Review Smartphone

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Lufthi Anggraeni - 01 Oktober 2020 08:47 WIB
    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan
    Vivo V20.
    Jakarta: Vivo telah secara resmi meluncurkan lini Vivo V20, terdiri dari V20 dan V20 SE, di Indonesia. Smartphone ini mengunggulkan sejumlah fitur, termasuk dukungan kamera yang diklaimnya terbaik dari seluruh jajaran smartphone karyanya.

    Lini Vivo V20 juga hadir dengan desain premium dan diklaim mampu menyuguhkan kenyamanan saat digenggam, serta didukung dengan konfigurasi yang baik. Lantas bagaimana pengalaman penggunaan yang disuguhkan oleh Vivo V20?

     

    Desain

    Vivo V20 hadir dengan desain poni layar tetes air di bagian depan dan balutan bahan matte di bagian belakang yang tampil unik berkat efek gradasi warna yang terlihat saat terpapar sinar dari sudut tertentu. Mengusung desain layar poni, Vivo membekali layar ponsel ini bezel yang tergolong tipis, namun tetap kentara.

    Hadir dengan bahan matte atau tidak mengkilat, mungkin Anda akan berharap bahwa perangkat tidak mudah kotor oleh noda sidik jari. Jika  diperhatikan secara seksama, Anda tetap dapat menemukan jejak sidik jari di bagian belakang, meski jejak sidik jari lebih lumrah untuk ditemukan di bagian layar.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Vivo V20 juga mengusung dimensi bodi tergolong tipis yang tetap nyaman saat digenggam dan digunakan dengan satu jari. Hanya saja, menggenggam perangkat saat memainkan game dalam jangka waktu cukup lama mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna bertangan besar.

    Desain bodi tipis ini juga menghadirkan kenyamanan saat menyimpan Vivo V20 di saku celana atau saku dalam tas, sebab tidak menimbulkan kesan tebal dan mengonsumsi banyak ruang. Sementara itu di bagian belakang, Anda akan menemukan tiga kamera yang tersusun dalam bentuk segitiga.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Ketiga kamera ini tersemat di bagian khusus berwarna hitam mengkilat dan berbentuk persegi, dengan bagian bawah warna perak, lokasi penyematan lampu flash. Sekilas, bagian penyematan kamera ini mengingatkan kami pada kamera Samsung Galaxy S20 Ultra, namun dalam ukuran lebih kecil.

    Selain itu, bagian bawah belakang ponsel tersemat logo vivo dalam warna perak mengkilat yang tampil sangat kentara, akibat bagian bawah ini merupakan bagian dengan warna tergelap dari gradasi. Dan di bagian sisi bawah, Anda akan menemukan lubang speaker dan jack headphone 3.5mm yang mengapit port USB-C.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Sementara itu, di sisi kanan dengan kondisi layar di atas, Anda akan menemukan tombol daya dan tombol volume. Jika dirasakan dan diperhatikan secara seksama, tombol daya hadir dengan warna perak berbeda, serta hadir dengan tekstur berbeda.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan
     

    Antarmuka

    Vivo V20 menggunakan sistem operasi Android 11 dan antarmuka pengguna FunTouch 11. Perangkat ini hadir dengan dengan tampilan sederhana dan ceria, berkat ikon aplikasi yang hadir dalam ikon berbentuk lingkaran, dan dengan warna cerah.

    Mengusung Android 11, Vivo V20 juga hadir dengan dukungan fitur gestur, termasuk gestur usap dari atas ke bawah dengan tiga jari untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot. Fitur gestur ini juga berbekal kemampuan untuk melakukan tangkapan layar dengan ukuran lebih panjang.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Dengan demikian, Anda dapat memotret seluruh menu yang pada kenyataannya hanya dapat diakses dengan menggulirkan layar ke arah. Namun untuk dapat mendapatkan hasil tangkapan layar dalam ukuran ukuran lebih panjang, Anda perlu menekan opsi Long Screenshot yang muncul di bawah preview screenshot.

    Sebagai informasi, review hasil tangkapan layar muncul selama beberapa saat di sisi bawah layar smartphone, memungkinkan Anda memanfaatkan opsi tersebut. Vivo menghadirkan sejumlah opsi kustomisasi layar pada menu pengaturan.

    Salah satu opsi kustomisasi ini termasuk pengaturan warna layar, yang menawarkan tiga mode warna terdiri dari Standar sebagai default, Profesional, dan Bright. Pada mode warna Standar, konten pada layar tampil dengan warna cerah, sedangkan Profesional menampilkan konten dengan nuansa kekuningan, dan Bright lebih cerah dan cenderung lebih kebiruan.

     

    Kamera

    Vivo membekali V20 dengan tiga kamera di bagian belakang pada bagian khusus berwarna hitam mengkilat dan berbentuk persegi, dengan bagian bawah warna perak, lokasi penyematan lampu flash. Masing-masing lensa terdiri dari 64MP untuk kamera utama, 8MP untuk kamera multimode, dan 2MP untuk kamera mono.

    Kamera Vivo V20 mampu menghadirkan hasil foto dengan ketajaman, kecerahan, dan detail yang baik, pada kondisi pencahayaan cukup. Vivo juga membekali V20 dengan kemampuan zoom hingga 10 kali pada kamera belakang.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Foto dari hasil zoom hingga kemampuan maksimal kamera ponsel cerdas ini hadir dengan ketajaman dan detil tergolong baik, namun warna cenderung tidak sebaik tanpa proses zoom. Selain itu, jika diperhatikan dengan seksama, pada foto hasil pencahayaan cukup pun Anda akan dapat menemukan noise, namun secara keseluruhan foto ini tampil baik.

    Demikian pula dengan hasil foto dari kamera depan ganda beresolusi 44MP dan 8MP dalam pencahayaan cukup, yang hadir dengan ketajaman, detail dan warna yang baik. Hasil tidak berbeda ditampilkan dihasilkan pada foto yang dipotret dalam kondisi pencahayaan redup.

    Foto yang dihasilkan kamera belakang dalam pencahayaan tersebut tidak terganggu oleh noise. Namun hasil lebih terang dapat Anda peroleh dengan memanfaatkan mode malam atau Night Mode, yang dapat diakses via menu More di aplikasi kamera.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan
    Night Mode
    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Hasil foto baik juga dihadirkan oleh kamera depan pada kondisi pencahayaan redup. Hanya saja dalam kondisi pencahayaan yang lebih redup, fokus membutuhkan waktu lama untuk terkunci, sehingga Anda harus lebih bersabar.

    Selain itu, Vivo juga membekali dengan sejumlah mode lain yang dapat ditemukan pada menu More, di ujung kanan sebelah menu Video. Bagi konsumen perempuan, mungkin Anda akan menyambut baik kehadiran mode AR Sticker, memungkinkan penyematan efek lucu seperti telinga kelinci yang muncul secara langsung di layar dan di foto.
     

    Performa

    Vivo V20 didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 720G, dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan internal 128GB. Dengan demikian, Vivo menjanjikan performa mulus tanpa gangguan lag, dan hal inilah yang kami temukan selama menggunakan perangkat ini.

    Pengalaman penggunaan mulu tanpa gangguan lag ini kami temukan saat sekadar beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, menjelajah menu galeri foto, ataupun membuka sejumlah tab di peramban secara bersamaan.

    Tidak hanya itu, pengalaman penggunaan menyenangkan juga didukung oleh sensitivitas layar sentuh AMOLED 6,4 inci FHD+ yang responsif, serta berkat tampilan layar yang tajam, kaya warna serta dengan detail terjaga.

    Memainkan game PUBG Mobile juga dapat kami nikmati tanpa kendala lag, juga berkat dukungan fitur Game Assistant yang secara otomatis mengoptimalkan kinerja CPU dan GPU, RAM, layar sentuh, jaringan, mengaktifkan optimalisasi kinerja cerdas dan kebijakan manajemen suhu.

    Sistem tersebut diklaim Vivo V20 telah dioptimalkan guna menyuguhkan kinerja gaming terbaik, serta secara otomatis mengatur fungsi terkait secara optimal. Sebagai informasi, saat memainkan game PUBG Mobile, smartphone secara default mengatur grafik ke pengaturan HD dan frame rate ke High.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Sementara itu, menurut hasil pengujian via aplikasi benchmark 3DMark dalam kategori SlingShot Extreme OpenGL, Vivo V20 memperoleh nilai sebesar 2.505, dan pada kategori SlingShot, perangkat ini memperoleh skor 3.622.

    Sedangkan pada hasil pengujian benchmark menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0, ponsel ini memperoleh skor sebesar 7.097. Menyoal baterai, Vivo V20 menyuguhkan kemampuan memuaskan, terlihat dari hasil pengujian via aplikasi benchmark PCMark Battery.

    Review Vivo V20, Desain Menawan Kamera Lumayan

    Pada pengujian yang melibatkan aktivitas intensif di sejumlah kategori ini, baterai Vivo V20 menampilkan hasil selama 15 jam 55 menit. Sedangkan dalam kondisi penggunaan normal, baterai smartphone ini mampu bertahan lebih lama, meski hal tersebut juga bergantung pada stabilitas jaringan telekomunikasi.

    Kesimpulan
    Vivo V20 mampu menghadirkan kesenangan dalam penggunaan, termasuk menyoal kamera yang mampu menghasilkan foto lebih terang meski dalam kondisi pencahayaan redup. Selain itu, desain elegan yang diusungnya mampu mendukung rasa percaya diri saat menggunakannya di keramaian.

    Desain bodi ramping juga mendukung rasa percaya diri ini serta menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam hal penyimpanan, hanya saja pengguna bertangan besar mungkin akan mendapati ketidaknyamanan saat menggenggam perangkat saat memainkan game yang membutuhkan dua tangan dalam jangka waktu lama.

    Meskipun demikian, kami menilai penawaran harga sebesar Rp4.999.000, sepadan untuk kelebihan yang ditawarkannya untuk konsumen.
     
    Spesifikasi  Vivo V20
    Prosesor Qualcomm Snapdragon 720G
    GPU Adreno 618
    OS Android 11, FunTouch OS 11
    RAM 8GB
    Memori Internal  128GB
    Kamera Belakang 64MP + 8MP multimode + 2MP mono
    Depan 64MP + 8MP
    Baterai 4.500 mAh
    Layar 6,4 inci AMOLED FHD+
    Harga Rp4.999.000
     
    8.5
    Vivo V20
    Plus
    • Layar jenih, tajam
    • Bodi ramping
    • Baterai tahan lama
    • Kamera baik
    Minus
    • Layar dan bodi mudah kotor oleh noda sidik jari


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id