Review Smartphone

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati - 02 November 2020 16:28 WIB
    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra
    Samsung Galaxy Note20 Ultra.
    Jakarta: Samsung telah menghadirkan jajaran ponsel flagship Galaxy Note20 Series untuk pasar Indonesia. Satu hal yang cukup menarik adalah gaya peluncuran yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

    Pengumuman peluncuran yang harus dihadirkan secara daring ternyata tidak membuat konsep acara biasa saja. Bisa dibilang, Samsung Indonesia berhasil menampilkan konsep peluncuran yang menarik dan keren.

    Ini mungkin juga sesuai dengan smartphone yang diumumkan. Hal lainnya yang cukup berbeda pada pengumumannya adalah pilihan warna yang sejak awal tidak lagi hitam. 

    Pada Galaxy Note20 Series, Samsung memperkenalkan elemen warna Mystic. Redaksi teknologi Medcom.id berkesempatan menjajal Samsung Galaxy Note20 Ultra yang mengusung warna Mystic Bronze. Kesan pertama begitu menggoda, elemen warna ini memang terlihat mewah. Begini review kami tentang Samsung Galaxy Note20 Ultra.

     

    Desain

    Sejak awal, Samsung Galaxy Note20 Ultra terlihat punya dimensi yang besar. Hal ini lumrah, mengingat ia hadir sebagai versi tercanggih dan punya spesifikasi tertinggi dalam rumpun Galaxy Note20 Series. Layarnya berukuran 6,9 inci, dengan rasio ke bodi mencapai 91,4 persen.

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Panel Dynamic AMOLED 2X yang tetap memberikan ciri khas mewah pada smartphone ini, ditambah lagi dukungan resolusi 3088 x 1440 piksel. Dari sisi depan Anda pastinya langsung melihat bentangan layar luas dengan model melengkung di pinggirnya. Sudah menjadi satu keharusan model layar edge terpasang di jajaran ponsel kelas atas Samsung.

    Beralih ke sisi lain, dimensi yang besar membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra terlihat lega, baik dari sisi layar maupun bodi belakang. Elemen warna Mystic Bronze menjadi daya tarik terbaru, dan bisa saja nantinya juga menjadi tren baru warna smartphone ke depannya. Samsung bisa dibilang berhasil memberikan sentuhan segar lewat warna yang mampu memberikan kesan elegan atau mewah.

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Mystic Bronze pada dasarnya berupa warna perunggu yang lebih cerah, tetapi tidak punya kesamaan dengan rose gold. Ini berarti ia cocok untuk pengguna pria maupun wanita. Warna ini semakin terlihat elegan berkat konsep matte, dan sensasinya juga sangat baik saat bodi belakang dipegang.

    Kombinasi ini sangat tepat, dan membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra layak hadir sebagai ponsel premium. Pada bodi belakang ini terlihat bingkai yang membungkus semua komponen kamera dan pendukungnya. Tak bisa dipungkiri bahwa bingkai kamera ini cukup besar dan tebal, bahkan lebih besar dari smartphone lain yang sudah tersedia di pasar. 

    Pinggiran bodi Samsung Galaxy Note20 Ultra cukup tipis, ditambah dengan model tepian edge yang mungkin membuat sebagian orang agak susah memegangnya. Sebenarnya, bodi dengan model pinggir ini masih punya grip yang cukup baik, dan pastinya pengguna ponsel premium akan memegang smartphone dengan lebih hati-hati.

    Kami tidak menyarankan untuk menggunakan case tambahan, demi memamerkan elemen warnanya. Untuk antarmukanya, smartphone ini menyediakan slot kartu SIM di sisi atas, port USB-C di sisi bawah bersama lubang speaker dan tempat menyimpan S Pen. Sementara tombol volume dan power berada di sisi kanan.

     

    Antarmuka dan Fitur

    Samsung Galaxy Note20 Ultra hadir dengan antarmuka Android 10 yang dimodifikasi Samsung menjadi One UI 2.5. Antarmuka buatan Samsung tersebut terasa tidak berbeda dari seri sebelumnya. Tidak banyak berbeda tapi tetap punya tampilan sederhana yang tidak membuat pengguna baru bingung.

    Namun Samsung tetap terlihat merubah sedikit bentuk desain dari antarmuka di beberapa bagian. Fitur Edge Panel yang menyediakan akses cepat ke beragam aplikasi dari samping layar kini punya ukuran ikon lebih besar. Jelas sekali One UI 2.5 tetap ingin menyajikan fitur kendali yang cepat dan praktis.

    Menyoal fitur yang berkaitan dengan kemampuannya, Samsung Galaxy Note20 Ultra punya reffresh rate layar 120Hz dan stylus S Pen dengan latensi terendah dibandingkan generasi sebelumnya maupun Galaxy Note 20 reguler. Perpaduan refresh rate tinggi dan latensu rendah 9ms membuat respon layar lebih cepat dan terasa seperti menulis di atas kertas menggunakan pena.

    Samsung Galaxy S Pen masih membawa fitur dari generasi dengan beberapa fitur baru untk mendukung produktivitas. Masih menyoal produktivitas, fitur andalan berupa Samsung Galaxy Dex kini jauh lebih seamless alias praktis karena tidak lagi membutuhkan aksesori pelengkap.

    Kini unit Samsung Galaxy Note20 Ultra sudah cukup menjadi perangkat mandiri sekaligus hub untuk mengakses mode Samsung Dex yang membuatnya menjadi sebuah PC dan tinggal terhubung ke perangkat lain secara wireless, seperti televisi pintar sebagai monitor dan keyboard sekaligus mouse nirkabel.

    Ada fitur Link to Windows yang merupakan kemitraan strategis antara Samsung dan Microsoft. Di sini tampilan antarmuka serta semua fungsi di dalam Samsung Galaxy Note20 Ultra bisa terhubung, tampil, dan digunakan dari layar laptop, termasuk fitur drag-n-drop untuk berbagi file.

    Satu lagi yang tidak bisa dilewatkan, bagi pengguna Samsung Galaxy Note20 Ultra yang juga memakai Samsung galaxy Buds Live dan Galaxy Watch 3 mereka bisa menggunakan semua fiturdi smartphone untuk terhubung ke dua perangkat tadi sehingga membentuk Samsung Galaxy Ecosystem.

     

    Kamera

    Samsung Galaxy Note20 Ultra punya kamera belakang 108MP wide, 12MP telephoto, dan 12MP ultrawide. Untuk kamera belakang utama telah mendukung fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) dan OIS. Sedangkan lensa 12MP pertama, Samsung menyebutnya dengan periscope telephoto, yang mendukung kemampuan zoom optical 5x dan zoom hybrid 50x. Anda bisa melihat beberapa contoh hasil foto kamera belakangnya di bawah ini.

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Dari beberapa contoh di atas, terlihat kamera Samsung Galaxy Note20 Ultra mampu menghasilkan kualitas warna dan detil objek yang baik. Ini ditambah dengan kemampuan khas dari kecerdasan buatannya yang mampu memberikan rekomendasi untuk mengambil foto dari sudut yang paling tepat.

    Kualitas warna yang sesuai memastikan penggunanya dapat merekam berbagai momen dengan tepat, dan ini juga berlaku pada pengambilan foto pada malam hari. Untuk mengoptimalkan kualitas foto pada malam hari, Anda dapat mengaktifkan beberapa fitur pendukung seperti HDR. 

    Sementara untuk kamera depannya, smartphone ini menawarkan kualitas 10MP, yang ternyata tidak sejelek yang dibayangkan. Anda masih bisa menyimpan foto selfie dan mengunggahnya ke medsos tanpa mengorbankan kualitasnya. Tak seperti ponsel buatan Tiongkok, kamera depan besutan Samsung mampu menghasilkan kualitas yang mumpuni, tanpa menambah fitur beautify secara otomatis.

    Di kemampuan videonya, kamera belakanga Samsung Galaxy Note20 Ultra mendukung perekaman resolusi 8K pada 24fps, resolusi 4K pada 30 dan 60fps, dan 1080p pada 30, 60, dan 240fps. Untuk perekaman video gerak lambat, ia mampu merekam pada resolusi 720p di 960fps.

     

    Performa

    Samsung Galaxy Note20 Ultra punya spesifikasi paling canggih di kelasnya, dengan chipset Exynos 990. Chipset ini telah mengadopsi fabrikasi 7nm, dan berduet dengan GPU Mali-G77 MP11.

    Samsung mengklaim performa Exynos 990 lebih kencang sekitar 19 persen dibandingkan generasi sebelumnya yang terpasang pada seri Galaxy Note10. RAM 8GB dan memori internal yang tersedia dalam dua pilihan (256GB dan 512GB) membuatnya sebagai salah satu smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

    Dapur pacu ini menampilkan performanya pada layar yang telah mendukung refresh rate 120Hz. Sebagai gambaran, Anda dapat melihat performanya lewat aplikasi PCMark dan 3DMark dengan skor di bawah ini. 

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Pada skor di atas, Samsung Galaxy Note20 Ultra terbukti mampu menghasilkan skor tertinggi, baik untuk komputasi dan pemrosesan visual. Dengan begitu, Samsung menjawab kebutuhan konsumen yang memerlukan smartphone dengan spesifikasi kelas atas yang sudah dilengkapi ekosistem lengkap.

    Saat operasional, panas yang dihasilkan juga masih dalam batas normal, baik untuk menonton film lewat YouTube atau Netflix, maupun bermain game seperti PUBG Mobile atau Genshin Impact. Selama penggunaan, pengalaman layar luas memberikan nilai lebih dalam memutar konten hiburan. Ini ditambah dengan refresh rate yang tinggi, membuat respons terhadap perintah dan kualitas visual lebih baik.

    Sementara untuk daya tahan operasional, Samsung Galaxy Note20 Ultra menggunakan baterai 4.500 mAh, yang mungkin untuk sebagian orang dirasa kecil. Ini karena sudah ada beberapa smartphone yang menyediakan baterai 5.000 mAh, dan jumlah smartphone ini bukan hanya satu sampai lima.

    Review Samsung Galaxy Note20 Ultra

    Di luar dugaan, chipset Exynos 990 punya efisiensi daya yang baik, sehingga dalam skenario penggunaan sehari-hari, ia bisa menemani Anda bekerja seharian sampai pulang kembali ke rumah tanpa harus mengisi ulang baterai. Dalam pengujian PCMark, baterai ini mampu bertahan selama 9 jam, tetapi dalam penggunaan harian tentunya bisa lebih awet atau bahkan lebih boros tergantung cara penggunaannya.

    Kesimpulan
    Samsung Galaxy Note20 Ultra adalah smartphone paling mewah dan menarik yang pernah kami uji selama ini. Ia mampu menghadirkan elemen warna baru yang lebih mewah dan sesuai kelasnya.

    Selain itu, banyak peningkatan dari segi hardware dan software, yang berujung pada munculnya banyak fitur yang dapat mendukung produktivitas penggunanya. Belum selesai, ia juga termasuk salah satu smartphone yang punya kemampuan kamera berkelas.

    Daya tahan baterainya juga bisa dibilang cukup baik. Harganya Rp17.999.000 menjadikannya sebagai salah satu smartphone dengan harga termahal yang masuk secara resmi ke Indonesia di tahun 2020 ini. Namun, harga tersebut memang dibarengi dengan kualitas yang sepadan.
     
    Spesifikasi  Samsung Galaxy Note20 Ultra (8/256GB)
    Prosesor Exynos 990
    GPU Mali-G77 MP11
    OS Android 10/One UI 2.5
    RAM  8GB
    Memori Internal 256GB
    Kamera Belakang 108MP+12MP+12MP
    Depan 10MP
    Baterai 4.500 mAh
    Layar  6,9 inci AMOLED (3088x1440p) 120Hz
    Harga Rp17.999.000 (8/256GB)
     
     
    9.1
    Samsung Galaxy Note20 Ultra
    Plus
    • Desain dan warna mewah
    • Performa mumpuni
    • Kamera bagus
    • Ekosistem dan fitur lengkap
    Minus
    • Bingkai kamera


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id