:46 WIB
    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking
    Samsung Galaxy Z Fold3 tampil unggul soal durabilitas dan multitasking.



    Jakarta: Samsung secara resmi mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy Z Fold3 bersamaan dengan smartphone berlayar lipat generasi terbarunya, Galaxy Z Flip3, pada pertengahan bulan Agustus lalu.

    Galaxy Z Fold3 dihadirkan Samsung untuk membantah skeptis terkait ponsel layar lipat, salah satunya soal duralibilitas. Namun, Samsung menegaskan bahwa pengguna bisa menghapus durabilitas dari daftar kekhawatiran mereka.

     



    Selain layar yang diklaim 80 persen lebih kuat, Samsung juga menghadirkan berbagai teknologi yang menjaga keamanan perangkat, termasuk sertifikat tahan air. Dengan berbagai fitur yang dihadirkannya, bagaimana pengalaman penggunaan suguhan Galaxy Z Fold3 ini? Simak ulasan berikut.
     

    Desain

    Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan desain serupa pendahulunya, kecuali di bagian modul kamera. Ponsel ini mengusung dimensi sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya, saat dilipat.

    Selain itu, bobot secara keseluruhan juga lebih ringan, meski dalam kondisi dilipat, bodi Galaxy Fold3 ini masih tergolong tebal dan dua bagian tidak menempel satu sama lain. Dengan demikian, Anda akan menemukan celah di bagian tengah saat ponsel terlipat.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Mendukung klaim durabilitas lebih baik, Samsung membalut bodi Galaxy Z Fold3 dengan bahan Armor Alumunium lebih kuat dan layar Gorilla Glass Victus yang dirancang tahan goresan dan benturan. Namun bahan yang membalut bodi ponsel ini terasa cenderung licin, saat Anda menggenggam perangkat tanpa balutan sasis eksternal.

    Dan membuka Galaxy Z Fold3 membutuhkan upaya sedikit lebih besar akibat penggunaan engsel dengan kekuatan tinggi, dan lapisan bodi yang licin tidak mempermudah proses pembukaan perangkat ini.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Sementara itu, Samsung Galaxy Z Fold3 ini hadir dengan dua layar berbeda ukuran, yaitu layar bagian luar atau depan dengan panel OLED berukuran 6,2 inci dan layar bagian dalam berukuran 7,6 inci.

    Saat menggunakan layar bagian luar, smartphone ini menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan. sebab ukuran lebar layar ini tergolong sempit sehingga mudah dijangkau dengan menggunakan satu tangan, meski tidak mudah mencapai menu di layar bagian atasnya.

    Selain itu, Samsung juga menghadirkan dua kamera depan untuk swafoto, baik di bagian dalam maupun bagian depan. Pada layar bagian depan, kamera swafoto tersemat pada bagian berdesain lubang pada layar atau infinity-O.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Menariknya, pada layar bagian dalam, kamera swafoto Galaxy Z Fold3 mengusung teknologi Under-display camera, yang memanfaatkan pikselisasi tidak terlalu rapat sehingga cahaya dapat menembus layar tersebut.

    Soal tombol fisik dan port koneksi, Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan tombol volume di sisi kiri bodi ponsel, didampingi tombol daya di bawahnya. Tombol daya ini juga menjadi lokasi penyematan sensor pemindai sidik jari.

    Uniknya, dalam kondisi terlipat dengan layar depan berada di bagian atas, sisi lokasi penyematan tombol volume dan daya ini berada di bagian bawah, sedangkan sisi bagian atas ditempati oleh slot kartu SIM dan microSD.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Juga di sisi lokasi penyematan slot kartu SIM, tepatnya di bagian atas dan bawah, Anda akan menemukan lubang speaker di masing-masing sisi. Sedangkan port USB-C untuk mengisi daya tersemat di sisi bawah bagian sisi lokasi penyematan tombol volume dan daya.

    Sementara itu di bagian belakang, Anda akan menemukan tiga kamera dan lampu flash tersusun secara vertikal yang tersemat di bagian lebih tinggi dari bodi di sekitarnya. Sekilas desain lokasi penyematan kamera ini serupa dengan Galaxy Note 21 dan S21, namun lebih sempit dan dengan sudut lebih membulat.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking
     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy Z Fold3 menggunakan antarmuka pengguna One UI 3.1.1 berbasis Android 11. Samsung menghadirkan sejumlah perubahan pada antarmuka ini, memungkinkan aplikasi yang diakses di layar depan dapat dilanjutkan saat Anda membuka layar bagian dalam.

    Konten dari aplikasi ini, baik game, media, media sosial, dan lainnya, ditampilkan dalam kondisi yang sama di layar bagian dalam saat Anda membentangkan layar. Namun, untuk melanjutkan menggunakan aplikasi dari layar bagian dalam ke layar bagian luar, Anda harus mengaktifkan opsi ini.

    Jika Anda tidak mengaktifkannya, aplikasi akan tertutup dan layar akan terkunci saat perangkat dilipat kembali. Fitur menarik lain yang dapat Anda manfaatkan adalah Cover screen mirroring, yang dapat ditemukan pada pengaturan Home Screen atau layar depan.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Sebagai pengingat, pengaturan Home Screen ini dapat diakses dengan melakukan gestur cubit pada layar depan atau Homescreen, dan mengetuk ikon roda gerigi di sudut kanan bawah layar. Dengan fitur Cover screen mirroring ini, homescreen pada layar bagian dalam juga akan menampilkan ikon aplikasi statis di bagian bawah pada layar selanjutnya layar bagian luar.

    Samsung juga membekali Galaxy Z Fold3 dengan kemampuan multitasking, memungkinkan Anda mengakses tiga aplikasi sekaligus, dan jendela untuk masing-masing aplikasi akan secara otomatis menyesuaikan diri dengan ruang lokasi Anda menempatkannya.

    Menu tiga titik pada masing-masing jendela juga memungkinkan Anda untuk mengubah posisi aplikasi secara acak, atau Anda dapat secara manual mengubah ukuran jendela tersebut. Anda juga dapat menjalankan lima aplikasi lainnya melalui jendela melayang di atas tiga jendela tersebut.

    Samsung Galaxy Z Fold3 juga mendukung fitur kolaboratif Samsung yaitu DeX, memungkinkan Anda menampilkan konten di ponsel dalam layout serupa desktop di laptop atau TV yang kompatibel, baik via kabel maupun nirkabel.

    Setelah terhubung, Anda dapat menggunakan layar bagian dalam atau luar Galaxy Z Fold3 sebagai trackpad. Smartphone ini juga didukung kompatibilitas S Pen, meski perangkat yang kami uji tidak dilengkapi dengan pena digital karya Samsung tersebut.
     

    Kamera

    Secara keseluruhan, Samsung membekali Galaxy Z Fold3 dengan lima kamera, tiga pada bagian belakang, dan dua dengan masing-masingnya tersemat di layar. Di bagian belakang, Anda dapat menemukan tiga kamera beresolusi 12MP, terdiri dari kamera utama, kamera ultra-wide dan kamera telefoto.

    Pada kondisi pencahayaan cukup, kemampuan kamera smartphone cerdas unik Samsung ini dalam menghasilkan foto dengan ketajaman, kecerahan dan detail baik tidak perlu lagi diragukan, terutama berkat dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang membantu lebih menyempurnakan hasil foto setelah mendeteksi kondisi cahaya sekitar.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking
    Selfie dengan kamera depan di layar luar

    Hasil yang baik juga kami temukan pada foto yang dipotret dengan kamera belakang dalam kondisi pencahayaan redup. Kamera belakang Galaxy Z Fold3 ini juga didukung kemampuan zoom secara optikal 2x.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking
    Selfie dengan kamera depan di layar luar

    Kualitas yang tidak jauh berbeda kami dapati pada foto yang dipotret dengan kamera depan. Sebagai informasi, Samsung juga memungkinkan pengguna Galaxy Z Fold3 untuk memotret diri dengan kamera depan, dengan memanfaatkan layar bagian luar sebagai viewfinder.

    Uniknya, foto diri atau selfie yang dihasilkan kamera belakang, kamera depan di layar bagian luar dan layar bagian dalam tampil sedikit berbeda. Perbedaan tersebut terlihat dari ketajaman dan kecerahan warna.

    Perbedaan ini lebih kentara saat Anda memperhatikan foto yang dipotret masing-masing kamera dalam kondisi pencahayaan redup. Pada hasil dari kamera belakang, foto tampil dengan warna lebih hangat, lebih tajam dan lebih detail.

    Sedangkan pada hasil foto dari kamera layar luar, warna foto sedikit lebih pucat meski ketajaman dan detail tetap terjaga, serta noise yang tidak kentara. Hasil berbeda kami dapati pada hasil foto dari kamera layar dalam. Foto ini tampil lebih gelap, kurang detail dan kurang tajam, serta noise yang lebih kentara.
     

    Performa dan Baterai

    Samsung mendukung Galaxy Z Fold3 dengan chipset unggulan Qualcomm, Snapdragon 888 yang didampingi oleh RAM 12GB dan ruang penyimpanan internal 256GB, meski Samsung juga menawarkan varian dengan kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 512GB.

    Untuk penggunaan sehari-hari, Galaxy Z Fold3 menyuguhkan performa mulus, baik menggunakan tiga aplikasi bersamaan, atau memainkan game dengan grafis tergolong berat seperti Asphalt 9 maupun PUBG.

    Namun pada beberapa kesempatan saat memainkan game dan beralih dari layar bagian luar ke bagian dalam, kami menemukan jeda pada permainan, meski hal tersebut tidak terlalu mengganggu kesenangan kami dalam memainkan game di smartphone layar lipat ini.

    Menyoal game PUBG, secara default, pengaturan grafis game ini diatur pada pengaturan grafis HD dan Frame Rate High. Meskipun demikian, game ini mampu berjalan dengan mulus pada pengaturan lebih tinggi.

    Dukungan layar dengan refresh rate 120Hz turut menambah kesenangan memainkan game bergenre FPS ini, sebab kami tidak menemukan jeda antara gestur untuk menavigasikan karakter game dengan pergerakan karakter tersebut.

    Selain itu, layar smartphone ini juga tergolong kesat, mendukung presisi gestur usap saat menavigasikan karakter pada game. Namun saat memainkan game, kami lebih menyarankan Anda untuk memainkannya pada layar bagian dalam yang mengusung ukuran lebih luas, ketimbang pada layar bagian luar dengan ukuran lebih sempit.

    Tidak hanya untuk kenyamanan mata saat menatap layar, memainkan game pada layar bagian dalam juga menghadirkan kenyamanan menggenggam perangkat lebih baik. Samsung Galaxy Z Fold3 ini turut menghadirkan performa baik saat kami uji menggunakan aplikasi PCMark dan 3DMark.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Pada pengujian melibatkan 3DMark Slingshot Extreme OpenGL, Samsung Galaxy Z Fold3 memperoleh skor sebesar 6.177. Sedangkan pada pengujian yang melibatkan 3DMark Slingshot, smartphone ini memperoleh skor 8.158.
     
    Sedangkan pada pengujian melibatkan PCMark Work 3.0, memperoleh skor 11.754. Menyoal baterai, Samsung membekali Galaxy M12 dengan baterai berkapasitas 4.400 mAh, yang dapat bertahan sekitar satu setengah hari dalam satu kali pengisian daya.

    Samsung Galaxy Z Fold3, Si Unik Jago Multitasking

    Pada aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama 10 jam 44 menit. Dengan dukungan teknologi super fast charging 25W, baterai perangkat ini dapat terisi dari 0 persen hingga 47 persen dalam kurun waktu 30 menit.

    Samsung Galaxy Fold3 juga mendukung teknologi pengisian daya 10W, dan Anda juga dapat menggunakan bagian belakang Z Fold3 untuk mengisi ulang daya perangkat lain secara nirkabel hingga 4.5W.

    Kesimpulan
    Galaxy Fold3 menjadi ponsel cerdas terbaik Samsung hingga saat ini, dengan durabilitas lebih baik dan dukungan S Pen, serta bekal fitur multitasking dan layar depan dengan refresh rate 120Hz yang lebih baik dari smartphone lipat generasi sebelumnya.

    Usungan dimensinya yang lebih kecil turut menjadi salah satu keunggulan yang dihadirkan Samsung pada perangkat terbaru Samsung ini. Sayangnya, perangkat ini masih tergolong berat saat dalam kondisi terlipat.

    Ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perangkat ini masih tergolong mahal dan hanya dapat dijangkau bagi konsumen beranggaran besar.
     
    Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold3
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 888
    GPU  Adreno 660
    OS Android 11
    RAM 12GB
    Memori Internal  256GB
    Kamera  Belakang 12MP+12MP+12MP,
    Depan Eksternal 10MP, UDC 4MP
    Baterai  4.400 mAh
    Layar  Eksternal AMOLED 6,2 inci 2268x832 piksel
    nternal AMOLED 7,6 inci 2208x1768 piksel
    Harga  Rp24.999.000
     
     
    8.8
    Samsung Galaxy Z Fold3
    Plus
    • Layar luas dengan warna cerah
    • Performa baik
    • Desain anti air
    • Software intuitif untuk multitasking
    Minus
    • Daya tahan baterai rata-rata
    • Kamera kurang memuaskan di kondisi pencahayaan redup
     


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id