Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

Ellavie Ichlasa Amalia - 29 Juni 2018 17:19 wib
Xiaomi Redmi S2 adalah ponsel selfie pertama dari Xiaomi.
Xiaomi Redmi S2 adalah ponsel selfie pertama dari Xiaomi. (Medcom.id)

Jakarta: Oppo berhasil masuk ke dalam daftar lima vendor terbesar di Indonesia berkat ponsel selfie miliknya. Selain Oppo, Vivo juga masuk pasar Indonesia dengan smartphone selfie sebagai fokusnya. 

Sementara itu, Xiaomi biasanya tetap kukuh untuk menawarkan ponsel berspesifikasi cukup tinggi dengan harga yang terjangkau. Setidaknya sampai bulan lalu. Pada akhir bulan Mei, Xiaomi akhirnya merilis ponsel selfie pertamanya, Xiaomi Redmi S2

Apakah ponsel ini hanya memiliki kamera depan sebagai fitur unggulannya? Begini ulasan lengkapnya. 

 

Desain

Dari segi desain, Xiaomi Redmi S2 sangat mirip dengan Redmi Note 5. Xiaomi Redmi S2 memiliki sensor sidik jari berbentuk bulat di bagian belakang tengah. Sementara pada kiri atas, Anda akan menemukan dua kamera yang terpasang secara vertikal. 



Di bagian bawah ponsel, terdapat port charger USB Type-A yang diapit oleh speaker pada kedua sisinya. Sama seperti kebanyakan ponsel terbaru, Xiaomi Redmi S2 memiliki bezel yang cukup tipis. Namun, bezel pada bagian atas dan bawahnya masih tergolong tebal.

Tentu saja, Xiaomi Redmi S2 memang ada di kelas yang berbeda dengan ponsel premium Mi Mix 2 yang memiliki desain tanpa bezel



Satu hal yang membedakan Xiaomi Redmi S2 dengan Redmi Note 5 adalah garis antena. Jika pada Redmi Note 5 garis antena terlihat jelas di bagian atas, pada Xiaomi S2, garis antena mengikuti bagian pinggir atas ponsel. 



 

Software dan Antarmuka

Xiaomi Redmi S2 menggunakan Android 8.1 Oreo dengan MIUI 9. Ponsel ini dilengkapi dengan beberapa fitur khas Xiaomi seperti Second Space dan Dual Apps. Fitur Dual Apps memungkinkan Anda membuat klon dari sebuah aplikasi. Fitur ini akan berguna jika Anda memiliki dua akun media sosial, memungkinkan Anda utnuk membuka keduanya pada saat bersamaan. 

Sementara Second Space membuat pengaturan yang sama sekali baru, membuat seolah-olah Anda memiliki dua ponsel dengan aplikasi dan akun yang berbeda. Sama seperti ponsel lain yang telah menggunakan Oreo, Xiaomi Redmi S2 juga sudah mendukung multitasking, memungkinkan Anda membuka dua aplikasi sekaligus. 



Selain sensor sidik jari, Xiaomi juga melengkapi S2 dengan fitur face unlock. Dengan fitur ini, Anda bisa membuka kunci ponsel hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah Anda. Sayangnya, selama mengunakan ponsel ini, saya merasa bahwa fitur face unlock masih tidak semulus sensor sidik jari. 

Xiaomi Redmi S2 masih cukup sering tidak mengenali wajah saya, baik karena ketika saya menggunakan kacamata atau ketika saya berada di tempat yang tidak terlalu terang. 

 

Kamera

Xiaomi Redmi S2 menghasilkan foto yang cukup baik ketika digunakan di luar ruangan dengan tingkat cahaya yang cukup. Hasil foto dari Xiaomi S2 ketika ia digunakan untuk mengambil foto di malam hari pun cukup baik, meski foto masih memiliki derau atau noise





Xiaomi memasang dua kamera belakang dengan resolusi 12MP dan 5MP. Dua kamera ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur. Menariknya, Xiaomi Redmi S2 justru tidak memiliki dua kamera di bagian depan. 



Sayangnya, hasil foto dengan efek Bokeh tidak selalu bagus. Terkadang, efek mengabur pada foto tidak terlihat merata, seperti ada bagian dari latar belakang yang tidak terlihat mengabur atau bagian dari obyek yang justru ikut mengabur. 



Contoh foto dengan kamera belakang Xiaomi Redmi S2. Hanya saja, bagian tangan figure terlihat ikut mengabur. 

Xiaomi Redmi S2 hanya memiliki satu kamera depan dengan resolusi 16MP. Meskipun begitu, Xiaomi melengkapi ponselnya dengan software yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto selfie dengan efek Bokeh. 

Di bawah adalah contoh foto dengan kamera depan S2 dengan dan tanpa efek Bokeh. 



Foto dengan kamera depan Xiaomi S2 dengan efek Bokeh. 



Foto kamera depan Xiaomi Redmi S2 tanpa efek Bokeh. 

Kamera depan Xiaomi Redmi S2 juga bisa menghasilkan efek Bokeh meskipun obyek foto lebih dari satu. 



Seperti kebanyakan smartphone saat ini, Xiaomi sudah melengkapi kamera depan S2 dengan fitur Beautify. Di sini, fitur Beautify tersedia dalam lima level, meski saya tidak melihat ada banyak perbedaan antara hasil foto dengan efek level satu dan level lima. Anda juga bisa menggunakan mode "Advanced" untuk mengutak-atik perubahan yang ingin Anda buat pada foto. 

 

Performa dan Baterai

Xiaomi memutuskan untuk memasang Snapdragon 625 untuk ponsel selfie miliknya. Prosesor ini termasuk ke dalam kelas menengah dari Qualcomm. Performanya pun cukup baik dengan konsumsi daya yang efektif. 

Hanya saja, prosesor ini terbilang tua, mengingat ia diluncurkan pada 2016. Sejak saat itu, Qualcomm telah meluncurkan beberapa prosesor baru dalam lini Snapdragon 600. Misalnya Snapdragon 636, yang Xiaomi gunakan pada Redmi Note 5. 

Xiaomi Redmi S2 memiliki RAM 3GB dan memori internal 32GB. Meskipun di atas kertas tidak terlihat terlalu hebat, tapi ponsel ini sudah dapat memberikan performa yang cukup baik untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari menjelajah internet, mendengarkan musik hingga bermain game. 

Ya, meski diusung sebagai ponsel selfie, Xiaomi Redmi S2 memiliki performa yang cukup baik untuk bermain game. Xiaomi Redmi S2 dapat digunakan untuk memainkan game PUBG Mobile dengan level grafik medium. Sebagai perbandingan, Vivo V9 yang dihargai Rp4 juta, hanya bisa memainkan PUBG pada tingkat grafik low. 

Anda bisa melihat perbandingan performa pada grafik di bawah. Hanya saja Xiaomi Redmi S2 tidak bisa digunakan untuk mencoba benchmark Slingshot Extreme OpenGL. 



Xiaomi Redmi S2 juga tidak bisa diuji menggunakan PCMark untuk pengujian baterai. Namun, ketika Medcom.id mengujinya dengan memutar video secara berulang, baterai Xiaomi Redmi S2 hanya berkurang 40 persen ketika digunakan untuk memutar video selama 4 jam dengan tingkat kecerahan 50 persen. 


Kesimpulan
Xiaomi menawarkan ponsel selfie dengan harga yang lebih terjangkau dari para pesaingnya. Selain itu, Xiaomi Redmi S2 juga memiliki performa dan daya baterai yang cukup mumpuni. Meski tidak memiliki dua kamera depan, Xiaomi S2 sudah bisa Anda gunakan untuk mengambil foto dengan efek Bokeh, yang kini tengah menjadi tren. 

Xiaomi Redmi S2 juga sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang untuk efek Bokeh. Sayangnya, foto dengan latar belakang yang mengabur yang dihasilkan tidak selalu terlihat baik. Fitur Beautify dari ponsel ini juga cukup standar tanpa ada fitur khusus. 
 
  Xiaomi Redmi S2
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625
GPU Adreno 506
Sistem Operasi MIUI 9, Android 8.1 Oreo
RAM 3GB
Memori Internal 32GB
Kamera 12MP+5MP (belakang) + 16MP (depan)
Baterai 3.080 mAh
Layar 5,99 inci rasio 18:9 HD+ (1440 x 720 piksel)
Harga Rp2.399.000
 
7.8
Xiaomi Redmi S2
Plus
  • Harga terjangkau
  • Performa dan daya baterai bagus
Minus
  • Hasil foto Bokeh yang tidak selalu memuaskan
  • Fitur Beautify yang biasa saja
 



(MMI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.