Review Smartphone

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Juni 2021 16:09 WIB
    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna
    realme 8 5G.



    Jakarta: Komersialisasi 5G di Indonesia pada tanggal 27 Mei 2021 yang telah dimulai membuat vendor smartphone bersiap menyediakan smartphone 5G terbaiknya, tidak terkecuali merek yang tergolong masih muda seperti realme.

    realme sendiri meluncurkan smartphone realme 8 5G yang hadir dengan slogan 5G. Fast Speed to Infinity. dan mengklaim sebagai smartphone 5G paling terjangkau untuk semua orang. Jadi realme mencoba menyediakan pilihan smartphone 5G terbaik yang bisa dimiliki semua orang tanpa menguras isi dompet.

     



    realme 8 5G sendiri dirilis di Indonesia dengan banderol harga Rp 3 jutaan dan Medcom.id menjajal lebih dulu smartphone ini. Bagaimana pengalaman yang ditawarkan realme 8 5G? Cek review realme 8 5G Medcom.id berikut ini.
     

    Desain

    realme 8 5G bisa dibilang membawa desain wajah yang hampir serupa dengan saudaranya yaitu realme 8 maupun realme 8 Pro apabila melihat bingkai kamera belakangnya yang memuat kamera belakang. Meskipun begitu perbedaan bisa terlihat dari tidak adanya desain tulisan “Dare to Leap” di bagian bodi realme 8 5G.

    Tampilan bodi belakang realme 8 5G juga punya desain mengkilap seperti kaca yang memantulkan cahaya, kami mendapatkan versi warna Supersonic Blue. Pemindai sidik jarinya dipindah ke permukaan tombol Power yang menurut kami sudah tepat karena semakin ergonomis.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Desain bagian depan realme 8 5G juga masih serupa dengan desain kamera depan berbentuk lubang yang ada di sudut kiri atas layar. realme 8 5G juga punya ukuran layar 6,5 inci yang sedikit lebih besar dari realme 8 maupun realme 8 Pro.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Namun di realme 8 5G tidak menggunakan panel layar AMOLED seperti saudaranya, tetapi smartphone ini tetap menawarkan resolusi tinggi di FHD Plus dengan refresh rate 90Hz. Ini jelas mencukupi untuk pengalaman bermain game dan menikmati konten yang memanjakan mata.

    Pada bodi bagian bawahnya bisa dijumpai ketersediaan port USB-C, sementara audiojack memberikan pilihan bagi pengguna yang masih menggunakan aksesori earphone.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Di sisi kiri terdapat slot SIM tray yang di dalamnya memuat dua slot SIM card yang terpisah dari slot untuk MicroSD sehingga pengguna bisa menggunakan mode Dual SIM sekaligus MicroSD untuk menambah kapasitas memori internal hingga 1TB.
     

    Antarmuka dan Fitur

    Bicara antarmuka realme 8 5G masih hadir dengan navigasi dan user interface realme UI 2.0 yang dimodifikasi dari Android 11 sehingga tidak ada yang baru dan tidak akan membingungkan pengguna lama.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Di sini realme membawa sejumlah fitur misalnya NFC yang kini banyak menjadi pertimbangan orang saat membeli smartphone. realme 8 5G di kemasan penjualannya sudah langsung menyebutkan bahwa mereka menyediakan fitur NFC.

    realme 8 5G juga masih menyediakan fitur Game Space yang diklaim mampu meningkatkan performa saat bermain game. Fitur ini cukup penting mengingat kemampuan koneksi 5G yang kencang dan latensi rendah bisa menyajikan pengalaman bermain game mobile dengan ping yang rendah sehingga tidak putus-putus.

    realme 8 5G juga mendukung fitur Dynamic RAM Expansion yaitu menyediakan tambahan RAM dalam bentuk virtual RAM hingga sebesar 3GB memanfaatkan memori internal ke kapasitas RAM asli yang sudah besar yaitu 8GB.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Di bagian koneksi 5G, realme 8 5G menyediakan fitur Smart 5G Power Saving. Di fitur ini kemampuan koneksi perangkat dibuat pintar dengan secara cerdas beralih dari koneksi 4G ke 5G maupun sebaliknya berdasarkan sinyal yang lebih kuat dan dilakukan tanpa butuh waktu peralihan jadi tidak terasa adanya gangguan.

    Kemampuan ini membuat konsumsi daya baterai realme 8 5G semakin awet alias tahan lama karena bisa secara cerdas mencari sinyal yang lebih optimal atau kuat. realme sendiri mengklaim kemampuan Smart 5G Power Saving bisa menghemat konsumsi daya 30 persen lebih rendah dibandingkan smartphone tanpa fitur ini.
     

    Kamera

    Di kemampuan kameranya realme 8 5G memang menawarkan angka resolusi yang tidak lebih tinggi dari saudaranya. Apabila realme 8 punya kemampuan kamera utama 64MP dan realme 8 Pro di 108MP justru realm 8 5G hanya di 48MP.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Meskipun begitu menurut Medcom.id kemampuan fotografi atau hasil foto dari kamera realme 8 5G masih tetap memuaskan, bahkan kami melakukan pengujian pengambilan foto tanpa mengaktifkan mode 48MP Ultra HD. Di sini tersedia dua kamera lagi yaitu lensa B7W Portrait dan lensa Macro.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    realme 8 5G hanya membawa tiga kamera belakang, namun tetap didukung banyak mode fotografi di dalamnya. Di kamera depan realme 8 5G punya kemampuan 16MP AI Beauty Selfie.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna
     

    Performa

    realme 8 5G menjadi yang pertama di Indonesia menggunakan chipset MediaTek Dimensity 700 5G yang mendukung koneksi 5G. MediaTek dan realme memiliki visi yang sama untuk menyediakan smartphone 5G yang bisa diakses semua orang.

    Chipset ini disebut membawa kemampuan Dual 5G Standby untuk penggunaan dua kartu SIM yang sama-sama mendukung 5G. MediaTek Dimensity 700 didukung GPU ARM Mali-G57 diklaim punya clock speed 950MHz. Skor pengujian AnTuTu chipset ini di realme 8 5G mencapai 360.394 yang lebih tinggi dari chipset 5G lain.

    realme 8 5G hadir dengan model kapasitas RAM 8GB didukung memori internal 128GB LPDDR4x dual channel serta teknologi UFS 2.1. Kapasitas memori internalnya tadi disebutkan bisa menyediakan virtual RAM atau tambahan kapasitas RAM hingga 3GB.

    Medcom.id menguji realme 8 5G menggunakan aplikasi PCMark for Android dan 3DMark for Android dari UL Benchmarks dengan mode kapasitas RAM 8GB alias normal dan koneksi ke WiFi.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Di sini diperoleh skor PCMark mode Work 3.0 Performance sebesar 10.461 sementara di 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1 skornya 2.333 dan 3DMark Sling Shot adalah 3.326. Daya tahan baterainya menurut pengujian PCMark Work 3.0 Battery Life mampu bertahan hingga 16 jam 38 menit.

    Kapasitas baterai realme 8 5G adalah 5.000 mAh dengan charger yang memiliki daya pengisian cepat sebesar 18W. Jadi smartphone ini tetap memiliki baterai besar yang mendukung kemampuan koneksi 5G serta bisa diandalkan untuk pendamping bermain game.

    Review realme 8 5G, HP 5G untuk Semua Pengguna

    Sayangnya, saat ini belum banyak smartphone 5G yang hadir di kelas realme 8 5G sehingga Medcom.id tidak bisa melakukan komparasi secara langsung. Menurut Medcom.id performa dari smartphone ini sudah memuaskan. Bagaimana dengan kemampuan bermain game?

    realme 8 5G bisa diajak bermain PUBG Mobile di pengaturan tertinggi grafis HD dan frame rate High serta Anti-Aliasing yang aktif tanpa kendala selama permainan.

    Di game Genshin Impact, realme 8 5G kualitas grafis yang disarankan oleh game adalah di tingkat Lowest sebagai default. Di sini performa di dalam game masih tergolong mulus meskipun sesekali ada momen stuttering atau patah-patah.

    Kesimpulan
    Menurut Medcom.id smartphone relame 8 5G berhasil menyediakan pilihan smartphone 5G paling terjangkau dengan kemampuan dan fitur yang memuaskan dengan banderol harga Rp 3 jutaan dan semua yang ditawarkan di dalamnya. 

    Meskipun desainnya terkesan biasa saja hal ini menurut Medcom.id tidak menjadi masalah karena fitur dan kemampuanya lebih esensial dengan harga yang ramah kantong. Menurut kami realme 8 5G cocok bagi pengguna yang memang ingin mencoba koneksi 5G tanpa harus menabung untuk memiliki smartphone mahal.
     
    Spesifikasi  realme 8 5G
    Prosesor MediaTek Dimensity 700 5G
    GPU Mali-G57
    OS realme UI 2.0/Android 11
    RAM  8GB + Ekspansi Virtual RAM 5GB
    Memori Internal 128GB + MicroSD 1TB
    Kamera Belakang 48MP+2MP+2MP
    Depan 16MP
    Baterai 5.000 mAh
    Layar  6,5 inci FHD Plus 90Hz
    Harga Rp3.199.000
     
     
    9
    realme 8 5G
    Plus
    • Performa cukup memuaskan
    • Spesifikasi dan fitur lengkap
    • Harga tergolong terjangkau untuk smartphone 5G
    Minus
    • Desain kurang unik dibandingkan seri sebelumnya atau non 5G


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id