Review Earphone

    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Maret 2020 09:53 WIB
    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik
    Plantronics BackBeat FIT 3200.
    Jakarta: Tren earphone nirkabel atau TWS sudah kian populer, tidak hanya di ekosistem iPhone sebagai pelopornya tapi juga Android. Tidak hanya di earphone biasa, produk di segmen olahraga juga sudah mulai mengadopsinya.

    Salah satu produk tersebut yang Medcom.id jajal adalah Plantronics BackBeat Fit 3200. Pertama, mari kita bicara soal desain. Earphone ini hadir dalam sebuah casing yang berfungsi sebagai housing atau tempat mengisi daya.

    Housing ini memiliki konektivitas MicroUSB untuk terhubung ke charger apapun. Menariknya, housing ini punya desain hardcase dengan bantalan karet jadi dipastikan aksesori wajib ini punya daya tahan yang cukup awet.

    Di bagian dalamnya tepat di sisi atas terdapat kantong untuk menyimpan kabel charger bawaan. Jadi pengguna Plantronics BackBeat Fit 3200 tidak perlu takut lupa membawa kabel charger tadi.

    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik

    Di dalam paket penjualannya tersedia dua buah earpiece yang belum terpasang. Jadi totalnya ada tiga earpiece yang pengguna dapatkan di Plantronics BackBeat Fit 3200. Ketiganya punya ukuran berbeda untuk menyesuaikan ukuran lubang telinga pengguna.

    Artinya, Plantronic cukup memperhatikan kenyaman pengguna. Kini kita beralih ke earphone atau earbud Plantronics BackBeat Fit 3200. Sama seperti earphone olahraga lainnya, ada tangkai dengan material karet untuk membuat earbud tidak terlepas dari telinga saat aktif berolahraga.

    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik

    Menurut kami, earpiece Plantronics BackBeat Fit 3200 sangat nyaman di telinga. Disebutkan juga produk ini punya dukungan waterproof dan splashproof. Namun kami tidak menyarankannya digunakan sambil berenang atau menyelam.

    Bagaimana dengan pengalaman menggunakannya? Proses pairing ke Plantronics BackBeat Fit 3200 ke smartphone termasuk mudah dan cepat. Ada indikator LED di tiap sisi luar earbud dan suara pemandu yang menyatakan proses pairing berhasil atau tidak.

    Apabila proses pairing sudah berhasil, pengguna cukup menekan tombol power di housing saat earbud masih melekat di dalamnya. Tekan beberapa detik dan LED indikator kapasitas baterai akan menyala dan Plantronics BackBeat Fit 3200 otomatis aktif dan siap terhubung ke smartphone.

    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik

    Saat Plantronics BackBeat Fit 3200 sudah terpasang di telinga setelah dinyalakan maka terdengar suara pemandu memberikan informasi kapasitas baterainya. Pengalaman menggunakan produk ini, daya tahannya cukup untuk menemani aktivitas seharian.

    Plantronics BackBeat Fit 3200 punya sistem kontrol yang serupa dengan earbuds wireless Plantronics BackBeat Pro 5100 yang pernah kami ulas. Sisi luar dari earbud sebelah kanan mendukung fitur tombol yang ditekan untuk mengaktifkan atau mengakses fungsi lain seperti Play/Pause dan Fast Forward termasuk On/Off.

    Sisi luar earbud sebelah kiri mendukung fitur tombol sentuh. Sentuh lama untuk Volume Down dan sentuh sekali untuk Volume Up. Fungsi ini bisa dikustomisasi dan mendukung layanan perintah suara Google maupun Siri (Apple).

    Plantronics BackBeat FIT 3200, Earphone Wireless Olahraga Menarik

    Cara kustomisasi fungsinya bisa dilakukan lewat aplikasi mobile Plantronics di App Store dan Play Store. Semuanya masih sama seperti lantronics BackBeat Pro 5100 termasuk cara menerima panggilan yang masuk.

    Bagaimana kualitas audio Plantronics BackBeat Fit 3200? Bagi sebuah earphone atau earbud yang menargetkan kegiatan olahraga kualitas audionya memuaskan. Suaranya tajam dan detil, meskipun sayangnya equalizer yang bisa dipilih dari aplikasi pendamping bersifat preset atau tidak bisa dikonfigurasi sepenuhnya.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id earphone atau wireless earbud Plantronics BackBeat Fit 3200 patut dilirik. Berbeda dengan earbud TWS lainnya, produk ini punya fitur waterproof dan splashproof sehingga bisa digunakan dalam kondisi di bawah hujan sambil berolahraga.

    Di sisi audio, cukup menarik karena Plantronics BackBeat Fit 3200 ounya audio yang memuaskan. Padahal kualitas ini jarang ditemui untuk earphone di segmen olahraga.

    Plantronics BackBeat Fit 3200 dibanderol harga Rp2.199.000. Harganya memang diakui cukup tinggi. Namun, hal ini bisa agak diterima karena earphone atau earbud olahraga ini punya fitur tahan air, daya tahan baterai panjang, dan kualitas audio memuaskan.
     

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id