Review Laptop

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah

    Cahyandaru Kuncorojati - 23 Februari 2021 21:00 WIB
    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah
    Asus Zenbook Flip S (UX371EA).



    Jakarta: Asus konsisten mengembangkan laptop convertible alias laptop yang bisa berubah menjadi tablet dengan menyediakan spesifikasi terbaru. Satu produknya yang kini Medcom.id coba adalah Asus ZenBook Flip S (UX371EA).

    Sesuai namanya, laptop ini bisa dilipat berkat engsel layar yang berputar 360 derajat sehingga bisa digunakan seperti tablet. Seri laptop ZenBook sendiri berada di kelas high-end atau premium dari laptop Asus.




    Asus ZenBook Flip S (UX371EA) dibanderol Rp24.999.000, apakah laptop ini menarik untuk dimiliki?
     

    Desain

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA) punya desain khas dari jajaran Asus ZenBook yang memiliki kesan mewah. Bagian tepinya memiliki aksen material logam yang mengkilap demikian juga cover luar yang memantulkan cahaya. Desain ini disebut diamond-cut design.

    Laptop ini mengusung layar ukuran 13,3 inci sehingga punya desain yang ringkas ditambah bobot 1,20kg karena bodinya yang ramping. Ketebalannya hanya 1,39 cm.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah

    Meskipun mengusung layar 13 inci tapi aspek rasio layarnya 16:9 sehingga terasa sangat lega. Asus ZenBook Flip S (UX371EA) juga masih memiliki webcam dan mendukung mode sentuh termasuk penggunaan stylus yang merupakan aksesori pelengkap.

    Pengalaman Medcom.id menjajal stylus dari Asus ZenBook Flip S (UX371EA) terasa sangat responsif sehingga tidak terasa bedanya dari menulis dengan pulpen di atas kertas. Sedikit kekurangannya adalah tidak ada tempat di bodinya untuk menaruh stylus. Beberapa laptop convertible menyediakan ruang kecil agar stylus bisa tersimpan di sampingnya.

    Layarnya mengusung resolusi 4K UHD (3840x2160) menggunakan panel OLED sehingga tidak heran rasanya kualitas warna yang disajikan sangat kuat dan detail alias vibrant.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah

    Layar Asus ZenBook Flip S (UX371EA) juga tersertifikasi 100% DCI-P3, 133% sRGB, dan PANTONE Validated sehingga diklaim mendukung untuk kebutuhan desain atau profesional di industri kreatif.

    Ukuran keyboard laptop ini cukup lega dengan desain elegan. Bagian touchpad dibuat lebih lebar daripada biasanya. Touchpad ini didesain juga berfungsi untuk menampilkan numpad.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah
     

    Fitur

    Kini beralih ke bagian I/O Port. Desain Asus ZenBook Flip S (UX371EA) yang sangat ramping membuat tidak banyak port tersedia. Di sini ada satu port HDMI dan USB 3.2 Gen1 TypeA, serta dua port Thunderbolt 4 Type-C yang mendukung output display sekaligus power delivery.

    Absennya audiojack 3,5 mm cukup tertolong karena Asus ZenBook Flip S (UX371EA) menyediakan converter USB-C to audiojack 3,5 mm di paket penjualan. Di bagian audio ada dukungan dari Harman Kardon.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA) juga memiliki mikrofon dengan fitur AI Noise Cancelling jadi sangat mendukung untuk kebutuhan call conference atau virtual meeting tanpa takut suara bising di sekitar terdengar dan mengganggu.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah

    Meskipun port atau konektivitas yang disediakan sedikit tapi yang ada cukup esensial. Jadi tidak dibutuhkan USB dongle tambahan. Di balik bodinya yang ramping dan layar bisa berputar 360 derajat Asus ZenBook Flip S (UX371EA) dijamin awet karena desainnya mengantongi sertifikasi daya tahan US Military Grade.

    Di konektivitas nirkabel terutama sambungan ke WiFi, Asus ZenBook Flip S (UX371EA) sudah mendukung koneksi WiFi 6 sehingga mendukung kecepatan internet yang lebih kencang. Fitur WiFi Smart Connect yang secara cerdas mencari koneksi WiFi paling optimal.

    Fitur lain yang disediakan Asus ZenBook Flip S (UX371EA) sebagai laptop convertible penunjang produktivitas adalah IR camera-tuning yang juga berfungsi sebagai sistem keamanan pemindai wajah lewat software Windows Hello.
     

    Performa

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA) merupakan laptop yang masuk dalam sertifikasi Intel EVO yaitu laptop tipis dengan kinerja lebih baik dari pada generasi terdahulu tapi daya tahan baterai tetap panjang alias semakin hemat.

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA), Laptop Sekaligus Tablet Mewah

    Laptop ini punya kinerja yang cepat saat membuka aplikasi. Proses booting alias baru menyala dari kondisi mati total (shut down) maupun dari mode sleep sangat cepat. Apabila Anda mengakses tombol Fn + F bersamaan maka ada tiga pilihan mode performa: Whisper, Standard, dan Performance

    Asus ZenBook Flip S (UX371EA) menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-11 yaitu Core i7-1165G7 dengan grafis Intel Iris Xe yang mumpuni untuk kebutuhan desain pada laptop tipis.

    Kapasitas RAM Asus ZenBook Flip S (UX371EA) adalah 16GB dengan storage yang juga besar yaitu 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Makanya laptop ini punya kinerja cepat dan mendukung produktivitas maksimal saat digunakan bersama stylus.

    Medcom.id menjajal performa Asus ZenBook Flip S (UX371EA) menggunakan beberapa software benchmark dan hasilnya skor yang bagus menunjukan performanya yang mumpuni. Kami mengujinya pada mode Performance yang diaktifkan lewat tombol Fn + F.
     
    PENGUJIAN PCMark 10
    Modern Office
    3DMark
    Fire Strike
    Cinebench R23
    single/multi core
    SKOR 4671 4651 1379/4020


    Soal daya tahan baterai, menurut pengujian menggunakan simulasi PCMark 10 mode Modern Office bisa bertahan hingga sembilan jam. Padahal panelnya menggunakan jenis OLED dan resolusi 4K yang dikenal memakan banyak daya, artinya baterai Asus ZenBook Flip S (UX371EA) tahan lama.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id laptop Asus ZenBook Flip S (UX371EA) merupakan laptop sekaligus tablet yang sangat mumpuni untuk berbagai kebutuhan ditambah hadirnya stylus membuat dukungan produktivitas dari laptop ini semakin maksimal.

    Banderol harganya yang tidak termasuk murah menurut kami masih pantas untuk sebuah laptop sekaligus tablet yang punya spesifikasi tinggi. Kekurangan yang kami temukan adalah stylus yang disediakan tidak memiliki ruang untuk penyimpanan di bodinya.
     
    SPESIFIKASI ASUS ZenBook Flip S (UX371EA)
    Prosesor Intel Core i7-1165G7
    RAM 16GB LPDDR4X
    Memori Internal 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
    Layar 13,3 inci OLED 4K UHD (3840x2160)
    GPU Intel Iris Xe
    Bobot 1,20kg
    Dimensi 30,5 x 21,1 x 1,39cm
    Harga Rp24.999.000
     
    9
    Asus ZenBook Flip S (UX371EA)
    Plus
    • Desain ringkas tapi layar lega
    • Layar dan stylus responsif
    • Performa memuaskan
    Minus
    • Tidak ada ruang untuk menyimpan stylus di bodi laptop

     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id